Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Rekomendasi Mainan Bayi 10-12 Bulan: Review Early Learning Kits by Learning Time Indonesia

Monday, August 23, 2021

Rekomendasi Mainan Bayi 10-12 Bulan: Review Early Learning Kits by Learning Time Indonesia


mainan bayi 10-12 bulan - Learning Time Indonesia

Bayi usia 10 bulan diberi mainan apa, ya? Maunya mainan edukasi untuk menstimulasi tumbuh kembangnya supaya optimal. Memilih mainan anak juga perlu memperhatikan tingkat kemampuan si kecil supaya tidak terlalu mudah namun juga tidak terlalu sulit. Ini, lho, rekomendasi mainan bayi 10-12 bulan.


Tumbuh Kembang Bayi 10 Bulan


Bayi usia 10 bulan sudah lancar MPASI berbagai menu, enggak bubur lembek lagi. Bayi juga sudah lancar merangkak, berdiri, bahkan minta berjalan sambil ditatih. Geraknya yang aktif dan suka memasukkan berbagai benda yang ia temui ke mulut membuat kita waspada. Enggak bisa meleng (lengah) sedikit saat mengasuh anak.


Mau beli mainan enggak sekadar “lucu” atau ikut-ikutan dari kacamata orang tua. Anak tetangga punya itu, bukan berarti anak kita harus wajib banget punya. *tercium aroma persaingan. Beda usia, beda jenis permainan, kan.


Sebelum memilih mainan anak yang tepat, saya lihat dulu milestone apa yang perlu dicapai sesuai usia anak. Kali ini saya mengacu pada Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pencapaian Anak Usia Dini. Di sini lengkap banget, lho, tingkat pencapaian anak dari usia 0-60 bulan.


Perkembangan bayi usia 0-12 bulan dibagi ke dalam empat tahapan usia. Untuk bayi 10 bulan masuk dalam range usia 9-12 bulan. Tingkat pencapaian perkembangan anak usia 9-12 bulan, antara lain:


Nilai agama dan moral

mengamati kegiatan ibadah di sekitarnya.

 

Kognitif

memahami perintah sederhana, mencoba membuka/menuutp gelas/cangkir, memberi reaksi menoleh saat namanya dipanggil, mencoba mencari benda yang disembunyikan.

 

Bahasa

menyatakan penolakan dengan menggeleng atau menangis, menunjuk benda yang diinginkan.


Fisik

berjalan dengan berpegangan, bertepuk tangan, memasukkan benda ke mulut, memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain.

 

Sosial-emosional

menyatakan keinginan dengan berbagai gerakan tubuh dan ungkapan kata-kata sederhana, meniru cara menyatakan perasaan (misal, cara memeluk, mencium).

 

Seni

menggerakkan tubuh ketika mendengarkan musik, memainkan alat permainan yang mengeluarkan bunyi.

 

Dari sini sudah ada gambaran, ya, mainan edukasi anak 10 bulan seperti apa. Di samping itu, saya juga melihat tahapan milestone sebelumnya (usia 6-9 bulan), apakah ada yang belum tercapai? Hal apa yang sedang anak minati? Contohnya, Uno suka menata mainan, membaca buku, dan bercermin.

 

Mainan Edukasi Bayi: Review Early Learning Kits 10-12 Bulan


Pilih mainan ini, mainan itu, mencocokkan dengan tahapan perkembangan usia anak perlu usaha juga. Langkah kita memilih mainan anak kini semakin mudah, lho, dibantu Learning Time Indonesia.



Learning Time Indonesia merupakan program mainan edukasi berlangganan yang membantu para orang tua di Indonesia untuk menstimulasi tumbuh kembang anak dengan mainan edukasi yang inovatif.


Hari ini, 23 Agustus 2021, Learning Time Indonesia meluncurkan program terbaru dikhususkan untuk anak usia 0-2 tahun yaitu Program Early Learning Kits. Kita bisa berlangganan materi pembelajaran sesuai usia bayi. Nantinya materi akan dikirimkan setiap dua bulan sekali untuk memastikan anak memiliki mainan edukatif dan inovatif yang tepat di setiap tahap perkembangannya.


Learning Time Indonesia bekerja sama dengan Tutor Time International Nursery and Kindergarten asal Amerika untuk mengembangkan Early Learning Kits. Materi pembelajaran menggunakan Early Learning Kits dapat membantu mengembangkan aspek kognitif, bahasa, fisik, juga sosial-emosional anak. Kualitas materialnya sesuai standar internasional supaya mutunya terjamin dan aman digunakan anak.


Wah, saya antusias menyambut Early Learning Kits karena potensi tumbuh kembang anak usia 0-2 tahun itu luar biasa. Tahapan usia ini masuk ke dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan dimana kita perlu memberikan nutrisi dan stimulasi bagi anak pada masa keemasannya.


Terkadang kita bingung mau mengajak main bayi apalagi. Kok bayi hanya menyusu, pipis, pup, menangis, tidur. Hihi …. padahal bayi juga perlu distimulasi bahkan bayi baru lahir.

 

Review Early Learning Kits 10-12 Bulan by Learning Time Indonesia


Kali ini saya mengulas mainan edukatif Early Learning Kits untuk usia bayi 10-12 bulan. Paket mainan ini dikirim dalam box putih besar. Isinya terdapat 3 mainan, 2 buku, dan buku petunjuk penggunaan untuk orang tua (activity guide).


Mainannya menarik, rasanya mau langsung menyajikan semuanya ke anak, tapi … ada baiknya kita baca dahulu activity guide. Buku berwarna biru putih ini berisi panduan bagi orang tua untuk mendampingi anak bermain.


Mainan itu alat, butuh orang yang menjalankannya dengan benar supaya hasilnya optimal. Anak, apalagi bayi masih usia 10 bulan, tidak bisa diberikan mainan begitu saja lalu kita berharap ia dapat menguasai skill ini-itu. Butuh peran besar orang tua memberikan stimulasi pada anak termasuk keteladanan.


Activity guide berisi:

  • milestone anak
  • ciri khas anak pada usia tersebut
  • penjelasan cara menggunakan peralatan bermain, aspek perkembangan, dan tahapan perkenalan mainan
  • ide permainan lainnya


Cukup lama saya mempelajari activity guide karena di sana banyak hal yang membuat saya ter-ooh. “Oh, maksud permainannya begini. Oh, manfaatnya begitu. Oh, anak bisa belajar ini.” dan seterusnya.


Yuk … yuk … sekarang kita kenalan dengan mainannya satu-persatu, ya.


Rocket Shapes Set


Mainan berbentuk roket ini mengajak anak mengenal bentuk geometri lingkaran, persegi, dan segitiga, warna, juga konsep di dalam dan di luar. Di dalam roket terdapat soft toys dengan tiga bentuk geometri tersebut dengan gambar alien. Ada juga astronaut berpakaian merah yang wajahnya menggemaskan. Astronaut ini berfungsi sebagai rattle toy juga, lho. saat digoyangkan, ada bunyi gemerincing yang dapat menarik perhatian anak.


Uno suka mengeluarkan dan memasukkan mainan geometri ini. Ia masih acak memasukkannya, belum sesuai bentuk. Walau demikian, saya contohkan dengan menyebut bentuk dan memasukkannya ke lubang yang sesuai.


Uno juga suka memasukkan mainannya yang lain ke roket sampai penuh. Ia mencoba berbagai kemungkinan lewat trial and error.


Selain roket, terdapat juga soft toy berbentuk bulan. Roket bisa diletakkan di atas bulan supaya lebih stabil. Si bulan ini lembut banget dan berisi biji-bijian (biji stainless steel?). Boneka bulan jadi media stimulasi sensori anak.

 

Astronaut Peg Puzzle



Mainan kayu berbentuk seperti UFO dengan lima astronaut warna-warni ini mengasah keterampilan motorik, kognitif, bahasa, dan sosial-emosional anak. Saya minta Uno meletakkan astronaut di tempat duduknya masing-masing sesuai warnanya.


Saat pertama kali mencoba, Uno asal saja meletakkan astronaut. Yang penting setiap peg doll mendapat tempat duduk.


Lama-kelamaan, Uno memperhatikan warna di badan peg doll dengan lubang kursi. Terkadang ia salah menempatkan astronaut tetapi kemudian seperti mencari warna yang tepat dengan mengangkat kembali astronaut yang sudah terpasang. Di sini saya tidak intervensi sama sekali ketika ia melakukan kesalahan seperti “Lho, itu salah. Kok astronaut biru dipasang di hijau.” Saya biarkan saja ia memecahkan masalahnya.

 

Robot Activity Board



Papan aktivitas berbentuk robot ini melatih motorik, bahasa, sosial-emosional, juga kognitif anak. Dalam satu papan terdapat beragam aktivitas yang dapat anak coba seperti mengikuti garis, menggerakkan gigi (gear), memutar bola kayu, mengetuk-ketuk untuk membuat suara, dan juga bercermin.


Aktivitas yang paling Uno suka yaitu membuka-tutup kotak cermin. Ia senang main cilukbaa dan mengamati ekspresi wajahnya. Lucu, deh, melihat tingkah polah bayi kecilku.


Bermain menggunakan robot activity board ini bisa berlangsung lama, lho. Anak mencoba berbagai hal dengan memutar, menggerakkan, membuka, dan sebagainya. Kemampuan fisik motoriknya semakin terasah.

 

Story Book I’m Turning 1



Uno senang membaca buku. Kami biasa membaca buku bersama setiap hari, terutama menjelang tidur. Kebiasaan baik ini membuat Uno tahu cara memperlakukan buku dengan benar. Ia semakin jarang merobek buku. Saya pilihkan board book yang tebal supaya ia mudah membuka halaman demi halaman dan juga tidak mudah robek.


Early Learning Kits usia 10-12 bulan menyediakan dua macam buku. Yang pertama, story book “I’m Turning 1”. Uno belajar mengenal beragam emosi seperti senang, sedih, terkejut, dan sebagainya.


Ia juga menunjuk benda-benda di buku, minta disebutkan namanya. “Itu kucing. Itu bola. Itu kue,” ujar saya. Terkadang ia membuat bunyi menirukan nama benda yang saya sebut walau belum sepenuhnya lancar. That’s good, Uno!

 

Interactive Book Over and Under



Interactive book “Over and Under” mengajak anak mengenal konsep visual spasial yaitu letak di atas dan di bawah. Selain itu, anak belajar beragam kosakata benda-benda yang ada di langit, hutan, dalam laut, kutub, juga kota.


Buku ini memiliki bagian yang dapat dibuka, membuat kami terpana. Laut yang nampak hanya air yang luas dari atas ternyata berisi beragam hewan, dari yang kecil seperti bintang laut sampai ikan manta ray yang lebar. Masya Allah.


Satu lagi hal menarik pada buku Over and Under ini yaitu percakapan alien yang berkesinambungan. Coba perhatikan dengan detail, deh.

 

Kualitas Early Learning Kits


Dari segi kualitas, Early Learning Kits untuk bayi usia 10-12 bulan ini sesuai klaimnya mengikuti standar internasional. Mainan kayunya halus, catnya rapi dan tidak mengelupas, serta pinggiran kayunya tumpul (tidak bersudut). Buku cerita yang disajikan pun aman dan nyaman dibuka anak. Buku cerita I’m Turning 1 berujung tumpul. Bentuk buku tebal (board book) sehingga tidak mudah robek dan nyaman dibuka oleh tangan kecil anak.


Early Learning Kits menjadi bagian dari aktivitas belajar Uno sehari-hari. Saya letakkan di rak yang mudah ia jangkau sehingga ia dapat memilih aktivitas mana yang mau ia lakukan. Kami juga membaca buku bersama setiap hari.


Setelah berulang kali bermain dengan Early Learning Kits, saya melihat kemampuannya semakin terasah terutama di bagian Astronaut Peg Puzzle. Anak suka mengulang-ulang aktivitas untuk mempertajam keterampilannya.


Alhamdulillah senang banget melihat kemajuan dan antusiasme Uno saat belajar menggunakan Early Learning Kits dari Learning Time Indonesia. Tumbuh kembang anak semakin terstimulasi dan kami dapat bermain bersama.


Itulah rekomendasi mainan bayi usia 10-12 bulan serta target pencapaian perkembangan anak usia dini. Untuk berlangganan dan informasi seputar Learning Time Indonesia, sila cek di:

  • Official website www.learningtime-id.com
  • Tokopedia learningtime.id
  • Shopee learningtime.id
  • Instagram learningtime.id
  • Whatsapp 081912856495

 

Bagaimana caramu memilih mainan untuk anak? Sudah berlangganan program bermain di Learning Time Indonesia?

37 comments on "Rekomendasi Mainan Bayi 10-12 Bulan: Review Early Learning Kits by Learning Time Indonesia"
  1. tapi ya memang mainan edukasi anak-anak sekarang jauh lebih bervariasi dan mudah buat ditemukan, jamannya darell bayik ya allah susah carinya trus agak mahal juga hehehe kayaknya sih belum ada yang made in local

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ... Iyaa mbak sekarang mah apa aja ada. Tinggal kita pilih mainan edukasi yg cocok buat anak

      Delete
  2. Mainan kayak gini asik banget ya buat anak-anak.. Anak-anak juga jadi belajar dengan menyenangkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayi juga belajar, lho. Aku lihat progress Uno day by day bermain dg Early Learning Kits

      Delete
  3. Early Learning Kit ini memudahkan orangtua banget untuk memberikan mainan yang punya tujuan. Bukan asal beliin aja dan ga sesuai usia. Btw harga berlangganannya berapa ka? Boleh juga nih direkomendasiin ke temen aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 898000 per-kit, mbak. Bisa langganan per 2 bulan, dapat satu kit, 4 bulan, dan 6 bulan

      Delete
  4. Duh kalau lihat mainan kayak gini, inget waktu anak-anakku masih seumuran baby Uno yaa.. jadi rindu mau bermain bersama lagi. Jadi mau kepoin shopeenya learningtime deh. Ada ga ya mainan untuk anak usia Adek Fi 5-6 tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh ada juga Mbak Ade buat usia 5 tahun. Cari aja paket The Story

      Delete
  5. Berbagai jenis mainan ini pas banget ya untuk melatih motorik anak. Uno terlihat amat tertarik dengan berbagai mainan ini. Good job, Uno, hyuuk tetap bermain sambil belajar ya Nak.

    ReplyDelete
  6. Buibu jaman now kudu merapaaattt ke sini nih
    Apalagi kebanyakan dari kita kan cuma ngedekem di rumah aja.
    butuh memberikan mainan buat nak kanak dgn kualitas paripurna, dan value for money

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen beliin learning kits buat ponakan nih. Ya itung² ngurangin objek permainan yg 'bukan alat bermain'. Di satu sisi daya eksplor anak tuh kuat banget, jadi ya memang harus sabar ya saat bermain dengan mrk. Kita ngajakin main A mrk maunya main B. Ya begitulah.

    ReplyDelete
  8. Betul sekali, tumbuh kembang anak harus distimulasi sejak bayi. Dan mainan ini sangat recommended sekali untuk milestone pertumbuhannya..

    ReplyDelete
  9. Mbaak..mainan Uno cakep-cakep iiih...naksir euy sama roketnya (atau pesawat luar ulang-alik?):)
    Memang penting banget untuk kasih mainan yg tepat di usia yang tepat ya..
    Selain aman buat anak, juga bisa jd stimulan berbagai aspek pertumbuhan anak.

    Salam sayang Uno :)

    ReplyDelete
  10. Mainannya bagus mam. Ngga hanya dari segi desainnya yang bagus, tapi termasuk pada manfaat dan fungsinya yang sesuai dengan tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  11. Smart mom kayak mbak Helena ini nih yang patut dicontoh. Pilih mainan bukan karena yang lain punya, tapi karena sesuai dengan kebutuhan anak berdasarkan usianya ya. Dan memang, mainan berkualitas itu harus ada manfaat bagi diri si anak, dari berbagi sisi. Ibu-ibu lain harus kenalan juga nih sama mainan edukatif Early Learning Kits.

    ReplyDelete
  12. aku paling suka kasih activity board :D

    ReplyDelete
  13. Menyenangkan banget ini buat anak anak, belajar sambil ada story tellingnya juga
    mengasah imajinasi sekaligus mengajar hal baru

    ReplyDelete
  14. Menstimulasi untuk anak usia dibawah setahun ini kudu banget aktif dari Ibunya yaa..
    Idenya bisa menggali dari learningtime.id.
    Dan ini bakalan sangat membantu ketika anak sedang ingin berlatih motorik halus dan kasarnya.

    ReplyDelete
  15. Wah lengkap banget mainan untuk stimulasinya ya. Memang penting banget di masa pertumbuhan untuk stimulasi motorik sensorik dengan mainan seru sepeerti ini ya

    ReplyDelete
  16. Mainana anak bikin emak tenang. Maklum pandemi anak jadi main dirumah. Keluar dirumah serem. Virus dimana-mana

    ReplyDelete
  17. Lucu banget yaa mainanya dan aman, karena terbuat dari bahan yang ramah anak. Pasti sid suka banget ya mainan ini dan jadi terlatih motorik dan kogntifnya.

    ReplyDelete
  18. nah ini untungnya juga jadi anak komplek, jadi jarang liat mainan anak tetangga, hehehe. bijaklah ortu kalo beli mainan anak kalo bisa yang bikin pintar atau ada nilai eduaksi serta dibutuhkan oleh usia anak ya ma

    ReplyDelete
  19. Uno sudah gedee. Masya Allah *_*

    Kalau sudah tahu nilai2 apa yang akan kita terapkan ke anak, memilih mainan menjadi lebih mudah ya Mbak. Apalagi sekarang banyak yang menyediakan mainan edukatif ya. Contohnya Early Learning Kits

    ReplyDelete
  20. Keren-keren banget sih Helen pengetahuanmu tentang mainan yang edukatif untuk anak, bagus deh. Cocok jadi bisnis mainan edukatif untuk anak, aku juga suka mainan anak yang edukatif kayak puzzle, lego, block

    ReplyDelete
  21. Anakku sudah 19 bulan mba, adakah referensi mainan yang cocok? Saya pengen anakku juga mendapatkan mainan edukatid yang tepat sesuai usianya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Early Learning Kits bisa sampai 2 tahun lho jadi pilih aja paket yang untuk usia 19 bulan.

      Delete
  22. wah mainannya uno cakep cakep
    semuanya adalah mainan edukatif ya mbak, wah aku jadi pengen ngepoin Learning Time inj

    ReplyDelete
  23. Menarik ya mbak mainan edukasi dari learning early Kits. Aku skrg pakai primaku IDAI buat cek tumbang dan cek stimulasi bermain anak bisa dengan cara apa saja. Tp ya tetap semua disediakan sendiri. Kalo ini udah ada tinggal siap pakai kan lebih enak gitu lho

    ReplyDelete
  24. aakkk kok seruuuu pengen liat-liat juga jadinya
    bermain belajar gini sesuai usia emang enak ya kalau mainannya juga pas banget dipake buat anak. anak jadi seneng banget mesti biar sekalian optimal tumbangnya

    ReplyDelete
  25. Bagus, mainan edukasinya Keren. Anakku meski udah bukan balita kayanya suka juga mainannya. Apalagi yang kaya ada roket dan galaxy itu.

    ReplyDelete
  26. wah jaman sekarang banyak sekali hak spt ini ya, sangat bagus buat anak2

    ReplyDelete
  27. Inoo, udah mau setahun yaa.. aku pikir malah udah setahun hehe.

    Sepakat beli mainan bukan ajang kompetisi yaah.

    Yang sensory board menari sekali, penasaran juga sama Book over nya dalamnya seperti apaa hehe

    ReplyDelete
  28. Menarik banget mainannya. Biaya langganan sudah termasuk ongkir, Mbak? Kayanya banyak banget per kitnya, pasti berat yaa. Tapi kebayang happy banget deh pasti pas unboxing :))

    ReplyDelete
  29. Mantap reviewnya mba. Jadi pengen mengunjungi juga websitenya. Penulisan reviewnya juga sudah lengkap, jadi kita dapat info yang banyak sebelum mencoba beli.

    ReplyDelete
  30. cakep banget mainannya mbak helena. membuatku ingin memilikinya eh. langsung pengen lihat deh produknya early learning kit deh

    ReplyDelete
  31. Menemani tumbuh kembang anak jaman sekarang memang sudah tidak bisa main-main lagi ya Mba.. Setelah banyak membaca referensi, baru tahu bahwa ternyata dulu saya kadang memberikan mainan yang kurang sesuai dengan tahapan usianya hehe. Permainan warna dan stimulasi menyamakan bentuk seperti ufo dan peg doll-nya nampaknya menjadi salah satu yang ideal untuk anak di bawah 1 tahun ya Mba.. Tak lupa ditambah membacakan buku dan mengenalkan kosakata2 baru..

    ReplyDelete
  32. Mainannya bikin mupeng deh. Lengkap banget deh, ada banyak aspek yang bisa distimulasi 😍

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,