Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Jualan Online Tanpa Modal di Masa Pandemi

Sunday, August 1, 2021
Tak hanya kesehatan fisik, pandemi ini juga berdampak pada kesehatan dompet. Ada yang tokonya tutup, karyawan dirumahkan, bahkan di-PHK. Berjualan online menjadi salah satu alternatif bertahan di tengah pandemi. Dengan modal terbatas bahkan tanpa modal, jualan online dapat dilakukan. Bagaimana caranya?

aplikasi tiki mobile

Bertahan di Tengah Pandemi


Usaha souvenir yang berjalan lancar menjadi tersendat. PPKM membuat bekerja dari rumah, acara-acara banyak yang ditunda sehingga permintaan corporate souvenir menurun.

Salah satu cara yang keluarga saya lakukan untuk bertahan di tengah pandemi dengan berjualan online makanan. Kami memilih makanan seperti frozen food karena permintaannya tinggi dan tergolong stabil. Kegiatan banyak dilakukan di rumah, dari sekolah hingga bekerja, sehingga butuh makanan yang dapat diolah dengan praktis.


Selain itu, kami juga jualan beras arab dengan bumbu lengkap untuk membuat nasi briyani. Selain praktis, nasi arab satu ini menawarkan variasi menu makanan yang berbeda. Tak perlu ke restoran Arab, makan cuma 20 menit pula, kita bisa masak nasi briyani sendiri di rumah dengan cara mudah dan murah.


Tak hanya makanan, saya juga berjualan buku. Alhamdulillah selama lockdown, saya menjadi kontributor dua antologi bertema kepenulisan dan dunia ibu. Di samping berusaha tetap produktif, menulis menjadi media saya mengurangi stres.

Sebagian produk jualan online saya


Jualan Online Tanpa Modal

Random banget, ya, jualannya. Jujur, saya masih belajar di bidang jualan online ini. Ikhtiar untuk beradaptasi dengan new normal supaya kondisi keuangan stabil.


Sebagai seller online baru, saya mendapat banyak tips jualan online ketika mengikuti talkshow bareng TIKI dan Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) mengenai aman dan nyaman berbelanja online pada 14 Juli 2021 lalu. Rudi Cahyadi, Marketing Communication Manager PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) memberi kiat untuk seller online, salah satunya yaitu pahami barang jualan.


Bagusnya jualan online apa?


Terkadang kita tergiur berjualan barang yang sedang tren tetapi sebaiknya mulai dari hal yang kita sukai dan pahami. Walau bisnis jual-beli tanaman sedang naik daun, saya belum tertarik berjualan tanaman karena enggak telaten merawat tanaman. Punya saja tidak, apalagi jualan. Bakal lebih banyak hal yang perlu dipelajari sementara bisnis harus segera dimulai.


Saya memilih makanan yang biasa saya konsumsi karena punya pengalaman positif di sana. Jadi, saya bisa merasakan manfaatnya sebagai konsumen. Daripada dimakan sendiri, coba ditawarkan ke teman-teman.


Berbeda dengan Rina Susanti dari Bogor. Beliau blogger sekaligus mengelola usaha jual anggrek dan tanaman hias. Sejak 2017, Rina memulai usahanya yang berawal dari hobi merawat anggrek.


Apa bisa jualan online tanpa modal atau modalnya terbatas?


Mengenai modal, sekarang ini jualan online tanpa modal itu bisa, lho! Ada sistem dropship dan pre-order/prapesan yang memungkinkan kita berjualan tanpa modal uang.


Buku Mahir Menulis Apapun mulai dipasarkan dengan metode prapesan sekitar sebulan sebelum naik cetak. Alhamdulillah pada masa prapesan pertama, biaya cetaknya sudah tercukupi. Para kontributor tidak perlu membayar apapun, tinggal terima bagi hasil di akhir periode.


Banyak teman, banyak rezeki juga mendukung jualan online tanpa modal. Alhamdulillah kami kenal dengan supplier makanan yang bisa memberi kelonggaran tenggat waktu pembayaran. Setelah menerima pembayaran dari pelanggan, kami lunasi ke supplier.


Pengalaman Jualan Online Pakai TIKI


Salah satu poin penting dalam berjualan online adalah memilih ekspedisi pengiriman barang. Produk sudah oke tetapi jika barang tak kunjung sampai atau ongkos kirim mahal, pembeli bisa kecewa.


Dari sisi penjual juga perlu mempertimbangkan ekspedisi yang mudah dijangkau. Hemat biaya untuk ongkos transportasi ke gerai ekspedisi. Lebih baik lagi jika gerainya buka 24 jam, jadi fleksibel kapan mau kirim paket, gitu.

tiki pulo gadung
jualan online, kirimnya pakai TIKI

Urusan kirim paket, baik untuk jualan online maupun keperluan pribadi, saya sering memakai jasa TIKI. Alasan pertama karena lokasi TIKI terdekat itu sekomplek dengan tempat tinggal saya. TIKI yang satu ini sudah buka sekitar 3 tahun lalu. Sejak kehadirannya, mengirim barang semakin mudah karena saya tidak perlu ongkos transportasi lagi.


Kedua, biaya pengiriman TIKI terjangkau. Sebagian besar pelanggan saya di area Jabodetabek, pakai TIKI REG hanya Rp8.000,00/kg. Walau keterangannya 3-4 hari sampai untuk REG, seringnya butuh waktu sehari saja untuk paket sampai di tujuan. Bahagia, kan!

harga ongkir tiki
Macam layanan TIKI


Ketiga, jaringan TIKI sudah luas hingga ke pelosok daerah di Indonesia bahkan bisa kirim paket ke luar negeri. Jadi, mau kirim paket ke Sumatera atau Sulawesi, ya pakai TIKI.


Keempat, resi TIKI dalam bentuk kertas, e-mail, dan info di apps TIKI. Resi dalam selembar kertas itu biasanya nyelip entah kemana. Saat customer meminta nomor resi, bingung deh mencari. Dengan info resi tersimpan di surel maupun apps TIKI, mudah untuk tracking paket TIKI.

Notifikasi resi melalui surel

Walau sudah lama menggunakan jasa TIKI, saya baru install apps TIKI di ponsel. Selama ini mau kirim paket ya datang saja ke sales counter TIKI, kan tempatnya sangat dekat.


Eh, rupanya dengan menggunakan apps TIKI, saya sudah terdaftar sebagai SOBATIKI Membership. Menjadi anggota SOBATIKI berkesempatan mendapat poin untuk ditukar reward tertentu juga memperoleh diskon.


Saat mengirim paket, saya langsung mendapat info nomor resi melalui surel bahkan ketika masih di counter TIKI. Riwayat penggunaan TIKI juga nampak pada menu “Riwayat” yang berisi informasi paket apa saja yang pernah saya kirim dan saya terima.


Namun, data shipment yang lama terkadang tidak muncul. Mungkin hanya menampilkan dua transaksi terakhir.


Itulah mengapa saya sering merekomendasikan TIKI ke para pembeli. Kirimnya pakai TIKI saja, ya. Dari sisi pembeli ongkir-nya tidak terlalu berat, dari sisi saya sebagai penjual mudah mengirimkan karena lokasinya dekat. *win-win solution


Jempol, Putar, dan Serlok Layanan TIKI Online


Bagaimana jika tinggal jauh dari gerai TIKI?


Pakai saja Jempol dan Putar! Layanan TIKI Online di masa pandemi ini sangat membantu untuk pelanggan yang mau mengirim paket namun lokasinya jauh dari gerai TIKI ataupun yang menjaga kesehatan diri dengan di rumah saja.

tiki jempol
Memesan TIKI Jempol dan Putar melalui aplikasi TIKI

TIKI Jempol (Jemput Online) merupakan layanan TIKI untuk menjemput paket. Kita perlu order Jempol melalui aplikasi TIKI di ponsel kemudian kurir TIKI akan menjemput paket tersebut. Pembayaran dapat diserahkan pada kurir saat penjemputan.


Sementara TIKI Putar (Jemput Antar) adalah layanan pengiriman instan untuk wilayah pengantaran dalam kota atau city courier yang mematok harga flat Rp 15.000 per 1 kg, dengan estimasi jemput-antar maksimal 3 jam setelah order diterima dari customer dan juga berlaku garansi uang kembali. Layanan Putar saat ini berlaku di Jakarta.


Layanan penjemputan paket ini gratis. Pelanggan tidak dikenai biaya tambahan selain biaya pengiriman paket. Mau kirim satu paket pun bisa.


Selain TIKI Jempol dan Putar, ada pula Serlok (Seller Online Booking) untuk para online seller. Dengan menjadi mitra Serlok, seller akan mendapat bonus harian 18%, gratis pick up harian, pembayaran bisa H+2 dengan terdaftar menggunakan virtual account, serta mendapat edukasi dan promo marketing.


Serlok cocok untuk pelaku UMKM dengan range pengiriman 1-200 pengiriman per hari. Syarat dan ketentuan bergabung dalam kemitraan TIKI Serlok yaitu:

  • Mempunyai toko online minimal di Facebook dan Instagram (di luar marketplace/e-commerce).
  • Jumlah pengiriman harian tidak dibatasi.
  • Satu akun diwajibkan hanya dengan satu identitas berlaku (KTP).
  • Mengisi formulir yang disediakan pada situs tiki.id bagian Kemitraan.
  • Dapat menggunakan NPWP perorangan maupun badan.


Saat ini Serlok khusus wilayah DKI Jakarta. Semoga nantinya semakin luas menjangkau online seller di daerah lain.


Menarik, ya, diskon untuk mitra TIKI Serlok. Saya belum gabung, nih, karena belum ada toko online. Buat dulu, ah, supaya bisnis semakin maju dan bisa menikmati fasilitas Serlok.


Penutup


Berjualan online menjadi salah satu ikhtiar menjaga kesehatan keuangan di masa pandemi. Memulai jualan online tanpa modal bisa dengan berbagai cara di atas. Tak lupa memilih ekspedisi yang tepat untuk kelancaran pengiriman. Dengan layanan online TIKI Jempol, Putar, dan Serlok pada apps TIKI memudahkan proses pengiriman barang tanpa perlu keluar rumah.

Punya pengalaman berjualan online? Sudah install apps TIKI di ponselmu? Bagi ceritamu di kolom komentar, ya!

26 comments on "Jualan Online Tanpa Modal di Masa Pandemi"
  1. Wahh, bener nih mbaaa supaya bisa survive di masa sulit seperti sekarang, cuss lakukan apaaaa aja, asalkan HALAL dan thoyib ya.
    Jualan bisa banget kan dilakoni para emak.
    Semogaaa berkah.
    Pakai TIKI udah paling sip markosip dahh

    ReplyDelete
  2. Tiki sejak lama saya sukai Mba, apalagi dekat kantor saya juga. Waktu masih aktif toko saya juga pakde jasa Tiki buat kirim barang dagangan, alhamdulillah puas

    ReplyDelete
  3. Salut sama perusahaan atau brand yang senantiasa inovatif terutama dimasa sulit!
    Mampu melihat peluang sekaligus promo brand.

    Setuju, Mak!
    Kita memang kudu improvisasi agar bisa bertahan di masa sulit ini.
    Saling berbagi aktivitas positif agar imun meningkat!

    ReplyDelete
  4. hahaha... samaaa.. saya pun dah lama jadi langganan TIKI buat kirim2 barang, karena itu yang paling deket dari rumah. Malah belum install nih aplikasinya.Jadi mau install deh. Soalnya skrg walau deket males jalan ke counter TIKInya. Dulu kan kudu ada minimal barang kiriman ya.. skrg ga ada.. asyik nih

    ReplyDelete
  5. Banyak cara untuk bertahan di masa pandemi begini, asalkan ada niat dan kemauan lalu action sesuai dengan peluang yang ada.
    Ga bisa menunggu, menanti, pasrah yaa.Harus kreatif, salah satunya bisnis online yang makin marak dan ane karena semua sektor sekarang menggunakan digital.

    ReplyDelete
  6. Salah satu bukti pelayan TIKI yang ditingkatkan bagi saya ialah pengalaman saat belanja online, dulu pihak tiki menolak kalau tahu alamat saya di ujung dunia
    Sekarang agen tiki malah ada di kecamatan tempat saya tinggal. Itu tandanya TIKI emang selalu meningkatkan pelayanan ya

    ReplyDelete
  7. Bisnis jualan onlen itu mudah, sekarang banyak platform yang mendukung, dan setuju banget bisa jualan online tanpa modal asalkan ada kemauan.

    Btw itu TIKI udah terpercaya banget dari jaman dulu aku suka ngirim2 barang, sekarang makin berinovasi terus dengan layanan2nya yaa dan dipermudah apalagi adanya apps.

    ReplyDelete
  8. eh iya lho, buka usaha di masan pandemi sekarang modalnya tuh kuota atau sinyal, ide kreativitas dan kemauan. semua bisa deh dilakukan, oh sama niat dan tekad yang bulat

    ReplyDelete
  9. menurutku modal utama kita berbisnis itu niat mam. kalau udah niat, walau saldo nol rupiah pun tetap bisa jalan. apalagi jaman sekarang ya, udah jaman internet, tanpa kemana-mana semua bisa kita bisnisken dan menghasilkan cuan.

    ReplyDelete
  10. Jual makanan begini memang harus teliti pilih ekspedisi, ya. Tiki emng mantap deh kualitas layanannya.

    ReplyDelete
  11. Jempol, kirain karena pakai aplikasi, maka cukup geser jari jempol aja. Ternyata kependekan dari jemput online. Kreatif yang bikin istilah dan juga singkatannya.

    Saya biasanya pakai TIKI buat kirim dokumen penting aja, belum pernah buat kirim-kirim paket

    ReplyDelete
  12. Aku juga sering kirim produk pake Tiki Bun. Banyak yang bilang waktu kirim relatif cepat. Dengan harga terjangkau, pelayanannya tetep prima, cocoklah buat online shopper seperti saya ini. Pelanggan hemat dan puas belanjanya

    ReplyDelete
  13. Jaskir pertama yang aku kenal nih. Lumayan oke buat kirim-kirim barang memang. Barang yg dikirim kondisinya aman sampe ke tempat tujuan dan cepet pula sesuai estimasi.

    ReplyDelete
  14. Banyak yang terdampak karena pandemi ini dan banting setir memulai usaha baru untuk bertahan, paling cocok nih memang jualan online sekarang ya.
    Btw TIKI ada aplikasinya juga ya, aduuuh baru tau aku. Biasanya aku kirim-kirim barang juga pakai TIKI karena lokasinya paling deket dengan rumah dibanding ekspedisi lainnya. Makasih infonya, aku mau cobain deh TIKI Jempol, praktis banget!

    ReplyDelete
  15. Semoga jualannya yang random makin lancar ke depan ya Mbak Helena
    Senang sekali Tiki punyainovasi untuk membantu para pelaku UMKM, reseller dan siapa saja yang ingin jualan online. Aku dulu banget pernah jualan kalau ada aplikasi semudah Tiki jadi tertairk nih jualan lagi

    ReplyDelete
  16. Semoga laris usaha frozen foodnya yaa, aku suka nih fitur jemput online karena sering terkendala tak ada kendaraan untuk keluar antar paket ke ekspedisi kalau ada fitur ini memudahkan banget untuk bisnis kita ya

    ReplyDelete
  17. Ternyata sekarang ada aplikasi TIKI yang bisa kita unduh di smartphone ya, Mbak. Wah, semakin memudahkan saja kalau mau mengirin paket ya ...
    Asyiknya lagi, sekarang TIKI ada layanan jemput paket, jadi lebih memudahkan.

    ReplyDelete
  18. Saat pandemi memang banyak yang memulai usaha online ya mbak
    agar usaha online bisa tetap lancar pastikan memilih jasa pengiriman yang terpercaya, seperti TIKI ini ya mbak
    biar barang aman sampai ke konsumen

    ReplyDelete
  19. jualan online memang dibutuhkan ekspedisi yang mendukung dan lancar jaya ya mbak. apalagi jualan makanan gitu. dan aku dengar, TIKI ada nih paket kirim makanan sehari sampai, jadi nggak takut makanan basi

    ReplyDelete
  20. Demi bertahan di tengah pandemi apapun ya dilakukan asal halal, jualan online juga jadi malah banyak nih sekarang. Frozen food jadi barang yang banyak dicari juga nih selain praktis juag bisa distock ya di rumah.
    Kalau jualan milih ekpedisi memang harus yang terbaik jangan sampai mengecewakan pelanggan. Aku suka banget pas dengar sekarang Tiko ada layangan jempol

    ReplyDelete
  21. TIKI ekspedisi pertama yang saya kenal sampai skg. Paling suka ke TIKI drive thru di Jakarta. TIKI berbenah diri dengan ada fitur TIKI jempol bisa lebih memudahkan customernya

    ReplyDelete
  22. Makin berinovasi TIKI sehingga akan makin memudahkan customernya. Happy shopping deh

    ReplyDelete
  23. enak pakai tiki ini jadi mengerti kebutuhan ukm kecil yang mau nafas di masa pandemi. jadi ga susah-susah banget buat jualan karena ongkos gede. dijemput pula lebih enak
    sukses ya mak jualan onlinenya moga berkah. semangat kitaaaa

    ReplyDelete
  24. Peluang buat buka usaha sekarang ini sebenarnya terbuka lebar ya .. Apalagi banyak fasilitas dan cara buat jualan tanpa modal..

    ReplyDelete
  25. wah ternyata dirimu jualan frozen food yaa, ada bakso enggak? aku tuh udah lama banget enggak makan bakso biasanya beli di langgananku sih, tapi kayaknya dia tutup semenjak ppkm ini. btw dulu saya pakai tiki karena kantornya lumayan deket sama rumah ortu, semenjak pindah ke rumah mertua, jadi random aja pakai expedisi pengiriman yang paling deket aja jadinya.

    ReplyDelete
  26. Mama Helena, TIKI tuh baru banget buka di dekat rumahku, happy banget karena lebih mudah jadinya kalau mau kirim2 paket. nyampenya juga cepet, kalau kirim brownies jadi lancar deh . semangat mama Helena untuk frozen foodnya ya ma.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,