Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Resep Kacang Telur Manis Sederhana, Cocok untuk Camilan!

Friday, June 23, 2023
Kacang telur manis adalah salah satu camilan yang cocok menjadi andalan saat acara kumpul bersama keluarga besar atau bahkan ketika kita sedang butuh kudapan saat me-time. Selain membelinya, kita juga bisa membuat sendiri dengan bahan yang mudah didapatkan di rumah. Lantas, bagaimana resep kacang telur manis sederhana itu?

ilustrasi bahan kacang tanah


Bahan untuk Membuat Kacang Telur Manis


Sebelum bersiap untuk membuat resep kacang telur manis sederhana di rumah, tentu, kita harus menyediakan beberapa bahan dan peralatan tertentu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahan untuk membuat kacang telur manis tidaklah susah, yakni:

  • kacang tanah sebanyak 500 gram
  • tepung terigu sebanyak 500 gram
  • gula pasir sebanyak 200 gram
  • telur berukuran besar sebanyak 2 butir
  • tepung tapioka sebanyak 2 sendok makan
  • margarin sebanyak 2 sendok makan atau 40 gram untuk dicairkan
  • bawang putih sebanyak 3 siung untuk dihaluskan
  • garam sebanyak 1 sendok teh
  • minyak goreng dengan jumlah kurang lebih 1 liter

Sebagai catatan, kita juga bisa mengganti gula pasir dengan gula halus dan juga menambahkan seujung sendok baking powder atau vanili bubuk ke dalam resep kacang telur manis di atas.

Sementara itu, peralatan memasak yang perlu kita siapkan pun tidak terlalu rumit karena hanya membutuhkan wajan, spatula, dan saringan untuk menggoreng; mangkok dan baskom untuk mencampur adonan; tampah untuk mendinginkan kacang tanah, serta sendok makan dan sendok teh untuk mengukur bahan maupun mengocok adonan.

Cara Membuat Kacang Telur Manis


Untuk mendapatkan kacang telur manis dengan tekstur yang renyah alih-alih keras, ada beberapa langkah pembuatan yang harus kita ikuti dengan saksama. Tingkat kesulitan dari resep kacang telur manis ini adalah sedang dan waktu yang diperlukan berada pada kisaran 60 menit atau 1 jam.

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk membuat kacang telur manis ini adalah mencuci kacang tanah terlebih dahulu hingga bersih, kemudian ditiriskan. Setelah itu, panaskan minyak di atas kompor dengan api sedang untuk menyangrai kacang tanah hingga aromanya keluar.

Setelah kacang tanah matang dan kering, angkat dan letakkan pada tampah besar dan kering untuk diangin-anginkan supaya lekas dingin. Sambil menunggu kacang tanah menjadi dingin, kita bisa mencampur tepung terigu, tapioka, dan baking powder (opsional) di satu wadah (baskom) dan mengocok telur, gula, serta bawang putih hingga tercampur rata di wadah lain

Masukkan margarin yang telah dicairkan sebelumnya, garam, dan vanili bubuk (opsional) ke dalam campuran telur dan aduk hingga merata. Setelah adonan siap, masukkan kacang tanah yang sudah dingin dan aduk hingga seluruh permukaan kacang tanah terbalut sempurna dengan adonan telur

Ambil tampah baru sebagai wadah untuk melapisi kacang tanah yang telah dibalut adonan telur dengan campuran tepung yang sudah disiapkan sebelumnya. Goyangkan tampah hingga seluruh permukaan kacang tanah telah terbalut sempurna dengan tepung

Saat melapisi kacang tanah dengan tepung, pastikan tidak ada kacang yang menempel satu sama lain. Setelah semua kacang sudah dipastikan terbalut tepung dengan sempurna, tunggu selama 5 hingga 10 menit agar tepung tidak rontok sebelum mulai memanaskan minyak di dalam wajan untuk menggoreng telur

Pastikan kacang digoreng sedikit demi sedikit, sesekali diaduk, semua permukaannya tenggelam di dalam minyak, dan kekuatan api diatur pada level kecil hingga sedang agar tingkat kematangan merata

Angkat kacang tanah dari penggorengan ketika warnanya berubah kecoklatan. Pindahkan kacang ke dalam toples ketika sudah tiris dan dingin serta pastikan untuk menutupnya rapat-rapat agar tidak melempem.

Itulah bahan dan cara pembuatan kacang telur manis sederhana yang bisa kita praktikkan sendiri di rumah. Buat berbelanja bahan-bahannya, kita bisa pergi ke pasar, swalayan, atau bahkan warung di sekitar hunian yang jual telur ayam dan bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat resep tersebut.

Selain itu, kita bisa mengandalkan pasar online yang melayani transaksi jual beli tanpa harus bertemu langsung. Salah satu aplikasi belanja kebutuhan bahan makanan untuk memasak yang bisa diandalkan adalah Kingkong Meats.

Di Kingkong Meats kita bisa mendapatkan telur ayam berkualitas dan segar, cocok untuk bahan memasak sehari-hari. Soal harganya pun jangan khawatir, karena akan selalu ada harga termurah di Kingkong Meats. Aplikasi Kingkong Meats ini bisa didapatkan di Google PlayStore untuk pengguna Android atau Apple AppStore untuk pengguna iOS.

Untuk saat ini, area yang bisa dijangkau oleh Kingkong Meats memang masih terbatas di Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, serta Tangerang. Meskipun begitu, Kingkong Meats akan selalu berinovasi dan mengembangkan layanannya agar bisa mencapai kota lain yang ada di pulau Jawa.

Selamat mencoba membuat camilan kacang telur manis, ya!
2 comments on "Resep Kacang Telur Manis Sederhana, Cocok untuk Camilan!"
  1. kacang telur manis belum pernah coba bikin sendiri. Biasanya cuman di goreng biasa aja.
    Sebenernya nggak terlalu sulit juga ya mbak bikinnya, bahannya juga simple
    selama ini kalau pengen kacang telur, beli di warung deket rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya aku beli aja nih kacang telur manis, haha... ternyata prosesnya mudah, kan.

      Delete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,