Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Mudik Sambil Wisata di Jalur Pantura, Mengapa Tidak?

Friday, May 18, 2018

Budaya mudik itu bikin kangen sekaligus menyebalkan. Kangen deh berkumpul dengan keluarga besar dan menikmati makanan khas di kampung halaman. Tetapi, sebal harus berhadapan dengan macet selama perjalanan. Supaya mudik lebih menyenangkan, mengapa tidak mudik sambil wisata?

Mudik sambil wisata sepertinya seru juga!


Tren Mudik 2018: Mudik Sambil Wisata

Mudik telah menjadi budaya di Indonesia. Rasanya ada yang kurang kalau tidak mudik. Data Kementrian Perhubungan, 2017 menyebutkan terdapat 18juta pemudik selama libur lebaran. Tiga diantaranya keluarga kami. Hohoho.

Mudik tak sekadar sampai kampung halaman. Editor Kompas Travel dan Travel Journalist Sri Anindiati Nursastri menyebutkan bahwa tren mudik 2018 akan menjadi ajang mudik sambil wisata. Mumpung sedang liburan ya sekalian saja mengunjungi tempat wisata terdekat.

Bahkan, tahun lalu Kementrian Pariwisata menggunakan momen mudik ini sebagai kampanye #MudikPenuhPesona untuk mengenalkan tempat-tempat wisata di berbagai daerah dan meningkatkan jumlah wisatawan nusantara (wisnus). Telah ada peta jalur mudik plus tempat wisata yang dilalui. Netizen cukup mencari lewat internet dengan tagar #MudikPenuhPesona atau jika mengunjungi tempat wisata tersebut, unggah di media sosial dengan tagar di atas.

Peta jalur mudik plus wisata (dapat diunduh di sumber)

Tempat Wisata di Jalur Pantura

Seru juga ya ide mudik sambil wisata di atas. Libur lebaran yang panjang bisa digunakan untuk eksplorasi tempat wisata yang belum pernah saya kunjungi. Saya jadi tertarik mencari wisata apa saja di sepanjang jalur pantura, jalur mudik saya tahun ini. Berikut beberapa tempat wisata di jalur pantura:

Kampung Batik Trusmi di Cirebon
Asyik nih berkunjung langsung ke pusat batik di Cirebon. Asal jangan kalap beli oleh-oleh batik khas bercorak mega mendung.

Empal Gentong di Cirebon
Melewati Cirebon saat berbuka makin pas dengan menyantap kuliner khas Cirebon yaitu empal gentong. Banyak restoran menyediakan menu empal gentong. Pengalaman saya pernah makan di Empal Gentong Haji Apud. Potongan dagingnya gede-gede, bikin kenyang. Tempatnya luas banget, cocok buat beristirahat.

Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang
Saya penasaran dengan payung-payung raksasa di pelataran masjid. Konsepnya mirip Masjid Nabawi di Madinah. Ya kalau belum sempat ibadah haji atau umroh, minimal ke masjid agung di Semarang ini dulu deh. :D

Lawang Sewu, Semarang
Bangunan antik selalu menarik hati. Meski katanya Lawang Sewu menyeramkan, saya tertarik berkunjung. Buat amannya sih pergi ke Lawang Sewu di siang hari. Hehe.


Batang Dolphins Center
Di Batang, Jawa Tengah, rupanya ada unit Taman Safari Indonesia. Di sana terdapat berbagai pertunjukkan lumba-lumba dan hewan lainnya. Wah, boleh juga mengajak anak mengenal hewan lebih dekat.

Mojosemi Forest Park
Agak menyimpang dari pantura tapi dekat tempat mudik saya di Magetan, ada Wana Wisata Mojosemi di Raya Telaga Sarangan, Jawa Timur. Banyak spot kece buat foto-foto dan berbagai wahana permainan outdoor di Mojosemi. Tahun lalu saya cuma nampang di bagian depan karena loket sudah tutup. Tahun ini mau mampir, ah.

Memilih Transportasi Libur Lebaran

Dahulu kala saya mengandalkan mudik dengan moda pesawat, cepat dan bebas macet. Namun sejak SID berusia 2 tahun, saya beralih menggunakan jalur darat karena anak saya sudah bayar tiket full. Lumayan kan pengeluaran transportasinya, mana libur lebaran begini harga tiket menjadi 2-3 kali lipat.

Mau mudik naik kereta tapi tiketnya cepat banget ludes sejak H-90. So, tahun ini kami berencana libur lebaran menggunakan mobil saja.

Banyak untungnya memilih mobil untuk libur lebaran, karena:
  • Waktu perjalanan lebih fleksibel dan santai. Meskipun macet ya dibawa enjoy saja sambil siapkan banyak mainan untuk anak.
  • Menjadi momen waktu bersama keluarga (quality time). Mau ngobrolin misi keluarga, rencana liburan, sampai solusi harga sembako yang meningkat tajam, bisa.
  • Membawa oleh-oleh lebih banyak. Balik dari mudik biasanya dibawakan banyak makanan oleh ibu dan ibu mertua. Tahun lalu malah dibawakan sepeda untuk SID. Hahaha.
  • Tujuan mudik (Magetan) jauh dari stasiun atau bandara. Daerahnya minim transportasi umum sehingga sulit dijangkau jika tidak membawa kendaraan sendiri.
  • Mobil dapat digunakan bersilaturahim ke rumah saudara dan juga berwisata sambil libur lebaran.

Sewa Mobil yang Aman agar Nyaman di Perjalanan

Berhubung mobil pribadi masih dalam impian (mohon doanya, ya!), sewa mobil menjadi alternatif transportasi libur lebaran. Agar perjalanan mudik nyaman, perlu memilih sewa mobil yang aman dan berkualitas. Jangan sampai kondisi mobil tidak prima atau status mobil sewaan tersebut bermasalah.

Saat mencari penyedia sewa mobil yang aman dan berkualitas untuk mudik dan libur lebaran, saya mendapat rekomendasi rental mobil TRAC – Astra Rent a Car. Saya pikir TRAC hanya untuk sewa mobil perusahaan karena kantor teman pakai jasa dari TRAC. Rupanya sejak 2015 TRAC melayani personal rental.

TRAC- Astra Rent a Car melayani personal rental
COO TRAC Agus Riyadi menjelaskan TRAC memiliki berbagai pilihan sewa kendaraan personal seperti untuk pernikahan (wow naik Alphard!), arisan komunitas, airport transfer, bus service sekaligus paket wisata, juga daily rental service seperti untuk mudik lebaran.

Peraih Best Brand Platinum 2017 for car rental category ini menyediakan sewa mobil lepas kunci (self-drive) atau dengan driver. Tersedia 5000 drivers handal bersertifikat defensive driving. Tak main-main ya masalah kualitas layanan, pengemudi TRAC harus lulus sertifikasi tersebut agar berkendara dengan selamat, hemat waktu, dan biaya.

Sewa mobil TRAC dengan pengemudi bersertifikat defensive driving (sumber: TRAC)
Fala Adinda, seorang dokter yang juga travel blogger, menggunakan jasa TRAC untuk mengantarkannya ke 4 acara dalam sehari. Kebayang dong macetnya Jakarta namun harus on-time datang ke lokasi. Fala mengatakan, “Driver-nya datang satu jam lebih awal, memperkenalkan diri dengan sopan dan ramah sekali, mobilnya rapi dan wangi, (driver-nya) tahu jalan, that’s very good.”.

Cocok nih dengan saya yang tipe “yang penting sampai” soalnya parah kalau ditanya lewat mana. Sebel, kan, mendapat pengemudi yang bertanya melulu padahal sudah ada Maps.

TRAC Blogger Gathering, 11 Mei 2018 di Jakarta
Sewa mobil saat peak season seperti mudik lebaran harus dilakukan jauh-jauh hari. Harga sewa mobil kadang jadi naik, lho. Tapi di TRAC malah sedang berlangsung promo paket sewa mobil early bird untuk libur lebaran. Promo ini khusus untuk reservasi sewa mobil tanggal 1-31 Mei 2018 dengan layanan self-drive. Mobil dapat digunakan pada periode 3-24 Juni 2018.

Lihat tabel berikut. Harga sewa mobil Toyota Avanza 2 hari gratis 1 hari early bird Rp1.200.000,00 sedangkan harga sewa Toyota Innova 2 hari gratis 1 hari dengan harga promo Rp1.695.000,00. Harga segini udah dapat mobil dalam kualitas baik dan berasuransi.
Harga sewa mobil mudik lebaran di TRAC (diolah dari website TRAC)
Promo early bird ini berlaku di seluruh cabang TRAC di Jakarta, Bandung, Karawang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Pekanbaru, Padang, Batam, Palembang, Lampung, Jambi, Balikpapan, Berau, Banjarmasin, Sangatta, Makassar, Manado, Denpasar, dan Mataram. Mau sewa mobil sejak mudik dari Jakarta, bisa. Atau mau sewa mobil saat di kampung halaman untuk silaturahim, juga bisa.

