Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC untuk Dukung Anak Generasi Maju Tumbuh Maksimal

Sunday, February 21, 2021

SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC untuk Dukung Anak Generasi Maju Tumbuh Optimal

 

1 dari 3 anak Indonesia di bawah lima tahun (balita) mengalami anemia, yang sekitar 50-60% kejadiannya berpotensi disebabkan oleh kekurangan zat besi (Riskesdas, 2018). Anemia karena kekurangan zat besi menjadi isu penting di Indonesia. Dalam launching SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC Kamis (18/2) lalu, saya mendapat banyak tips untuk mencegah anemia pada anak.


susu formula zat besi

Anakku Mengalami Anemia


Awal tahun ini saya mengajak Uno untuk screening kadar Hemoglobin (Hb). Sejak mengikuti webinar seputar bahaya kekurangan zat besi pada anak, saya kepikiran apakah Uno mengalami anemia atau tidak. Satu-satunya cara yang akurat ya dengan screening di lab.


Dag, dig, dug saya menanti hasil lab. Hasilnya menunjukkan kadar Hb Uno di bawah batas normal, hanya 9. Saya langsung lemas. Tuh, kan, benar! Anakku mengalami anemia.


Mungkin Uno belum bisa bilang apa yang ia rasakan tapi saya memahami bagaimana enggak enaknya anemia itu. Waktu hamil saya mengalami anemia juga. Rasanya mudah lelah, pusing, jadi males ngapa-ngapain, deh.

 

Akibat Kekurangan Zat Besi Pada Tumbuh Kembang Anak


Salah satu penyebab anemia adalah kekurangan zat besi. Zat besi merupakan salah satu zat yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Contohnya, zat besi untuk sintesis neuron di otak. Jika kurang asupan zat besi maka pertumbuhan otak terganggu.

anak anemia kurang zat besi
Mengikuti virtual launching SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC


Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS, SpGK., Dokter Spesialis Gizi Klinik dan President of Indonesian Nutrition Association (INA), menjelaskan zat besi adalah unsur sel darah merah. Jika kekurangan zat besi maka sel darah merah yang diproduksi akan kecil dan pucat kemudian bisa mengakibatkan anemia.


Akibat anemia pada jangka pendek, yaitu:

  • Perkembangan otak terhambat
  • Risiko diare dan ISPA meningkat
  • Perkembangan motoric dan koordinasi terganggu
  • Gangguan pola tidur


Sedangkan dalam jangka panjang, akibat anemia adalah:

  • Kognitif dan performa edukasi menurun
  • Imunitas menurun
  • Kapasitas kerja menurun
  • Keterbatasan aktivitas fisik

 

Tips Mencegah Anemia Pada Anak


Dr. Luciana berpesan jangan sampai sudah terjadi dampak anemia baru screening. Oleh karena itu, orang tua perlu melihat tahapan perkembangan anak menurut umur. Grafik pertumbuhan anak berdasarkan usia, berat badan, tinggi badan, dan jenis kelamin yang umumnya dijumpai di buku KIA juga penting, lho. Secara berkala, beri tanda pada grafik tersebut untuk memudahkan pemantauan.


Penting juga memperhatikan asupan gizi seimbang. Kebutuhan gizi anak balita berbeda dari orang dewasa. Pada gambar “Isi Piringku” untuk anak balita nampak porsi makanan pokok 35%, lauk-pauk 35%, dan sayur serta buah 30%.


sgm eksplor pro-gress maxx
Isi piringku anak balita berbeda dengan dewasa

Bukan berarti memberi makan yang banyak pada anak supaya cepat besar tetapi sesuaikan porsi dengan usia dan kebutuhan anak. Perhatikan pula ukuran lambungnya.


Untuk anak yang picky dengan sayur, pilihlah sayur yang agak manis dan mudah dikunyah supaya anak mau mencoba makan sayur. Orang tua juga perlu memberi contoh makan sayur.


Alhamdulillah anak saya suka makan sayur. Berbeda dengan Rendra, putra Alyssa Soebandono, yang enggak mau makan kalau melihat sayur. Alyssa memutar otak agar nutrisi yang masuk sesuai kebutuhan, gizinya lengkap, bentuknya menarik, dan rasanya enak. Ia membuat kreasi bento misalnya nasi goreng dibentuk bintang, dilengkapi lauk, dan sayurnya dicincang. Ide memasak banyak ia dapatkan dari akun Instagram @akuanaksgm.


vitamin zat besi anak
Zat besi dan Vitamin C untuk anak (dok. web generasi maju) 


Untuk mencegah kekurangan zat besi, konsumsi makanan yang kaya akan sumber zat besi, seperti: hati sapi/ayam, daging merah (sapi/kambing), telur, daging unggas (ayam/bebek), ikan, udang, kacang-kacangan, bayam, biji wijen, tahu, kentang, brokoli, seledri, jagung, dan sebagainya.


Zat besi klop-nya dengan vitamin C. Maka, penting juga konsumsi vit C buat anak supaya zat besi terserap optimal.


Tip satu lagi, konsumsi menu makanan yang bervariasi dan dengan porsi cukup supaya mencakup zat gizi tersebut.

 

Stimulasi 5 Potensi Prestasi untuk Tumbuh Kembang yang Optimal


Kekurangan zat besi tak hanya berpengaruh pada fungsi motorik atau otak. Anak dapat merasakan dampak psikologis juga ketika mengalami defisiensi zat besi, antara lain kualitas tidur bermasalah (kurang tidur), kecerdasan tidak optimal, kurang fokus, susah mengambil keputusan, mudah marah dan tersinggung, bahkan risiko yang lebih besar dengan mengalami gangguan kesehatan mental.


Oleh karena itu, tahapan tumbuh kembang anak perlu didukung stimulasi yang tepat disamping asupan gizi seimbang. Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., Psikolog Anak & Keluarga, memberikan berbagai kiat stimulasi untuk si kecil yang meliputi aspek tumbuh kembang fisik, motorik, kognitif, bahasa, dan sosio-emosional.


ide stimulasi sesuai umur anak
5 Potensi Prestasi


Stimulasi lima potensi prestasi yang dapat dilakukan antara lain:

Stimulasi berpikir cepat

Ajak anak bicara dengan lebih jelas (kalimat yang benar dan singkat, bukan dibuat lucu/cadel), perbanyak kosa kata dengan membaca buku dan mengobrol, bermain teka-teki.


Stimulasi tumbuh tinggi

Pastikan gizi tercukupi, tidak cuma asal kenyang; berikan ruang aman anak untuk bergerak (rumah ramah anak); perbanyak kesempatan beraktivitas fisik (tumpuk bantal guling lalu anak melewatinya dg merangkak, melompati).


Stimulasi percaya diri

Beri kesempatan anak memilih seperti pilih baju a atau b, beri pujian yang spesifik ketika anak menunjukkan perilaku baik,  beri kesempatan melatih kemampuan merawat diri seperti mandi makan sendiri


Stimulasi aktif bersosialisasi

Gunakan bahasa utama dalam keseharian saat berkomunikasi (bahasa Indonesia) supaya anak mudah ngobrol dengan orang lain, dengarkan dan beri respon positif saat anak berinteraksi dengan orang lain, ajak role play


Stimulasi tangguh

Beri kesempatan anak berusaha terutama untuk situasi/tugas yang menantangnya di luar kebiasaan dan sulit baginya. Jangan mudah bantu, dorong aja supaya makin tangguh dan percaya diri; puji anak dengan spesifik, jelaskan bagian mana yang disuka; kurangi celaan dan kemarahan berlebihan supaya makin percaya diri.

 

Peluncuran SGM Explor Pro-gress Maxx dengan IronC


Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eksplor menjelaskan SGM Eksplor peduli terhadap permasalahan kesehatan anak-anak Indonesia. Menanggapi permasalahan kekurangan zat besi untuk anak yang menjadi isu kesehatan nasional dan mengancam tumbuh kembang anak Indonesia, Sarihusada meluncurkan susu SGM Explor Pro-gress Maxx dengan IronC.


IronC merupakan kombinasi zat besi dan vitamin C dalam rasio molar yang telah disesuaikan untuk memberikan asupan zat besi pada anak dan memastikan asupan tersebut terserap dengan optimal.


Selain IronC, susu SGM Eksplor Pro-gress Maxx juga dilengkapi minyak ikan, Omega 3 & 6, tinggi protein, kalsium, vitamin D, serat pangan, serta zinc. Manfaat minyak ikan sangat baik bagi pertumbuhan otak dan imun tubuh anak ditambah lagi manfaat minum susu SGM Eksplor bantu lengkapi nutrisi si kecil termasuk kebutuhan vitamin zat besi anak.


Masih penasaran dengan susu formula kaya zat besi dari SGM Eksplor? Cari tahu infonya di bit.ly/sgmeksplorprogressmaxx.


susu formula zat besi
peluncuran SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC

Di samping peluncuran produk terbaru, pada 2021 ini SGM Eksplor juga memiliki berbagai program menarik untuk mendukung edukasi dan stimulasi berupa:


Sekolah Generasi Maju

Sekolah Generasi Maju merupakan platform digital yang berisi informasi maupun video untuk bantu memberikan stimulasi yang tepat bagi si kecil. Menarik banget, deh, ada ide bermain, membuat prakarya, juga memasak bareng anak.


Aplikasi Analisis Potensi Prestasi Anak Generasi Maju

Aplikasi Analisis Potensi Prestasi Anak Generasi Maju adalah platform digital yang membantu orang tua memantau kemajuan tumbuh kembang anak dalam mencapai potensi prestasinya melalui serangkaian pertanyaan.

Sekolah Generasi Maju dan Aplikasi di atas dapat diakses di website generasimaju.co.id secara gratis.


Online Festival Generasi Maju

Online Festival Generasi Maju merupakan acara di platform digital yang akan membahas berbagai topik seputar tumbuh kembang anak bersama para ahli guna mengedukasi orang tua mendukung anak menjadi Generasi Maju. Ada konten edukatif untuk anak, talkshow untuk orang tua, dan sebagainya. Festival ini akan dimulai pada April 2021.


website parenting SGM
Sekolah Generasi Maju

 

Penting banget, ya, memenuhi kebutuhan gizi si kecil, termasuk zat besi untuk anak. Semoga anak Indonesia tumbuh sehat menjadi generasi maju dan terbebas dari anemia. Mohon doanya juga supaya Uno sehat kembali, bulan depan mau cek lab lagi, nih.


Barengi asupan nutrisi dengan stimulasi yang tepat sehingga pertumbuhan bisa optimal dan anak dapat memaksimalkan potensi prestasinya. SGM Explor Pro-gress Maxx dengan IronC bantu lengkapi nutrisi si kecil.

49 comments on "SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC untuk Dukung Anak Generasi Maju Tumbuh Maksimal"
  1. Kekurangan zat besi memang bisa menghambat tumbuh kembang anak ya mbak
    makanya harus segera ditangani, selain memberikan stimululasi yg tepat pastinya juga dgn memberikan nutrisi terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, kombinasi nutrisi dan stimulasi penting untuk tumbuh kembang anak

      Delete
  2. walau tengah dimasa pandemi SGM tetap melakukan inovasi untuk produknya yah bun sehingga terus dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk anak-anak kita agar tumbangnya lebih maksimal

    ReplyDelete
  3. Dari kemarin sempat liatin unboxing sgm yang ada bajunya.ya ampun jadi salfok 😅 Tumbuh kembang anak memang mesti jadi perhatian para ibu. SGM ini cukup menjanjikan ya bund

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi ... kotaknya guede yaa ada baju dan topi pilot

      Delete
  4. "Isi Piringku” untuk anak balita nampak porsi makanan pokok 35%, lauk-pauk 35%, dan sayur serta buah 30%.Termasuk didalamnya mengandung zat besi dan vitamin c juga ya

    ReplyDelete
  5. Wah Mba Helena sudah screening Hb anak ya.. Aku belum nih, jujur concern banget karena dampaknya sebesar itu, terutama nanti untuk masa depannya ya Mba. Asupan nutrisi yang tepat dan stimulasi yang sesuai sangatlah penting untuk tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak soalnya waktu hamil kan aku anemia ternyata nyambung ke si janin :(

      Delete
  6. Bagus nih susu SGM udah ada kandungan zat besi sekaligus vitamin C, jadi bisa melengkapi nutrisi anak dan mencegah penghambatan pertumbuhan anak

    ReplyDelete
  7. Wah memang kita sebagai orang tua harus aware ya dengan tumbuh kembang anak, apalagi dengan kebutuhan zat besinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, zat besi salah satu yang penting untuk tumbuh kembang anak

      Delete
  8. Aku suka takut adik Kay kekurangan zat besi. Karena pertumbuhan tinggi dan berat badannya nggak sesuai dengan tabel pertumbuhan. Walau dari segi kecerdasan lain, insyaallah aman ya.

    ReplyDelete
  9. sejak bulan ini aku mulai memberikan anakku SGM yang ironC ini mba karena memang aku sadar ga bisa memenuhi kebutuhan zat besi dan vit C yang dia butuhkan untuk perkembangan dia hanya melalui makanan sehari2.

    ReplyDelete
  10. Kekurangan zat besi memang bisa menghambat tumbuh kembang anak, untung ya mba ada SGM IronC, zat besi dan Vit C jadi tercukupi

    ReplyDelete
  11. Ini 1 dari 3 anak Indonesia di bawah lima tahun (balita) mengalami anemia, ngeri juga ya?

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah sehat sehat ya Unooo. Betul, jangan sampai screening kal udah kelihatan dampaknya ya Mbak :')

    Insightful banget sih webiar kemarin :D

    ReplyDelete
  13. Serem juga anemia ini kalo nyerang ke anak2. SGM tuh produk susu anak terniat sih menurutku. Bagus bgt program2nya. Jadi, para ibu dpt pengetahuan yg mumpuni soal gizi anak.

    ReplyDelete
  14. Keponakanku juga make SGM mba, heheh enak dan bikin anak bertumbuh kembang dengan baik ya
    hepinya punya sikecil di rumah ya mbak.

    ReplyDelete
  15. Aku gak pernah periksa anemia anak2 nih mom. Apa aku harus periksa juga ya? Angka kejadian nya cukup tinggi soalnya, 1 dari 3 anak.

    ReplyDelete
  16. ternyata angka kejadian anemia juga tinggi ya :( aku baru aware ttg ini setelah punya anak karena diinfo langsung dari DSA,

    ReplyDelete
  17. Wah, SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan iron c ini baru ya? Bisa membantu tumbuh kembang anak supaya lebih baik lagi. Apalagi anemia masih menghantui anak2, remaja dan segala usia. Pola makan dan gaya hidup mesti dijaga semaksimal mungkin termasuk olah raga rutin jangan ketinggalan :)

    ReplyDelete
  18. selain memberikan makanan sumber zat besi, anak-anak juga perlu cukup vitamin C agar zat besi mudah diserap oleh tubuh

    ReplyDelete
  19. Isi piring sangat berpengruh untuk masa depan anak-anak ya, Len

    Gimana caranya supaya isi piring anak dapat berkualitas, tentu dong ibunya yang harus pintar. Setelah ibunya pintar, anaknya pasti mau nmengikuti pola makanan yang dibuat ibunya

    Sehat selalu ya, Len.

    ReplyDelete
  20. Mesti diingat ini, bukan memberi makan yang banyak pada anak supaya cepat besar tetapi sesuaikan porsi dengan usia dan kebutuhan. Karena seringkali dikasih makan aja anaknya padahal kadang cuma kenyang doang, keseimbangan nutrisi kurang diperhatikan, duh!
    Senang jika kini ada SGM Eksplor Pro Gress Maxx dengan Iron C yang bantu cukupi nutrisi si kecil

    ReplyDelete
  21. Oh jadi anemia juga bisa terjadi pada anak balita? OMG!
    Telat banget ya aku dengernya hiks hiks... anakku udah pada gede gede banget. Enak jaman now semua ada di instagram - tiktok- youtube - FB jadi ibu ibu muda bisa belajar online

    ReplyDelete
  22. SGM selalu berinovasi untuk turut serta berpartisipasi dalam pemenuhan nutrisi anak Indonesia demi terciptanya generasi maju yang berkualitas. Seperti yang terbaru ini dengan kelengkapan zat besi serta IronC

    ReplyDelete
  23. KOnsumsi lengkap makanan teryata memang penting agar pemenuhan gizi bisa tercukupi dengan baik ya mba.

    ReplyDelete
  24. Kemarin waktu Mbakku hamil, dia dikasih vitamin zat besi terus tiap bulan. Makanannya sendiri ya nyari yang banyak zat besi. Kelihatannya anaknya normal, gak kurang zat besi. Alhamdulillah banget sih. Tinggal nambah zigi lainnya biar pertumbuhan optimal

    ReplyDelete
  25. SGM selalu berinovasi yaa
    dan kece banget! Karena memahami kebutuhan anak2 Indonesia agar tumbuh sehaatt, kuat dan bahagia!

    IronC jelas jadi kebutuhan yg harus terpenuhi, ye kan.

    ReplyDelete
  26. Baca ini keingetan kemarin nyari2 SGM di supermarket tp ngga ada kemasan kecil, lg pd kosong. Anakku baru mau pertama nyoba soalnya ehehehe.. Btw, cek Hb pd anak boleh ya misal tanpa gejala?

    ReplyDelete
  27. Asik banget nih SGM ternyata mengandung iron alias zat besi ya. Wah, anak jadi bisa terhindar dari anemia. Tumbuh kembangnya pun juga nggak terganggu.

    ReplyDelete
  28. Jadi, penting banget ya screening buat jaga2 takutnya anak kita terkena anemia.. Duh jadi inget pas hamil dulu males minum vitamin dan makan pun sembarangan karena mual terus. Hiks

    ReplyDelete
  29. Harus diperhatikan bener-bener ya kadar Hb anak-anak kita, jangan sampai rendah. .. Karena imbasnya ke banyak hal termasuk faktor prestasi juga. Ditunjang sama makanan dgn AKG iron yg mencukupi yaa

    ReplyDelete
  30. Ternyata serem banget efek anemia baik jangka panjang mau pun jangka pendeknya yah mbaaak. Penting banget menjaga asupan gizi seimbang untuk anak, supaya tidak kekurangan zat besi yaah.

    ReplyDelete
  31. iyaaa bener mba, banyak yang ga nyadar kalo anemia itu banyak efeknya dan perlu ditangani dengan tepat ya.. Sayang banget deh kalau nutrisi tidak terpenuhi karena ga cuma anemia, anak-anak juga bakal terhambat ya pertumbuhannya..

    ReplyDelete
  32. Anakku ada yg picky buah, maunya pisang doank, buah yg lain diliatin aja huwwaaaa
    Kalau sayur alhamdulillah msh relatif aman
    Anemia ini emang gk keliatan bahaya krn kdng ada yg gak nyadar, emang butuh pengecekan rutin ya khususnya utk bayi2 asi. Makanan bernutrisi yg mengandung zat besi jg kudu lbh banyak diberikan.

    ReplyDelete
  33. anemia ini memang salah satu ancaman bagi tumbuh kembang anak ya mbak helen
    harus segera ditangani, biar tumbuh kembang anak tidak terhambat

    ReplyDelete
  34. Duh, jadi penasaran pengen ajak anak-anak cek hb juga... Selama ini makannya bagus sih, tapi tetap aja khawatir... Sementara ini cek di aplikasinya dulu ah...

    ReplyDelete
  35. kekurangan zat besi efeknya ternyata serem juga ya, mba...
    harus bener-bener merhatiin asupan gizi anak, apalagi yang masih balita

    ReplyDelete
  36. SGM makin komplit ya.. kebutuhan anak terhadap zat besi emang harus terpenuhi secara optimal..

    ReplyDelete
  37. Nutrisi dan stimulasi udah jadi satu kesatuan yang gak bisa dipisahkan. Keduanya saling mendukung. Ngeri juga efek jangka panjang anemia bila gak ditangani

    ReplyDelete
  38. Awal punya anak kalo mereka bisa menghabiskan isi piring itu bikin hepi. Padahal bukan banyaknya porsi ya tapi isi piring yang sesuai dnegan usia dan bentuk tubuhnya. SGM Eksplor ini produk baru kah mbak? Kandungan nutrisi nya pas banget buat anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan ya

    ReplyDelete
  39. Begini yaa...punya anak itu.
    Bahagia yaa...harus terus belajar dan memahami apa yang dibutuhkan. Jadi orangtua tidak hanya peduli dengan dirinya, tapi juga diri anak-anak agar tumbuh sesuai dengan perkembangan dan usianya.

    Penuhi dengan konsumsi SGM Explor Pro-gress Maxx.

    ReplyDelete
  40. Ternyata penyerapan zat besi bisa maksimal dengan asupan vitamin C yang cukup juga ya. Mungkin ini yang terlupakan ketika kita menyediakan menu pada anak yaaa... Okay, makin paham nih tentang keseimbangan komposisi gizi yang harus dikonsumsi oleh anak.

    ReplyDelete
  41. Terima kasih sharingnya, Mbak. Anemia Defisiensi Besi ini bisa juga jadi masalah untuk pertumbuhan anak ya. Jadi memang bener-bener memperhatikan asupan makanan anak sejak dini supaya semua nutrisinya terpenuhi dan terhindar dari ADB.

    ReplyDelete
  42. Jadi anemia ini jangan sampai diremehkan ya mba. Harus berupaya cari asupan tambahan untuk zat besi nya terpenuhi. Wah banyak belajar nih..

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,