Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Zona Open Space Pekan Ketiga: Bumblebee dan Butterfly

Tuesday, February 23, 2021

Alhamdulillah Hexagon City Virtual Conference telah rampung. 368 pembicara dengan sekitar 350-an topik yang dibahas dalam dua pekan. FANTASTIS! Ini rangkuman poin penting yang saya dapat selama mengikuti beberapa kelas di pekan ketiga.


Zakiyah Darojah dalam Hexagon City Virtual Conference


1. Kembali Ke Titik Nol (Dari Riba ke Dapur Berkah) 

oleh: Maryana Deskawati


Hal menarik yg ku dapatkan:
Mbak Deska bercerita pengalamannya menghindari riba. Sebuah proses hijrah dari yang terbiasa dengan asuransi, cicilan, dan kartu kredit beralih ke menghindari hal-hal tersebut.


"Orang menengah ke bawah seperti kita tidak akan bisa beli barang tanpa nyicil (cicilan)," kata-kata orang tuanya membuat beliau meyakini memang kudu nyicil, itu hal wajar. Namun sejak mengetahui riba, Mbak Deska bertekad kuat untuk menghindari riba walau ada tantangan dari sana-sini.


MasyaAllah, salut mbakku


2. Badai Pasti Berlalu

oleh Geta Yuanita


Mbak Geta bercerita suka-dukanya merantau di Qatar selama 12 tahun bersama keluarga. Beliau tiga kali menyusui selalu mengidap abses sehingga harus operasi. 


Di usia (yang menurutnya) tak lagi muda, Mbak Geta bertekad belajar menyetir mobil, berenang (otodidak), menghafal Alquran, menulis buku (sudah puluhan antologi dan sekarang proses buku solo), dan sebagainya. Apa yang membuat Mbak Geta begitu bersemangat dan pantang menyerah? Beliau berkata, "Saya sudah operasi caesar 3x, operasi payudara 3x, apalagi yang lebih berat?"


3. Membangun Komunikasi yang Harmonis dengan Pasangan

oleh Zakiyah Darojah


Kiat membangun komunikasi yang baik (sinyalku jelek, jadi blur, deh)


Mbak Zaki yang sering mendapat curhatan para pasutri berbagi pengalamannya mengenai pentingnya komunikasi dalam rumah tangga. Poin pentingnya antara lain:

  • saling memahami dengan pasangan
  • berkomunikasi, jangan memendam 
  • belajar mendengar
  • komunikasi non-verbal juga penting
  • ridho suami penting untuk istri dalam melakukan aktivitasnya


4. Catatan Penyintas dan Serba-Serbi Covid-19

oleh Lintang Gumilang


Mbak Lintang 10 hari opname di rumah sakit dilanjutkan isolasi mandiri di rumah ketika terkonfirmasi positif covid. Selain menahan rasa sakit dari batuk, bagian yang terberat yaitu menghadapi kenyataan terpisah dari keluarga. Anak bungsunya mendadak disapih, namanya diumumkan di grup komplek membuatnya khawatir bagaimana pandangan tetangga, serta Mbak Lintang tinggal sendiri di rumah sementara anak-anak di rumah neneknya.

Selama isolasi, Mbak Lintang mencoba mencari kegiatan produktif supaya terlupa dari kegalauannya dan menjaga imun tubuh. Ia sudah nonton film, beberes rumah, dan sebagainya tetapi tetap saja pikiran-pikiran negatif membayangi.

Tip buat yang sedang isolasi mandiri yaitu tetap lakukan kegiatan sesuai kemampuan tubuh. Kalau capek, segera istirahat.

Pasien positif covid butuh perhatian. Tanyakan kabarnya, bukan kepo. Sedikit perhatian dengan bertanya, "Apa kabar?" bisa membahagiakan.


Lintang Gumilang dalam Hexagon City Virtual Conference


5. Parent-saurus

oleh Sarifah Aini


Ada 13 kekeliruan cara bicara orang tua ke anak, yaitu:

  • memerintah
  • melabeli
  • membandingkan
  • menyalahkan
  • mengancam
  • menginterogasi
  • meremehkan
  • menganalisis
  • menjamin
  • mengalihkan
  • membohongi
  • menghibur
  • menceramahi


"Ah, kamu buat gini aja masa' enggak bisa?" merupakan contoh meremehkan. Maksud orang tua mungkin memotivasi tetapi bagi anak menjadi tidak percaya diri.


"Lho, nilaimu cuma 60? Itu si A bisa dapat 100." merupakan contoh membandingkan. Maksud orang tua mendukung supaya lebih giat tetapi anak merasa usahanya tidak dianggap.


"Ayo cepat tidur. Nanti ada pak satpam, lho!" merupakan contoh membohongi. Ini contoh dari saya pribadi. Kasihan satpam dibawa-bawa jadi kambing hitam. hehe ....


By the way, secara berkala saya membagikan flyer jadwal Hexagon City Virtual Conference di media sosial maupun Whatsapp. Selain itu, saya menuliskan gegap gempitanya Hexagon City Virtual Conference 2021 di blog untuk menjadi kenangan pribadi maupun exposure ke masyarakat.


Kelas-kelas di HCVC ini bertaburan ilmu. Saya mendapat tips seputar parenting, hubungan rumah tangga, desain, agama, kesehatan, dan motivasi melaju dalam menjalani kehidupan. Saatnya menjadi butterfly untuk merenungi serta mengaplikasikan materi-materi yang saya dapat. Terima kasih banyak Hexagonia!

Post Comment
Post a Comment

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,