Top Social

Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Cara Asyik Mengatasi Balita Susah Makan Buah

Saturday, May 19, 2018

Balita susah makan buah itu menjadi ketakutan sebagian orang tua. Dalam sepiring menu yang disajikan, seringkali buah dan sayur dipinggirkan. Makin bertambah usia, anak makin pilih-pilih makanan. Haduh, mengapa sih anak tidak suka makan buah? Wong uenak begini, lho!

milna nature delight
Cara asyik mengatasi balita susah makan buah
Tenang … anakmu tak sendiri karena 93,5% penduduk Indonesia berusia di bawah 10 tahun nyatanya tidak mengonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran (Riskesdas, 2013). Namun, bukan berarti tak masalah tidak makan buah dan sayur. Konsumsi sayur dan buah penting untuk gizi seimbang anak. Selain itu buah dan sayur mencegah dan menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung koroner, diabetes, kanker, dsb.

Penyebab Balita Susah Makan Buah

Bukan bermaksud menyalahkan, salah satu penyebab balita susah makan buah karena orang tuanya. Coba diingat kembali saat mengandung, ibu suka makan buah dan sayur? Apakah di rumah rutin menyediakan buah dan sayur dalam menu makanan?

Orang tua yang jarang bahkan tidak suka makan buah dan sayur berefek pada si kecil. Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, iya, kan? Maka, orang tualah yang pertama memberi contoh perilaku makan buah dan sayur saat makan bersama anak. Sambil dibumbui kata-kata “Hmm, yummy! Buah ini lezat dan menyehatkan”. Lebay sedikit tak apa. Hihihi.

Penyebab lain anak sulit makan buah karena rasanya yang pahit atau asam disebabkan kandungan vitamin C dan serat. Anak-anak belum terbiasa merasakan pahitnya hidup, eh maksudnya anak lebih terbiasa dengan rasa manis dan asin dari ASI serta MPASI.

Cara Anak Doyan Makan Buah

Saat mulai MPASI, anak perlu lebih banyak makanan padat energi agar pertumbuhannya pesat. Namun, mengenalkan buah dan sayur sejak dini perlu dilakukan agar membuat kebiasaan baik bagi anak.

“… berbagai penelitian membuktikan bahwa paparan terhadap sayur dan buah secara berulang membuat penerimaan terhadap sayur dan buah menjadi lebih mudah di masa selanjutnya,” ujar Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K).

Saya percaya anak menyukai buah dan sayur karena dibiasakan dan dilakukan berulang-ulang. Orang tua harus semangat mencoba dengan cara baik. Jangan memaksa, nanti si anak malah trauma. Mumpung lho masih balita karena ketika anak berusia 6 tahun ke atas makin mandiri dalam hal memilih makanan.

milna nature delight
Mengenalkan buah dan sayur dengan cara menyenangkan
SID sendiri alhamdulillah suka makan buah, terutama melon. Mau makan langsung atau dibuat puree, ia suka banget. Malah asupan karbohidratnya yang kurang. *another problem.

Saya variasikan buah-buahan yang tersedia di rumah. Sebisa mungkin di meja selalu ada buah yang siap makan. Kadang melon, semangka, buah naga, alpukat, apel, salak, pisang, dan lain-lain.

Tak kenal, maka tak doyan. Begitulah peribahasa a la Helenamantra. Supaya anak doyan makan buah, kenalkan berbagai buah-buahan.

Indonesia sebagai negara tropis kaya akan buah. Sangat mudah menemukan buah-buahan beraneka ragam di pasar tradisional maupun supermarket. Sesekali, ajak anak berbelanja buah. Kenalkan nama buah dan manfaatnya, kemudian biarkan ia memilih buah mana yang ia suka.

agar anak suka makan buah
Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K), dokter spesialis anak dan Christofer Samuel Lesmana, Brand Manager Milna
Selain itu bacakan buku anak bertema buah dan sayur. Gambar menarik dan cerita sederhana akan membuat si anak tertarik. Dapat juga mewarnai gambar buah dan sayur atau mengenalkan buah lewat poster.


Snack Buah Sehat Milna Nature Delight

Banyak, kan, cara menyenangkan agar anak doyan makan buah. Namun, masalahnya saat bepergian saya jarang membawa buah sebagai camilan. Dulu banget sih iya waktu awal MPASI saya kerap membawa buah potong. Akan tetapi, buah mudah layu jika terlalu lama di suhu ruang. Buah yang tidak fresh kan rasanya jadi aneh.

Repotnya lagi, ketika bekal buah tidak habis dimakan bakal terbuang. Misalnya, saya membawa pisang untuk bekal traveling anak. Ternyata, SID hanya mau makan setengah porsi saja. Sisanya masih saya simpan, khawatir ia akan minta lagi. Nyatanya hingga sampai rumah ia tak mau makan.

Atau buah yang mudah berubah warna seperti apel. Terlalu lama dipotong, apel akan berubah warna menjadi kecoklatan. Dari rasa mungkin masih oke tetapi penampilan kurang menarik.

Maunya saya membawakan bekal sehat untuk SID ketika bepergian, seperti buah-buahan. Tetapi jangan sampai menjadi food waste.

Masalah saya terpecahkan setelah 5 Mei 2018 lalu hadir di launching produk terbaru MILNA di Jakarta. MILNA Ahlinya Makanan Bayi memberikan solusi bagi anak susah makan buah, cocok untuk snack MPASI anak. Apa tuh?


Selain Milna biskuit bayi dan toddler, kini telah ada MILNA NATURE DELIGHT: CARA MUDAH MAKAN BUAH Untuk Si Kecil. Milna Nature Delight ini berbentuk puree buah dalam kemasan pouch yang mudah dikonsumsi dan dibawa. “… Terbuat dari 100% buah asli dengan 3 varian rasa yang akan digemari dengan ukuran dan bentuk kemasan yang nyaman untuk digenggam Si Kecil.” Jelas Christofer Samuel Lesmana, Brand Manager Milna.

Buah dalam bentuk puree lebih sehat dibanding jus. Dari segi rasa, jus nikmat dan anak-anak mudah suka. Tetapi kandungan gulanya tinggi, dapat menyebabkan karies gigi. Bahkan American Academy of Pediatrics (AAP) tidak menganjurkan pemberian jus, terutama dalam botol, untuk bayi di bawah 1 tahun.

Tim Milna Kalbe Nutritionals dalam launching Milna Nature Delight

Milna Nature Delight ini 100% buah asli, lho! Saya cek komposisinya memang benar tanpa penambahan gula dan tanpa bahan pengawet. Buah-buahan diolah melalui proses Advanced Pasteurization Technology untuk mematikan bakteri dan membuat Milna aman dikonsumsi.

Tersedia 3 pilihan Milna Nature Delight yaitu Apple Peach; Banana Strawberry Apple; dan Carrot Apple Pumpkin. Rasanya memang buah banget, ada kecut segarnya gitu. SID sudah mencoba semua. Ia paling suka varian Apple Peach.

Mau langsung diminum, tuang ke mangkok, atau tuang ke sendok juga bisa. Kocok dulu ya sebelum dikonsumsi.


Dalam satu pouch ini mengandung tinggi vitamin, tinggi serat, antioksidan, serta rendah lemak dan kalori. Tiap buah mengandung vitamin berbeda. Dengan menyajikan beberapa buah dalam satu kemasan seperti ini, anak mendapat asupan bermacam vitamin untuk pertumbuhannya.

milna nature delight
Milna Nature Delight: Apple Peach; Banana Strawberry Apple; dan Carrot Apple Pumpkin
Pertama kali melihat pouch Milna Nature Delight, saya tertarik. Ukurannya pas dipegang SID sehingga ia mudah minum Milna Nature Delight. Kalau belum habis dalam sekali minum (eh minum apa makan sih? Kan encer), tutup kembali. Praktis dibawa bepergian tanpa takut tumpah. Milna masih dapat dikonsumsi dalam suhu ruang maksimal 6 jam setelah dibuka atau 2x24 jam bila disimpan di lemari es.

FYI, Milna Nature Delight ini kudapan melengkapi menu MPASI. Anak tetap perlu makanan padat energi (meal) sekitar 2-3x sehari, bergantung usia. Di sela-sela jadwal meal time, bisa menikmati snack Milna Nature Delight.

“Dengan memahami pengaturan jadwal makan Si Kecil serta memperkenalkannya dengan berbagai rasa baru sejak dini, diharapkan Si Kecil bisa cepat akrab dengan buah dan sayur sehingga zat gizinya seimbang dan terpenuhi dengan baik.” terang Helly Oktaviana, Business Unit Head Nutrition for Infant and Baby, Kalbe Nutritionals.

Piknik ala-ala berbekal Milna Nature Delight
Nambah lagi nih cara mengatasi anak susah makan buah sekaligus solusi membawa camilan sehat ketika bepergian. Pas banget ya sebentar lagi kami mau mudik. Daripada asal jajan yang bikin batuk, lebih baik bawa bekal Milna Nature Delight.

Punya cara asyik membuat anak suka makan buah? Bagi pengalamanmu, ya.

Cari tahu manfaat Milna Nature Delight di:
Website: www.milna.com
Facebook: MilnaID
Twitter: @BundaMilna
Instagram: @milnaid





35 comments on "Cara Asyik Mengatasi Balita Susah Makan Buah"
  1. Praktis ya sekarang udah ada puree buah dari Milna

    ReplyDelete
  2. Benar ya, anak enggak suka buah dan sayur karena meniru orangtuanya. Jadi ingat ada sepupu yang kurang suka buah, malah takut sama pisang. Rupanya waktu kecil pengasuhnya sering nakut-nakutin pakai pisang. Terus deh sampai dewasa enggak mau makan pisang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh jadi trauma ya karena melihat pisang jadi teringat kenangan masa kecil

      Delete
  3. Sepupu mpo tidak doyan buah tapi untungnya suka buah buahan. Sehingga asupan serat terpenuhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana mpo? Sayur dan buah saling melengkapi. Lebih baik lagi jika bervariasi.

      Delete
  4. Terima kasha tipsy mba..Anak-anakku alhamdulillah suka bush

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah. Selesai 1 masalah ya mbak.

      Delete
  5. Wah milna selalu inovasi yaa, rata2 anak emang susah makan buah, termasuk anakku ampe sekarang gede, ga sukaa hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Teh, ngefek dari kecil ya terbawa sampai dewasa

      Delete
  6. Aku bahagia bgt pas pertama kali rau ada puree buah Milna di supermarket. Langsung beli dan kasih ke Karla. Slrg anaknya doyan bgt Milna Nature Delight. Heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah iyakah? Alhamdulillah doyan ya Mbak. Buat traveling gampang banget dibawa.

      Delete
  7. Dema dan Maxy juga jadi suka nyemilin Milna Nature Delight ini. Kalau Maxy sih emang suka buah, kalau Dema kudu dibujuk2, eh mau dia nyobain Milna :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah anak dua pada doyan. Sehat-sehat yaa

      Delete
  8. Oic texture nya puree ya mba.. btw itu udah ada sendok nya kah? Jadi ingin coba beli di supermarket terdekat nih buat Baby Lim :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sendok dari Milna tapi ga tahu deh dapat sepaket saat beli atau gak. Pakai sendok biasa juga bisa atau sendok botol buat asi.

      Delete
  9. Ooh aku baru ngeh ternyata itu produk buat anak anak biar seneng makan buah ya. Sempet beberapa kali lihat ibu2 bawa bawa milna itu tapi gak ngeh ternyata buat asupan nya anak anak. Dulu sering banget ga mau makan buah, dipaksa paksa ortu hehehe. Sekarang ada solusi simple nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul. Iklannya di yutub udah ada lho. Yup so simple

      Delete
  10. Seger ngeliat dan mampir di blog mba Helena ,, pengen deh ah belajar bareng apalagi banyak membahas soal perenting kaya gini nih soal makanan untuk anak ,, bermanfaat bgt sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih kamuuu! makasih yaa udah mampir. Semoga selalu fresh dengan info baru di blog ini.

      Delete
  11. Anakku suka buah. Tapi buahnya itu2 aja. Haha. Sudah dibacain dongeng antibody vs kuman ttp aj dy karang2 kalau perisai antibody bs didapat dr ayam goreng. Gagal move on nih anak. Tp diinget2 lg knp y? Ga nyambung pdhl sm zaman hamil ak. Ak hamil n menyusui sk makan buah apa aja n sm ayam goreng biasaa ajah. ��

    ReplyDelete
  12. Wah ada sendoknya juga yaa.. pintar sid makan buahnya. :)

    ReplyDelete
  13. Sepertinya SID suka ya makan Milna Natur Delightnya. Ada sendok kecilnya juga, lucuuu.

    ReplyDelete
  14. Kemasannya lucu banget, produk makanan anak ini pasti digemari karena inovasinya jadi ngebuat ank lbh suka utk konsumsi buah dan sayuran

    ReplyDelete
  15. Masalah banget ya kalo anak ga suka buah dan sayur, kuatir kalo asupan seratnya kurang. Tapi Alhamdulillah nih udah ada Mina Nature Delight yang membantu para bunda mengenalkan buah pada anak, apalg kemasannya juga praktis dan mudah digenggam.

    ReplyDelete
  16. Jangankan bocah. aku jg kurang buah. Ini selama ramadhan blm makan buah sama sekali hahaahah.. karena faktor M. Males ngupas.. kalau dewasa boleh jg Kali ya konsumsi Milna nature delight

    ReplyDelete
  17. Solusi banget ini buat asupan buah pas lagi dalam perjalanan ya. Ngemil sehat judulnya. Bawa buah fresh itu susah, kalau ga asem ya busuk, ga tahan lama

    ReplyDelete
  18. Bekal yang bagus sekali utk Sid. Jadi di mana pun dan kapan pun tetap bisa kasih buah yaa...

    ReplyDelete
  19. Wah produk baru ya ini.
    Waktu aku kecil sih blm ada.
    Jadi gampang buat bikin balita makan buah.

    ReplyDelete
  20. Kalau rasanya enak, Milna Delight ini bs jadi solusi utk anak yg ogah mkn buah dan.sayur ya

    ReplyDelete
  21. Aku banget nih, punya dua anak, keduanya agak susah makan. alhamdulillah, yang kedua sih agak gampang makan buah. Anak memang perlu pembiasaan makan buah sejak dini ya, alhamdulillah ada Milna nature delight jadi mudah menyajikan MPASi buah buat anak

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah si kk dan adek di rumah pada suka makan buah. Tapi Milna Delight ini pas banget kalau dibawa bepergian yaa..biar tetap bisa makan buah, tanpa perlu repot bawa buahnya :)

    ReplyDelete
  23. Di simpan di suhu ruang atau lemari es?

    ReplyDelete
  24. SID, kamuu cute bangetttt. btw sis, kalo ibunya ikut konsumsi ini juga gapapa kan?

    ReplyDelete
  25. Betul banget mbak, karena kebiasaan mengkonsumsi buah juga harus dari orang rumahnya apalagi orang tuanya. Dan sekarang ini tambah praktis lagi ya sudah ada Milna tinggal makan saja tapi repot deh.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature