Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Review Lansinoh Nipple Cream dan Lansinoh TheraPearl 3-in-1 Hot or Cold Breast Therapy

Sunday, February 28, 2021

puting lecet ibu menyusui
Lansinoh Nipple Cream dan Lansinoh TheraPearl 

Sukses menyusui hingga 2 tahun menjadi momen penuh perjuangan. Tak hanya harus tebal kuping akan omongan sana-sini, ibu menyusui kerap mengalami tantangan fisik. Contohnya: puting lecet, mastitis, saluran ASI tersumbat, payudara bengkak, dan proses pumping yang melelahkan. Kali ini saya akan mengulas dua produk dari Lansinoh yang mendukung suksesnya ibu menyusui yaitu Lansinoh Nipple Cream dan Lansinoh Therapearl 3-in-1 Hot or Cold Breast Therapy.


Tantangan Menyusui dari Puting Lecet Sampai Mastitis

Setiap kali bayi minta menyusu, saya mau menangis. Bukan tangis haru tetapi membayangkan perihnya puting lecet. Walau demikian, saya tetap menyodorkan payudara sambil menahan perih. Jika tak tertahankan, teriakan pun keluar dari mulut saya.


Menyusui pada anak pertama waktu itu masih minim informasi. Saya belum tahu bagaimana cara menyusui yang benar sampai-sampai puting luka dan berdarah. Ternyata belajar pelekatan yang benar itu penting supaya proses menyusui berjalan lancar.


Saat menyusui anak kedua, tantangannya beda lagi. Kala itu, tubuh saya mendadak demam. Gigi gemeretak, badan menggigil, dan suhu badan meningkat dengan drastis sampai 39°C. Selain itu, payudara bengkak dan bila diraba terasa benjolan. Saya segera berbaring, dikompres, dan minum obat pereda nyeri sementara bayi yang usianya kurang dari sebulan diasuh oleh neneknya.


Rupanya saya terkena mastitis alias peradangan pada jaringan payudara. Salah satu sebabnya yaitu saya melewatkan jadwal menyusui. Biasanya si bayi akan menangis minta menyusu tapi kali itu ia nampak nyaman digendong. Alhasil saluran ASI tersumbat karena ASI tidak dikeluarkan.


Namun, pengalaman pahit di atas tidak menyurutkan langkah saya untuk tetap memberikan ASI bagi anak-anak. Saya yakin ASI adalah asupan terbaik bagi bayi saya terutama di 6 bulan pertama usia mereka. ASI mengandung zat-zat yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh sehat dan proses meng-ASI-hi merupakan precious moment yang membangun kedekatan antara ibu dan bayi.


Review Lansinoh TheraPearl dan Lansinoh Nipple Cream

Saat mengalami tantangan fisik selama menyusui, jangan abaikan, jangan pula pasrah. Bekali diri dengan “senjata” ibu menyusui yang tepat supaya bisa sukses menyusui. Ini nih dua produk Lansinoh yang bakal membantu proses menyusui para pejuang ASI.

TheraPearl 3-in-1 Hot or Cold Breast Therapy

Pembengkakan payudara karena saluran ASI yang tersumbat itu aseli enggak nyaman banget! Saya kaget, lho, karena langsung demam tinggi tanpa ada sinyal apapun sebelumnya. Untuk membantu meredakan bengkak, ibu menyusui bisa menggunakan Lansinoh TheraPearl 3-in-1 Hot or Cold Breast Therapy.


Lansinoh TheraPearl ini merupakan kompres gel yang berfungsi 3-in-1 yaitu:


1. Penggunaan dalam keadaan panas dapat membantu melancarkan saluran ASI yang tersumbat, meredakan mastitis, payudara bengkak, dan menstimulasi refleks let-down ASI sebelum menyusui.


2. Penggunaan dalam keadaan panas dengan pompa ASI untuk mendorong terjadinya let-down, membuat ASI mengalir lebih cepat sehingga mengurangi durasi memompa ASI.


3. Penggunaan dalam keadaan dingin dapat membantu meredakan rasa nyeri karena bengkak.


obat mastitis payudara bengkak
Lansinoh TheraPearl 3-in-1 Hot or Cold Breast Therapy.

 

Bentuk gelnya seperti mutiara kecil yang empuk berwarna ungu. Gemes deh buat dipegang, hihi …. Bentuk kompresnya itu unik, melingkar namun tetap fleksibel menyesuaikan bentuk payudara.


Dalam satu box TheraPearl terdapat dua produk yang dapat digunakan berulang, dua kantong ungu, dan juga petunjuk pemakaian.


Sesuai namanya, TheraPearl dapat digunakan dalam kondisi panas maupun dingin sesuai kebutuhan ibu. Saya sudah mencoba keduanya, lho. Caranya sebagai berikut:


Penggunaan dalam keadaan panas


Manfaat:
  • Membantu melancarkan saluran ASI yang tersumbat.
  • Meredakan nyeri akibat mastitis.
  • Menstimulasi let-down reflex (LDR) saat memompa ASI. TheraPearl dipasang pada corong pompa saat pumping.

Cara memanaskan Lansinoh TheraPearl 3-in-1 Hot or Cold Breast Therapy sebagai berikut:

a. Dengan microwave

1. Masukkan masing-masing produk ke kantong ungu kemudian panaskan 1 produk menggunakan microwave dalam posisi mendatar. Lakukan untuk kedua produk secara bergantian. Untuk microwave 700 watt, panaskan selama 16 detik.

2. Setelah itu ukur suhu pada produk hingga mencapai suhu yang diinginkan.

3. Letakkan produk pada payudara.

b. Tanpa microwave

1. Isi panci besar dengan air yang cukup untuk merendam produk sepenuhnya tanpa menyentuh bagian bawah atau sisi panci.

2. Didihkan panci berisi air tersebut.

3. Pindahkan panci berisi air mendidih dari kompor atau permukaan pemanas lainnya.

4. Celupkan produk selama 1-2 menit ke dalam panci berisi air mendidih tersebut. Jika belum mencapai panas yang diinginkan, celupkan lagi ke dalam air yang sama selama 1 menit.

5. Jangan merendam produk saat air sedang dipanaskan.

6.       Gunakan penjepit atau benda lain yang tumpul dan tidak terbuat dari logam untuk merendam dan mengeluarkan produk dari air.


Berhubung di rumah tidak pakai microwave maka saya panaskan TheraPearl dengan cara kedua. Setelah dipanaskan, keringkan TheraPearl lalu masukkan ke kantong ungu dan siap digunakan.


Bagaimana rasanya?


Ketika dipakai, rasa hangatnya membuat payudara terasa lebih nyaman. Alhamdulillah ASI lancar, sudah tidak ada drama lagi karena saluran ASI tersumbat.


By the way, kompres gel ini tak hanya untuk payudara tetapi saya pakai juga sebagai kompres untuk meredakan nyeri saat haid. Kompres hangat di bagian perut membuat saya bisa beristirahat lebih tenang di kala PMS melanda.


cara cepat pompa asi
Setelah dipanaskan atau didinginkan, masukkan gel ke kantong ungu sebelum dipakai


Penggunaan dalam keadaan dingin


TheraPearl dapat juga digunakan dalam keadaan dingin. Caranya cukup simpan TheraPearl dalam freezer minimal 2 jam. Setelah itu, masukkan ke kantong ungu dan siap dipakai untuk mengompres payudara.


Manfaat TheraPearl digunakan dalam keadaan dingin ini untuk membantu meredakan nyeri akibat payudara yang bengkak. Biasanya saya pakai saat jeda menyusui.


FYI, Lansinoh TheraPearl ini dapat digunakan berulang kali, ya. Selalu periksa apakah ada tanda-tanda kebocoran atau kerusakan. So far, saya pakai dalam kondisi dingin atau panas alhamdulillah aman.

 

Lansinoh HPA Lanolin Nipple Cream


Satu lagi masalah yang kerap dialami busui yaitu puting lecet atau luka. Umumnya hal ini terjadi karena pelekatan yang kurang tepat atau si anak bayi yang iseng mengasah gigi-gigi barunya.


Huhu … baby Uno dalam fase tumbuh gigi. Di satu sisi senang karena pertumbuhannya normal, di sisi lain siap-siap pencet hidungnya kalau menyusu sambil menggigit. Terkadang ia tak sengaja menggigit karena mengantuk. Mau berteriak malah nanti membangunkan si bayi. Ah jadi serba salah.


nipple cream puting lecet
Lansinoh HPA Lanolin Nipple Cream

Untuk puting lecet ataupun luka, saya pakai Lansinoh HPA Lanolin Nipple Cream. Cara pakainya ambil sedikit nipple cream Lansinoh, kira-kira sebiji beras, lalu oleskan pada area yang luka. Alhamdulillah rasa perih menjadi berkurang.


Tak hanya untuk puting, nipple cream ini juga membantu meredakan rasa gatal pada stretch marks, kulit kering, ruam popok, juga bisa dipakai sebagai lip balm. Ini yang saya suka karena Lansinoh Nipple Cream multifungsi banget! Saya rutin memakainya sebagai lip balm karena bibir saya cenderung kering. Eh nampak, lho, hasilnya setelah dua minggu bibir terasa lebih lembab dan tidak mudah mengelupas.


HPA Lanolin Nipple Cream ini terbuat dari bahan alami 100% pure lanolin, bebas dari bahan pengawet dan paraben. Warnanya bening, tidak beraroma, tidak berasa, dan teksturnya lengket. Setelah dioles, tak perlu dibersihkan ketika bayi akan menyusu. Kandungannya baik untuk ibu dan bayi.


Nipple cream dari Lansinoh ini telah mendapat sertifikat halal dari ISA (Islamic Services of America) serta memperoleh penghargaan Seal of Approval dari British Allergy Foundation untuk kategori aman digunakan bagi kulit sensitif. Lansinoh HPA Lanolin Nipple Cream tersedia dalam 2 kemasan, 10ml dan 40ml.


review nipple cream lansinoh
Sepaket Lansinoh Nipple Cream dan TheraPearl cocok untuk kado ibu melahirkan


Proses menyusui butuh diperjuangkan untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati. Ibu menyusui tak perlu takut dengan berbagai tantangan seperti puting lecet, mastitis, payudara bengkak, maupun rutinitas pumping. Bekali diri dengan ilmu menyusui yang tepat dan sedia Lansinoh HPA Lanolin Nipple Cream juga Lansinoh TheraPearl 3-in-1 Hot or Cold Breast Therapy. Kedua produk Lansinoh ini cocok banget dimiliki para ibu menyusui, bisa jadi ide kado melahirkan juga, lho!


22 comments on "Review Lansinoh Nipple Cream dan Lansinoh TheraPearl 3-in-1 Hot or Cold Breast Therapy"
  1. Ini keren banget sih, ada kayak gini busui sekarang, enak tenan. Masih ingat saat kena mastitis, puting lecet dan drama menyususi lainnya. Kalau ada pertolongan dari Lansinoh Therapearl yang bisa penggunaan dingin atau panas ya membantu sekaliii. Apalagi ada juga nipple creamnya, makin santai dan bahagia mangASIhi jadinya

    ReplyDelete
  2. Busui terwajib nyetok produk ini ya.
    Supaya acara meng-ASI-hi jadi lancar jaya
    karena memang drama per-ASI-an itu warbiyasak sih yaaaa

    ReplyDelete
  3. Bun, ini yang dirimu ulas di Instagram yaaa. jadi paham sekarang gimana caranya, ternyata dipanaskan terlebih dulu gtiu ya

    makanya kemarin saya bingung cara pakainnya gimana? sekarang sudah paham

    ReplyDelete
  4. Baru banget aku melalui episode payudara bengkak ini akibat bayi susah minum asi karena pilek. Harus sedia kompres ini deh biar bisa segera reda, ya

    ReplyDelete
  5. Aku bayangin jerit-jeritannya sakit pas ngASI itu kok jadi linu ya, Mak hihihi... Packaging Therapearl ini lucu gemesin, ya. Yang krimnya juga ternyata bisa jadi lip balm. Bibirku juga suka kering-kering nih. Apa pake krim ini y? Huehehehe

    ReplyDelete
  6. Saya mengalami lecet-lecet luar biasa saat menyusui 2 anak lelaki saya. Memang harus ada Lansinoh TheraPearl ini nih ... di zaman sekarang syukurnya sudah ada ya ... dulu saya pasrah saja .. eh ada bantuan krim juga sih, alhamdulillah gak berhenti menyusui hanya karena lecet.

    ReplyDelete
  7. Mastitis yaaa ibu sid. Ya Allah
    Temen sampe operasi karena mastitis. Habis lahiran langsung. Haduh.. tapi bu sid nggak sampai operasi ya dgn kompres ini..smangat busui

    ReplyDelete
  8. Drama menyusui tiap ibu itu beda-beda ya. Saya alhamdulillah lancar, nggak ada masalah sama payudara. Tapi ada teman yang payudaranya bengkak, putingnya luka juga. Sayang teman ini belum kenal sama produk lansinoh ini

    ReplyDelete
  9. Noted banget nih produknya, pasti kedepannya bakal butuh juga hehe

    ReplyDelete
  10. Duh duh kebayang nyerinya kakau sampai mastitis, kesenggol dikit saja sakit apalagi mau menyusui, horor...bagus ini kompresnya meringankan derita ibu menyusui ya..

    ReplyDelete
  11. kalau puting lecet saat menyusui emang itu lumayan mengganggu banget dan ternyata aku baru tahu ada produk ini karena Dulu waktu aku masih anak kamu bahagia aku belum tahu ada produk ini

    ReplyDelete
  12. wah iya benar, saat menyusui itu ada banyak tantangan dan harus dihadapi ya.. yakin dengan semangat dan niat tuls bisa diatasi ya apalagi sekarang sudah ada cream yang bisa membantu busui di saat penting dan sulit ya... Dulu saya belum kenal dgn lansinoh ini.. sepertinya rekomended ya..

    ReplyDelete
  13. Duet peralatan menyusui yang wajib dimiliki.
    Lansinoh TheraPearl dan Lansinoh Nipple Cream.

    Dulu aku suka bingung kalau mengalami mastitis gimana, jadi pakai cara tradisional. Dikompres sama handuk hangat sambil dipijetin sama Ibu.
    MashaAllah~

    ReplyDelete
  14. Mbak untuk Lansinoh HPA Lanolin Nipple Cream ini harganya berapa dan bisa beli dimana ya? Aku harus siap-siap nih harus punya stock sebelum bentar lagi mengASIhi.

    ReplyDelete
  15. Duh iya banget deh, menyusui itu banyaaak dramanya. Dan puting lecet berdarah adalah Salah satunya. Coba dulu udah ada Lansinoh Nipple Cream dan Lansinoh TheraPearl 3-in-1 Hot or Cold Breast Therapy ya, drama menyusui pasti gak akan terjadi. Semoga para busui tahu dan dapat manfaat dari Lansinoh Nipple Cream dan Lansinoh TheraPearl 3-in-1 Hot or Cold Breast Therapy ya

    ReplyDelete
  16. Perjuangan banget ya ibu menyusui tuh, berbagai masalah yang dihadapi mau ga mau harus diatasi. Pernah juga tuh merasakan mastitis karena si bocah ga mau menyusu, duuuh rasanya emang adem panas deh badan, ga enak banget.

    ReplyDelete
  17. Jadi inget jaman nyusuin Najwa dulu sempat lecet parah karena salah posisi. Maklum anak pertama, emaknya masih coba-coba. Dulu sampai nangis-nangis beneran deh. Gak isin aku, heuheu. Pas Najib juga sempat lecet tapi gak parah, cukup tak kompres sama es aja. Eh lha kok jaman sekarang ada theraPearl kayak gini. Tak pikir mainan bayi lho. Makin canggih aja perkembangan dunia ibu-ibu dan perbayian.

    ReplyDelete
  18. Pernah nih ngalami puting lecet karena ditarik dan juga diemut dengan gigi
    Perihnya luar biasa banget
    Pake nipple cream ini salah satu cara

    ReplyDelete
  19. MasyaAllah dengan adanya Lansinoh TheraPearl dan Lansinoh Nipple Cream ini banyak ibu yang terbantu ya mba Helen. Saya sendiri juga belum hamil, mau juga persiapan ini nanti. Banyak ilmu yang kudapaat makasih mba Helen

    ReplyDelete
  20. Aku baca soal puting lecet dan masistis aja sudah ngilu, Mak. Duh ini bisa bikin panas dingin badan. Syukurlah sudah ada Lansinoh TheraPearl 3-in-1 Hot or Cold Breast Therapy. Bisa lebih mudah lagi mencegah pembengkakan pada payudara akibat saluran yang tersumbat.

    ReplyDelete
  21. sekaarng mah sdh banyak produk yang mendukung ya, jaman aku dulu mah belum ada spt ini masih terbatas

    ReplyDelete
  22. Wah apalagi ini, gemes banget.Seneng banget sekarang banyak produk yang bisa mendukung ibu untuk menyusui yah.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,