Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Review Jurnal Memahami Masalah Bersama Tim - Buddy Ken Eka Fitriah

Monday, August 23, 2021
Assalamualaikum Ibu Pembaharu,
Agustus ini meriah banget dengan Questival Kemerdekaan. 3 hari yang padat bergizi belajar reels, bikin konten, dikejar deadline 24 jam, tarakdungces! Alhamdulillah sudah berlalu dan semua peserta mendapat hadiah. Yay!





Oke, kali ini saya akan melakukan review jurnal ketiga tentang memahami masalah bersama tim. Saya mendapat buddy Mbak Ken dari IP Solo Raya. Baru kali ini saya mengulas jurnal dalam bentuk video. Jurnal Mbak Ken bisa ditonton di bawah ini:





Apa yang sudah baik dan apa yang perlu diperbaiki?


Mbak Ken mengambil tantangan mengenai komunikasi terutama komunikasi dalam keluarga (dengan pasangan). Saya menonton video jurnal kedua untuk mendapat gambaran lebih jelas mengenai problem statement Mbak Ken.


Pada jurnal ketiga ini, Mbak Ken sudah menjelaskan gambaran singkat diskusi yang dilakukan di timnya, Quality Couple, untuk menggali masalah lebih dalam. Tim QC juga mencari problem ini di SDG. Ternyata masuk ke poin kelima mengenai kesetaraan gender.


Problem statement:
Kami ingin memberdayakan diri (perempuan) untuk membangun pola komunikasi produktif dan efektif untuk mencapai keluarga bahagia.


Yang perlu diperbaiki yaitu saat menampilkan hasil starbursting agar durasinya lebih lama. Saya buru-buru screenshot untuk membacanya. Mohon dijelaskan singkat juga.


Bisa juga dijelaskan proses diskusi di tim ketika menentukan 5W dan 1H, apa kendala dan kemudahannya. 


Selain itu, belum ada jawaban dari kumpulan pertanyaan tersebut. Apakah ada link ke jurnal tim? Pada video, starbursting yang nampak hanya pertanyaan-pertanyaan. Seingat saya penjelasan Bu Septi untuk membuat minimal 3 pertanyaan untuk masing-masing. Misal 3 pertanyaan who, 3 pertanyaan when, dan seterusnya. 


Proses apa yang dilihat saat menjadikan problem statement individu menjadi problem statement bersama?

Berangkat dari problem statement individu mengenai komunikasi efektif, hasil diskusi disepakati menjadi problem statement bersama sesuai yang tertera di atas.


Seberapa efektif penggunaan starbursting untuk pendalaman masalah?


Mbak Ken menjelaskan member di timnya membuat 5W+1H masing-masing kemudian diskusi hingga menghasilkan 5W+1H tim. Dari sini kemudian dirumuskan problem statement tim.



#umpanbalik3
#memahamimasalahbersamatim
#ibupembaharu
#bundasalihah
#darirumahuntukdunia
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#semestaberkaryauntukindonesia
#ibuprofesionaluntukindonesia
Post Comment
Post a Comment

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,