Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

3M Plus, Cara Mudah Cegah Demam Berdarah di Rumah

Thursday, June 22, 2023
Waspada demam berdarah dengue! Teman saya baru pulang dari “staycation” seminggu di rumah sakit. Staycation-nya bareng suami pula karena mereka berdua positif Demam Berdarah. Penyakit akibat virus dengue ini dapat menyerang semua usia dan penularannya bisa dari mana saja termasuk rumah. Jangan anggap sepele, yuk cek kembali cara cegah Demam Berdarah dengan 3M Plus Vaksin. Pakai juga checklist-nya untuk bantu cek di rumah.

Waspada Demam Berdarah Dengue (DBD)


Tak lama dari kabar teman keluar RS, saya mendapat kabar bayi seorang teman (yang lain) sedang opname karena demam berdarah. Bayinya sudah dirawat seminggu namun trombosit masih rendah dan perutnya sakit.

Orang tua mana yang tega melihat anaknya terbaring lemah, diinfus, dan setiap hari harus diambil darahnya. Namun, itulah ikhtiar untuk kesembuhan anak dari penyakit Demam Berdarah.

dok. cegahdbd.com

Kok banyak yang sakit Demam Berdarah, ya, sampai seringkali saya mendengar komentar, “Iya, sedang musim DBD.” Waduh, sakit kok musim. Lebih enak musim mangga atau musim durian, jangan musim penyakit.

Data Kemenkes RI menyebutkan kasus Demam Berdarah di Indonesia tahun 2022 lalu mencapai 131.265 kasus. Sementara per 13 Februari 2023, data Kemenkes RI mencatat telah ada 2.930 kasus Demam Berdarah di Indonesia dengan 24 kematian.

Demam berdarah dapat menyerang semua umur, dari bayi sampai dewasa. Sekitar 40% pasien Demam Berdarah adalah anak-anak usia 0-14 tahun.

dok. instagram @cegahdbd.id


Virus demam berdarah atau yang disebut virus dengue disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Mengapa banyak nyamuk di Indonesia?

Dikutip dari akun Instagram @cegahdbd.id, penyebab banyak nyamuk karena Indonesia daerah beriklim tropis yang sangat disukai oleh nyamuk, lho. Kebiasaan dari nyamuk adalah senang berada di genangan air bersih dan di daerah yang memiliki banyak pohon seperti taman atau kebun, dan semua hal ini sangat mudah kita temukan di Indonesia!

Rupanya kasus demam berdarah dengue tersebar di seluruh Indonesia. Berdasarkan data Kemenkes, 10 kota/kabupaten dengan Kasus demam berdarah Tertinggi di Indonesia Tahun 2022 yaitu Kota Bandung, Kab. Bandung, Kota Bekasi, Kota Depok, Sumedang, Kota Medan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Bogor dan Kota Tasikmalaya. Makdeg! Kota tempat tinggal saya termasuk salah satunya!

Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue dengan 3M Plus


“Mohon diinfokan kepada para warga untuk melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk Mandiri di unit masing-masing.”

Itulah pesan singkat melalui WhatsApp Group RW karena kasus demam berdarah di kelurahan tempat kami tinggal paling tinggi se-kecamatan padahal petugas jumantik rajin keliling ke rumah-rumah untuk mengecek tempat penyimpanan air. Setiap Jum’at, petugas jumantik juga mengecek area fasilitas umum (fasum) yang berpotensi menjadi sarang nyamuk seperti taman dan kolam.

Ingat pencegahan Demam Berdarah, ingat 3M seperti iklan layanan masyarakat sejak saya kecil. Sekarang tak cukup 3M, lho, tetapi sudah menjadi 3M Plus yaitu:

● Menguras tempat yang sering menjadi penampungan air.
● Menutup rapat tempat-tempat penampungan air.
● Memanfaatkan limbah barang bekas yang bernilai ekonomis.
● Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air.
● Menggunakan kelambu saat tidur.
● Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk seperti ikan cere, guppy, cupang, nila merah, kepala timah, dan ikan mas.
● Menanam tanaman pengusir nyamuk seperti serai wangi, daun peppermint, bunga lavender, dan bunga geranium.
● Menghindari kebiasaan menggantung pakaian.
● Menggunakan anti nyamuk semprot maupun oles bila diperlukan.

Vaksin Demam Berdarah Mencegah Hingga Mengurangi Infeksi Demam Berdarah Berat



Selain upaya 3M Plus di atas, lengkapi pencegahan Demam Berdarah dengan vaksinasi demam berdarah. Di Indonesia sudah ada vaksin Dengue yang telah memiliki izin edar BPOM. Apa manfaat vaksinasi Demam Berdarah, usia berapa, dan bagaimana cara mendapat vaksin demam berdarah? Mari kita bahas satu-persatu.

Manfaat Vaksin Demam Berdarah


Demam berdarah dengue disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Situs cegahdbd.com menyebutkan ada empat jenis virus dengue berbeda, yang dikenal sebagai serotipe yaitu DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4. Infeksi yang disebabkan virus dengue dapat bergejala ringan hingga berat, atau bahkan sampai mengancam jiwa.

Demam Berdarah tak hanya menyerang sekali seumur hidup. Pasien dapat mengalami demam berdarah lebih dari sekali. Infeksi Demam Berdarah kedua dengan serotipe berbeda berisiko lebih tinggi terkena gejala yang lebih berat.

Vaksin demam berdarah membantu sistem imun untuk membentuk kekebalan tubuh melawan virus yang masuk. Vaksin ini dapat membantu mencegah infeksi demam berdarah maupun mengurangi risiko infeksi demam berdarah berat seperti pembesaran plasma darah atau syok.

Bila anak sudah pernah terinfeksi virus Dengue, vaksin Dengue tetap dapat diberikan mengingat ada empat jenis serotipe virus Dengue. Dengan vaksinasi tersebut, tubuh akan membentuk kekebalan terhadap serotipe lain yang belum menginfeksi anak tersebut.

Usia Berapa Mendapat Vaksin Dengue?


Sebelum memberikan vaksin demam berdarah, perlu diketahui rentang usia indikasi, perlu atau tidaknya screening pre-vaksinasi, dosis dan interval pemberian vaksin, keamanan serta efikasi vaksin tersebut yang dapat dikonsultasikan dengan dokter.

Penutup


Demam berdarah dengue bukan penyakit sepele karena bila tidak ditangani dengan tepat dapat mengakibatkan infeksi berat bahkan kematian. Kasus Demam Berdarah tersebar di seluruh Indonesia dan bisa menyerang semua usia. Oleh karena itu, pelajari lebih lanjut penyebab dan gejala demam berdarah serta konsultasi ke dokter bila perlu.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan. Mari mencegah Demam Berdarah dimulai dari rumah dengan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, 3M Plus, serta melengkapinya dengan vaksinasi demam berdarah. Saat ini vaksin demam berdarah telah tersedia di Indonesia. Konsultasi ke dokter di klinik atau rumah sakit terdekat mengenai vaksin Demam Berdarah, ya.

Follow dan dapatkan informasi mengenai cara pencegahan demam berdarah di akun Instagram @cegahdbd.id serta situs cegahdbd.com. Share info ini ke lingkungan sekitarmu, ya, supaya makin banyak yang aware untuk mencegah demam berdarah. Semoga bermanfaat!


Referensi:

Kemenkes RI. Atasi Dengue Kemenkes Kembangkan Dua Teknologi Ini. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20230205/3642353/atasi-dengue-kemenkes-kembangkan-dua-teknologi-ini/. Diakses 30 Maret 2023

Yakin Rumah Anda Aman dari Demam Berdarah Dengue Ini Tips Pencegahan DBD di Rumah. https://cegahdbd.com/Yakin-Rumah-Anda-Aman-dari-Demam-Berdarah-Dengue-Ini-Tips-Pencegahan-DBD-di-Rumah. Diakses 30 Maret 2023

IDAI. Sekilas Tentang Vaksin Dengue. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/sekilas-tentang-vaksin-dengue. Diakses 3 Mei 2023
19 comments on "3M Plus, Cara Mudah Cegah Demam Berdarah di Rumah"
  1. Saya pernah dirawat karena DBD. Gak hanya demam yang saya rasakan. Tapi, juga mengalami sakit perut yang parah. Dokternya pun bilang untung kejadiannya di rumah sakit. Jadi bisa segera ditangani. Makanya saya gak pernah anggap remeh DBD. Gak mau sampai mengalami lagi.

    ReplyDelete
  2. Ngeliat cuaca yang sekarang nggak menentu, emang kerasa banget kak nyamuk jadi makin banyak. Alhamdulillah sekarang udah ada vaksinnya.

    ReplyDelete
  3. Ho saya baru tahu nih kalo ternyata penyakit demam berdarah ada vaksinnya juga. Thanks for share kak Helena. Btw mencegah itu memang lebih baik daripada mengobati. Semoga kita semua sehat selalu dan terhindar dari segala penyakit ya

    ReplyDelete
  4. Eh beneran Demam Berdarah itu bahaya banget. Simple mencegahnya, tapi kadang orang suka lalai atau emang apes lagi pergi ke suatu tempat eh, Kenya gigit nyamuk.

    ReplyDelete
  5. Jadi DBD juga sekarang ada vaksinnya ya. Makin ketat donk ya penjagaannya. Sehat sehat selalu kita semua ya Kak.

    ReplyDelete
  6. Bener kadang ngeri ya. Sakit kok musim. Mending musim buah aja hehe. Nah, praktek 3 M nih jujur kadang suka nggak konsisten dilakukan. Kalo lagi banyak yang kena aja baru deh dilakuin lagi

    ReplyDelete
  7. Sekarang masuk ke musim kemarau yak kayaknya, sepertinya nyamuknya lebih ganas-ganas gendut pula, nah maumya sih nanam tanaman pengusir nyamuk, tapi sepertinya susah dirawat, tapi mau coba nanam dulu deh, dan baru tau kalau ada vaksin, ini bisa untuk anak-anak juga ya?

    ReplyDelete
  8. Fakhri pernah dirawat di rumah sakit karena DBD. Agak heran juga sih karena di rumah ga ada air tergenang. Entah dari mana nyamuknya. Bisa jadi nyamuk tetangga mampir :( 3M Plus ini harus dilaksanakan supaya kita terhindar dari DBD. Sebaiknya sih divaksin juga ya biar lebih aman, hati juga tenang.

    ReplyDelete
  9. Di Rt kami 2xseminggu pemeriksaan jwntik disamping itu tiap earga wajib sadar diri utk teyep memeriksa tempat2 yg berisi atau ada genangan air termasuk tadahan air di dispenser dan juga tatakan2 pot. Pokoknya di setiap air yg tergenang di sekeliling. rumah.

    ReplyDelete
  10. DBD memang ga boleh dipandang remeh, beberapa thn lalu tetanggaku ada yg meninggal karena DBD ini.
    Harus aware jaga kebersihan dgn menerapkan 3M plus, mencegah lebih baik daripada mengobati

    ReplyDelete
  11. Tahun lalu Paksu kena DBD dan mesti rawat inap seminggu ...Itu ya udah bikin trataban, deg-degan karena sempat telat dibilang dokter ke RS-nya..Duh, maka aku setuju banget ada upaya 3M Plus dan lengkapi pencegahan Demam Berdarah dengan vaksinasi demam berdarah seperti ini

    ReplyDelete
  12. Aku dulu males pakai obat oles nyamuk. Tapi sekarang, wajib banget soalnya itu hewan tambah ganas. Sebisa mungkin buat 3M juga. Terus ngurangi gantungin baju. Kelambu malah gak pakai sih karena dulu malah nyamuk suka nempel di sana

    ReplyDelete
  13. Yuk perkuat imun dengan memberikan Vaksin Demam Berdarah.
    Karena dengan vaksin ini adalah cara termudah ketika virus Dengue mulai merajalela, apalagi memasuki musim penghujan seperti saat ini.

    ReplyDelete
  14. Sedih bangett emang kalau liat anak² sakit, gitu. Nyerii ya, Mbak.

    Btw, aku baru tau kalau ikan Cupang bermanfaat juga. Aku kira.hanya sekadar hiasan saja.

    ReplyDelete
  15. Musim panas kayak gini saat yang tepat buat beres2 dan membuang barang2 yang gak dipake apalagi yang kira2 bisa buat nampung air agar jentik nyamuk gak berkembang

    ReplyDelete
  16. Berita bagus nih, sudah ada vaksinnya. Mengingat kasus DB dan DBD di Indonesia termasuk tinggi. Kalau musim pancaroba jumlah kamar kosong di RS sering 0 karena banyak pasien DB/DBD. Saya pernah, sih, anak dirawat di emper UGD karena tidak kebagian kamar. Hari kedua baru dapat kamar di kelas yang sebenarnya terlalu mahal bagi kami tapi adanya itu, mau gimana lagi. Pengalaman buruk yang bikin saya ikut senang dengan adanya vaksin DB.

    ReplyDelete
  17. Iya bener banget mbak, demam berdarah nih momok banget buat keluarga dengan anak balita. Karena kuatir aja mereka kena karena akibatnya fatal kalau tidak tertangani dengan baik

    ReplyDelete
  18. Dari dulu, untuk menghadapi demam berdarah, caranya ya 3M ya mbak
    Tapi sekarang akan lebih optimal jika 3M dilengkapi dengan vaksin dbd
    Jadi nggak worry lagi

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,