Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Re-Rice Live Rice Maker, Giling Padi Sendiri di Rumah

Saturday, February 10, 2018
Beras menjadi item wajib belanja bulanan. Saat stok beras menipis, duh galaunya, harus segera beli. Saat ga ada merek langganan, ga apa deh beli aja beras yang ada di warung. Yang penting ada sedikit stok di rumah. Memang ya makan nasi itu menjadi ciri khas orang Indonesia. Belum makan kalau belum makan nasi. Sampai-sampai ketika anak menolak makan nasi, tetapi ia mau kentang, ubi, dan karbohidrat lainnya, sebagian orang tua tetap uring-uringan. Pokoknya harus makan nasi!

Menggiling padi di rumah? Bisa dong dengan Re-Rice Live Rice Maker (dok. pribadi)
Dengan kebiasaan di atas, saya sempat khawatir ketika tersiar kabar ada beras plastik atau beras yang nampak terlalu sempurna karena dicampur bahan kimia berbahaya. Haduh, semoga dijauhkan dari hal-hal negatif seperti itu. Paling aman sih menanam padi sendiri, memanennya, hingga mengolah gabah menjadi beras. Ya seperti ketika berkunjung ke desanya Mbok. Itu kalau hidup di desa yang sawahnya luas. Kalau di kota? Bagaimana menjaga kualitas beras yang dimasak?


Pekan lalu saya berkunjung ke showroom PT. Readboy Indonesia di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Di sana saya melihat alat bernama Re-Rice. Mendengar nama tersebut, pikiran saya langsung tertuju pada rice cooker. Bahkan ketika melihat Re-Rice untuk pertama kali saya masih berpikir ini adalah alat penanak nasi. Apa kecanggihannya, ya? Apakah dapat berbunyi bila pengguna lupa memencet tombol “cook”? Rupanya bayangan saya salah. Re-Rice membantu setiap rumah tangga untuk menjamin kualitas beras yang dikonsumsi.

Re-Rice Live Rice Maker merupakan mesin penggiling padi yang praktis didesain untuk penggunaan rumah tangga agar memperoleh beras hidup yang segar dan sehat. Ukurannya yang kecil dengan berat 8kg menjadikan Re-Rice mudah ditempatkan di rumah serta sangat mudah dioperasikan.

Mesin giling padi Re-Rice dan berbagai beras hasil gilingan (dok. pribadi)
Karena menggiling gabah sendiri, otomatis beras yang dihasilkan masih fresh tanpa zat-zat tambahan. Bahkan beras hidup Re-Rice masih mengandung kulit ari atau bekatul yang kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Warnanya tidak seputih dan selicin beras di pasaran tetapi kandungan nutrisi di dalamnya yang masih segar dan bermanfaat. Beras fresh yang dihasilkan disebut beras hidup karena diproses dari gabah yang bila ditanam akan tumbuh menjadi padi.


Beras yang kaya akan serat ini sebaiknya segera dimasak supaya tetap terjaga nutrisinya. Kalaupun disimpan sekitar 3-4 minggu di dalam kulkas. Berbeda dengan beras yang dijual di pasaran. Kita tidak tahu sudah berapa lama beras tersebut dipisahkan dari sekamnya.


Re-Rice dapat menggiling 1kg gabah dalam waktu 3-7 menit (dok. pribadi)

Sisa penggilingan berupa sekam yang dapat diolah menjadi pupuk tanaman (dok. pribadi)
Jenny Widjaja, CEO PT. Readboy Indonesia, menuturkan “Beras menjadi salah satu kebutuhan pokok yang tak bisa diabaikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting dalam tubuh. Itu sebabnya, kita perlu memilih beras berkualitas bagus agar seluruh manfaat beras mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh kita.”.

Dalam demo pemakaian Re-Rice siang itu, Ibu Jenny menunjukkan pengoperasian mesin Re-Rice yang sangat mudah. Menggunakan daya 170 W, bulir gabah dimasukkan lewat lubang atas mesin Re-Rice dan dalam hitungan detik beras keluar dari samping. Proses penggilingan ini dapat diulang 2-3 kali untuk mendapatkan beras yang siap masak.


Beras sehat ini tidak perlu dicuci sebelum dimasak. Pencucian beras secara berlebihan dapat mengakibatkan bekatul yang kaya gizi justru hilang.

Cara penggunaan Re-Rice Live Rice Maker (dok. pribadi)
Readboy Indonesia sebagai distributor resmi Re-Rice Live Rice Maker menyediakan beras, gabah, beserta alat gilingnya. So, pelanggan bisa memilih mau beli berasnya saja atau sekalian beli Re-Rice supaya mudah menggiling padi di rumah.

Mesin giling padi Re-Rice ini menarik untuk dimiliki. Mesin buatan Jepang ini dipatok di harga Rp3.880.000,- tetapi kini sedang masa promo menjadi Rp2.980.000,-. Setiap pembelian Re-Rice Live Rice Maker model RR 18 akan mendapat bonus food container, strainer, dan 4kg gabah natural putih.

Sekali beroperasi, mesin ini dapat menggiling 1kg beras hidup yang segar dan sehat dalam waktu 3-7 menit. Ada timer-nya lho. So, sambil giling padi bisa mengerjakan pekerjaan lain.

Olahan nasi goreng dari beras hidup (dok. pribadi)
Sedangkan beras yang tersedia terdiri dari 4 macam, yaitu beras organik putih, beras natural putih, pink, dan hitam. Ini pertama kalinya saya makan nasi hitam, tepatnya nasi goreng cakalang menggunakan beras natural hitam. Rasanya enak dan teksturnya empuk. Mungkin bagi sebagian orang aneh ya melihat kok warnanya hitam sih. Tetapi saya oke saja makan nasi hitam tersebut.

Varian lain yang menarik yaitu beras natural pink. Ini beda lho dengan beras merah. Beras pink ketika ditanak tidak keras dan lebih mudah dicerna. Saya beli sekilo untuk diolah di rumah. Alhamdulillah anak saya doyan. Suami yang anti dengan nasi berwarna selain putih rupanya juga cocok dengan beras pink. “Tidak keras,” ujarnya.

Olahan beras pink cocok untuk anak. Teksturnya tidak sekeras beras merah. (dok. pribadi)
Readboy Indonesia juga menyediakan gabah yang dapat dibeli langsung di supermarket seperti Farmers Market, Ranch Market, Foodhall, Diamond, atau menghubungi langsung showroom Kelapa Gading di nomor (021) 29636296 atau whatsapp 081290999296. Pembelian gabah dan beras ini free ongkir wilayah Jadetabek untuk pembelian di atas 10kg.


Setelah berkenalan dengan si mesin giling Re-Rice ini rasanya saya jatuh hati. Menggiling padi sendiri menjadikan saya tahu dan yakin kualitas beras yang saya konsumsi sehari-hari. Andai memiliki Re-Rice, saya ga khawatir dengan kualitas nasi karena dimasak dari beras hidup yang sehat dan segar. Gaya hidup sehat dapat dimulai dari memilih beras berkualitas. Mudah, kan?

Re-Rice Live Rice Maker model RR 18
Weight: 8kg
Dimension: 422mm x 320mm x 424mm
Material: plastic food grade, stainless strainer
Electrical: 170W ;  220V/50Hz
Guarantee: 5 years for service and 1 year for sparepart.

Showroom Readboy Indonesia di Kelapa Gading, Jakarta Utara

PT. Readboy Indonesia
Sentra Bisnis Artha Gading Blok A7D No.17,
Jl. Boulevard Artha Gading,
Kelapa Gading – Jakarta Utara
Website: www.RBShop.id
Facebook: RBShop
Instagram: rbshop_rebread_renoodle
Twitter: rbshopid
16 comments on "Re-Rice Live Rice Maker, Giling Padi Sendiri di Rumah"
  1. Wah bisa giling padi di rumah, mantap mba :D

    ReplyDelete
  2. Huaahhh keren banget ini inovasinya mbak. Semakin praktis saja :)

    ReplyDelete
  3. KlO dr segi harga brp mbaa? Apakah setara dg rice cooker? Atau diatasnya? Makin canggih saja teknologi saat ini.

    ReplyDelete
  4. Keren ya bisa giling padi sendiri di rumah bakal mengajarkan anak memiliki kualitas beras

    ReplyDelete
  5. Mbak Helena mesin gilingnya praktis juga buat ibu-ibu yang punya bayi yaa. Baru tahu kalo bosa buat giling padi. Kerennn

    ReplyDelete
  6. Tergoda sama beras pink, mau bikinin donk Maak!

    Btw makin canggih aja ya jaman sekarang, alat ini keren, bisa meringankan beban petani. Penasaran pengen nyobain iihhh ..

    ReplyDelete
  7. Jadi tiap hari kudu harus ngegiling sendiri biar sehat. Cepat proses penggilingan nya

    ReplyDelete
  8. Gak perlu lagi ke cianjur. Kerumah Teh oki apalagi. Berapa watt

    ReplyDelete
  9. Wow banget. Makin kecw aja ya perubaham zaman dan teknologi ini. Makin memudahkan.

    ReplyDelete
  10. Serba canggih ya zaman sekarang bisa giling beras sendiri.

    ReplyDelete
  11. wow. keren banget mbak. aku pengen beli jadinya. tapi masih mahal yak. hahahaha

    ReplyDelete
  12. wah canggih ya, bisa bikin beras organik dirumah

    ReplyDelete
  13. Mupeng mesin gilingnya. Aku kepikiran ngadoin pakdhe budheku yg masih punya sawah sendiri di desa pasti seneng banget :D

    ReplyDelete
  14. Waw ... Inovasi yang keren ya mbak. Tentu beras hasil penggilingan lebih sehat dan fresh, lebih banyak serat daripada yang beli di toko. Mantap nih ^^

    ReplyDelete
  15. Harganya sekitar berapaan nih mbak? Enak nih klo bisa giling padi sendiri..

    ReplyDelete
  16. Awesome banget alatnya, nambah lagi di wishlist. Jaman now, semua bisa dilakukan hanya dengan sekali sentuh ��

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature