Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Kenali Persona Blogmu dan Berbagai Tips Desain Layout Blog

Sunday, June 3, 2018

Enak ya blogger yang jago desain. Tampilan blognya cakep dan artikel dilengkapi gambar pendukung yang nyaman dilihat. Pembaca bakal sering berkunjung dan betah membaca artikel meski panjang. Lalu, bagaimana dengan nasib saya yang enggak ada background desain? Di sini saya berbagi tips dari Dama Vara tentang cara mudah membuat desain untuk mempercantik blog.

Hasil belajar desain bersama ISB dan CNI
Minggu, 27 Mei 2018 lalu, saya dan teman-teman Komunitas ISB sudah duduk rapi di Pizza Hut Jakarta sambil menunggu adzan Maghrib. Bukannya bersiap buka puasa, kami masing-masing sibuk memegang HP. Enggak kepo-in medsos kok. Kami sedang praktek membuat desain dengan smartphone.

Kenali Persona Primer dan Sekunder Blogmu

Sebelum mengolah gambar untuk mempercantik blog, Dama berbagi pengalaman hasil workshop Mozilla yang ia ikuti di US. Jauh banget ya berguru hingga ke negeri Paman Sam. Materi pelatihan tersebut mengenai persona.

“persona/per·so·na/ n 1 orang; pribadi; 2 Ling orang atau benda yang berperanan dalam pembicaraan (persona I, pembicara; persona II, orang yang diajak bicara; persona III, orang yang dibicarakan); 3 topeng, wajah, ciri khas seseorang, identik dengan pribadinya”

Ada gambaran setelah membaca arti persona dari KBBI di atas? Mungkin contoh berikut lebih memudahkan memahami persona.

Persona terdiri dari persona primer dan sekunder. Curb cut yang landai di trotoar didesain untuk persona primer pengguna kursi roda. Ternyata ada pihak lain yang mendapat manfaat dari desain tersebut yang disebut persona sekunder. Dalam contoh ini persona sekunder yaitu pengguna stroller dan orang yang membawa koper. Pihak-pihak tersebut mendapat manfaat dari curb cut.


Dama Vara menjelaskan persona dalam blog
Persona dapat diterapkan saat mengelola blog atau website. Tiap blog memiliki kategori pembaca primer dan sekunder. Contohnya, artikel “Melahirkan Normal di Rumah Sakit dengan BPJS” memiliki persona primer peserta BPJS yang akan melahirkan.

Sedangkan persona sekundernya yaitu orang yang hendak menjadi peserta BPJS. Sebelum mendaftar, orang tersebut mencari tahu terlebih dahulu cara klaim asuransi untuk biaya melahirkan. Maka, di tengah artikel tersebut saya selipkan link ke artikel lain yang relevan, yaitu “Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan via Telepon”.

Ini lho pentingnya internal backlink di tiap artikel. Biasanya saya menambahkan “Baca juga: (judul artikel lain yang relevan)” atau secara otomatis ada link artikel terkait di bagian bawah tiap post. Untuk yang satu ini saya gunakan linkwithin.

Memilih Desain Layout Blog

Template atau tema blog banyak sekali ragamnya. Ada yang free maupun berbayar. Bagi pengguna blogspot,bisa membeli template di etsy.com. Harganya murah, hanya dengan sekitar $1 sudah mendapat template yang indah dan terlihat profesional. Tampilan blog yang rapi penting juga lho untuk branding, apalagi bagi yang monetizing blognya.


Selain itu perhatikan penggunaan font di blog. Secara garis besar font dibagi menjadi font dekoratif dan non-dekoratif. Font dekoratif seperti Handwriting, Calligraphic, atau Brush Scripts yang meliuk-liuk. Sedangkan font non-dekoratif seperti Serif atau Sans-serif yang mudah dibaca dalam sekilas.

Jika hendak menggunakan font dekoratif pada judul, boleh saja. Tetapi gabungkan dengan font non-dekoratif supaya mudah dibaca. Kalau melihat judulnya saja sudah ruwet, pembaca jadi malas baca isinya. Contohnya sebagai berikut:

Mana yang lebih enak dibaca? 
Masih berhubungan dengan font. Pemilik blog damavara.com ini menyarankan apabila ingin membuat cover suatu artikel, dapat menggunakan maksimal 3 jenis font atau satu macam font tetapi dengan 3 varian seperti italic, bold, dan normal. Mix and match jenis font tetapi perhatikan estetikanya, ya.

Membuat Desain dengan Canva di Smartphone

Aplikasi desain di smartphone semakin banyak dan canggih. Salah satu yang mudah digunakan, bahkan untuk non-designer, yaitu Canva.

Canva dapat diakses secara cuma-cuma di Canva.com atau unduh aplikasi Canva di smartphone. Ada pula in-app purchase tetapi yang gratis di Canva juga banyak.

Membuat desain kartu nama sendiri di Canva
Kelebihan Canva, antara lain:
  • Gratis
  • Mudah digunakan dan user friendly.
  • Banyak stok tema.
  • Berbagai ukuran gambar seperti Facebook post, Instagram post, Instastory, sampai kartu nama.
  • Paket font yang serasi dan selaras untuk dibuat cover image.
  • Tersedia aplikasi di smartphone sehingga mudah edit gambar.

Saya sudah beberapa kali menggunakan Canva untuk membuat gambar pendukung artikel, Instagram feed, sampai mendesain kartu nama sendiri. Tools ini sangat mudah dipakai bagi saya yang minim pengetahuan desain. Meski hasilnya masih perlu diasah, ya lumayan lah ya buat belajar mendesain. Hehehe.


Saat workshop minggu lalu, kami langsung praktek membuat cover blog menggunakan aplikasi Canva di smartphone. Cara membuat desain cover dengan Canva sebagai berikut:
  1. Unduh Canva apps di Play Store atau App Store.
  2. Pilih ukuran Twitter post karena ukurannya pas saat di-post di Facebook.
  3. Pilih gambar yang sesuai atau mulai dari halaman putih (blank).
  4. Menu gambar dapat menambahkan gambar dari album foto HP (gallery), image, ubah warna, atau filter.
  5. Menu tulisan dapat menambahkan tulisan, mengubah jenis font, mengatur ukuran font, spacing, dsb.
  6. Setelah selesai, pilih “share”.

Tampilan aplikasi Canva di smartphone
Simple, kan, cara pakai Canva. Saya suka banget membuat desain dengan tools ini. Meski ada kekurangan seperti butuh sinyal yang kuat saat editing karena prosesnya online. Selain itu saya lebih nyaman edit di laptop dibanding aplikasi. Jari gede begini bikin salah pencet.

Potensi Bisnis CNI Online

Selesai ikut workshop ISB dan CNI kali ini jadi semangat otak-atik Canva lebih dalam. Ternyata ada fitur-fitur yang belum pernah saya coba. Terima kasih tips-nya, Kak Dama.

Kemampuan desain seperti ini berguna untuk memperindah blog maupun media sosial, apalagi yang memasarkan bisnis secara online.

Salah satu potensi bisnis online yang oke ya di CNI. Udah tahu, kan, CNI merambah ke dunia digital dengan berjualan online di GeraiCNI.com. Semua produk CNI dapat dipesan melalui website tersebut. Tentunya ada komisi menarik bagi member.


Gustri Alendra dari CNI menjelaskan potensi besar pemasaran produk CNI secara online
Mas Gusti dari CNI menuturkan ada lho member yang iseng memasarkan produk CNI hingga mendapat keuntungan puluhan juta perbulan. Iseng aja segitu, gimana kalau niat jualan? Jadi penasaran nih strategi penjualan yang digunakan supaya berhasil berbisnis. Sepertinya harus menunggu kolaborasi workshop selanjutnya dari Indonesian Social Blogpreneur dan CNI.

Hey, bagaimana tips desain di atas? Punya tips lain untuk menghias blog? Siapa persona blogmu? Bagi ceritamu di kolom komentar, ya.

10 comments on "Kenali Persona Blogmu dan Berbagai Tips Desain Layout Blog"
  1. Tipsnya sangat bermanfaat banget mbak, apalagi untuk aku yang awam soal desain. Kalau persona blog aku kayanya anak muda yang suka makeup dengan budget pas-pasan deh. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah budget pas-pasan? Coba aku mampir ke sana. Hahaha... suka cari yang murce

      Delete
  2. waaah mbaak asik jugaa ya bikin desain pakai canva, maau kepo-kepo ahh. coba cobaa sekaliaan hehehe

    ayahku anggota aktif CNI mbaak, udah dari aku kelas 5 SD, tahun 2005 apa ya. uda sampe dapat motor, alhamdulillah. Sampai sekarang pun masih pakai produknya karena emang berkualitas banget. Sampai aku di korea ini masih dikirim suplemen CNI hehehe kok aku jd curhat yak, maafkaan hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren banget ayahmu. Udah belasan tahun ya jadi member dan merasakan manfaat CNI.

      Delete
  3. Canva mah andalan banget buat aku yang semua kulakukan dari handphone...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang ya udah ada appsnya. Tapi jari kudu imut supaya ga salah pencet.

      Delete
  4. Wah wah makasih ilmunya mbak, berguna banget buat aku yg masih bingung mendesain blog hehehe, langsung download canva hehehehe

    ReplyDelete
  5. Saya juga Canva Lover garis keras hihihi...

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature