Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Wednesday, June 14, 2023
Liburan sekolah t’lah tiba! Kami merayakannya dengan staycation di hotel ramah anak di Depok. Yes, it’s The Margo Hotel. Di sana serasa winter, lho, karena kami menginap di The Margo Hotel Depok dan merasakan pengalaman bermain ice skating di Margocity.
hotel ramah anak di Depok

The Margo Hotel Penginapan Bintang 4 dengan Lokasi Strategis

It’s good to be back to Depok. Selama 3,5 tahun saya pernah tinggal Depok, tepatnya daerah Kukusan. Menjadi anak kos di sana, lekat ingatan tentang malam mingguan ke daerah Margonda. Ada dua mall besar di sana yang lokasinya berhadapan yaitu Depok Town Square (Detos) dan Margocity.

Beberapa bulan lalu suami mengajak saya dan anak-anak main ke Universitas Indonesia (UI) naik commuterline. Wah, rasanya senang banget bisa nostalgia. Kami turun stasiun Pondok Cina (Pocin) lalu lanjut berjalan kaki ke arah Detos.

Banyak bangunan baru di sekitar jalan Margonda termasuk sebuah hotel di depan Margocity mall. “The Margo Hotel” itulah namanya. Sayang kali itu kami belum sempat menyeberang ke arah sana.

Syukur alhamdulillah kesempatan itu datang di bulan Juni 2023. Setelah selesai menyusun portofolio belajar SID untuk semester ini, kami sekeluarga staycation di The Margo Hotel, Depok.

Cara Menuju The Margo Hotel Naik Commuterline

Lokasi The Margo Hotel sangat strategis karena terletak di jalan Margonda Raya, sebuah jalan utama di Depok. Restoran, toko buku, dan pusat perbelanjaan dapat dijangkau dengan berjalan kaki.

Sabtu pagi saya dan anak-anak berangkat terlebih dahulu naik commuterline kemudian turun di Stasiun Universitas Pancasila. Dari sini bisa naik taksi namun kami sengaja memilih naik angkot dengan harapan dapat angkot JakLingko. Toh hanya membawa satu ransel.

Awalnya bingung di mana tempat menunggu angkot ke arah Depok. Rupanya kami harus berjalan kaki melewati gang samping masjid di seberang stasiun. Di sana banyak angkot yang melewati Margonda (ternyata angkot biasa, bukan JakLingko). Kami pun turun tepat di depan The Margo Hotel.

hasil lukisan anak-anak setelah mengikuti kids activity di hotel

Sebenarnya The Margo Hotel dekat Stasiun Pondok Cina (2 stasiun dari Universitas Pancasila). Dari Stasiun Pocin, kita dapat berjalan kaki sekitar 700 m ke arah Detos kemudian menyeberang ke hotel. Tenang saja, ada jembatan penyeberangan untuk menyeberangi jalanan Margonda yang padat.

Trus, mengapa saya tidak turun Pocin? Karena eh karena saya jalan bareng dua anak, suami tidak ikut. Khawatir si Uno minta gendong kan lumayan, yak.

Suami akan menyusul sore harinya karena ia harus menghadiri acara sekolah keponakan di Bogor. Tas berisi pakaian dibawa suami sehingga saya hanya membawa ransel.

Kami sampai hotel sekitar pukul 11.00 WIB, waktunya makan siang. Iya, memang sengaja datang lebih awal karena mau mencoba paket Brunch di The Margo Hotel dengan free kids activity.

Review Kamar Deluxe Room The Margo Hotel

Menjelang pukul 2 siang, anak-anak tak sabar untuk masuk kamar. Saya pun check-in di resepsionis. Saat check-in ditanya apakah membawa kendaraan. Bila ya, diminta menuliskan plat nomor kendaraan untuk mendapat fasilitas free parking.

Lho, kemana anak-anak? Ternyata mereka asik menikmati alunan piano klasik di lobby. Seorang murid dari sekolah musik KITA Anak Negeri sedang perform di sana.

alunan piano klasik di lobby hotel

Saya pun ikut mendengarkan denting piano sembari minum welcome drink berupa asam jawa. Eh, unik, ya minumannya khas tradisional Indonesia. Rasanya seperti permen asam Jawa yang bulat dengan taburan gula.

Setelah itu, kami bergegas ke kamar di lantai 15. Untuk naik ke lantai atas diperlukan tap kartu kamar di dalam lift. Begitu pula tap kartu untuk membuka pintu kamar. *kalau salah buka kan malu….

Anak-anak masuk ke kamar terlebih dahulu. Mereka cepat memanggil saya, “Bu, lihat sini!” Wah, lucu banget ternyata ada hiasan handuk yang dilipat di atas kasur. Kacamatanya itu, lho, hihi…. By the way, menurut saya ini bentuk kelinci tetapi SID bersikeras bilang ini bentuk gajah. Menurutmu handuk ini berbentuk apa? *atau itu doggy?

Handuk jadi bentuk apa ya?

Deluxe Room The Margo Hotel seluas 32 m2 memiliki dua pilihan, king size bed dan twin bed. Kasur di kamar kami king size bed dengan meja kecil di samping kanan dan kiri dipan. Di sebelah dipan juga terdapat sofa merah, tempat paling nyaman untuk menonton Smart TV.

Deluxe room The Margo Hotel

Di dekat jendela, ada meja kerja, kursi, lengkap dengan lampu baca. Wah kami mendapat buah-buahan segar di atas meja.

Dua botol air mineral, teh, kopi, juga water heater berada di samping lemari pakaian. Di bawahnya ada safe deposit box dan mini refrigerator. Semuanya dapat berfungsi dengan baik.

Lemari pakaian terdiri dari dua pintu. Satu pintu untuk menggantung pakaian dan tersedia sandal hotel. Satu pintu lain berupa rak-rak bersusun.

SID kaget melihat kamar mandi hotel dengan kaca transparan. Ia pun masuk ke area shower dan melihat ada tirai yang dapat ditarik menutupi kaca.

Di kamar mandi terdapat hair dryer dan toiletries yang cukup lengkap. Alhamdulillah ada sewing kit. Ketika peniti jilbab hilang, saya ambil satu peniti di dalam sewing kit.

kamar mandi Deluxe Room

Cuaca Depok panas tapi di dalam kamar hotel sangat dingin. AC hotelnya dingin banget sehingga selama menginap beberapa kali dimatikan.

Kamar hotel bersih, handuk-handuknya juga, serta bagian lorong pun nampak bersih. Kondisi ini membuat pengalaman menginap kami semakin nyaman.

Sarapan di De Margo Restaurant

Waktu sarapan mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB namun karena peak season, waktunya dibagi menjadi dua batch. Saya memilih batch kedua yaitu pukul 08.00 – 10.00 WIB untuk sarapan di de Margo Restaurant.

menu sarapan di The Margo Hotel (saya coba nasi mandhi dan nasi merah)

Letak restoran berada satu lantai di bawah lobby. Dari ruang bermain anak ada tangga penghubung juga.

Menu makanan pagi itu sangat bervariasi dari tradisional hingga internasional. Ada bubur ayam dengan aneka topping, soto daging, omelet, pastry, salad, cake, sushi, cawan mushi, nasi mandhi, nasi merah, dan sebagainya. Minumannya juga tersedia aneka jus, pressed juice, tea, coffee, kunyit asem, wedang jahe, dan asem jawa.

Eh, ada Indomie juga, lho! Toppingnya banyak, aneka sayuran juga bakso. Baru kali ini saya menginap di hotel dengan menu breakfast Indomie.

Kami bertiga eksplorasi kuliner selama sarapan. Hanya Uno yang setia dengan semangkuk sereal. Tapi lumayan juga porsinya tadi, habis tak tersisa.

Hotel Ramah Anak di Depok The Margo Hotel

Sore harinya anak-anak minta berenang. Setelah salat asar, kami menuju M Pool & Bistro di lantai 3. Di lantai sama juga terdapat fasilitas gym.

Kolam renang hotel ini berdekatan dengan bistro. Konsepnya outdoor dengan dua kolam, yaitu kolam anak dengan kedalaman 60 cm dan kolam besar dengan kedalaman 120 cm.

berenang sore (dok. Myra ke2nai)

Di dekat kolam terdapat kids activities setiap Sabtu dan Minggu. Sabtu sore dan Minggu pagi, anak-anak dapat mengikuti cake decorating dengan menambahkan butter cream serta topping ke atas muffin. Kegiatan ini gratis untuk tamu hotel yang menginap.

Selain itu, ada juga kegiatan berbayar berupa melukis di kanvas maupun tote bag serta meronce. SID dan Uno memilih melukis di kanvas hingga menjelang maghrib. *saking menikmatinya~

kids activity di dekat kolam renang

The Margo Hotel memiliki kids corner di dekat lobby, lho, tepatnya di ruang berbentuk belimbing. Mengapa belimbing? Kota Depok terkenal dengan hasil perkebunannya yaitu buah belimbing sehingga dijuluki Kota Belimbing.

Di ruang belimbing, saya menyebutnya begitu, Uno yang bersemangat main rumah-rumahan, boneka, juga kuda-kudaan. Ada pojok baca dengan aneka buku anak tersedia di sini. FYI, ruang bermain buka mulai pukul 7 pagi, ya.

kids corner di The Margo Hotel

Di musim liburan sekolah ini, The Margo Hotel memiliki program liburan keluarga bertema 2 musim yaitu summer vibes and winter wonder. Ngomongin “Winter Wonder” unik nih karena Depok itu terkenal panas. Winter darimananya? Hihi…

Nah, ini nih best deal buat staycation di The Margo Hotel karena setiap tamu yang memesan kamar melalui website resmi hotel www.themargohotel.com dapat merasakan pengalaman bermain ice skating di Mall Margocity yang letaknya mepet hotel. Penawaran istimewa ini hanya sampai 30 Juli 2023, ya.

Oh ya, kami mendapat 1 compliment tiket bermain ice skating dari pihak hotel yang diberikan saat check-in. Berhubung SID dan saya yang akan main ice skating, maka saya membeli satu tiket tambahan sebelum berangkat ke mall.

Ssstt… beli tiket ice skating di resepsionis The Margo Hotel lebih murah dibanding ticket box di mall. Harganya diskon 50% dari 110ribu menjadi hanya 55ribu. Ku bahagia….

Setiap tamu yang memesan kamar melalui website resmi hotel www.themargohotel.com dapat free 1 tiket bermain ice skating.

Pengalaman Pertama Main Ice Skating di Margocity

Membayangkan bermain ice skating itu seperti princess Elsa menari di atas es. Sepertinya gampang padahal … mari kita coba.

Pengalaman saya bermain ice skating terakhir kali sepertinya saat SD atau SMP di Surabaya. Sementara SID belum pernah. Ini akan menjadi pengalaman pertamanya bermain ice skating.

bermain ice skating di Margocity

Minggu pagi setelah sarapan kami berjalan kaki menuju akses penghubung hotel dengan mall. Setelah masuk mall, kami naik eskalator satu kali hingga bertemu arena ice skating.

Di bagian ticket box, saya menunjukkan dua tiket ke petugas. Rupanya tiket compliment dari hotel belum termasuk kaos kaki sementara tiket yang baru saya beli sudah termasuk kaos kaki. Namun kami sudah memakai kaos kaki sendiri jadi aman lah tak perlu beli di sana. Jika membeli kaos kaki di ticket box harganya 10 ribu rupiah.

Petugas menanyakan ukuran sepatu kami. Sayangnya di sana tidak ada alat pengukur padahal ada keterangan tidak dapat mengganti ukuran sepatu. Jadi, kira-kira saja untuk anak kelas 1 SD biasanya ukuran berapa. Syukurlah cukup di kaki SID.

Satu tiket ice skating berlaku untuk satu sesi. Setiap sesi selama 45 menit dan sudah ada jadwalnya. Contohnya pukul 10.00 – 10.45. Meski datang pukul 10.15 tetap harus berakhir di pukul 10.45. So, lebih baik datang sebelum waktunya karena ticket box di weekend lumayan antre.

Here we go! Pertama-tama kami beradaptasi berjalan di atas es. Saya berpegangan di pinggir arena sambil belajar berjalan seperti bayi. Sementara SID dalam satu kali putaran sudah berani lepas tangan. Lho … kok ia cepat lancar main ice skating.

SID beberapa kali terjatuh namun ia bangkit lagi. Ada petugas berjaket hijau yang berjaga di arena ice skating, sigap menolong pengunjung yang terjatuh. Ya … karena berdiri aja susah. Bisa-bisa terjatuh lagi karena licin.

Toet … peluit berbunyi sebagai tanda sesi kali ini telah habis. Alhamdulillah … bermain ice skating bersama anak menjadi pengalaman we-time kami yang seru. Walau SID menertawakan saya yang masih kaku main ice skating. Untung ... pakai masker. Malu kalau ada yang kenal, haha …

Baru saja selesai bermain, SID sudah minta lagi. Ia ketagihan bermain ice skating di Margocity. Bahkan sampai rumah, ia ceritakan ke teman-temannya pengalaman hari itu.

Hari semakin siang. Saya dan SID kembali ke hotel karena waktunya check-out hampir tiba. Setelah berbenah dan memastikan tak ada yang tertinggal, kami pun meninggalkan hotel.

Overall kami puas berlibur sejenak di The Margo Hotel. Fasilitas kamarnya baik, kebersihannya terjaga, staf-nya ramah, makanannya lezat dan bervariasi, banyak kegiatan bersama anak yang bisa kami lakukan di sini termasuk pengalaman menginap bonus bermain ice skating.

Ingat, ya, reservasi menginap melalui situs resmi The Margo Hotel untuk mendapat free 1 tiket bermain ice skating (berlaku hingga 30 Juli 2023). See you again, The Margo Hotel!

The Margo Hotel

Jl. Margonda No.358, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424
Telepon 021 29515888
website www.themargohotel.com
instagram @themargohotel
33 comments on "Pengalaman Menginap di The Margo Hotel Depok dan Bermain Ice Skating Pertama Kali "
  1. kece banget ternyata the margo hotel, ya. ada buah-buahan ada kids activity gratis.

Replies
    1. Iyaa musim liburan sekolah ada banyak kegiatan anak di The Margo Hotel bertema Summer Vibes, Winter Wonder

Delete
  2. Eh, jadi diskon tiket ice skating ini berlangsung terus kah? Baru diskon kalau kita memang menginap di sana dan membelinya selagi kita jadi tamu hotel ya? Aduh, hotel ini termasuk wishlist sudah lama, tapi belum jadi2 sampai skrg nginep disitu. It looks so nice mana dekat mall pula

Replies
    1. Kalau pesan kamar melalui situs resmi hotel, dapat 1 tiket ice skating.

Trus, selama menginap mau beli tiket lagi bisa ke resepsionis dg diskon 50%.

Ice skating hanya sampai 31 Juli 2023

Delete
  3. Itu gajah atau kelinci ya..Biasanya sih handuk dibentuk gajah. Tapi kok itu mirip kelinci hihi
    Btw, ini beneran kids friendly ya Margo Hotel...pas kalau ajak anak-anak, mumpung libur sekolah pula! Cus berangkaaat!!

Replies
    1. Iyaa kan menurutku itu kelinci karena telinganya panjang. Masih misteri, hehe

Delete
  4. Kelihatannya The Margo Hotel emang nyaman banget untuk staycation bareng keluarga ya Mbak. Sudah tempatnya cakep sejak dari lobby sampai ke kamar, fasilitas lengkap, nah ada aktivitas untuk kegiatan anak-anak juga. Benar-benar hotel yang ramah anak ini...

1. Iyaa staycation dekat Jakarta dan mudah dijangkau dengan kereta

Delete
  5. Waaahhhh pengen deh stay di Margo hotel, seru banget mbak, pasti bikin anak² betah ya? Cocok nih yang mau ngisi liburan anak kids friendly soalnya hotelnya

ReplyDelete
  6. mbak kalau nggak nginap di hotelnya bisa juga nggak beli tiket ice skatingnya? hehe. seru banget nih pastinya staycationnya soalnya ada kegiatan buat anak-anak juga ya

7. Wihh deket banget ini sama rumahku, dan enak ya ada kolam renangnya, anakku juga kalau nginep di hotel pasti deh yang ditanyain itu kolam renangnya wkwkw. Mumpung mau liburan ya, bisa seru2an nih di The Margo

8. Seru banget ini staycation di The Margo Hotel ada aktivitas untuk anaknya juga ya mbak. Jadi anak-anak ada aktivitas yang menyenangkan selama di hotel ya. Aku jadi pengin ini nyobain staycation di The Margo juga.

ReplyDelete
  9. Menyenangkan sekali mbaa bisa menginap di The Margo. Dari rumahku nggak begitu jauh. Tempatnya juga luas ya mba. Anak anak nyaman juga main disana tampak puas sekali mba. Apalagi ada ice skating. Aku kayaknya naik ice skating pas SMA deh. Hehhe. Nemanin anak anak aja belum pernah sendiri

10. Masya Allah, nginap di sini bisa dapat paket lengkap ya Mba, bisa sekalian main ice skating juga so bisa get much. Happy ya lupakan macetnya depok, hehehe

11. Itu kayaknya spesies galinci mbak..ada belalai tapi kupingnya ke atas hahaha. Dan dari ulasan mb helena, emang betul nih, friendly kida bgt hotelnya. Bisa banyak kegiatan yg menyenangkan..oantesan SID pengen lagi ya kan.. ^_^

ReplyDelete
  12. Wahh promo staycation seperti di Margo Hotel ini dijamin jadi piihan favorit keluarga, fasilitasnya lengkap, menu sarapannya juga super yummy (perhatian emak/ saya kok ya auto ke makanan siih, hehehe).

Apalagi ada promo dapat free tiket untuk bermain ice skating di Mall Margocity yg letaknya bersebelahan dengan hotel.

13. Waah jadi mupeng berarti.seperti hotel.taman safari ada promo diskon atau pernah dpt tiket gratis masuk ke taman safari. Kalau hotel margo ini free main ice skating ya kalau langsung pesan di web.

ReplyDelete
  14. seru banget mak. anak-anak pasti happy banget bisa staycation menghabiskan waktu liburannya. kadang suka bingung bawa ke hotel mau ngapain anak-anak, kalo di margo hotel banyak aktivitasnya gini ya. apalagi bisa ke mall nya, aku belum pernah main ice skating hehe

15. Seru banget nih staycationnya. Salut dengan hotel modern full bintang bintang hehehe *4 maksudnya masih menyediakan welcome drink berupa minuman tradisional yg sangat banyak khasiatnya.
    Menurut saya handuk itu bentuk kelinci juga deh melihat dua menjulang ke atas, terbayang sebagai telinganya

ReplyDelete
  16. wah lagi ada promo free tiket gratis main ice skating kalau staycation di The Margo Hotel Depok

17. Enak ya kalau di hotel ada kegiatan buat anak-anak. Jadi gak ngendon di kamar aja. Terus, aku belum belum pernah Ice Skating. Penasaran, tapi di daerahku gak ada. Kudu ke kota dulu nih kalau mau

18. Seru banget mba staycationnya. Oh ya, kalau deluxe room maksimal diisi berapa orang? Apakah hrs ekstra bed lagi jika 2 org dewasa, 2 anak? Btw aq baru tahu hrga tiket ice skating diskon 50% di resepsionis the margo hotel

Replies
    1. keluargaku 2 dewasa dan 2 anak masih cukup di king size bed, mbak.
      tergantung

Delete
    2. sorry kepencet publish. Tergantung ukuran badan masing-masing sih, hehe, tapi selama ini tiap nginep di hotel masih muat kasurnya berempat.

Iyaa buat tamu menginap kan dapat 1 free tiket ice skating. Trus kalau mau beli satu lagi dg harga diskon bisa ke resepsionis. Lumayan kan mbak, jadi 55ribu aja udah dapat kaos kaki pula.

19. Senang sekali pastinya anak2 bs staycation, makan enak, berenang dan ice skating segala. Btw deluxe room maksimal diisi berapa orang mba? Perlu ekstra bed kah?

ReplyDelete
  20. 5 tahun tinggal di Depok baru ngeh Depok terkenal dengan Belimbing wkwk.
    Asyek banget staycationnya. Hotelnya walau di tengah kota tapi fasilitas hiburannya lengkap. Ada mall, tempat makan. Anak2 juga bisa mencoba ice skating jg ya mumpung lagi liburan sekolah.

21. Seru amat sid main ice skatiiiinggg. Duh pas banget nih mau musim liburaaaan, pengen juga ah ngajak anak anak nginep di margo hotel iniii

ReplyDelete
  22. Suka gemes sama anak-anak ya..
    Nginep di hotel, tapi sarapannya prefer cereal. HUhuhu.. Tapi kak Helen keren..menghargai banget sama kemauan anak.

Oiya, untuk tiket ice skatingnya itu sepuasnya kah?
    Biasanya memang mentok-mentoknya main 1-2 jam ya... saking uda capek plus dingin juga.

ReplyDelete
  23. Wah, nyamandan lengkap fasilitasnya, semoga saat ke depok bisa nginep di sini

24. Dulu aku lumayan sering wara-wiri Depok tapi nggak merhatiin ada Margo Hotel, ya, ternyata. Seru banget siiiih, di lobby aja udah disambut sama musik klasik. Yang main pianonya anak-anak, lagi. Dan gemas banget SID kaget lihat kamar mandi transparan. Haha. Hotelnya boleh juga nih buat liburan tipis-tipis. Kan mayan, ya, dari Tangerang ke sana tuh sama aja ke luar kota :P

25. Wah bisa ice skating juga, benar-benar hotel yang dibutuhkan untuk liburan anak.btw handuknya mirip monyet bertelinga kelinci

ReplyDelete
  26. Noted! Jujur, aku ga pernah nih staycation di Depok hahaha. Apa karena aku pikir terlalu dekat ke Bogor kali ya hehe. Cuman ternyata enak juga, banyak aktivitasnya

27. Makasih reviewnya mba Helena, pas bgt lagi cari info2 staycation yg deket

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com