Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Image Slider

Buka Toko Modal Minim di Alfamind

Wednesday, February 28, 2018

Sebelum memutuskan resign, saya berpikir bakal ngapain ya di rumah? Bosan juga kegiatannya itu lagi, itu lagi. Maunya tetap punya aktivitas supaya pikiran ga tumpul. Ya syukur-syukur bisa nambah penghasilan buat jajan berlian (((BERLIAN))). Bakal ga enak, kan, biasanya kerja kantoran dari pagi hingga sore. Setelah resign, masa’ cuma diam di rumah.

Sempat terlintas di pikiran untuk berbisnis. Cari bisnis rumahan gitu yang bisa dikerjakan dari rumah supaya tanggung jawab domestik tetap terurus. Memang fokus utamanya kan mengurus anak, so, jangan sampai si anak terbengkalai karena sayanya asyik ke hal lain.

cara daftar alfamind
Buka toko modal minim di Alfamind
Tapi oh tapi, saya ga punya basic di dunia bisnis. Pengalaman jualan ya saat bazar di sekolah yang entah berapa tahun silam. Selain itu bisnis umumnya butuh modal gede. Hmm, ada ga bisnis yang gampang dijalankan dari rumah dengan modal kecil buat buibu seperti saya? *banyak maunya*

Tips Toilet Training yang Menyenangkan

Monday, February 26, 2018
Tips Toilet Training yang Menyenangkan. Duh, yang sedang semangat toilet training. Setiap selesai pipis minta ganti celana padahal ga basah. Cucian Ibu numpuk! Mana musim hujan, jemuran jadi lama kering. *inhale, exhale

Ada-ada aja kisah toilet training. Meski penuh drama, selingi dengan tawa supaya ibu dan anak tetap happy menjalani toilet training. Gimana sih tips toilet training yang menyenangkan?

Happy menjalani toilet training (dok. Felix Prado)

Asyiknya Menyusun Family Project

Friday, February 23, 2018
Membangun keluarga layaknya mengelola sebuah tim, entah itu tim sepakbola atau satu divisi dalam perusahaan. Butuh kesatuan visi, misi, dan norma yang jelas untuk menggerakkan tiap individu mencapai tujuan bersama. Membangun keluarga sama menantangnya dengan menyusun strategi di kantor. Ada proyek-proyek yang dijalankan untuk mencapai target yang diharapkan. Bagaimana menyusun family project?

Menyusun family project (Dok.pri) 


Review Zoya Cosmetics Lip Paint with Shea Butter Elizabeth Limited Edition

Thursday, February 22, 2018
Review Zoya Cosmetics Lip Paint with Shea Butter Elizabeth. Mendengar kata ZOYA, bayangan saya langsung ke jilbab dan pakaian muslimah. Jilbabnya Zoya nyaman dipakai dengan motif warna-warni, khas anak muda seperti saya (satu dekade lalu, haha). Selain pakaian, rupanya Zoya punya serangkaian kosmetik. Kali ini saya mengulas satu diantaranya yaitu lip paint with shea butter.

Review Zoya Cosmetics Lip Paint with Shea Butter Elizabeth Limited Edition

Membuat Tulisan Lebih Bernyawa a la Dini Fitria

Pernah ga sih merasakan tulisan sendiri terasa hampa? Bagaikan makan kerupuk yang rasanya gitu aja. Mudah ditebak, nothing’s special. Terkadang saya merasa seperti ini terutama menulis reportase yang mepet deadline. Mau baca lagi aja males karena isinya kebanyakan copy-paste dari press release. Padahal, lubuk hati saya menginginkan tulisan-tulisan ini tak hanya gugur kewajiban tetapi juga bermanfaat bagi pembaca.

Dini Fitria (kiri) bersama Founder ISB Ani Berta
Mungkin tulisan tersebut kurang rasa, kurang nyawa. Sedangkan menurut Dini Fitria, cerita yang baik tidak hanya membuat pembaca berpikir tetapi juga merasakan. Penulis novel travel religi Muhasabah Cinta, Hijrah Cinta, dan Islah Cinta ini pernah merasakan hal yang sama. Di awal penulisan Islah Cinta, ia sempat tidak menyukai tulisannya sendiri. Apa yang ia lakukan? Bagaimana membuat tulisan yang lebih bernyawa dan mampu menggerakkan pembaca? Simak tips menulis dengan cinta dari Dini Fitria dalam workshop yang diadakan oleh komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) berikut ini.

Ga Pakai Antri, Ini Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan via Telepon

Tuesday, February 20, 2018
Semenjak menjadi peserta BPJS Kesehatan, saya merasakan manfaat asuransi yang telah dimiliki 192juta masyarakat Indonesia tersebut. Namun, hal yang paling membuat saya malas itu ketika mendaftar sebagai peserta BPJS dan mengurus perubahan data. Antreannya ampun deh, panjang banget! Ruang tunggu tidak mencukupi hingga dipasang tenda di luar kantor. Syukurlah BPJS Kesehatan punya terobosan baru supaya peserta dan calon peserta JKN-KIS tak perlu repot mengantre. Simak selengkapnya hasil #NgopiBarengJKN berikut ini.

Cara daftar BPJS Kesehatan via telepon 1500400

Membuat Roti dengan Satu Jari Ya Pakai ReBread

Thursday, February 15, 2018
ReBread Automatic Breadmaker. Selepas liburan akhir tahun saya sedih mendapati toko roti langganan tutup. Ya mungkin itu keputusan terbaik manajemen karena kurangnya profit. Padahal toko roti itu sangat mudah dijangkau, cukup jalan kaki dari tempat tinggal kami. Saat SID susah makan nasi, kami biasa membeli roti di sana. Rotinya empuk dan nikmat. Harganya memang sedikit di atas roti di mini market tetapi sesuai dengan rasanya.

Asiknya makan roti hasil olahan mesin pembuat roti ReBread (dok.pri)
SID suka sekali makan roti. Kalau beli terus-terusan lumayan juga ya. Saya sempat terpikir untuk membuat roti sendiri, terutama roti tawar, supaya lebih hemat. Tetapi membayangkan prosesnya saja serasa bikin lengan berotot. Menguleni, menunggu fermentasi, dan seterusnya. Kok kayaknya ga selesai-selesai. Belum lagi kalau salah pengolahan, bisa bantet. *periiih!

Membangun Tim yang Solid dalam Keluarga

Tuesday, February 13, 2018
Membangun keluarga itu bagaikan membangun tim sepakbola. Ada kumpulan orang dengan tujuan bersama, nilai bersama, bergerak dalam koordinasi, dan komunikasi. Komunikasi, lho. Bukan sekadar bersuara. Bagaimana membangun suatu keluarga layaknya sebuah tim? Inilah rangkuman seminar "A Home Team" pada milad Institut Ibu Profesional (IIP) Tangerang Selatan.

A home team (pic. rawpixel)

Re-Rice Live Rice Maker, Giling Padi Sendiri di Rumah

Saturday, February 10, 2018
Beras menjadi item wajib belanja bulanan. Saat stok beras menipis, duh galaunya, harus segera beli. Saat ga ada merek langganan, ga apa deh beli aja beras yang ada di warung. Yang penting ada sedikit stok di rumah. Memang ya makan nasi itu menjadi ciri khas orang Indonesia. Belum makan kalau belum makan nasi. Sampai-sampai ketika anak menolak makan nasi, tetapi ia mau kentang, ubi, dan karbohidrat lainnya, sebagian orang tua tetap uring-uringan. Pokoknya harus makan nasi!

Menggiling padi di rumah? Bisa dong dengan Re-Rice Live Rice Maker (dok. pribadi)
Dengan kebiasaan di atas, saya sempat khawatir ketika tersiar kabar ada beras plastik atau beras yang nampak terlalu sempurna karena dicampur bahan kimia berbahaya. Haduh, semoga dijauhkan dari hal-hal negatif seperti itu. Paling aman sih menanam padi sendiri, memanennya, hingga mengolah gabah menjadi beras. Ya seperti ketika berkunjung ke desanya Mbok. Itu kalau hidup di desa yang sawahnya luas. Kalau di kota? Bagaimana menjaga kualitas beras yang dimasak?

1 Hal Penting yang Sering Terlupa Sebelum Membeli Mobil

Thursday, February 8, 2018
Memiliki mobil pribadi menjadi impian keluarga kami. Sekarang ini kami mengandalkan motor untuk bepergian. Namun, ga mungkin juga terus-terusan naik motor karena SID, anak kami, makin tumbuh besar. Boncengan bertiga naik motor dengan kondisi seperti itu tentu tidak nyaman dan berbahaya, apalagi jika kami menambah momongan. *uhuk.

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil (dok.pribadi)
Sebelum membeli mobil, saya dan suami mempertimbangkan berbagai hal. Saya pernah membaca suatu artikel keuangan bahwa membeli mobil itu keputusan keuangan terbesar kedua setelah membeli rumah. Membeli mobil perlu dipikirkan masak-masak karena butuh dana yang besar.

Mengenalkan Profesi Blogger pada Remaja di Milad IIP Jakarta

Tuesday, February 6, 2018
Nulis doang bisa menghasilkan uang, emang bisa? Bisa banget! Dalam Milad IIP Jakarta bulan lalu, saya mendapat kesempatan luar biasa mengenalkan profesi blogger pada para peserta cilik. Amanah ini merupakan tantangan tersendiri bagi saya karena ini pertama kalinya saya berhadapan dengan audiens remaja secara langsung. Simak kisah lengkapnya, ya!

mengenalkan profesi blogger pada anak dan remaja

4 Cara Ibu Bahagia Mengelola Emosi

Monday, February 5, 2018
Pekerjaan seorang ibu tak ada habisnya. Pagi, sebelum anggota keluarga lain bangun, ibu harus bangun paling pertama menyiapkan sarapan, menata pakaian kerja dan seragam sekolah, membersihkan rumah, dan setumpuk pekerjaan domestik lainnya. Setelah anak bangun, rumah yang rapi jadi berantakan lagi. Mainan berserakan di lantai, makanan ada yang tumpah, grrr! Trus, kapan ibu bisa istirahat?

cara supaya ibu tidak mudah marah
Rumah bersih dan rapi seperti ini membuat ibu bahagia. Alhamdulillah, ya.
Hihihi, saya geli sendiri membayangkan hal di atas. Iya betul pekerjaan ibu memang luar biasa. Itulah mengapa Allah memberikan kekuatan dan kesabaran yang besar pada seorang ibu. Di balik tantangan yang tak ada habisnya, tersimpan banyak pahala bila ibu melakukannya dengan ikhlas dan penuh cinta.

Cara Enak Jalani Hidup Sehat untuk Cegah Diabetes

Friday, February 2, 2018
Cara enak jalani hidup sehat untuk cegah diabetes. Ngaku deh siapa suka ngemil kue manis padahal udah makan? Atau minum kopi secangkir dengan banyak gula. Ga tahan pahit? Ya namanya juga kopi, Sis. Satu lagi, ga tahan godaan melihat gorengan. Hmm, yang terakhir ini saya deh. Nikmatnya gorengan ga cukup satu biji padahal…

Mau sih beralih ke pola hidup sehat tapi kan sesekali ingin juga makan enak. Sekalinya makan enak malah ketagihan. By the way, ngomongin makanan enak seakan-akan bertentangan dengan makanan sehat. Padahal ga juga lho. Kan ada makanan sehat yang tetap enak dikonsumsi. Kita tetap bisa makan enak dan hidup sehat, kok. Simak caranya berikut ini.

H2 Tepung Kelapa, pangan alternatif mencegah diabetes

Auto Post Signature