Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Cara Mengatasi Ruam Popok dengan Lebih Cepat

Wednesday, May 30, 2018
3M Cavilon - Hati ini ikut merasakan perih ketika melihat anak mengalami ruam popok. Kulit di sekitar alat kelamin dan pantatnya nampak kemerahan seperti terkelupas. Saat popok dibuka, ia menangis. Pipis atau pupnya dibersihkan, ia menangis. Gerak yang biasanya lincah menjadi terganggu karena perih yang ia derita. Rasanya ingin ruam kulit itu segera sembuh. Bagaimana cara mengatasi ruam popok dengan lebih cepat?


Ruam popok bikin perih di kulit, perih di hati (pic. Twenty20)

Flash back ke beberapa tahun silam, SID menjadi lebih rewel dari biasanya. Sudah minum ASI, tidur, bermain, tetapi masih menangis terutama ketika popoknya diganti. Rupanya ia mengalami ruam popok. Setiap kali ganti popok menjadi momen yang mendebarkan karena ia menangis lebih kencang. Duh, betapa saya ceroboh terlalu lama tidak mengganti popoknya.

Ketika itu sempat terpikir untuk stop memakai popok sekali pakai (pospak). Tetapi repot jika bepergian harus menggunakan popok kain. Kalau ngompol, bajunya basah dan baju saya bisa kena pipis juga. PR mencuci popok kain lumayan nih buat saya yang mencuci dengan cara manual. Intinya saya emang enggak mau repot. *Heuheu … maaf, nak.

Setiap kali bayi mengalami ruam popok, saya hanya mengoleskan krim untuk mengatasi diaper rash dan tidak memakaikan popok untuk sementara. Ternyata ada cara yang membantu mengobati ruam kulit dengan lebih cepat. Namun, kita bahas dulu ya tentang penyebab ruam popok.

Penyebab Ruam Popok pada Bayi

Ruam popok alias incontinence associated dermatitis (IAD) yaitu peradangan dan kemerahan pada kulit dengan atau tanpa terkikisnya lapisan kulit akibat pemaparan berulang/terus menerus urin dan feses.

Perlu diingat kemerahan di daerah yang terkena popok belum tentu ruam, lho. Bisa karena impetigo, yeast rash, seborrheic dermatitis, dan lain sebagainya. Maka, kenali ciri dan sebabnya agar tepat menanganinya.

Ruam popok tak hanya karena penggunaan popok secara tidak tepat, tetapi disebabkan faktor lain. Menurut dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A (K), Neonatologist Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), faktor penyebab ruam popok yaitu:

dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A (K)
Menambahkan penjelasan di atas, dr. Sony Wijaya, Sp.B, dokter spesialis bedah umum di RS. Premier Jatinegara, mengatakan bahwa ruam terjadi akibat kelembaban kulit yang melemah. Urin dan feses mengandung banyak bakteri jahat dan pH tinggi. Jika kulit terlalu lama terpapar urin maupun feses, permeabilitas kulit naik dan barrier function kulit menurun. Kulit pun semakin lemah sehingga mengalami incontinence associated dermatitis.

Cara Mencegah Ruam Popok

Lebih baik mencegah daripada perih mendengar tangisan anak, right? Ini lho langkah mudah mencegah ruam popok:
  • Jaga kulit bayi agar bersih dan kering. Keringkan kulit bayi dengan handuk atau kain lembut sebelum memakai popok.
  • Pilih ukuran popok yang sesuai dengan bayi.
  • Biarkan bayi tidak memakai popok beberapa jam dalam sehari agar kulitnya tidak panas.
  • Segera mengganti popok kotor, jangan menunggu hingga terlalu penuh bahkan bocor.
  • Gantilah sesering mungkin. Pilih mana, hemat popok atau anak sakit?
  • Bersihkan kulit bayi dengan air hangat ketika mengganti popok.
  • Oles/semprot krim atau film pelindung agar kulit bayi terlindungi dari gesekan dan paparan lembab berlebih.

Cara Mengatasi Ruam Popok

Maunya segera mengganti popok ketika si anak pup atau popoknya nampak menggembung. Namun kadang sulit menemukan nursery room atau toilet saat bepergian. Ini nih yang membuat anak mengalami ruam popok. Jika sudah terlanjur kena ruam popok, lakukan cara berikut:
  1. Setiap anak buang air besar alias pup, segera lepaskan popoknya yang kotor.
  2. Bersihkan daerah popok dengan air hangat. Dapat juga membersihkan dengan sabun cair dan bilas dengan air bersih.
  3. Keringkan menggunakan handuk atau kain yang lembut.
  4. Oleskan minyak kelapa, krim atau salep khusus bayi dan semprot film pelindung untuk melindungi dan menjaga kelembaban kulit. Jangan semprotkan film pelindung langsung ke luka basah.
  5. Periksakan ke dokter jika tidak ada perubahan.

3M Cavilon Membantu Menyembuhkan Ruam Popok Lebih Cepat

3M™ Cavilon™ No Sting Barrier Film
Seperti yang saya sebut di atas, bagian ruam kulit anak saya olesi krim kemudian langsung pakaikan celana atau popok. Saat si anak aktif bergerak, gesekan dengan kain celana dan popok akan membuat luka di kulitnya perih. Apalagi jika terkena pipis atau pup, haduh … bisa teriak-teriak kesakitan.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya menyemprotkan film pelindung Cavilon pada area yang mengalami ruam popok. 3M™ Cavilon™ No Sting Barrier Film akan membentuk lapisan film yang melindungi daerah kulit yang terluka sehingga tidak perih jika terkena gesekan atau cairan.

3M Cavilon spray dapat bertahan 72 jam sekali semprot
Setelah disemprot, anak bebas bergerak. Lapisan film elastis mengikuti gerak kulit, tidak mudah robek.

Dan, saat membersihkan urin atau feses, kulit anak tidak terkelupas. Yang terkelupas ya lapisan film Cavilon tersebut. Rasa perih bakal jauh berkurang.

dr. Sony Wijaya, Sp.B
dr. Sony, Sp.B, telah menggunakan Cavilon dalam pengobatan pasiennya. Beliau menuturkan pasien yang menggunakan Cavilon mengalami proses penyembuhan luka lebih cepat.

Pasien dr. Sony orang dewasa, lho. So, Cavilon tak hanya untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Cavilon dapat digunakan oleh segala usia.

Cavilon kemasan biru ini untuk melindungi kulit. Maka, tetap gunakan krim atau minyak kelapa untuk mengobati ruam kulit selama pemakaian Cavilon.

Produk health care dari 3M ini dapat dibeli di apotek, toko obat, maupun secara online dengan harga sekitar Rp180.000,00 perbotol dan dapat digunakan hingga 140x semprot. Lapisan pelindungnya mampu bertahan hingga 72 jam, lho. Kalau dihitung-hitung, ekonomis juga ya.

3M™ Cavilon™ No Sting Barrier Film (ukuran asli Cavilon Spray 28ml yaa)
Sekarang udah tahu ya cara mengobati ruam popok yang efektif. Cleanse - hilangkan iritasi dari kulit, protect - semprotkan film pelindung Cavilon untuk membuat barrier pada kulit agar tidak ada kontak langsung dengan urin dan feses, dan restore - pulihkan.

Pernah menggunakan Cavilon? Punya tips mengobati ruam kulit?

72 comments on "Cara Mengatasi Ruam Popok dengan Lebih Cepat"
  1. Wah saya baru tahu 3 m cavilon ini. Harus diinget ini buat nanti anak ke dua hihihi. Aaaminnn. Doakan ya Mba ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, aku juga baru kenal. Buat luka yang lain juga bisa. Ga harus ruam popok.

      Delete
  2. jadi ingat saay Yasmin alami hal yang sama beberapa tahun lalu. Iya, hati ikut perih ya saat buah hati menangis.

    Dulu belum ada Cavilon, jadi setelah diusap dengan air hangat biasanya saya olesi dengan baby oil, kalo gak salah. Lupa eee, sudah lama soalnya ^^.

    Bersyukurlah balita zaman now ya, karena ada banyak produk inovatif di luar sana.


    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa melihat lukanya aja ikut perih. Gimana anak yang merasakan sakitnya :(

      Delete
  3. Ruam popok pada Si Kecil memang terlihat sepele y mbak, padahal jika sudah membesar seperti rayyan kemarin, bikin hati orangtua gak karuan. Cavilon ini terbukti melindungi ruam dari urine dan feses bahkan hingga 72 jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya bintik kemerahan aja ya. Kalau udah nyebar makin parah, aduh... perihnya. Lebih baik lindungi dengan Cavilon.

      Delete
  4. Cavilon ya, noted buat anak berikutnya *aamin* :D

    Soalnya anakku dulu permah ruam popok parah waktu bayi hiks, kasian liatnya nangis2 pas abis pup

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik... nanti ada lagi Cavilon ungu untuk melindungi dan memulihkan ruam.

      Delete
  5. aku udah simpenin cavilon ini untuk jaga-jaga kalau anakku kena ruam. selama ini mesti sabar banget nungguin sembuhnya kalau pas lagi ruam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, mbak. Kudu telaten hadapi ruam. At least ga pakai popok dulu deh

      Delete
  6. Ingat banget sama Nisa yang pas bayi kena ruam popok kasian ngeliatnya rewel ya cuma dulu pake salep doang salep khusus baby. Baru sekarang tau ada produk ruam popok cavilon ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku juga pakaikan krim. Dengan Cavilon yang biru ini sebagai pelindung agar luka lebih cepat sembuh.

      Delete
  7. Anak keduaku sering bgt ruam popok, awalnya aku pikir gak cocok sama jenis diapersnya ternyata harus sering cek ya biar gak lembab, Cavilon ini kyknya efektif bgt utk mengatasi ruam popoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Ria. Kelamaan pakai diaper kan ga enak.

      Delete
  8. Ruam popok bikin bayi rewel dan ibu pun susah. Memang harus diobatin deh pake Cavilon ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, mbak. Cavilon membantu menyembuhkan ruam lebih cepat.

      Delete
  9. Sepertinya paa nih untuk anakku, dia suka alergi karet celana jadi kaya ruam gitu kalo keseringan pakai celana karet

    ReplyDelete
    Replies
    1. celana karet ga direkomendasikan dipakai terlalu lama, mbak. Kulit susah napas.

      Delete
  10. Jadi makin nambah ya Mba ilmunya, aku pun dulu suka kebiasaan ngolesin krim di daerah sekitar popoknya Key, karna itu belum bisa move on dari popok sekali pakai meskipun keadaan kulitnya baik2 ajah.

    Saking takutnya nggak mau ada bekas atau merah sedikitpun karna pemakaian popok sekali pakai itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak. Namanya anak pertama ya jadi masih parno jangan sampai si anak sakit. Aku olesi krim anti ruam tiap selesai mandi.

      Delete
  11. Dulu waktu anak-anak bayi memang pernah mengalami ruam popok. Orang tua dulu sih menyarankannya pake minya kelapa ya, tapi sekarang sudah ada cavilon jadi aman deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak kelapa boleh dipakai, Mbak. Trus pakai Cavilon juga.

      Delete
  12. Si ruam yang nyebelin. Didiemin dia makin menjadi. Wkwkw
    Makanya sejak kejadian Rayhan kena ruam, setiap kali ada merah2 di sekitar area popok itu langsung aku olesin krim. Gak nunggu besok. Troma akuuhh.. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahah iya betul. Jaga-jaga sebelum makin melebar.

      Delete
  13. anak-anakku pernah giniii. sekarang yang bayi pun kadang suka ruam. aku baru tahu loh mba tentang produk ini. coba deh nanti kucari produknya. makasih infonya mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan... ruam emang sering terjadi :(

      Delete
  14. Boleh neh buat referensi aku kelak punya anak... Harus banyak nabung ilmu ya tentang anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bun Tika. Semoga disegerakan ya mendapat karunia buah hati.

      Delete
  15. Jujur aku baru denger cavilon nih sis. Bisa beli dimana kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Online shop dan apotek seperti Kimia Farma, Sis.

      Delete
  16. Saya juga ga tega kalau liat bayi yg terdapat ruam di kulitnya, kayanya bisa jadi rekomendasi utk keponakan2 saya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaww...multifungsi.banget.bisa.dipake segala usia

      Delete
  17. Ohh aku baru ngeh. Ternyata cavilon ini bukan cream semacam diaper rash cream ya, tapi film pelindung luka. Hm ic, bisa dicoba nih kalau ada luka2 bisa pakai ini sebagai pelindung ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mbak. Cavilon biru sebagai pelindung. Bulan depan ada Cavilon ungu untuk memulihkan dan melindungi.

      Delete
  18. Ada produk baru lagi nih buat cegah ruam popok. Panik deh aku kalau anak ngalamin ruam popok. Bikin senewen aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, digendong rewel. Ditaruh, rewel juga. Perihnya itu lho.

      Delete
  19. denger paparan langsung dokter yang pakai Cavilon ini jadi percaya sama Cavilon buat ruam popok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, melindungi luka supaya ga kena gesekan

      Delete
  20. Ranendra banget pas awal lahir udah ruam popok. Drama tak berkesudahan. Untung sekarang udah ada banyak solusi yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Newborn memang risiko mengalami ruam kulit. Sebaiknya kurangi penggunaan pospak yang terlalu lama.

      Delete
  21. beruntungnya tau ada produk Cavilon, ini bisa dipake buat penderita diabet juga ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Pasien diabetes juga dapad menggunakan Cavilon agar lukanya lekas pulih.

      Delete
  22. Ah, ruam popok bikin ga nyaman baby ya, kasian banget. Baiklah Cavilon, aku save takut suatu saat membutuhkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teteh. Buat dewasa juga bisa saat muncul ruam akibat pemakaian pembalut.

      Delete
  23. Kasian kalau si kecil ruam popok, aku aja pernah kena ruam rasanya gak enaak, perih, nyeri. Untung udah ada Cavilon ya, praktis banget tinggal semprot

    ReplyDelete
  24. Nice share loh ini mba berguna bgd buat saya menghadapi anak yg lg ruam popok .😊

    ReplyDelete
  25. Nice share loh ini mba berguna bgd buat saya menghadapi anak yg lg ruam popok .😊

    ReplyDelete
  26. Referensi buat saya yang masih single. Agak mahal ya kalau sering ganti. Tapi kalau pilihannya kesehatan sih, mending mahal dikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal harga itu relatif sih mbak. Kalau sembuh lebih cepat, ya lebih bersyukur.

      Delete
  27. Bermanfaat infonya nih buat yg punya dedek bayi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cavilon juga bisa untuk dewasa, mas. Seperti penyembuhan diabetes dan luka lainnya.

      Delete
  28. anak pertama ku dulu pernah ngalamin ruam popok, tapi blm ada yang 3m cavilon ini.
    produk-produk 3m memang tdk ekonomis harganya tapi sebanding dengan kualitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, mbak. Ada harga, ada kualitas.

      Delete
  29. Jalan aja susah, apalagi kena air sehingga air mata berjatuhan. 180.000 harganya lumayan juga tapi paten obatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. paten, mpo :) udah biasa digunakan di RS. Btw, ini bukan obat tetapi alat kesehatan.

      Delete
  30. Kadang ibu memang "tidak sengaja" menganggap ruam popok sebagai hal yang biasa
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  31. Sekarang praktis ya. Ga perlu dioles oles tinggal semprot

    ReplyDelete
  32. Wah bagus nih untuk anak yg suka pakai diapers. Kasian ya kalau kena ruam popok, periih

    ReplyDelete
  33. Cavilon ini inovatif ya, mulanya juga kukira obat ternyata bukan. KAlau pakai Cavilon kulit luka yang udah diobati jd lekas sembuhnya ya TFS

    ReplyDelete
  34. bisa dipakai orang dewasa gak sih mba? kan kadang orang dewasa bisa ruam juga. hehe

    ReplyDelete
  35. Wah nice produk bgt nih yg bisa mengerti dan melindungi anak dari ruam popok.

    ReplyDelete
  36. inovasinya canggih! coba dulu saya udah kenalan dengan 3M Cavilon pasti si kecil ga akan terganggu dengan ruam popok

    ReplyDelete
  37. aku baru denger cavilon ini rekomend banget nih buat anak yang terkena ruam popok, makasih infonya kakak

    ReplyDelete
  38. KalU popok ga tepat efeknya ruam gini ya kak

    ReplyDelete
  39. wah... bermanfaat bgt nih, harganya brpaan ya mbak?

    ReplyDelete
  40. Kasihan jika melihat anak bayi kena ruam popok.

    ReplyDelete
  41. SID masih pake popok mba? ehheh nice inpoh neh

    ReplyDelete
  42. Lihat beberaoa review blogger, aku jadi beli buat anaknya temen produk ini

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature