Top Social

Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Catatan Tumbuh Kembang 3 Tahun SID

Tuesday, June 5, 2018

Catatan tahap perkembangan anak 3 tahun.

Dear SID,
di bulan ini kamu genap berusia tiga tahun. Tak terasa ya, Nak. Tiga tahun pula kita bersama menjalani kejutan demi kejutan. Tiga tahun artinya kamu bukan lagi toddler tetapi sudah preschooler. Apa yang telah kita capai bersama? Hari ini Ibu membuka-buka kembali buku catatan tumbuh kembang anak milikmu selama ini.

tahap perkembangan anak 3 tahun
Tak terasa kami telah menjadi tim selama 3 tahun


Perkembangan Linguistik

Sejak usia 2 tahun perkembangan kemampuan bahasamu nampak menonjol. Menginjak usia 3 tahun, linguistikmu berkembang pesat. Entah sudah berapa ratus kata yang kamu kuasai.

Kamu sudah mengenal benda-benda di sekitar. Bahkan kamu dapat merangkai kata hingga membentuk sebuah cerita utuh. Sampai-sampai sering orang bertanya, anak ini ceriwis seperti siapa ya? Bagaimana cara mengajari anak bicara supaya pintar dan jelas berbicara seperti SID?


Stimulasi yang Ibu lakukan semenjak kamu kecil alhamdulillah mulai nampak hasilnya. Membaca buku setiap hari, bercerita sepanjang perjalanan, menunjuk berbagai hal yang kita jumpai ketika naik bus, ataupun menceritakan kembali petualangan hari ini rupanya cara yang jitu untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak.

Sekarang Ibu hanya perlu membacakan buku satu, dua kali. Selebihnya kamu yang akan mengulang cerita di buku tersebut dengan menebak-nebak dari gambarnya. Imajinasimu berkembang baik!

cara belajar membaca balita
Belajar membaca sambil jalan-jalan

 

Perkembangan Motorik

Tahukah SID, Ibu jadi mudah lapar karena mengikuti tingkah polahmu yang sepertinya tidak ada lelah. Setiap hari kamu mengajak Ibu bermain bola. Tendanganmu semakin kuat dan terarah. Setelah itu kamu berlari kencang mengelilingi lapangan tanpa terjatuh. Kadang Ibu harus mengejarmu ketika kamu naik sepeda roda empat.

Ibu sampai hafal setiap melewati pos satpam. Kamu suka meniti pembatas jalan sambil melatih keseimbangan. Lalu kamu melompat sambil berteriak, “Yes!”.

Saat kita bermain di dalam rumah, kamu paling suka menggunting kertas menggunakan gunting beneran. Gunting khusus kertas milikmu telah kamu acuhkan. Kamu lebih suka memakai gunting besar yang tajam. Ditambah pula saat kamu ingin memotong buah naga sendiri menggunakan pisau. Ada perasaan was-was ketika kamu memegang benda tajam tersebut. Akan tetapi, practical life skills seperti ini penting bagimu. Ibu mengawasi saja agar tetap aman.


Tak percuma Ibu menyiapkan pensil warna, cat air, dan buku gambar. Kamu suka mencorat-coret dan mewarnai. Kini hasil mewarnaimu semakin berwarna, lho. Kamu berani menggunakan berbagai warna yang ada. Kamu juga sudah dapat menggambar lingkaran dan garis lurus yang panjaaang. Besok kita berlatih membuat square and triangle, ya.

Ibu bangga dengan kemajuan perkembangan motorik anak pada dirimu. Stimulasi aktivitas fisik yang kita lakukan membuatmu tumbuh dan berkembang dengan baik. Tak apalah Ibu sedikit lelah asalkan kamu tumbuh sehat.


Cepat Tanggap

Semakin bertambah usiamu, rentang konsentrasimu semakin panjang. Kamu dapat fokus bermain sendiri sementara Ibu melakukan hal lain.

Pemahamanmu akan instruksi juga semakin kompleks. Saat ibu berkata, “Tolong ambil wortel lalu bawa ke sini.” kamu dapat melakukannya dengan baik.

Imajinasimu pun kian berkembang. Ibu kerap mendengar kamu memainkan mobil-mobilan dan lego sambil bercerita. Seakan-akan mainan itu hidup. Wah, seru sekali melihatnya.

Memahami instruksi dan melaksanakannya dengan baik
Kemampuanmu mengenal huruf dan angka menunjukkan kemajuan. Kamu sudah mengenal namamu sendiri yang cukup panjang. Saat menemukan huruf pertama namamu “S” di buku atau banner, kamu akan memberitahu Ibu. Setiap kita naik turun tangga sambil berhitung, rupanya itu cara efektif mengenalkan angka padamu.

Satu lagi, kuriositasmu membuat Ibu kewalahan. Seperti minggu lalu ketika kamu bertanya tentang Allah ada di mana, bagaimana bertemu dengan Allah, dan seterusnya. Kamu juga sering melontarkan pertanyaan mengapa begini, mengapa begitu, yang menambah PR Ibu untuk semakin sering membaca buku ensiklopedia. Luar biasa, di usia 3 tahun alhamdulillah kamu cepat tanggap!

Tanggap Emosional

Heuheu… Ibu menarik napas dalam-dalam ketika kamu tantrum. Mau beli ini itu dan harus segera dituruti. Jika salah prosedur sedikit saja, efeknya langsung menangis histeris.

Begini, Nak. Dalam hidup, kita tidak mendapatkan semua yang kita inginkan. Kalaupun kita dapat, kita tidak akan pernah puas karena demikianlah sifat alamiah manusia. Untuk itu, sebelum pergi berbelanja, Ibu selalu menyampaikan penjelasan barang apa saja yang akan kita beli. Setelah setuju, kita dapat belanja sesuai rencana. Well, selalu ada godaan mainan atau snack. Kita menabung terlebih dahulu, ya. Sudah berapa isi celenganmu?

Perkembangan emosionalmu kini masih dalam proses. Namun, Ibu melihatmu kian memiliki tanggap emosional. Contoh kecerdasan emosional yang kamu miliki seperti: bersemangat memilih pakaian, memakai celana dan kaos kaki sendiri, juga makan sendiri.

Nenek bercerita bahwa kamu mengucapkan permisi, maaf, dan terima kasih dengan tepat. Stimulasi melalui contoh tata cara berbicara yang Ibu dan Ayah tunjukkan setiap hari ternyata membuatmu mengikutinya. Ah, bangganya Ibu padamu.

Dan, terima kasih, ya, kamu membantu pekerjaan rumah. Kamu mau mencuci piring dan membuang sampah di tempat sampah. Itu peran besar menjaga kebersihan rumah, lho.

Tanggap Bersosialisasi

Kamu begitu gembira ketika berkumpul bersama keluarga besar merayakan ulang tahunmu. Baru kali ini ya kita pakai acara tiup lilin dan potong kue. Sebenarnya Ibu tidak ingin membiasakan perayaan seperti ini. Yang sederhana saja lah asalkan kebersamaannya terasa kental. Namun, that’s okay sesekali kita merayakannya.

Kamu makin berani memesan makanan dan membayar ke kasir. Ibu kaget mendengar kamu meminta teh ke pemilik warung. “Pak, teh hangat satu.” begitu katamu padahal Ibu tidak memesan. Ada sisi khawatirnya sih, kamu asal memesan banyak makanan sementara Ibu tidak membawa cukup uang. Hahaha.

Ibu kagum lho melihatmu tanggap bersosialisasi. Kamu berani bermain bersama teman sebaya saat kita di taman. Awalnya malu-malu tapi setelah itu kalian cepat akrab dan lari kesana kemari.

Akan tetapi, terkadang kamu masih ragu saat ada kawan yang ingin meminjam mainan. Kamu takut mainan itu dirusak. Itu wajar kok. Kamu bisa bermain bersama sambil mengingatkan agar selalu menjaga mainan dengan baik.

Pertumbuhan Anak

Posyandu menjadi hal yang membuat hati Ibu dag-dig-dug. Berat badanmu susah naik. Sekalinya naik, eh jatuh sakit. Turun lagi deh. Isu pertumbuhan anak menghantui hari-hari Ibu. Akan tetapi, Ibu sangat lega ketika petugas kesehatan Puskesmas menyatakan tinggi dan berat badanmu masih baik, sesuai usiamu.

Ibu mendengar kabar Indonesia rawan stunting, peringkat kelima di dunia. Efek stunting begitu besar. Tak hanya tentang perawakan pendek namun juga berdampak hingga si anak kelak bekerja. Semoga kamu terhindar dari penyakit tersebut, ya, Nak.

Ibu berusaha memberikan asupan gizi terbaik bagi pertumbuhanmu agar optimal. Ketika kamu tak suka melihat nasi, Ibu sediakan pilihan sumber karbohidrat lain. Saat kamu menolak makan sayur, Ibu selipkan sedikit sayur dalam jus buah kesukaanmu. Ups! Semua ini agar kamu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Tak lupa Ibu berikan susu Bebelac 3 rasa madu untuk mendukung perkembanganmu. Bebelac baru mengandung minyak ikan dan Omega 6 yang ditingkatkan (dibanding formula Bebelac sebelumnya), Omega 3, FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan, serta 13 vitamin dan 9 mineral. Ibu sampai googling sana-sini hingga akhirnya yakin memberikan susu Bebelac terbaik sesuai kebutuhanmu, apalagi tersedia Omega 3 dan 6 yang penting sebagai nutrisi otak anak.

tumbuh kembang anak 3 tahun
Tumbuh sehat dan bahagia, ya, Nak
Membaca catatan tumbuh kembangmu membuat mata Ibu berbinar-binar. Ada suntikan semangat agar semakin aktif dan partisipatif memberikan stimulasi serta gizi yang tepat bagimu, SID. Ibu perlu memantaskan diri dalam hal pendidikan anak. Agar Ibu mampu membersamai anak dengan tanggap yang lengkap seperti artikel Tanggap yang Lengkap yang Ibu baca. Selamat ulang tahun ketiga, anakku! Doa terbaik bagi kehidupanmu.

37 comments on "Catatan Tumbuh Kembang 3 Tahun SID"
  1. Tanggap yang lengkap dan anak sehat serta cerdas ya mbak.
    Alhamdulillah, semoga ke depan bisa menjadi generasi maju Indonesia.

    Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, tanggap yang lengkap tak hanya soal IQ.

      Delete
  2. kayaknya mulai zaman ini ibu dan anak (terutama yang pertama) dieksplor habis habisan.. :)
    how cute! saya suka sekali dengan foto - foto nya..

    ReplyDelete
  3. SID tante ikut bangga loh, dengan perkembanganmu. Tante percaya semus itu karena ibumu dann kamu adalah team yang hebat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plus ayah juga yaa. Terima kasih, tante.

      Delete
  4. Yeayy SID udah 3 tahun. Makin pinter ya anaknya mama Helen. Pasti perkembanganmu semakin banyak deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah. Semoga sehat-sehat ya.

      Delete
  5. Happy Besday Sid. Sehat dan bahagia selalu. Smoga berat badanmu sesuai dg umurmu ya spy Ibumu tak khawatir lagi. Selamat tambah usia, Sid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak itu PR tapi syukurlah bulan lalu naik hampir sekilo.

      Delete
  6. SID makin besar makin pinter ya, mamanya hebat...

    ReplyDelete
  7. SID memang pintar..aku dan suami dari pertama ketemu di acara L...A udah ngefans banget sama SID.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acara apa ya dulu itu. Awal aku ngeblog deh selalu bawa anak. Terima kasih ya

      Delete
  8. SID sudah 3tahun yah, sehat-sehat dan makin pintar yah, kapan-kapan main yuk sama abank Haidar

    ReplyDelete
  9. Hallo Sid, selamat ulang tahun yaaa. Swmoga makin tanggap yaaq

    ReplyDelete
  10. Sid ini memang pinter deh. Bunda Helena siap siaga mengajarinya ya plus kasih nutrisi yg bagus.

    ReplyDelete
  11. Mama SID, Mba ibu yg asik ya ❤��

    ReplyDelete
  12. Selamat ulang tahun Sid. Anak siapa? Anaknya mama helena yang sama kaya sid. Sid jago ngomong, mama jago ngomong lewat Kata kata di blog nya dan social media

    ReplyDelete
  13. Sayang banget ya mbak sama anaknya. Catatan kayak gini bisa jadi kenangan saat anak sudah besar nanti

    ReplyDelete
  14. Selamat ulang tahun dede sid, semoga tambah cerdas dan sehat selalu ya. Bagga deh buat ibu yg tanpa lelah mengawal tumbuh kembang anak, pasti bahagianya luar biasa saat melihat si kecil tumbuh dengan sehat, cepat tanggal juga cerdas. Keren pokoknya

    ReplyDelete
  15. Siapa aja yg ketemu sid pasti jatuh cinta pada pandangan pertama, apalagi klo udah denger cerita sepanjang rel panturašŸ˜

    ReplyDelete
  16. Menyehatkan sekali jika ada susu yang punya omega 3 yang bagus buat perkembangan anak ya mba

    ReplyDelete
  17. Usia SID baru 3 tahun tapi dah pinter banget. .ini karena Bundanya yg care sama tumbuh kembang SID nih..

    ReplyDelete
  18. Ngiri banget baca perkembangan SID dari hari ke hari, semoga anak2 saya kelak bisa demikian

    ReplyDelete
  19. Sid sudah besar. Besok-besok minum susunya pakai gelas dan belajar pegang (minum) pakai gelas sendiri ya, Sayang... :)

    fahmi juga sekarang minum bebelac baru...

    ReplyDelete
  20. Wah perkembangan anak mank disesuaikan dengan susunya ya... Susu yang bagus baik tuk anak

    ReplyDelete
  21. galfok sm hijab coklat motifnya mom SID samaan sm punyaku hihi..btw met besdey ya SID semoga tiap hari makin pinter ya nak jadi kebanggaan ibu sama ayah

    ReplyDelete
  22. anak sy pernah jg tantrum, minta sesuatu di sueprmarket. say biarkan nangis sambil kasih penjelasan. malu jg orang2 pd liatin..tp 1/2 jam akhirnya brenti jg

    ReplyDelete
  23. Kok kayake aku dah komen di sini tapi kok komenku gak ono yoooo hahaha
    Moso cuma ngeshare tok :))

    Hehe emang masalah BB anak suka bikin galau yaaa, anak2 jg gtu, tapi gpp yg penting msh sesuai kurva walau mepet2 dan sehat2 yo Siiidd

    ReplyDelete
  24. hai Sid, selamat ulang tahun yaa .. moga sehat selalu dan semakin menggemaskan <3

    ReplyDelete
  25. Suka baper klo baca catatan tumbuh kembang yg bagus kayak gini deh. hehe

    ReplyDelete
  26. Senang yaa kalau hasil stimulasi sudah terlihat dengan baik. Seolah usaha kerja keras ibu terbayarkan.

    ReplyDelete
  27. Waaah, SID lahir bulan juni juga ya? Sama nih kaya Sultan, bulan ini juga pas 2 tahun.

    Btw tumbuh kembangnya SID pesat, kalau Sultan sedikit telat nih bicaranya.

    ReplyDelete
  28. Hai, Sid, selamat ulang tahun ya, Nak, semoga selalu sehat, panjang umur, dan tumbuh menjadi anak yang cerdas, tanggap secara emosi dan secara sosial juga. Senangnya baca tulisan ibumu ini, terasa sekali kehangatan dan cintanya

    ReplyDelete
  29. Padahal SID lelaki yah mba tapi linguistiknya kaya anak perempuan... Eta keren pisan pasti stimulasinya.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature