Helenamantra

Life of Happy Mom - Personal blog about parenting, health, and upside down of life.

1 Hal Penting yang Sering Terlupa Sebelum Membeli Mobil

Thursday, February 8, 2018
Memiliki mobil pribadi menjadi impian keluarga kami. Sekarang ini kami mengandalkan motor untuk bepergian. Namun, ga mungkin juga terus-terusan naik motor karena SID, anak kami, makin tumbuh besar. Boncengan bertiga naik motor dengan kondisi seperti itu tentu tidak nyaman dan berbahaya, apalagi jika kami menambah momongan. *uhuk.

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil (dok.pribadi)
Sebelum membeli mobil, saya dan suami mempertimbangkan berbagai hal. Saya pernah membaca suatu artikel keuangan bahwa membeli mobil itu keputusan keuangan terbesar kedua setelah membeli rumah. Membeli mobil perlu dipikirkan masak-masak karena butuh dana yang besar.

Tentunya sebelum membeli mobil, kami menimbang terlebih dahulu seberapa penting memiliki mobil pribadi. Apakah tidak bisa digantikan dengan motor atau transportasi umum? Seberapa sering mobil itu akan dipakai? Mobil jenis apa yang kami butuhkan? Apakah SUV, MPV, atau APV? Kemudian menyesuaikannya dengan budget. Jangan sampai over budget hanya demi gengsi.

Hal-hal di atas mungkin sudah umum dipertimbangkan sebelum membeli mobil. Akan tetapi, ada satu hal yang kadang terlupa dipertimbangkan, yaitu layanan purnajual. Satu hal ini penting karena membeli mobil tak hanya tentang proses sebelum membelinya tetapi juga perawatan setelahnya. Mobil yang sering dipakai perlu perawatan rutin supaya awet, kan.

Layanan purnajual atau after-sales service ini menjadi poin penting memilih mobil setelah berkaca pada pengalaman seorang teman. Ia suka dengan tipe mobil tertentu yang tidak umum di pasaran. Alhasil, effort untuk merawatnya pun lebih besar, terutama mencari bengkel resmi dan spare part yang cocok.

Auto2000, Urusan Toyota Lebih Mudah

Toyota menjadi salah satu brand mobil yang menjadi pertimbangan kami. Saya ingat pernyataan Martogi Siahaan, CEO Auto2000, bahwa Auto2000 bukan hanya berfokus pada penjualan mobil tetapi after-sales service supaya para pemilik kendaraan merasakan pengalaman berkendara terbaik. Auto2000 merupakan jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang yang sudah ada sejak tahun 1975. Hingga kini Auto2000 telah memiliki 110 cabang di seluruh Indonesia.

Martogi Siahaan, CEO Auto2000 (dok. pribadi)
Jika membeli mobil Toyota di Auto2000, banyak kemudahan yang didapat, seperti pilihan pembayaran tunai atau kredit, tukar tambah, layanan purnajual, hingga loyalty program (voucher dan diskon di merchant tertentu). Layanan purnajual Auto2000 sendiri terdiri dari berbagai macam layanan, yaitu Toyota Home Service (THS), Express Maintenance (EM), Bodi & Cat (BP), dan Emergency Roadside Assistance (ERA). Layanan ERA siap 24 jam jika kendaraan bermasalah di jalan. Saat mobil mogok, langsung aja minta tolong ke ERA.

CEO dan jajaran manajer operasional Auto2000 (dok. pribadi) 


Pesan Toyota Home Service melalui Auto2000 Mobile Apps

Jika ERA untuk keadaan darurat yang tak terduga, ada pula layanan servis berkala yang membuat hidup #LebihMudah yaitu Toyota Home Service (THS). Sesuai namanya, THS ini melayani perawatan berkala kendaraan di rumah atau kantor. Ga perlu repot ke bengkel sampai antri lama. Panggil aja teknisi Auto2000 ke rumah. Simple, kan?

THS ini udah hadir sejak 1989, lho. Ini merupakan layanan pertama Auto2000 sebagai bagian dari PT. Astra International, Tbk. Awal mula servis masih menggunakan Toyota Kijang Super pick-up. Sekarang sih udah keren pakai Toyota Avanza juga Hilux.

Pelanggan dapat memesan THS melalui aplikasi Auto2000 Mobile (dok. pribadi)
Servis berkala yang dapat dilayani THS meliputi ganti oli, engine tune up, servis berkala internal 1.000km, servis berkala 10.000km dan kelipatannya, juga perbaikan ringan di bawah 2 jam. Ada 316 tim mekanik handal tersertifikasi yang siap melakukan perawatan berkala di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali.

Toyota Home Service dapat dihubungi melalui telepon 1500898 atau pesan lewat menu “Home Service” di Auto2000 Mobile Apps. Nah, Auto2000 Mobile ini merupakan layanan terbaru Auto2000 supaya makin memudahkan pelanggan. Aplikasi smartphone yang dapat diunduh gratis di Play Store maupun App Store ini baru saja diluncurkan pada 6 Februari 2018 lalu di Djakarta Theatre, Jakarta.

Tersedia 316 armada Toyota Home Service di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali (dok. pribadi)

Saya sempat terpikir, aman enggak ya THS ini? Gimana kalau harganya dimahalin atau diminta nambah servis macam-macam? Atau bahkan tim mekanik yang datang bukan dari Auto2000, nipu gitu, lho. Penjelasan dari tim Auto2000 membuat saya lebih tenang karena keunggulan aplikasi Auto2000 Mobile berikut ini:
  1. Setelah order melalui aplikasi Auto2000 Mobile, tim Auto2000 akan melakukan konfirmasi melalui telepon mengenai servis yang dibutuhkan. Pelanggan dapat menjelaskan kendala-kendala yang terjadi pada mobil supaya perawatannya tepat. Jadi, ga bakal ada servis di luar kesepakatan.
  2. Data mekanik yang datang dapat dilihat di aplikasi berupa nama, nopol kendaraan, nama cabang, serta nomor telepon mekanik. Oh ya, data tersebut dilengkapi foto si mekanik, so bisa dicocokkan langsung antara wajah dan foto di aplikasi. Ga khawatir kena tipu mekanik bodong.
  3. Proses THS ini dapat dipantau melalui menu “Tracking System”, dari awal order hingga selesai perawatan.
  4. Pembayaran dapat melalui tunai, transfer, maupun EDC.
  5. Bebas biaya kunjungan. Biaya servis di THS sama dengan servis di bengkel.
  6. Biaya perawatan dan spare part langsung terhubung di sistem keuangan Auto2000 dan pelanggan mendapat bukti print out. Harga yang tertera merupakan harga resmi Auto2000, ga bakal dimahalin!

Tracking system layanan THS melalui aplikasi Auto2000 Mobile (dok. pribadi)
Auto2000 Mobile Apps tak hanya untuk memesan THS. Pelanggan juga dapat booking servis di bengkel (menu workshop), mendapat informasi seputar Auto2000 (menu news & events), mengetahui spesifikasi kendaraan Toyota beserta harganya (menu catalogue), mendapatkan penawaran special (menu loyalty), dan mengetahui cabang Auto2000 terdekat (menu our branches).

Urusan Toyota Lebih Mudah (dok. pribadi)
Nah, gini kan enak kalau beli mobil di Auto2000. Layanan purnajualnya beragam serta mudah diakses. Jika hendak membeli mobil, jangan lupa cek layanan purnajual supaya tidak menyesal kemudian. By the way, bagaimana pengalamanmu memilih mobil? Apa saja pertimbanganmu sebelum membeli mobil?

Auto2000
www.auto2000.co.id
Facebook: Auto2000official
Twitter: @Auto2000ID

Instagram: @Auto2000ID
11 comments on "1 Hal Penting yang Sering Terlupa Sebelum Membeli Mobil"
  1. sama mba helena saya juga terkadang berpikir memiliki mobil enak deh karena anak udah 2 pastinya kalau bepergian ga mungkin kan naik motor berempat boncengan yg ada membahayakan sekeluarga. Tapi mempunyai mobil juga kudu melihat jangkauan servisnya ya. makasih infonha mba helena.

    ReplyDelete
  2. Kalau keluarga urban memiliki mobil sudah merupakan kebutuhan ya, tapi gak nahan macet ya deh

    ReplyDelete
  3. Saya juga punya mobilnya Toyota LGX sudah hampir 15 tahun masih oke dan mampu dibawa keliling Indonesia, mobil itu yg terpenting perawatan rutinnya ga boleh terlupakan biar awet terus.

    ReplyDelete
  4. Praktis, aman, dan terpercaya, jadi tak bisa pindah ke lain hati soal bengkel.

    ReplyDelete
  5. aaa catet! buat nanti kapan2 kalo mau beli mobil :)

    ReplyDelete
  6. pas sudah punya anak tiga kaya sekarang ini, kayanya aku memang butuh mobil yak, agak riweuh juga kemana mana bawa trio kroco pakai motor... Bismillah saja lah ya... siapa tau tahun depan ada rejeki beli mobil di Auto2000

    ReplyDelete
  7. Pelanggan Toyota jadi lebih mudah dan tak membuang waktu untuk pergi ke bengkel ya Mba.

    ReplyDelete
  8. THS ini bikin semua jadi cepat, praktis dan henat waktu. Mantap!

    ReplyDelete
  9. aplikasi yg memangkas waktu...berguna sangattt

    ReplyDelete
  10. auto2000 bikin service jadi gampang dan gak ribet

    ReplyDelete
  11. Kalau ada buktinya, enak banget tinggal bayar tanpa takut akan di mahalin

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga mendapat manfaat dari artikel di atas.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature