Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Kapan Waktu yang Tepat Merencanakan Keuangan?

Tuesday, June 5, 2018
keluarga surya
Merencanakan keuangan keluarga? Shopping dulu ah... (pic. pexels)

Iya, sih, menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini itu penting. Biaya sekolah semakin mahal tiap tahun. Tapi … mainan anak tuh lucu-lucu. Lihat deh satu set figurin Paw Patrol termasuk Look Out-nya.

Iya, tahu, suatu saat kita bakal tidak seproduktif sekarang sehingga perlu merencanakan dana pensiun. Tapi … tiket pesawat ke Jepang lagi ada diskon, lho!

Iya, benar, sakit itu datangnya mendadak. Dana darurat dan asuransi membantu meringankan biaya pengobatan. Tapi … udah coba resto baru di mall itu? Katanya sih enak.

Hayooo…siapa nih yang kebanyakan “tapi” setiap diingatkan pentingnya merencanakan keuangan? *tutup muka sendiri.


Kebiasaan Orang Indonesia Berpikir Jangka Pendek

Kemapanan finansial, sekolah di tempat favorit, dan pelayanan kesehatan terbaik menjadi impian banyak orang. Apakah mimpi itu dibarengi dengan perencanaan keuangan dan pengelolaan keuangan yang tepat?

15,76% masyarakat Indonesia memiliki tingkat literasi “baik” terhadap industri asuransi (survei OJK, 2016). Masyarakat yang paham pentingnya asuransi tersebut, bukan berarti memiliki asuransi karena tingkat utilitas hanya 12,08%. Dapat dikatakan hanya 12 dari 100 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi.

Mengapa demikian?

Keputusan yang dilakukan tiap individu bergantung pada nilai yang ia anut. Nilai-nilai ini dipengaruhi budaya, agama, maupun lingkungan. Apa yang keluarga tanamkan dapat terbawa perilaku hingga dewasa.

Menurut Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M. Sc, Sosiolog sekaligus guru besar Sosiologi Universitas Indonesia, generasi sekarang tak jauh berbeda dari generasi zaman old yang “ono dino, ono sego” (ada hari, ada nasi). Pola berpikirnya cenderung jangka pendek. Bedanya, masyarakat zaman now mengeluarkan uang untuk leisure, liburan, atau kuliner. *tutup muka lagi.

sun life financial indonesia
Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M.Sc, sosiolog (kanan) menyebutkan pola pikir orang Indonesia cenderung jangka pendek


Mikirin Masa Depan Melulu, Kapan Liburannya?

Melihat minimnya literasi keuangan di Indonesia, Sun Life Financial Indonesia meluncurkan kampanye #LebihBaik Sekarang pada 31 Mei 2018 lalu di Jakarta. Target utama kampanye ini yaitu generasi muda dan keluarga muda. Saat ini 50% penduduk Indonesia didominasi generasi muda di bawah 30 tahun, lho.

“Melalui kampanye #LebihBaik Sekarang, Sun Life mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak lagi menunda dalam melakukan perencanaan yang tepat, demi meraih kualitas kesehatan, pendidikan, dan keuangan yang lebih baik untuk diri sendiri dan keluarga,” jelas Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia.

Benar juga, ya. Merencanakan masa depan bukan berarti mengorbankan kesenangan hari ini. Memahami dan mulai melakukan pengelolaan keuangan yang tepat akan membuat kita menikmati lifestyle tanpa mengabaikan kenyamanan hidup di masa yang akan datang.

Merencanakan keuangan dengan baik mampu memenuhi kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang (pic. pexels)

Belajar Merencanakan Keuangan dari Keluarga Surya

Belajar mengelola keuangan itu penuh godaan. Sudah menyusun anggaran, nyatanya realisasi jauh panggang dari api.

Belajar mengatur keuangan itu kesannya rumit dengan berbagai istilah asing. Padahal, bisa lho belajar merencanakan keuangan dengan cara yang ringan dan menarik. Tonton saja web series sitcom Keluarga Surya di channel Youtube Sun Life Financial ID.

merencanakan keuangan keluarga
Pemain Keluarga Surya bersama Elin Waty, Shierly Ge, dan Prof. Paulus
Tak hanya menggaungkan kampanye #LebihBaik Sekarang, Sun Life Financial Indonesia juga meluncurkan video pendek menceritakan bagaimana Keluarga Surya mengelola keuangan keluarga. Menarik! Bagaimana keluarga, unit terkecil di masyarakat, berperan penting menanamkan nilai baik pada anggota keluarga, termasuk merencanakan dan mengelola keuangan.

Kami mempersembahkan video web series bertajuk “Keluarga Surya” sebagai sarana edukasi literasi keuangan yang dapat dengan mudah diakses masyarakat luas dalam konten visual digital dan mengusung genre komedi situasi yang sarat akan makna,” ujar Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia.

Keluarga Surya menggambarkan keluarga muda Ayah Surya (Edo Borne) dan Ibu Mentari (Karina Nadila) memiliki dua anak, yaitu Fajar (Bima Azriel) dan Cahaya (Sandrinna Michelle). Ayah Surya seorang pegawai sedangkan Ibu Mentari menjadi ibu rumah tangga sekaligus blogger. Ini nih yang bikin ngikik nontonnya karena celetukan Ibu Mentari mengenai dunia blogging.


Pertama kali menonton Keluarga Surya episode 1 tentang THR, saya ketawa tapi juga merasa tersentil. Topiknya pas dengan situasi sekarang yang sedang hangat-hangatnya menerima THR. Di sana digambarkan bagaimana mengelola THR, antara menghabiskan atau menabungnya.

Keluarga Surya episode 2 tak kalah menarik, yaitu membahas wakaf. Istilah infaq, wakaf, dan sedekah dijelaskan dengan cara ringan, mudah dipahami, dan menghibur. Nonton video web series ini belajar keuangan tanpa merasa digurui.

Rencananya akan ada 8 episode Keluarga Surya dengan topik sehari-hari seperti Piala Dunia, merencanakan liburan, hidup sehat, dan sebagainya. Tunggu aja deh di YouTube Sun Life Financial ID. Jangan lupa subscribe supaya dapat notifikasi tiap ada video terbaru.

Oh ya, Sun Life juga mengadakan kuis berhadiah di Facebook Sun Life Financial Indonesia dan Instagram @SunLife_ID yang berhubungan dengan tiap episode “Keluarga Surya”. Hadiahnya 5 juta rupiah buat 5 orang pemenang. Uwooow!

nama pemain keluarga surya
Keluarga Surya KW :))
By the way, nonton Keluarga Surya jadi malu ah kebanyakan tapi. Kapan waktu yang tepat merencanakan keuangan? #LebihBaik Sekarang!

61 comments on "Kapan Waktu yang Tepat Merencanakan Keuangan?"
  1. Aku suka banget Keluarga Surya, isinya menyentil tapi jadi ngena banget dan jadi inget sebaiknya THR itu harus diapakan agar ga menyesal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tersentil gara-gara nonton Youtube nih. Samaaa

      Delete
  2. wahh ada keluarga surya KW hahahha pasti uang THR dihabiskan buat foya-foya hhahahah. Kalau aku biasanya ditabungin mbak THRnya, kalau buat dana lebaran dari gaji aja udh cukup krn memang ngak banyak kecuali sedekah yg tetap jd prioritas saaat jelang lebaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang KW demen tebar duit ke panti asuhan, panti jompo. Heheh. Aamiin

      Delete
  3. Jadi penasaran sama keluarga surya. Saya mau nonton... Tapi ... Eh, ga ada tapi ya. Pokoknya kudu nonton sekarang juga. Hehehe...

    ReplyDelete
  4. Ya ampun mba Helen, aku ngikik liat videonya. hahha suer lucu.
    Emang ya kudu pinter ngelola keuangan kalo ga mau numpang lewat doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, kan kita hidup ga cuma buat hari ini.

      Delete
  5. Caranya.. dari sekarang.
    bener bener harus tegas sama diri sendiri kalau nabung jangan di ambil ambil.
    Asliii susahhh bgt huhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisahkan tabungan berdasarkan tujuan supaya ga tergoda :D

      Delete
  6. menurutku kita harus planning sesegera mungkin. Karena the sooner we do it, the better. Nothing wasted :)

    ReplyDelete
  7. benar bnar harus pintar mengeloal keunangan ya kak..

    ReplyDelete
  8. Langsung cas cus ke channel YouTube nya buat lihat Keluarga Surya, biar gak ketinggalan informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subscribe yaa! Ke channelku juga. Hahaha iklan.

      Delete
  9. Tidak tahan godaan di luar banyak kaya makanan dan minumam apalagi lagi promo. Di lema masa depan atau depan belanja masa masa besok lihat nanti.

    ReplyDelete
  10. Web seriesnya bagus banget. Dibalut unsur komedi tetapi pesan yg ingin disampaikan cukup mengena

    ReplyDelete
  11. Kalau mainan anak susah negonya nih. Asal beli yg murah aja deh. Mainan anak mahal2 yaaa... Sesekali beli gpp lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ini godaan buat aku jadi kudu perhitungan banget misal sebulan sekali beli mainan dg budget tertentu

      Delete
  12. Ngomongin THR aku jadi kangen dapat THR lagi. Hihiii.. Tapi bagus ya ada video2 pendek tentang edukasi kehidupan sehari-hari begini.

    ReplyDelete
  13. Jadi penasaran sama webseriesnya Keluarga Surya, mau nonton ah

    ReplyDelete
  14. Memang harus merencanakan keuangan dari saat muda sih. Ga selamanya kita muda, sehat, & produktif. Jangan sampai udah tua, sakit2an, masih pusing cari nafkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Kita juga ga tahu panjangnya usia sampai kapan.

      Delete
  15. Bener mbak.. aku masih mikir jangka pendek banget, setelah punya alula baru deh mulai menata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berasa ya setelah punya anak apa-apa buat si anak.

      Delete
  16. Asiknya kalau punya penghasilan tetap, bisa nabung, punya asuransi juga. Kalau saya ada uang habis buat kebutuhan sehari-hari,, bersyukur kalau ada lebih buat nabung.. Asuransi bukan pilihan untuk saat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh asuransi bisa pilih sesuai kebutuhan dengan premi terjangkau. Semangat yaa

      Delete
  17. Kalau sudah bicara masalah keuangan dan asuransi biasanya malas untuk dibahasnya, tapi dengan cara dibuat sitkom gini jadi menarik lho! Aku udah tonton niyy..

    ReplyDelete
  18. Aku belom nonton seriesnya, tapi baca komen2 yg ada di sosmed jadi penasaran dan ternyata lucu ya,nyentil banget dgn kehidupan sehari2 kita.

    ReplyDelete
  19. Benar Mba Helena, saya juga suka nunda-nunda merencanakan keuangan, maunya langsung dibabat habis aja klo punya uang buat makan dan jalan-jalan. Makasiih Mba, sudah diingatkan untuk merencanakan keuangan :)

    Saya juga suka nonton series keluarga Surya ini juga, banyak pelajarannya ya Mba.

    ReplyDelete
  20. nah betul mbak, kita harus pintar pintar dalam merancanakan keuangan

    ReplyDelete
  21. Aku sekarang ini mulai nata keuangan pribadi. Susah-susah-gampang. Nggak ngecut uang jajan sih, tapi cuma dibudgetin aja. Alhamdulillah lebih bisa nabung......buat beli tiket. Hahahaha.

    ReplyDelete
  22. Ini keluarga asyik ya buat era sekarang semua digambarkan ringan tapi kena ya pesan yang ingin disampaikan

    ReplyDelete
  23. Ini web series yang wajib banget ditonton seluruh masyarakat Indonesia
    KENA banget gitu lho! Edukasi finance-nya juga mantab
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  24. Setuju banget Mbk Helena... Harus pandai2 merencanakan keuangan. Karena penting banget, kalau gak gitu pasti abis terus tuh duit haha

    ReplyDelete
  25. Setuju banget merencanakan keuangan bukan berarti ngorbanin lifestyle kita ya. Yang penting harus pinter2 atur uang buat masa depan

    ReplyDelete
  26. saya suka liat keluarga surya pas untuk berinvestasi biar jangan ditunda-tunda harus mulai dari sekArang

    ReplyDelete
  27. menginpirasi ya alur ceritanya. jadi bikin melek nabung.

    ReplyDelete
  28. Mantap, ada Keluarga Surya sehingga edukasi literasi keuangan yang dapat dengan mudah diakses masyarakat luas dalam konten visual digital dan mengusung genre komedi.Sudah saatnya nih uang yang ada nggak langsung habis karena godaan ini dan itu. Hmm..., yang foto di bawah itu web series Keluarga Surya episode berapa, ya?

    ReplyDelete
  29. aq lagi cicil untuk lebih banyak nabung daripada belanja, tapi susahhh banget nahan gak belanjanya,, hahaha

    ReplyDelete
  30. semoga saya bisa kayak keluarga Surya ini ya biar keuangannya makin kece :)

    ReplyDelete
  31. Beberapa waktu nih infonya berseliweran di beranda saya, jadi penasaran mbak dgn sitcom Keluarga Surya.

    ReplyDelete
  32. Saya blm pernah nonton keluarga surya, jadi pengin nonton

    ReplyDelete
  33. ooh ada yang namanya keluarga surya ya untuk edukasi financial literacy dari sunlife di Yutub.. selama ini taunya cuma KELUARGA BADAK hihi

    ReplyDelete
  34. Kadang aku masih suka tergiur belanja-belanja nih untungnya aku punya tabungan pendidikan untuk bos kecil yang tidak bisa di ambil dalam jangka waktu tertentu. Kadang kita memang harus dipaksa untuk nabung untuk masa depan

    ReplyDelete
  35. Penasaran sama filmnya, belajar asuransi melalui film ya menarik

    ReplyDelete
  36. "kebiasaan orang indonesia berpikir jangka pendek" .... ini bener banget. Satu jargon yg sering banget kita denger "GIMANA ENTAR!". Nah, ini tipikal si berpikir jangaka pendek. Kalo yg mikirnya jangka panjang, akan berkata "NANTI GIMANA?"

    ReplyDelete
  37. Terima kasih sharingnya mbak... nice post nih, jadi berfikir untuk merencanakan keuangan...

    ReplyDelete
  38. Merencanakan keuangan itu penting sekali. Dan aku paling suka sitkom Keluarga Surya

    ReplyDelete
  39. Merencanakan keuangan itu pentig banget. Suka juga dengan sitkom keluarga surya ini.

    ReplyDelete
  40. Wuah aku kesindir banget nih.... ringan tapi ngenak ya... aku yang baru berdua blm punya buntut harusnya lebihhhh lebihhh bisa danaekstra buat merencanakan yah

    ReplyDelete
  41. Akupun masih tapi-tapi nih kalo soal perencanaan keuangan hehehe..tapi emang kudu dipikirin dari sekarang ya untuk antisipasi kedepannya nanti.

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,