Top Social

Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Ide Kreatif Menu Takjil Buka Puasa dari iLotte Hangout

Wednesday, June 6, 2018

Buka puasa pakai apa ya hari ini? Momen buka puasa lebih asyik dengan berkreasi mencoba resep-resep baru. Ya sekalian menunggu adzan Maghrib sambil menyiapkan menu masakan yang berbeda dari hari biasa. Di sini saya berbagi menu takjil buka puasa yang gampang dan praktis. Hanya butuh sekitar 15 menit mengolahnya. Intip resepnya di sini ya!


Biasanya saya berbuka dengan menu takjil kurma atau kolak. Namun, kali ini menu takjil saya istimewa. Takjil ini hasil kreasi saya dan teman-teman yang mengikuti iLotte Hangout Cooking Class di kantornya iLotte, Jakarta, pada 30 Mei 2018 lalu.

Belanja di iLotte.com 3 Jam Sampai

Siapa nih yang belanja bulanan di LOTTE Mart? Atau suka nge-mall di LOTTE Shopping Avenue (LOVE), Kuningan? LOVE itu guedeee banget! Saya pernah nyasar di dalamnya sampai mau nangis. Bingung harus keluar lewat pintu mana.

Nah, iLotte.com ini menyediakan barang-barang yang dijual di LOTTE Mart dan LOTTE Shopping Avenue secara online. Males muter-muter toko, enggak sempat belanja langsung, atau tinggal jauh dari LOTTE Mart dan LOVE tapi naksir berat barang-barang di sana? Gampang, belanja online aja di iLotte.com.

Shopping di iLotte.com itu bagai masuk mall dalam sekali klik. Di sana tersedia produk terkini dari brand favorit. Semuanya 100% branded product dari authorized stores only. Aman dong dari tipu-menipu.

Belanja di iLotte.com bisa diakses melalui website atau aplikasi “iLotte” di smartphone. Cuma mengunduh aplikasinya saja udah dapat bonus 10.000 poin. Tiap belanja bakal dapat poin-poin yang nantinya bisa ditukar voucher belanja.

Keunggulan belanja di iLotte.com tuh ada layanan “Flash Delivery”. Barang belanjaan akan sampai dalam waktu 3 jam. Layanan ini khusus untuk jarak pengiriman maksimal 10 km dari LOTTE Mart dan LOTTE Shopping Avenue, ya. Lucky me, rumah saya dengan LOTTE Mart hanya 7km.

Berfoto bersama Mbak Dini dari iLotte (kiri) dan Putri Habibie (kedua dari kiri)


iLotte Hangout Cooking Class

Setiap periode, iLotte punya acara seru dengan pelanggan, namanya iLotte Hangout. Acaranya macam-macam seperti beauty class, cooking class, dll. Untuk bulan puasa kali ini #iLotteHangout membuka cooking class dengan tema “Buat Takjil Sehat dalam 30 Menit” bersama Putri Habibie.

Baca juga: Menu Ramadhan Gastromaquia Jakarta

Meski enggak jago memasak, saya tertarik mengikuti cooking class ini karena sepertinya menu yang diolah mudah, cuma 30 menit. Nyatanya proses pembuatan menu takjil sehat kurang dari itu, hanya sekitar 15 menit. Yang lama ya bagian menghiasnya. Hahaha.

Dalam cooking class ini kami dibagi menjadi beberapa kelompok, sekitar 2-3 orang per meja. Saya sekelompok dengan food blogger Mbak Raras dan Mbak Lia. 

Di meja udah tersedia alat masak yang colourful dari Claris. Enggak tega deh pakai talenan bentuk burung dari Claris. Ada juga sendok dan garpu lucu, ini sih pas banget untuk alat makan SID. Syukurlah perlengkapan dapur ini boleh dibawa pulang. Yes!

Betapa ramenya meja kami. Bahan makanan dan kamera campur jadi satu :D
Sekitar pukul 16.30 WIB kami mulai memasak. iLotte Hangout hari ini dipandu Putri Habibie yang udah biasa bikin kelas memasak bareng artis. Bagi Putri, memasak itu enggak ada yang salah. Kita boleh berkreasi. Kata-katanya ini lho yang membuat saya makin percaya diri membuat menu takjil sehat untuk keluarga.

Cooking class kali ini menunya sederhana, mudah sekali membuatnya. Yang bikin heboh itu ya karena kami harus memasak sambil insta story dan post foto di Instagram. Satu tangan mengolah biskuit, tangan yang lain pegang HP. Atau team work dengan bagi tugas, ada yang masak, ada yang foto-foto. Hahaha.

Kami semangat upload foto di Instagram karena dilombakan. Hadiahnya itu lho private cooking class with Putri Habibie senilai Rp 1,5juta. Cek Instagram @ladybakecookingclass, makin mupeng lah bisa belajar masak berdua bareng Putri.

Enggak bisa icip-icip karena masih puasa 

Resep Banoffee Pie

Resep takjil sehat yang dipandu Putri Habibie kali ini yaitu “Banoffee Pie”. Pie ini merupakan hidangan penutup berasal dari Inggris dengan bahan utama pisang, krim, dan gula. Banana coffee toffee pie disingkat menjadi banoffee pie.

Saat Putri menyebutkan resep yang akan kita buat, saya enggak ada gambaran sama sekali bagaimana nanti bentuk dan rasanya. Baru pertama kali juga mendengar nama itu. Akan tetapi, kelompok kami tetap semangat mengikuti cooking class, dong!

Banoffee Pie siap disantap

Ini nih resep banoffee pie:
Bahan:
2 buah Pisang cavendish
1 bungkus biskuit regal besar
2 sdm susu kental manis
Whipped cream secukupnya
Topping:
2-3 keping biskuit regal

Cara membuat:
  • Tumbuk biskuit regal menjadi kepingan kecil. Jika suka yang bertekstur kasar, jangan ditumbuk terlalu halus. Kemudian letakkan di wadah aluminium foil atau kotak plastik Claris.
  • Haluskan pisang kemudian campur dengan susu kental manis.
  • Ratakan adonan pisang di atas biskuit.
  • Beri whipped cream di atas pisang hingga rata.
  • Hias dengan potongan biskuit regal.


Kami menggunakan takaran susu kental manis 2 sendok saja. Rasanya pas, tidak terlalu eneg karena pisang Cavendish sudah manis.

Banoffee pie resep mudah kan ya membuatnya. Menurut saya lebih enak dimakan dalam keadaan dingin. So, simpan sebentar di kulkas, bukan freezer, dalam keadaan tertutup.

Baca juga: Resep Prol Roti Kukus Kurma

Sampai rumah saya recook dengan bahan seadanya. Hohoho. Saya pakai biskuit, pisang, madu, dan taburan meses. Lezaaat! SID suka lho. Cara penyajian yang menarik membuat anak doyan makan pisang yang kaya akan vitamin B6, C, kalium, magnesium, serta sumber potassium.

Tertarik membuat banoffee pie di rumah? Jangan lupa belanja bahan-bahannya di iLotte.com 😊
20 comments on "Ide Kreatif Menu Takjil Buka Puasa dari iLotte Hangout"
  1. Kalau Mbak saja nyasar, apalagi saya... Menginjak saja belom ke sana. Hehehe...

    Setuju dengan pendapat Putri, masak itu kreasi jadi tidak ada yg salah. Ingat saat kerja di majikan, ga bisa masak chinese food. Tapi asal aja segala bres. Hehehe... Habis juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting bisa dimakan ya. Hahahaha.

      Delete
  2. praktis ya bisa dicoba di rumah.

    ReplyDelete
  3. Wah resepnya mudah banget ya. Nggak perlu dimasak juga

    ReplyDelete
  4. Nama kuenya kereen...banoffee pie.
    Biasanya nama keren seiring juga dengan rasanya yang enyaakk...hiihii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kue dari Inggris ya gitu deh namanya, hohoho.

      Delete
  5. Wow, gampang resepnya, pingin coba deh buat ntar sore

    ReplyDelete
  6. Bikin takjilnya pasti mudah banget ya

    ReplyDelete
  7. dari dulu aku pengen banget bikin sendiri banoffe pie, tapi pas browsing2 kok ribet yaaa hahahah ngga jadi deh sampe sekarang.. Trus baca resep disini kok gampang yaaa :D jadi semangat pengen nyoba lagiii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Versi simple kali yaa jadi mudah diolah

      Delete
  8. pernah beli banoffe pie via online, itu endeusss banget dan berasa sehat pas maem, apalagi klo bikin sendiri nih, bahan2nya mudah dan terjangkau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh Bu Ayya tau aja kue ini. Aku malah ga kebayang di awal, ya ikut aja petunjuk pembuatan dari Kak putri

      Delete
  9. Mau nyobain menu nya ah..30 menit kelar jadi nggak lama-lama di dapur ya.

    ReplyDelete
  10. Kayaknya mantap neh buat dicoba dirumah, simpel dan mudah

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature