Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Ga Pakai Antri, Ini Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan via Telepon

Tuesday, February 20, 2018
Semenjak menjadi peserta BPJS Kesehatan, saya merasakan manfaat asuransi yang telah dimiliki 192juta masyarakat Indonesia tersebut. Namun, hal yang paling membuat saya malas itu ketika mendaftar sebagai peserta BPJS dan mengurus perubahan data. Antreannya ampun deh, panjang banget! Ruang tunggu tidak mencukupi hingga dipasang tenda di luar kantor. Syukurlah BPJS Kesehatan punya terobosan baru supaya peserta dan calon peserta JKN-KIS tak perlu repot mengantre. Simak selengkapnya hasil #NgopiBarengJKN berikut ini.

Cara daftar BPJS Kesehatan via telepon 1500400
Saya teringat beberapa tahun lalu ketika hendak mendaftar sebagai peserta di BPJS Kesehatan Surabaya. Saya berangkat pagi dengan harapan tidak terlalu lama mengantre. Pukul 8 sampai di sana saya heran melihat kerumunan orang di depan kantor. Wah, ada acara apa ya ini? Saya pikir BPJS sedang merayakan sesuatu. Ternyata sekumpulan orang tersebut hendak mendaftar sebagai peserta. Satpam sudah menutup pintu masuk kantor karena ruang tunggu penuh. Alamak! Saya putar balik, ga jadi daftar aja deh kalau antrenya segini panjang.

Syukurlah sebelum pulang saya sempat melihat pengumuman bahwa pendaftaran peserta JKN-KIS di BPJS Kesehatan dapat dilakukan secara online. Saya pun mendaftar melalui website bpjs-kesehatan.go.id untuk kepesertaan Non-PBI. Prosesnya begitu mudah dalam hitungan menit. Selesai, tanpa antre berjam-jam.
BPJS Kesehatan Care Center 1500 400


Semakin Mudah dengan BPJS Kesehatan Care Center 1500400

Selain lewat website, kini calon peserta dapat melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan lewat telepon. BPJS Kesehatan Care Center 1500400 dapat dihubungi melalui telepon rumah atau handphone. Saya pikir ini call center biasa tempat pengaduan pelanggan tetapi BPJS Care Center lebih dari itu. Apa saja kelebihannya?

Upik Handayani, Asisten Deputi Bidang Pengendali Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan menjelaskan BPJS Kesehatan Care Center 1500400 dapat melayani:

1. Pendaftaran peserta JKN-KIS 
Data-data yang perlu dipersiapkan antara lain: nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan, nomor rekening tabungan (BRI/BNI/Mandiri), nomor handphone, alamat e-mail, dan alamat domisili/tempat tinggal untuk mengirim kartu. Alur selengkapnya ada di gambar berikut.

Alur pendaftaran BPJS Kesehatan melalui telepon 1500400 (dok. BPJS Kesehatan)

2. Perubahan data
Peserta dapat melakukan perubahan/pengkinian data untuk nama, alamat, tanggal lahir, faskes, kelas perawatan, no. HP, dan e-mail. Kartu peserta yang telah diperbarui akan dikirim ke alamat domisili. Peserta juga dapat mengunduh kartu digital di aplikasi Mobile JKN di smartphone.

3. Permintaan informasi
Peserta maupun calon peserta dapat bertanya seputar kepesertaan maupun layanan BPJS Kesehatan lainnya.

4. Pelayanan pengaduan
Pengaduan seputar pelayanan ataupun fasilitas BPJS Kesehatan dapat dilakukan di sini.

5. Tanya dokter
BPJS Kesehatan menyediakan konsultasi kesehatan gratis melalui telepon 1500400. Cuma modal biaya telepon, peserta dapat berkonsultasi langsung dengan dokter umum setiap Senin-Jumat pukul 07.00-20.00 WIB. Konsultasi ini seputar kehamilan, penyakit dalam, kesehatan anak, gigi, THT, dan penyakit akut/biasa lainnya. Lebih lanjut, perlu periksa ke dokter secara langsung supaya mendapat penanganan yang tepat.

6. Media sosial
BPJS Kesehatan Care Center ini terhubung dengan media sosial Twitter @BPJSKesehatanRI dan Facebook BPJS Kesehatan.

7. Survey kepuasan pelanggan
Secara berkala BPJS Kesehatan melakukan survey kepuasan pelanggan melalui 1500400.

Upik Handayani, Asisten Deputi Bidang Pengendali Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan 
Charles Bonar Sirait, PR Consultant, telah mengunjungi BPJS Kesehatan Care Center di City Walk Sudirman. Di sana ia menjumpai Care Center Agents yang terdiri dari anak-anak muda yang dekat dengan teknologi dan masih dalam usia produktif.

Menurut Charles, pegawai Care Center perlu memiliki sifat ringkat, cepat, logis, dan membantu. Pegawai tersebut harus terlatih dan terbiasa melayani customer dengan hati gembira. Agen Care Center tak hanya perlu sabar menghadapi berbagai keluhan pelanggan tetapi juga perlu meningkatkan awareness masyarakat agar memiliki asuransi kesehatan.

Charles Bonar Sirait, PR Consultant (kiri)
BPJS Kesehatan memiliki banyak saluran untuk memberikan informasi ataupun pengaduan tetapi 76% peserta masih mengandalkan cara datang ke cabang BPJS Kesehatan. Padahal udah ada website, Care Center 1500400, juga berbagai media sosial BPJS Kesehatan yang mudah diakses. Ga perlu jauh-jauh ke cabang BPJS, kan.

Mungkin masyarakat yang masih datang ke cabang karena belum mengetahui cara pendaftaran peserta JKN-KIS melalui website atau telepon. Saran saya agar di tiap kantor BPJS Kesehatan dilengkapi komputer untuk pendaftaran secara online. Selain itu petugas mengarahkan (dan membimbing) calon peserta agar melakukan pendaftaran lewat telepon atau website.

Gotong Royong Sesama Peserta JKN-KIS

Menjadi peserta JKN-KIS (saya lebih familiar menyebutnya peserta BPJS) bukan berarti berharap sakit atau hanya berguna ketika saya dan keluarga sakit. Iuran yang peserta bayar setiap bulannya digunakan secara gotong royong. Yang sehat membantu yang sakit. Yang kaya membantu yang kekurangan. Pengelolaan asuransi sosial di BPJS Kesehatan sesuai UU No 40 Tahun 2004 tentang SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional). Lagipula, siapa sih yang mau sakit?

Saya sendiri merasakan manfaat peserta JKN-KIS ketika melahirkan. Alhamdulillah biaya persalinan di-cover BPJS Kesehatan. Melahirkan menggunakan asuransi BPJS Kesehatan memang perlu mengikuti prosedur yang ada supaya ga bingung saat klaim. Pengalaman menggunakan BPJS Kesehatan saat melahirkan di rumah sakit dapat dibaca di sini.

Seluruh masyarakat Indonesia dapat bergabung menjadi peserta di BPJS Kesehatan. Baik itu Penerima Bantuan Iuran (PBI) maupun Non-PBI. Sekarang sudah ada 192juta peserta, lho. Jumlah ini sekitar 74% penduduk Indonesia.

Media informasi BPJS Kesehatan yang kekinian


#NgopiBarengJKN Bonus Tips Menulis

Sesi terakhir menjadi sesi  yang tak kalah menarik karena kami tidak hanya membahas BPJS Kesehatan tetapi juga tips menulis. BPJS Kesehatan mengundang penulis novel, Iwan Setyawan, untuk berbagi tips menulis yang begitu khas dan menyentuh pembaca.

Bang Iwan yang menulis kisah hidupnya dalam novel 9 Summers 10 Autumns menyarankan agar penulis menggali keunikan masing-masing penulis supaya personality-nya keluar dalam tulisan. Tak perlu menulis nama, pembaca sudah mengetahui itu tulisannya siapa. Banyak-banyaklah membaca tulisan peraih Noble, penulis Indonesia, dsb. Selain itu menulis blog kadang juga perlu riset, misalnya membuat survei online.

Tak perlu menunggu jadi somebody untuk menulis. Ketika ia menuliskan perjuangannya yang seorang anak sopir angkot dari Kota Apel (Batu, Jawa Timur) bisa merantau ke Big Apple (New York), ibunya berkata bahwa tak peduli berapa orang yang membaca. Dari sekian orang tersebut siapa tahu ada yang terinspirasi. Itu lebih penting.

Iwan Setyawan, penulis novel 9 Summers 10 Autumns
Back to topic. Sekarang semakin mudah mengakses berbagai layanan BPJS Kesehatan melalui Care Center 1500400. Cukup telepon, tanpa antre. Petugas siap melayani 24 jam, 7 hari dalam seminggu. Kalau gini sih saya mau mengurus perubahan data alamat rumah lewat telepon 1500400 saja. Mudah, kan?
27 comments on "Ga Pakai Antri, Ini Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan via Telepon"
  1. Jadi tau bisa daftar bpjs pake telepon..

    ReplyDelete
  2. wah semoga pelayanan bpjs semakin baik ya

    ReplyDelete
  3. Pelayanan BPJS semakin maju ya, Mbak. Aku pun malasnya yg urusan antrian panjang. Bukan apa2, karena bawa dua anak, satu aja yg rewel udah lumayan nenanginnya. Harus lbh banyak yg tahu info ini. TFS Mbak Helen

    ReplyDelete
  4. Lengkap betul mba ,udh bisa hanya lewat telepon juga dapat pelayanan yang super

    ReplyDelete
  5. Mak Sid makasi infonya jadi ceritanya mertua baru mau bikin berhubung ga bisa urus sendiri jadi baru kemarin mertua kerumah katanya bpjsnya ga jadi2 padahal sampe minta surat RT ternyata gampil pisan ya aku baru tau loh malahan cuman data pribadi ya ga perlu sampe ke Pak RT noted banget infonya kesian mertua mau berobat jadi susah kelamaan diurusin orang

    ReplyDelete
  6. BPJS makin inovatif yaa,mempermudah pelangganya. Btw emang bener tuh kalo lihat antreannya huhuu melebihi antri sembako.

    ReplyDelete
  7. Fix deh aku mau via telpon aja. Sebenernya udah punya, tapi entah kenapa ngga aktif. Males banget berangkat antre. Thank you infonya :) Tanya2 via twitter juga cukup oke kok respon BPJS

    ReplyDelete
  8. wah seru banget acaranya Helen, aku dipesisir ini coba bisa memantau lewat ig story dan baca tulisan dirimu ini

    ReplyDelete
  9. Wah info yang bermanfaat banget niiih karena aku dan Luigi gak punya BPJS. mau daftar mikirnya antri. Kogh pas banget baca tulisan mb Helen. Makasih banyak infonya yang super komplit ini ya mbak :)

    ReplyDelete
  10. wah mbak. makasih loh informasinya. anak aku sampai sekarang belum terdaftar BPJS karena ya males ke kantornya itu. Jadi tahu bisa online dan telpon aja. Langsung coba besok ah. Ngumpulin berkasnya dulu

    ReplyDelete
  11. hoaaa, makin dimudahkan ya, bisa daftar via telpon aja, jadi makin gampang. Semoga pelayanannya makin baik ya

    ReplyDelete
  12. Kalo daftarnya alhamdulillah aku udh diurus kantor.walo ttp lbh sering pakai asuransi dr kantor sih drpd bpjsnya. Tp pernah jg make bbrp kali pas lg males ke rs :D.

    Cm sbnrnya yg mau aku tanyai kalo kartu bpjs jaminan pensiun hilang, itu bisa ga ya minta kartu baru. Aku kmrn ngbongkar kartu2 penting, kok ya bpjs yg jaminan pensiun ga nemu di mana kartunya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. BPJS Jaminan pensiun ini BPJS Ketenagakerjaan, kah? Harusnya bisa dapat kartu baru. Palingan mengurus surat kehilangan dari kepolisian.

      Delete
  13. Waaahhhhh... terima kasih sekali untuk informasinya, bermanfaat sekali untuk saya yang kebetulan suka ragu menggunakan BPJS

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah kalau makin bagus sistemnya ya gak perlu antri2.
    BTW enak banget ya dapat sharing ttg menulis tengkyu reviewnya. Jd pengen banyak baca buku penulis2 yg udah terkenal TFS

    ReplyDelete
  15. Asik nih kalau skarang BPJS semakin keren. Smoga saja ya akan makin banyak perbaikan perbaikan di BPJS ya. MAu ah daftar ke BPJS dengan cara mudah seperti ini

    ReplyDelete
  16. Mudah-mudahan pelayanan dokternya juga, karena keramahan dokter dan para perawat yang terkait juga menunjang keberhasilan program bpjs. Betul gak sih? Ppernah bunda dapat rujukan ke RSUD TangSel datang jam 6 pagi, ya ampuuun anrian udah seperti ular meliuk-liuk. Itupuan bukan orang yang pada antri, tapi ada tempat air minum, ada tas ransel, ada majalah dan lain-lain yang menggantikan posisi si pasiennya. Sementara sang pasien duduk ngelonjor di pojokan menunggu mesin nomor antrian dibuka, huhuhuuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. RSUD begitu ya bun. Semoga faskes juga makin siap dengan banyaknya peserta.

      Delete
  17. Semoga pelayanan gak lama yang bisa membuat orang kecewa. Semoga terus bebenah diri

    ReplyDelete
  18. Semakin dimudahkan ya mbak kalau mau daftar BPJS ^^

    ReplyDelete
  19. Aku BPJS ditanggung perusahaan, dan sejak awal ngurusnya lbh bnyam via telpon. Kebetulan aku yg ngurus BPJS smua keryawan hehe

    ReplyDelete
  20. Sebenarnya kami termasuk keluarga yang tidak berpartisipasi dalam program pemerintah ini. Karena ada beberapa hal, akhirnya kami memutuskan untuk ikut, atas nama perusahaan.
    Memang pelayanannya oke banget...((padahal perusahaan suami tidak terlalu banyak pegawainya, kurang dari 20 orang))

    Semoga BPJS makin berinovasi dalam segala hal. Termasuk menjadikannya berbasis syariah, yang dinanti seluruh umat Muslim di Indonesia.

    ReplyDelete
  21. Makin mudah ya skrg. Seneng. Alhamdulillah. Makasih sharenya mama sid 😊

    ReplyDelete
  22. Call Center nya banyak manfaatnya yaa

    ReplyDelete
  23. *noted
    :) Pasca suami resign dari kantornya, sempat agak bingung juga ini urus BPJSnya. Gabungin dengan saya (PNS) atau bisa lanjutin akunnya yang sebelumnya. Tapi karena kami pikir harus datang ke kantor BPJS untuk ngurus jai malas, untung dapat info ini Mbak. Terimakasih ya, nanti coba kontak kontak Call Centernya untuk konfimasi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh bisa pisah gitu ya BPJS-nya? Bukannya satu KK? Semoga cepat clear.

      Delete
  24. Betul kaka kebetulan saya juga baru 3 bulan daftar dan ketika mendaftar BPJS lewat telepon cepat dan mudah prosesnya kemudian tinggal cetak deh kartunya di kantor Cabanh BPJS terdekat

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature