Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

Monday, June 18, 2018
Hiii... ngeri bin geli gimana gitu melihat ada kutu rambut mondar-mandir di kepala. Telurnya kecil lengket menempel di rambut. Rasanya rambut jadi gatal-gatal. Bagaimana cara alami menghilangkan kutu rambut di kepala?

ciri kutu rambut
Rambut gatal karena kerjaan atau kutu rambut? (pic. energepic pexels)


Kepala Gatal? Waspada Kutu Rambut


Sebenarnya saya malu menceritakan ini. Ga elit banget ye rambut kutuan. Sedikit-sedikit garuk kepala. Kadang pura-pura mikir sambil garuk jilbab padahal kulit kepala terasa gatal. Akan tetapi, itu sudah menjadi masa lalu. Masih dalam suasana idul fitri, marilah memaafkannya. Cukuplah saya ambil hikmah dari masalah rambut yang berkutu dan menjadi sarang telur kutu rambut. Jangan sampai terulang lagi.


Awalnya saya tak menyangka kepala ini gatal karena ada kutu rambut. Saya pikir karena terlalu lama menggunakan jilbab, tidak cocok dengan sampo, atau cuaca panas membuat kulit kepala terasa gatal.

Saya baru menyadari kehadiran si kutu rambut ketika bermain dengan SID di taman saat siang hari. Sinar mentari menyinari rambut SID yang nampak berkilau. Ketika saya amati lebih dekat rupanya kilauan itu datang dari telur-telur kutu yang menempel di rambut. Hwaaa...anak gue berkutu!

Saya jadi kepikiran ada kutu di rambut saya. Mungkin saja tertular lewat sisir, handuk, bantal, dan benda-benda lain yang saya dan SID pakai bersama. Untuk memastikannya, saya minta bantuan suami mencari Pediculus Humanus Capitis alias kutu rambut di kepala saya. Dan, bener dong apa yang saya takutkan. Rambut ekstra gatal belakangan ini disponsori oleh kutu rambut yang asyik menghisap darah dan ngiler di kepala saya. OMG!

Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut


Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut seperti menggunakan obat-obatan. Namun, saya tidak yakin obat pembasmi kutu rambut aman digunakan anak-anak seperti SID. Saya khawatir ada efek samping bagi kulit kepala ataupun rambutnya yang tipis itu. Maka, saya memilih cara alami untuk mengobati kutu rambut supaya enyah dari kepala kami.

cara alami obati kutu rambut
Ikuti langkah menghilangkan kutu rambut berikut ini (pic. Min An Pexels)
Pertama, cek seluruh manusia penghuni rumah apakah tertular kutu rambut. Kutu tipe ini hanya menjangkiti manusia, tidak ke hewan peliharaan. Beruntungnya hanya saya dan SID yang positif dihinggapi kutu rambut. FYI, kutu rambut suka bersembunyi di tempat gelap sehingga wanita lebih berpotensi menjadi terjangkiti si kutu (umumnya wanita memiliki rambut panjang dan gelap).

Kedua, cuci seprei, bantal, selimut. dan handuk untuk menghindari risiko kutu rambut ataupun telur yang menempel di sana. Ini nih pentingnya mencuci perlengkapan tidur secara teratur.


Ketiga, mengoleskan minyak kelapa atau Virgin Coconut Oil (VCO) secara menyeluruh ke rambut dan mendiamkannya selama semalaman. Lakukan hal ini berkali-kali, minimal selama 3 hari. Saya kesulitan memperoleh minyak kelapa sehingga saya menggunakan VCO pada rambut. Baunya tidak sedap tetapi ampuh membuat kutu rambut terpeleset. Telur-telurnya juga menghilang. Mabok kali ya kena bau dan licinnya VCO.

Keempat, menyisir rambut menggunakan sisir serit yang rapat. Tipe sisir ini jadoel banget tetapi menjadi andalan untuk menghilangkan kutu rambut beserta telurnya. Akan tetapi, SID tidak menggunakan cara terakhir ini karena rambutnya terlampau tipis. 

Ah ya, saya sempat keramas di salon sampai rambut diuwel-uwel tetapi cara ini tidak ampuh mengobati masalah kutu rambut. Ya kalau telaten sih istilahnya metani alias mencari kutu dan telur satu persatu. Tapi saya ngeri melihat banyaknya telur menempel di rambut SID. Hiii...


Alhamdulillah lewat cara alami di atas, kutu beserta telur-telurnya tidak lagi muncul di rambut. Gatal di kulit kepala juga berkurang. Semoga mereka tidak kembali lagi. Awas aja kalau kutu rambut muncul lagi, stok VCO di rumah masih sebotol untuk membasmi mereka. Hohoho.
15 comments on "Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut"
  1. alhamdulillah, karena saya lebih memilih tipe rambut yang tidak panjang, alias menjelang botak.. :D

    irit sampo, ngak usah sisiran.. hehe

    ReplyDelete
  2. beruntung juga aku.. tipe rambutku mendekati botak sehingga rambut ga gatel gatel..

    dan cara ini mungkin akan sy rekomendasikan sama keluarga perempuanku kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending botak ya, bebas kutu rambut

      Delete
  3. VCO itu apa mba? Sejenis obat atau shampoo? Anakku nih ada kutu plus telur kutu kalau dicariin ga pernah mau,, padahal kan gatal. Malah banyak banget telur nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu minyak kelapa. Kalau mau nanti ku kirim. Masih banyak di rumah. Bisa buat pijat dan masak juga.

      Delete
  4. Ternyata zaman now masih ada ya. Kutu rambut kirain cuma ada pas zaman mpo waktu kecil

    ReplyDelete
  5. Serit sisir khusus cari kutu. Agak sakit kalau pakai serit soalnya rambutnya suka jembet

    ReplyDelete
  6. Tetangga saya pernah ada yg lebih ekatrim, rambutnya yg kutuan diguyur pake obat serangga. Ngengat kecil gitu tp sangat mengganggu

    ReplyDelete
  7. Waduuuh jangan deket2 Mama Sid dulu deh, takut pada loncat kutunya wkwk

    ReplyDelete
  8. Aku pernah kutuan pas hamil anak pertama, ketularan keponakan. tersiksa banget buat ya'g pake jilbab, bawaannya garuk karena gatal banget, duhhh

    ReplyDelete
  9. Nah kutu rambut memang jadi bikin ilfil ya. Anakku yg perempuan juga pernah kutu rambut duuhh seisi rumah langsung kena semua deh. Jadi pake minyak kelapa bisa ya tuk menghilangkan kutu rambut?patut dicoba nih..thanks ya.

    ReplyDelete
  10. Wah, pakai vco ampuh juga yaa. Bisa nih manfaatin stok vco si rumah

    ReplyDelete
  11. Oalah ternyata VCO bisa ya sis. Btw kalo obat kutu yg diluaran itu pernha coba ndak? Kemaren sempet ada berita anak meninggal karena keracunan obat ga lama setelah dipakai.

    ReplyDelete
  12. Baru tau nih kalau bisa pakai vco untuk menghilangkan kutu rambut. Semoga bener2 tidak kutuan lagi ya mbak :)

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature