Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Tips Memilih Cemilan Anak, Perhatikan 5 Hal Berikut

Wednesday, February 3, 2021

Tips Memilih Cemilan Anak

cemilan baik untukmu paddle pop
main dan ngemil bareng anak asyik juga


“Bu, boleh beli es krim?” atau “Bu, ikut … aku mau beli jajan,” begitulah kata-kata SID setiap kali hendak ke minimarket. Ia sigap berdiri di depan pintu karena ada maunya. Cemilan sehat apa ya untuk si anak? Cemilan apa yang baik dikonsumsi, tak hanya menuruti keinginan ngemil tetapi juga bergizi? Kali ini saya berbagi tips memilih cemilan anak dari para expert.



Cemilan Sehat untuk Anak Sama Pentingnya dengan Makanan Pokok


Anak-anak seusia SID aktifnya masya Allah, baru bisa diam saat tidur. Kebutuhan energinya banyak untuk bereksplorasi.


Dokter spesialis anak dr. Attila Dewanti, Sp.A (K) menjelaskan bahwa lambung anak lebih kecil dibanding dewasa maka porsi makannya kecil padahal aktivitasnya banyak. Di sela-sela antara makanan pokok, anak butuh cemilan untuk melengkapi kebutuhan gizinya.


Camilan sehat ini memang menjadi kebutuhan anak, ya. Mau ngemil apa dan seberapa banyak? Di sinilah peran penting orang tua sebagai gerbang untuk mengontrol porsi cemilan anak supaya sesuai kebutuhan. Jangan sampai kelebihan makan camilan karena berisiko obesitas, darah tinggi, kolesterol tinggi, juga diabetes. Tantangan nih karena selama di rumah aja SID sering buka tutup kulkas, maunya ngemil melulu.

 

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Cemilan Anak


Ada banyak banget jenis cemilan di pasaran. Sebagai orang tua, kita perlu memilih cemilan yang baik bagi anak-anak. Enggak hanya disukai anak tapi harus bermanfaat buat kesehatannya. Berikut 5 hal yang perlu diperhatikan saat memilih cemilan anak:


1. Baca kandungan di kemasan


Setiap belanja camilan, saya sibuk memperhatikan komposisi dan label pada kemasan. Tulisannya kecil-kecil, membuat mata minus saya harus perlahan membacanya. Hihi … siapa yang begini juga?


Hindari cemilan yang mengandung Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang berbahaya dan dilarang BPOM. Buat mudahnya, saya cek apakah sudah ada izin edar BPOM atau belum. Selain itu, logo halal MUI menjadi prioritas utama bagi saya yang muslim dalam memilih camilan anak.

 

2. Perhatikan kalori, gula, dan lemak


dr. Attila mengingatkan untuk memilih cemilan dengan kadar gula, kalori, dan lemak sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak. Sesuai rekomendasi WHO dalam satu hari, batasi konsumsi:

  • Kalori tidak lebih dari 20% kebutuhan energi harian. Contohnya sekitar 330 kilokalori untuk anak usia 7-9 tahun.
  • Lemak jenuh tidak lebih dari 10% total energi. Contohnya sekitar 18g untuk anak usia 7-9 tahun.
  • Gula tidak lebih dari 50 gram.


cemilan sehat anak
Batas konsumsi camilan sesuai rekomendasi WHO

3. Mengandung susu dan buah yang mendukung tumbuh kembang anak

Susu mengandung kalsium serta buah mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak.


4. Kurangi perisa gurih berlebih

Camilan anak yang terlalu gurih membuat ia ingin makan yang gurih terus-menerus.


5. Porsi yang sesuai dan buat jadwal ngemil

Berikan dengan porsi yang sesuai dan buat jadwal ngemil alias snacking time yang tidak terlalu dekat dengan waktu makan utama. Misal sarapan pukul 7, ngemil pukul 10, makan siang pukul 12. Kalau ngemil terus, khawatirnya anak menolak di saat waktunya makan padahal ia butuh asupan gizi seimbang dari makanan pokok maupun camilan.

 

cemilan anak
membuat jadwal ngemil alias snacking time


Es Krim Paddle Pop Cemilan Baik untuk Anak


Pada Jumat, 22 Januari 2021 lalu, saya mengikuti virtual launching “Cemilan Baik Untukmu”. Acara yang digagas Unilever ini memperingati Hari Gizi Nasional yang diperingati pada 25 Januari 2021.

memilih cemilan anak
para narasumber dalam virtual launching Cemilan Baik Untukmu


Hernie Raharja, Food & Refreshment Director Unilever Indonesia, menjelaskan Unilever bertanggung jawab menyediakan produk yang mendukung pola makan lebih sehat.


Paddle Pop, brand es krim di bawah naungan Unilever, sudah ada sejak 28 tahun lalu, lho. Pantas saja ya dari saya SD jajannya ya es krim Paddle Pop sambil mengumpulkan stik berhadiah. Setiap beli Paddle Pop, buru-buru menghabiskannya karena berharap ada gambar Play Station di stik es krimnya. Hihi ….


#PaddlePopMainYuk: tiada hari tanpa bermain bersama, no gadget please


Sejak bulan November 2020 lalu, Unilever meluncurkan campaign #PaddlePopMainYuk untuk mengajak para orang tua main bareng anak-anak. Melalui bermain bersama diharapkan tercipta momen bermain dan ngemil yang seru dan menyenangkan bagi anak-anak.


SID dan saya juga suka, lho, main bareng. Kami main ular tangga, mengisi TTS, tebak-tebakan, lalu ngobrol sambil menikmati es krim Paddle Pop.


Eh apa enggak khawatir anak makan es krim? Nanti batuk, lho, atau kebanyakan gula.


FYI, selama anak tidak alergi dengan komposisi es krim, insya Allah aman. Semua es krim Paddle Pop dibuat khusus untuk anak dengan standar nutrisi tinggi yang membatasi kandungan tidak lebih dari 110 kkal, 12 gram gula dan 3 gram lemak jenuh, serta terbuat dari susu dan buah untuk meningkatkan asupan nutrisi anak.


Memoria Dwi Prasita, Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia, menjelaskan standar komposisi dalam produk Paddle Pop telah mengikuti standar internasional dari WHO dan Kementerian Kesehatan RI serta mendapat persetujuan dari BPOM. Es krim Paddle Pop sebagai cemilan yang baik juga telah mendapatkan nomor ijin edar dari BPOM & halal sertifikat dari MUI sehingga orang tua dan para caretaker bisa lebih tenang dalam memilih cemilan terbaik untuk anak-anak.


memilih cemilan anak
Paddle Pop Cemilan Baik Untukmu


Saat mengecek tiap kemasan Paddle Pop tertera jelas komposisinya. Alhamdulillah sesuai dengan batas konsumsi WHO.


Tapi … ribet enggak sih harus menghafal batas Angka Kecukupan Gizi? Berapa kalori ya? Berapa batas lemak jenuh? Berapa gram gula? Hehe … saya bolak-balik lihat sontekan saat belanja cemilan.


Nah, Unilever menambahkan stiker logo “Cemilan Baik Untukmu” pada produknya. Logo ini akan diaplikasikan bertahap pada produk. Dengan logo ini sangat memudahkan saya ketika memilih cemilan anak.


Sophie Navita, parent and content creator, mengingatkan peran orang tua dalam menerapkan pola makan sehat bagi anak. Ia sebagai orang tua membangun kebiasaan dalam memilih makanan utama hingga camilan untuk anak-anak. Dari awal MPASI anak tidak mengetahui beragam rasa. Orang tua lah yang mengenalkan. Jika kita dari awal sabar memberikan pengertian sejak kecil mengenai pola makan anak, ia akan tumbuh dengan tahu bagaimana menyeimbangkan asupan makanan anak.


Hadirnya logo Cemilan Baik Untukmu disambut Sophie dengan bahagia karena memudahkannya untuk memilih camilan yang tepat bagi anak-anaknya.


cemilan sehat anak
Ngemil Paddle Pop, SID paling suka yang rainbow


Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih cemilan anak. Tak hanya menuruti keinginan ngemil tetapi ada batas aman konsumsi dan jadwal yang teratur untuk membentuk pola makan sehat bagi anak.


Saya pun lebih yakin es krim Paddle Pop sebagai cemilan yang baik untuk anak. Owh, langsung saja pilih yang ada logo #CemilanBaikUntukmu karena komposisinya sesuai standar rekomendasi WHO maupun Kementrian Kesehatan RI, plus sudah ada izin edar BPOM dan sertifikasi halal MUI.


Ngemil Paddle Pop rasa apa hari ini?

57 comments on "Tips Memilih Cemilan Anak, Perhatikan 5 Hal Berikut"
  1. Oke, siap berburu cemilan yang ada logo cemilan baik yaa.. agar makin mantap saat menyediakan snack untuk anak nih. Klo paddle pop mah dari duluuuuu udah suka banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah jadi cepet nih beli jajan buat anak langsung ke bagian es krim Paddle Pop

      Delete
  2. Prinsipnya jadi sama ya kayak makanan utama. Tetap harus diperhatikan nutrisinya. Kalau beli kemasan, jangan malas baca label gizi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, sama pentingnya antara makanan pokok dengan cemilan anak.

      Delete
    2. ide membuat jadwal snacking ini juga seru. Anak-anak bakal semangat nih kalau disuruh menyusun begini. Jadi tau bakal makan camilan apa aja di hari yang ditentukan

      Delete
  3. Paddle pop ini ice cream favorit keluargaku lho selain enak harganya juga terjangkau banget ye. Btw dulu suka ikutan promo stiknya itu lho hehe sampai belain ngumpulin stik paddle pop biar dapat CD nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah murce yaa 3000 udah dapat es krim Paddle Pop, hihi ...
      sama dong kumpulin stik es krim tapi ga dapat hadiah, gambarku ga lengkap

      Delete
  4. MAu yang strawberry ajaa eeaa..
    Ah, makin memudahkan ortu aja ya memilih cemilan yang baik buat anak, apalagi didukung dengan logo baru cemilan baik untukmu, inovasi yang keren.
    SID, ikutan main lah atee, biar dapet jatah nyemil es krim strawberry, nanti hari kamiis yaaa hahahaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiklah tante ... ku tunggu main ke sini trus ngemil Paddle Pop yah

      Delete
  5. aku selalu sedia es krim di freezer mbaak, soalnya anakku suka makan es krim tapi saya nggak mau rugi, belinya literan biar bisa makan rame2 hahahaa sesekali aja beli yang satuan gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau literan kok malah cepet habis yak, hahah ... tiap buka kulkas masih ada es krim jadi makan mulu

      Delete
    2. Hahhaaa...ngaakak, emak2 ga mau rugiii yaa Windaa.
      AKu juga suka beli yang es krim yang di box, sama tape ketan iteem disatuin huhuu.

      Delete
    3. Enak banget itu es krim sama tape ketan

      Delete
  6. paddle pop kesukaan anakku mbaaa, alhamdulillah ya termasuk camilan sehat.
    jadi pengen borong, mamaknya juga suka soalnya. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah mba, komposisinya pas sesuai kebutuhan anak

      Delete
  7. Asik, asiiikk! Ternyata es krim merupakan cemilan sehat ya. Hepi banget aku baca kabar yg bikin sumringah ini! Soale, aku penggemar Es krim! Apalagi kalo ke minimarket, dijamin kami sekeluarga pasti ubek2 freezer-nya Walls :D

    Makasii tipsnya ya mba, mantulll banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah udah ada batas wajar buat konsumsi es krim sebagai camilan anak

      Delete
  8. Kayak anakku nih, bolak balik ke dapur, buka kulkas. Kalau kulkas persediaan isinya udah banyak yang kosong, dia akan bilang "Kulkasnya sepi"

    Paddle pop ini es krim yang pertama saya kenal, pertama juga dikenalkan dengan anak-anak. Urusan stik, saya kok nggak pernah bisa ngumpulin dan dapat hadiah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulkasnya sepi, hehe ... Bisa Aja ini kasih kode supaya dibelikan lago

      Delete
  9. Makin nambah ilmu nih kalau beli cemilan nyari yang ada logo cemilan baiknya dan harus rajin juga liat kadar gizi dikemasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes jadi tahu ya camilan yang baik kadarnya berapa dan kandungannya apa saja

      Delete
  10. kalau liat paddlepop aku suka langsung nyanyi ajaa nih mba hehehe. Memang kita perlu perhatikan betul cemilananak - anak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ingat jinglenya. Duluuu banyak penjual Walls keliling tapi sekarang sepertinya hanya di tempat wisata

      Delete
  11. komposisinya sudah sesuai WHO sehingga aman untuk dikonsumsi anak-anak sebagai cemilan yang baik tentunya

    ReplyDelete
  12. trnyta paddle pop ini sudah masuk kriteria cemilan baik, apalagi sudah ada logo cemilan baik untukmu pada setiap produk es krim paddle pop, jd para ortu gak perlu worries lah ya

    ReplyDelete
  13. Makasih bund tipsnya sangat bermanfaat, jadi lebih bertahi-hati lagi nih

    ReplyDelete
  14. Cek kandungan di kemasan ... perlu dilatih sering2 nih, jangan cuma karena rasa yang enakl lantas beliin anak ya Mak.

    ReplyDelete
  15. Ssssttttt aku nyimpen Paddle Pop yang Mochi hehehe....
    es krim kesukaan aku akhirnyaini selain minion banana vanilla ya mochi hehe

    ReplyDelete
  16. Berkat adanya logo Cemilan Baik Untukmu, kita jadi bisa lebih mudah mencari cemilan sehat untuk anak-anak ya.

    ReplyDelete
  17. Nah kadang banyak yang masih abai saat milih cemilan anak tanpa cek kompisis gizinya. Ini nih yang nggak kurang dan harus disosialisasikan :(

    ReplyDelete
  18. Benar juga ya jam ngemil juga harus diperhatikan.. selama ini aku memperhatikan jam ngemil anak, cuma kalau dia mau ngemil aja dikasih.... Duh, kasih cemilan pun ga boleh asal ya harus memperhatikan kandungan gula dan gizinya

    ReplyDelete
  19. Paddle Pop ini kesukaan saya dan adik sejak kami kecil, eeh sekarang jadi favoritnya anak-anak juga, di kulkas pasti ada stock paddle pop.

    ReplyDelete
  20. Jangankan anak kecil, aku pun suka banget sama Paddle Pop hehe :D
    Kalorinya masih lumayan rendah ya jd masih oke buat camilan anak. Apalagi kandungan gulanya kadarnya gak terlalu tinggi. Jd makin yakin gak salah pilih cemilan es krim untuk anak2.

    ReplyDelete
  21. Anakku yang dah pada gede2, dah abg, kalo aku ajak ke ****mart pasti tujuannya ke tempat es krim dulu. Wkwkwkwk. Emaknya juga mau

    ReplyDelete
  22. Kaget SID mangku es krim gede banget, eeh...ternyata guling paddle pop.
    Hehhee...((tante kuno ya, SID))

    Asik banget, boleh sama Mama ngemil es krim Paddle Pop yang sudah berlogo "Cemilan Baik Untukmu".
    Selamat makan dan bersenang-senang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarang banget perhatian sama kandungan gula ini..
      Dulu perhatian saat anak-anak konsumsi susu. Sekarang kudu cari cemilan sehat dan gakk perlu bingung, uda ada logo yang mudah dilihat.

      Terimakasih Paddle Pop.

      Delete
  23. Setuju Mak Sid ga bole sembarangan yah kasih cemilan buat anak apalagi kalau ga ada bpom dan kandungannya ga jelas ngeri sih makanya aku juga di rumah lebih baik stock kayak es krim begini

    ReplyDelete
  24. Nafeesa tuh mba tiap hari kalo diikutin mintanya yang es krim pelangi. untungnya ikutan webinar kemarin jadi tau kandungannya, ALhamdulilah aman.

    ReplyDelete
  25. Sejak dikenalkan, popularitas Paddle Pop emang terus melejit yaaa
    Faktanyam ternyata produk ini salah satu merek paling terkenal di Australia pluuus item Streets Icecream dengan volume terbesar!

    Ya gimana engga, anak anak kalo disuruh milih cemilan, maunya magic duo - choco lava - color popper dan fruity zap

    ReplyDelete
  26. Senengnya kalau ada cemilan baik yang sudah memiliki logo ya. Jadi mudah carinya tanpa lihat komposisinya

    ReplyDelete
  27. Yap yap sepakat banget mba untuk memenuhi kebutuhan konsumsi cemilan anak buat selalu sehat. Nggak sekedar kasih cemilan

    ReplyDelete
  28. Andalan banget ini kalau ke minimarket, anak-anak pasti maunya Paddle Pop enak dan sehat...gemes banget sih bantal es krim paddle popnya...Camilan yang enak dan sehat ya es krim Paddle Pop ya terbuat dari susu murni dan gula asli..

    ReplyDelete
  29. Hahah..enggak perlu lihat sontekan lagi ya saat belanja cemilan buat anak karena sudah ada logo #CemilanBaikUntukmu di Paddle Pop dengan komposisi sesuai standar rekomendasi WHO maupun Kementrian Kesehatan RI, juga sudah ada izin edar BPOM dan sertifikasi halal MUI. Yeayyy, enggak kuatir lagi, ngemilnya Paddle Pop aja

    ReplyDelete
  30. Ternyata camilan juga harus sesuai ya nutrisini, kirain makanna utama aja. Kadang terlewat baca kandunagn di kemasan. Asyik nih kalau di Paddle Pop sudah ada logo Cemilan Baikmu jadi memudahkan kita memilih camilan

    ReplyDelete
  31. Wah asyik jd kalorinya udah menyesuaikan kebutuhan kalorinya anak kecil ya? Begitu pula kadar gulanya. Jd gak khawatir lagi bikin anak sampai kelebihan gula yg bisa bikin endut.
    Makin yakin sama Paddle Pop nih.

    ReplyDelete
  32. Sid happy banget ituh mukanya boleh nyemil esglim.. hhihihihiii. Paddle Pop ini emang deh, bikin anak happy yaaa.. Mamanya juga seneng dan tenang ya karena kandungan Paddle Pop udah oke banget nih untuk cemilan anak!

    ReplyDelete
  33. Asiiikkk...aku mau ah jajanin anak-anak paddle pop...karena komposisinya udah jelas banget ya...gak kelebihan gula dan lemak...

    ReplyDelete
  34. Senang rasanya, Paddlepop ada label Camilan Baik Untukmu. Ini salah satu es krim favorit dari dulu. Selain varian ya yang banyak sekali, rasa buahnya kerasa banget

    ReplyDelete
  35. Kalorinya udah dijaga betul nih menyesuaikan dengan kebutuhan anak sehari-hari

    ReplyDelete
  36. Paddle Pop Rainbow donk, yang udah ketahuan favorit anak-anak. Apalagi sekarang ada logo cemilan baik untukmu, makin tenang, BukNaj gak puyeng lagi nyari cemilan buat anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama... Sid juga suka Paddle Pop rainbow. Kalau aku suka yang cokelat

      Delete
  37. kapan hari sempat mampir ke minimarket buat cari paddle pop dengan logo terbaru tapi belum ada, semoga setelah diluncurkan program ini produknya merata di seluruh store daerah ya. anakku suka ngemil es krim ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ow belum ada yah? Don't worry, kandungan es krim Paddle Pop udah sesuai rekomendasi WHO, mbak

      Delete
  38. Cemilan favorite sepanjang masa nih, sekarang juga anakku kalau jajan eskrim pasti milih paddle pop

    ReplyDelete
  39. Ga banyak eskrim yg aku izinin utk anakku coba. Salah satunya paddlepop :). Udh percaya Ama es krim2 keluaran Walls sih. Dan mereka juga doyan banget. Walopun slalu aku Batasin. Krn memang 2-2 nya punya tenggorokan rada sensitif mba. Jd kalo mau eskrim hrs bener2 dlm kondisi prima dulu. Supaya ga batuk. Aku dulu sebelum amandel diangkat ga bisa blasss makan eskrim. Pasti sakit lgs. Setelah amandel diangkat baru bisa.

    Ini paddlepop rainbow legend banget yaaa. Aku dari dulu suka yg itu :D.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,