Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Dukung Menyusui Selama Pandemi dengan ASI Booster Alami

Monday, August 30, 2021
Menyusui selama pandemi memiliki tantangan tersendiri. Tingkat stres ibu meningkat memikirkan kesehatan maupun ekonomi keluarga yang terdampak pandemi dapat berpengaruh pada ASI. Bagaimana ketika ibu positif covid-19, haruskah tetap menyusui? Apa yang dapat dilakukan jika si bayi positif covid-19? Apa saja ASI Booster alami untuk mendukung suksesnya menyusui?


asi booster alami
Dukung menyusui selama pandemi dengan ASI booster alami

A. Menyusui Selama Pandemi


Panduan menyusui selama pandemi berdasarkan WHO & UNICEF


Cemas dan khawatir yang dialami ibu menyusui (busui) akan pandemi dapat berefek ke ASI, lho. Padahal ASI dapat menjadi sumber imun tubuh bayi. Ibu yang percaya diri menyusui pun dapat merasakan manfaat kesehatan bagi tubuhnya.

Pada Pekan Menyusui Sedunia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF mengajak pemerintah dan semua mitra untuk mendukung dan melindungi ibu di Indonesia agar busui terus memberikan ASI secara optimal di tengah pandemi COVID-19.


Virus corona belum pernah ditemukan di dalam ASI. Dalam ASI terkandung antibodi penting dan zat gizi lain yang dapat membantu sistem daya tahan tubuh bayi melawan infeksi.


Bagaimana bila ibu menyusui positif Covid-19?


Meskipun memiliki gejala virus corona, seperti demam atau batuk, ibu dapat tetap menyusui. Manfaat pemberian ASI jauh melebihi risiko penularannya.(1)


Jika ibu kesulitan memberikan ASI secara langsung karena terlalu lemah atau sedang isolasi berjauhan dengan bayi, ibu dapat memerah ASI.


Perlu diperhatikan saat menyusui secara langsung bagi ibu yang positif Covid-19 yaitu memperhatikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga kebersihan.


Bagaimana jika bayi positif Covid-19?


Bayi tetap perlu ASI karena kandungan ASI yang baik untuk daya tahan tubuh si bayi. Selain itu, ketika menyusui dekat dengan ibunya, bayi menjadi lebih tenang.


Pengalaman menyusui saat positif Covid-19


Saat terkonfirmasi positif Covid-19 April lalu, saya sempat khawatir dengan kualitas dan kuantitas ASI. Kondisi badan saya mudah lelah, batuk, flu, ditambah lagi stres melihat keluarga bergantian sakit.


Namun, kala itu saya tetap menyusui bayi saya, Uno, karena percaya kandungan ASI akan menyesuaikan kebutuhan anak. Selain itu, pelukan kasih sayang insya Allah membuat Uno merasa lebih nyaman.


ibu menyusui positif covid
Kami saat isolasi karena positif Covid-19

Bayi saya pun terkena covid-19 dan kami menjalani isolasi sekitar 2 minggu. Sedikit perasaan lega melihat kami dapat isolasi bersama. Sebelumnya kepikiran bagaimana jika saya positif, Uno negatif? Siapa yang akan mengasuhnya selama saya isolasi? Bagaimana jika sebaliknya? Ah, banyak sekali pertanyaan menggantung di kepala.


Selama isolasi, proses menyusui berlangsung seperti biasa. Dokter menyarankan untuk terus memberikan ASI. Uno hanya mendapat suplemen multivitamin.


Alhamdulillah hasil swab ketiga kami negatif. Gejala batuk pilek pada Uno juga sudah mereda.


Bahan Makanan untuk ASI Booster Alami

Sebenarnya saya terpikir untuk menyapih Uno lebih awal karena pengalaman menyapih kakaknya Uno prosesnya begitu panjang dan bercucuran air mata. Namun, mengingat kondisi pandemi masih tak menentu dan melihat manfaat ASI yang begitu besar, saya memutuskan menunda menyapih. Nanti dulu, deh.


Sampai sekarang saya bersyukur dapat menyusui Uno walau muncul keraguan, ASI saya masih cukup? Masih banyak untuk penuhi kebutuhan anak? Seharusnya bayi merasa kenyang setelah menyusu tetapi Uno masih minta minum air atau susu di gelas walau sudah lama menyusu.


Wah, jangan-jangan kurang. Coba deh cari ASI booster supaya kualitas dan kuantitas ASI saya semakin optimal. Dari hasil googling, ini beberapa bahan makanan untuk ASI booster alami:

  • Daun katuk mengandung laktagogum dan prolaktin yang tinggi.
  • Kacang almond mengandung asam lemak esensial, protein, vitamin E, kalsium, zinc, dan zat besi.
  • Fenugreek/biji klabet mengandung laktagogum, tinggi protein, kalsium, dan zat besi.
  • Kedelai mengandung karbohidrat, lemak, vitamin B6, zinc, dan zat besi.
  • Biji adas mengandung laktagogum, asam folat, senyawa anethole, dan zinc.
  • Daun kelor mengandung laktagogum, tinggi protein, vitamin E, kalsium, dan zat besi.


FYI, laktogogum/laktagogue adalah obat atau zat yang dipercaya dapat membantu merangsang, mempertahankan atau meningkatkan produksi air susu ibu (ASI) ibu menyusui.


Mama’s Choice Breastfeeding Support Suplemen ASI Booster Alami


Banyak pilihan bahan herbal yang dipercaya berkhasiat sebagai ASI booster alami tapi susah mencari dan mengolahnya. Maunya mudah dikonsumsi dengan dosis tepat, serba praktis, gitu.


Mama’s Choice yang selama ini menyediakan produk yang aman, natural, dan halal dengan harga terjangkau untuk mama dan calon mama, kini punya produk baru untuk #KurangiWorry ibu menyusui. Apa tuh?




Ini, lho, Mama’s Choice Breastfeeding Support suplemen ASI booster alami dengan komposisi bahan 100% natural dan vegan.


“Mama’s Choice Breastfeeding Support merupakan suplemen ASI Booster alami yang membantu melengkapi nutrisi terbaik ibu menyusui untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI.”

Komposisi dan Manfaat Mama's Choice Breastfeeding Support


Tiap kapsul Mama’s Choice Breastfeeding Support mengandung ekstrak:

  • Fenugreek 200mg
  • Biji adas 387,9mg
  • Daun katuk 450mg
  • Daun kelor 250,5mg
  • Biji almond 100mg
  • Kedelai 50mg

suplemen asi booster alami
komposisi bahan alami Mama's Choice Breastfeeding Support (dok. Mama's Choice)

ASI booster bahan alami Mama’s Choice ini diklaim kaya protein & vitamin E untuk bantu menstimulasi kelenjar susu memproduksi ASI juga menjaga daya tahan tubuh ibu dan bayi. Testimoni dari konsumen suplemen Mama’s Choice ini 8 dari 10 mama merasa produksi ASI melimpah setelah konsumsi rutin.


Suplemen ASI booster Mama’s Choice telah mengantongi izin dari BPOM TR 212336011 dan juga sertifikasi halal MUI ID00410000006900420.

 

Baca juga: Review Skincare Mama's Choice

Dosis Mama’s Choice Breastfeeding Support

Satu botol Mama’s Choice Breastfeeding Support berisi 30 kapsul. Dosis pemakaiannya yaitu 1-2 kapsul 2x sehari. Konsumsi setelah makan, ya.

makanan untuk asi booster


Review Mama’s Choice Breastfeeding Support ASI Booster Alami


Pertama kali melihat komposisi Mama’s Choice Breastfeeding Support saya kagum melihat kombinasi bahan alaminya. Lengkap!


Dari segi kemasan, terdapat stiker hologram pada kotak Mama’s Choice Breastfeeding Support dan segel aluminium foil pada botolnya. Wah, bagus nih untuk higienitas.


menyusui selama pandemi
Kemasan suplemen ASI booster Mama's Choice dilengkapi segel pengaman

Bentuk suplemen ASI booster ini kapsul transparan berisi ekstrak bahan alami berwarna cokelat. Ada sedikit aroma jamu tetapi terselamatkan dengan dibungkus dalam kapsul, jadi enggak terlalu eneg.


Buat saya yang sulit menelan obat dalam bentuk kaplet apalagi jika ukurannya besar, kapsul Mama’s Choice ini termasuk mudah ditelan dan ukurannya pas. Tidak ada efek mual setelah mengonsumsi ASI booster Mama’s Choice. Alhamdulillah.


menyusui selama pandemi
Kapsul berisi ekstrak bahan alami sebagai suplemen ASI booster Mama's Choice


Mengonsumsi Mama’s Choice Breastfeeding Support diimbangi dengan asupan makanan bergizi, minum cukup air, cukup istirahat, serta menjalani hidup penuh syukur melihat Uno tumbuh sehat dan ceria membuat saya #KurangiWorry menyusui selama pandemi.


asi booster alami


Penutup


ASI menjadi pilihan terbaik untuk mendukung kecukupan gizi dan antibodi anak. Menyusui selama pandemi perlu dilakukan bahkan saat ibu menyusui positif Covid-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan.


Suplemen ASI booster alami Mama’s Choice Breastfeeding Support mendukung ibu dengan membantu melengkapi nutrisi terbaik ibu menyusui untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Info selengkapnya di website resmi Mama’s Choice: www.mamaschoice.id & instagram Mama’s Choice (@mamaschoiceid).


Butuh suplemen ASI booster alami? Dapatkan Mama’s Choice Breastfeeding Support lebih hemat di sini!


Bagaimana proses menyusui selama pandemi? Adakah tantangan yang ibu hadapi? Cerita, ya, di kolom komentar. 

 

Referensi

Menyusui pada masa wabah virus corona covid-19. https://www.unicef.org/indonesia/id/stories/menyusui-pada-masa-wabah-virus-corona-covid-19. Diakses 8 Agustus 2021.

Laktagogue Seberapa Besar Manfaatnya. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/laktogogue-seberapa-besar-manfaatnya. Diakses 8 Agustus 2021.

Pekan Menyusui Sedunia 2021 Dukungan Lebih Besar untuk Ibu Menyusui di Indonesia. https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/pekan-menyusui-sedunia-2021-dukungan-lebih-besar-untuk-ibu-menyusui-di-indonesia. Diakses 8 Agustus 2021.

Widowati, Lucie, et al. 2019. Potensi Ramuan Ekstrak Biji Klabet dan Daun Kelor sebagai Laktagogum dengan Nilai Gizi Tinggi. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

12 comments on "Dukung Menyusui Selama Pandemi dengan ASI Booster Alami"
  1. Mama Choice selalu paham akan kebutuhan ibu ya mam. Walau terkena covid-19 masih bisa tetap bisa menyusui sehingga si kecil mendapatkan asupan terbaik bagi tumbuh kembangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Ibu yg positif covid masih bisa menyusui seperti biasa. Perhatikan prokes saja

      Delete
  2. Kayaknya dulu istriku pake ini juga ASI booster. Smoga anak sehat2 yaaa krn asupan asi sangat penting.

    ReplyDelete
  3. Meski belum berkeluarga, sering banget baca pengalaman dari temen yang udah jadi Ibu. Kadang, masalah ASI yang tak lancar juga bisa bikin anak gak tidur nyenyak. Bersyukurnya ada Mama Choice ini sih, booster alami utk para bu ibu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengASIhi itu tantangan tersendiri buat para ibu. Perlu ilmu dan keteguhan hati supaya dapat memberikan ASI terbaik buat bayi

      Delete
  4. Alhamdulillah ga harus menyapih uno lebih awal ya & masih tetap bisa menyusui walaupun dinyatakan positif. Banyak ibu yang merasa khawatir kalau ASInya takut gak cukup dan gak berkualitas makanya perlu banget asi booster buat mengatasinya. Mama's Choice punya prooduk booster ASI yang alami ternyata ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa alhamdulillah bisa lanjut menyusui walau sempat positif covid. Dadakan menyapih kan buat pusing

      Delete
  5. Menyusui adalah hal yang paling indah yaa..
    Meski sulit dan kadang banyak kekhawatiran, tapi kalau dilalui dengan penuh cinta dan syukur, maka akan terasa bikmat.
    Apalagi kini ada Mama’s Choice Breastfeeding Support Suplemen ASI Booster Alami.
    Semoga lancar hingga masa menyapih tiba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ASI booster alami Mama's Choice Bantu semangat menyusui

      Delete
  6. Uno pasti sehat n pinter full asi kayak abang sid yah. Semoga tante bisa ketemu suatu saat

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,