Reservasi sewa mobil di TRAC makin gampang. Bisa melalui reservation call center TRAC (021) 877 877 87, e-mail: nasional@trac.astra.co.id, atau website TRAC. Namun, perlu menjadi member TRAC terlebih dahulu ya. Cukup lampirkan copy KTP, SIM, dan kartu kredit (gold/platinum) saat mendaftar sebagai member. It’s free!

Kalau mau memperpanjang sewa mobil, by phone saja. Misal nih mau extend dari sewa 2 hari menjadi 3 hari, telepon ke call center sehari sebelumnya.


Asyik nih, sewa mobil untuk mudik sambil wisata. Mau mampir ke tempat-tempat wisata di sepanjang jalur pantura lebih mudah. Bikin liburan semakin berkesan!

Mudik dengan TRAC Bus Service

Selain mudik dengan sewa mobil, TRAC menyediakan promo alternatif mudik dengan TRAC Bus Service. Bagi yang berencana mudik atau libur lebaran ke Semarang, Solo, atau Yogyakarta dapat memanfaatkan promo ini. Mudik naik TRAC Bus Service mulai Rp350.000,00 udah bisa naik ELF dan free snack.

ELF ini cukup berisi 13-15 orang, ada LCD TV dan radio untuk hiburan selama perjalanan, sound system, colokan supaya baterai HP aman dan bisa eksis, juga AC. Nyaman ya mudik naik TRAC.

Reservasi dapat dilakukan dengan datang langsung ke cabang TRAC Bus Service di Pasar Rebo, telepon Reservation Call Center TRAC Bus Services (021) 2983 5555, atau melalui e-mail ke bus@trac.astra.co.id.
Harga promo mudik dengan TRAC Bus Service (diolah dari website TRAC)
Bagaimana rencana mudikmu tahun ini? Bakal libur lebaran sambil berwisata? Apa saja wisata di daerah asalmu? Share di kolom komentar, ya.

45 comments on "Mudik Sambil Wisata di Jalur Pantura, Mengapa Tidak?"
  1. Mencari mobil rental untuk mudik harus yang terpercaya dan gak ribet prosesnya ya mom.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kudu cepet juga lho karena permintaan tinggi.

      Delete
  2. Pengemudi bersertifikat, jadi ga asal ya. Ngeri kan kalau pengemudi yang bawa mobil asal-asalan. Nyawa taruhannya. TRAC memang solusi transportasi mudik, liburan .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Jadi ingii sewa trac nih saat keluarga berkunjung

      Delete
  3. Mudik memang diniati sambil wisata ya , biar enggak cape.
    Suami aku biasa bawa sendiri , tapi ya itu, tiap rest area mandek , hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suamiku pun. Tiap ketemu rest area dan pom bensin, bahagia.

      Delete
  4. Cakep artikelnya mba, sayang saya ngk mudik, kejauhan soalnya

    ReplyDelete
  5. Mudik, wisata dan kuliner. Wow asiknya. Banyak kecelakaan terjadi karena ketidaksiapan mobil sebelum berangkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mpo sekalian liburan gitu. Siapkan fisik driver dan kendaraan supaya selamat.

      Delete
  6. Iya juga ya mudik sambil wisata pasti bakalan seru... Btw itu harga segitu untuk sewa mobilnya aja atau udah termasuk jasa supir dan lain lain sih kak...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang Promo mudik itu lepas kunci. Mobil aja segitu. Soalnya driver trac juga mau mudik. *eh

      Delete
  7. Aduuuh aku paling hobi mudik sambil wisata. Cuma ngga tahan macetnya hehehe. Parah biasanya ya

    ReplyDelete
  8. Aku pernah ikut acara berbuka bersama anak yatim dari Trac .ke kaum dhuafa aja mereka service ya vip loh. Apalagi ke customernya pasti yg terbaik

    ReplyDelete
  9. Pernah sih mudik rame2 sekeluarga besar, tapi waktu itu kami nyewa bus. Next kalo mo mudik lagi bisa jadi pilihan nih pake TRAC apalagi harga sewa yang ditawarkan sangat bersaing sekali. Makasih infonya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga mbak sewa elf dari trac. Ada harga Promo 350rb perorang

      Delete
  10. Wah membantu banget nih persewaan mobil utk mudik lebaran supaya gak umpel2an di angkutan umum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak. Bisa jadi alternatif pilihan

      Delete
  11. Pernah sekali cobain mobilnya TRAC pas ada acara apa gitu di Mataram. Wihh mobilnya bersih banget, berasa segar jadinya di dalam mobil. Lengkap sama tisu, air mineral dan permennya pula. Oh iya, ada payung juga! Pas banget waktu itu lagi musim hujan. Pelayanan maksimal deh pokoknya!

    ReplyDelete
  12. Boleh juga tuh ide nya mom SID, kalo mau mudik sambil mampir2 ke tempat2 pariwisata ya, biar ga bosen dijalan. Jadi udah jarus dari skrmg nih booking untuk sewa mobilnya, mumpung lg ada promo yah.

    ReplyDelete
  13. Terkadang suka bingung deh kalo mo rental dadakan kalo ada tamu/temen dr luar. Nah Trac emang kadang langgananku juga. Btw ituh Sewa 2 hari ada bonusnya sehari, aseek bangeet niih.

    ReplyDelete
  14. Wah idenya menarik banget mba, tp perlu bekal yang banyak nihh

    ReplyDelete
  15. Wah idenya menarik banget mba, tp perlu bekal yang banyak nihh

    ReplyDelete
  16. Patut dicoba nih. Apalagi kalau mudiknya jauh. Udahlah capek karena jarak, capek pun karena harus desak-desakkan.
    Apalagi tuh bonusnya, bisa bawa oleh-oleh lebih banyak. Yang pastinya sih bikin ribet. Wkwk

    ReplyDelete
  17. Kalau saia dulu pernah mudik lewat Jalur Pansela (Pantai Selatan) Yogyakarta trs sambil mampir ke pantai-pantai yang ada...

    ReplyDelete
  18. Nyaman ya, mudik nanti mau coba juga ah layanan TRAC yang satu ini. Ga desak-desakan seperti naik kendaraan umum

    ReplyDelete
  19. wahh bikin mudik makin asyik nih ya sis. btw harganya juga lumayan affordable ya sis

    ReplyDelete
  20. Seneng mudik tp gak sukak macetnya huhuhu. Bete bgt kalau sdh stuck, gak bisa jalan. Sewa mobil melalui TRAC terjangkau harganya loh. Suamiku pernah sewa mobil di Trac soale

    ReplyDelete
  21. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampau neh :D

    ReplyDelete
  22. Gagal fokus sama air terjunnya mba. Itu dimana lokasinya? Bagus juga buat tempat liburan nanti.

    ReplyDelete
  23. asik ya sekarang sudah ada TRAC. Jadi pengen mudik terus

    ReplyDelete
  24. Kebayang sih perjalanan saat mudik pasti butuh waktu yg cukup panjang. Kendaraan yg nyaman pasti jd prioritas. Boleh juga tuh opsinya dari pada dongkol ngadepin macet mending mampir ke wisata di jalur pantura ya

    ReplyDelete
  25. Sekarang kalau mau wisata jadi lebih mudah ya, buat yg gak punya mobil bisa sewa kayak di Trac ini..
    Aku juga rencana lebaran ini mau sewa mobil di Trac..

    ReplyDelete
  26. Wah cocok banget nih buat referensi,cuma kalau pas otw mudik mampir sekalian yang saya khwatirkan adalah tempatnya ramai dan penuh sesak, Hehehe..

    ReplyDelete
  27. Cucok banget nih mak, aku mau rental buat mudik

    ReplyDelete
  28. harganya masih cocoklah ya untuk di kota hehe

    ReplyDelete
  29. Boleh nih TRAC jadi solusi buat mudik lebaran nanti, apalagi itu tuh promo nya, ada tambahan free sehari. Mantap.

    ReplyDelete
  30. Bisa ma driver juga yo?
    Enak nih kalau kapan2 mudik lewat jalur darat bisa sewa TRAC TFS

    ReplyDelete
  31. Wah asyik mudik sambil wisata. Tp klo pakai kereta bisa gk ya? Hehe

    ReplyDelete
  32. Wahhh boleh nih disewa buat ke nikahan teman di Lampung bulan depan.

    ReplyDelete
  33. Asiknyaaa mudik bisa sambil wisata.. Paling enak memang jalur darat pakai mobil ya, jadi bisa mampir kemana-mana yang kita mau.. Jadi pingiiin, secara ya aku mudik udah tiap weekend ke rumah ortu.. Wkwkwk.. :D

    ReplyDelete
  34. Luh Wati ( mentaribaliholiday.com )Jun 13, 2018, 2:50:00 PM

    makin asik aja mudik sambil wisata, gak macet tuh objeknya atau malah sepi ?

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature