Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Hexagon City Virtual Conference is ON! Have you joined?

Friday, February 19, 2021

Hexagon City Virtual Conference sedang berlangsung di jagad maya. Inilah perhelatan virtual conference pertama dan terbesar. Konferensi ini terbuka untuk umum dan gratis. Ada empat peran yang dapat dipilih. Sudahkah kamu bergabung?


Ambil bagian dari perhelatan akbar Hexagon City Virtual Conference


Hexagon City

"Len, Hexagon City itu apa?" sebuah direct message masuk ke akun Instagram saya. Nama Hexagon City mungkin terdengar asing bagi khalayak umum. Lewat acara akbar Hexagon City Virtual Conference inilah kami, Hexagonia, memperkenalkan Hexagon City ke khalayak umum.


FYI, Hexagon City merupakan kota impian tempat mahasiswi Bunda Produktif Insitut Ibu Profesional (IIP) belajar yang didirikan oleh Founding Mother Septi Peni Wulandani. Warga Hexagon City disebut Hexagonia. Di kota virtual ini terdapat pula Tim City Leader yang dipimpin Endang Prasdianti sebagai Walikota Hexagon City. Ada juga Gubenur Bank Hexa Siwi Aryani Ratu Rahmi yang mengelola keuangan kota.


Para Hexagonia tinggal berkelompok dalam co-house yang se-passion. Contohnya saya tinggal di co-house 6 Kepenulisan dengan 9 tetangga lain yang sama-sama suka menulis. Asyik, lho, bertetangga dengan orang yang menyukai hal yang sama. Ngobrolnya produktif!


Kumpulan co-house ini tergabung dalam satu cluster. Saya masuk dalam Cluster Solutif bersama co-house Kepenulisan 1 sampai 7, co-house seni, dan co-house olahraga.


Selama mengikuti perkuliahan di Bunda Produktif ini kami melewati zona demi zona untuk mengasah passion dan meningkatkan produktivitas. Cerita perjalanan saya menjadi Hexagonia dapat dibaca di Jurnal Hexagon City.


368 Speakers di Hexagon City Virtual Conference 2021


Di awal Februari 2021 lalu, Founding Mother melemparkan ide untuk membuat konferensi virtual dengan konsep open space bernama Hexagon City Virtual Conference. Hal ini disambut suka cita sekaligus deg-degan oleh warganya. Mengapa? Karena hanya diberi waktu 3 hari sebelum pendaftaran konferensi dibuka.

MasyaAllah, antusiasme Hexagonia begitu nampak sejak formulir pembicara dibuka. 100 Speakers mendaftar dan siap untuk berbagi dalam virtual conference ini. Hingga pekan ketiga ini total sudah 368 Hexagonia yang mengambil peran sebagai speakers.


Hexagon City Virtual Conference adalah sebuah marketplace dari Rasa Ingin Tahu, Refleksi dan Pembelajaran. Di sini, semua Hexagonia memiliki kesempatan untuk mengambil dan memilih peran sesuai dengan passion dirinya.

Hexagon City Virtual Conference berlangsung selama 8-22 Februari 2021 di berbagai kanal, yaitu YouTube, Instagram, Facebook, Telegram, Whatsapp, juga Zoom. Setiap harinya ada puluhan kelas yang dapat diikuti oleh umum secara cuma-cuma dari mulai pukul 7.30 - 21.00 WHP (Waktu Hexagonia Produktif) alias WIB.

pengalaman pertama saya menjadi pembicara di Hexagon City Virtual Conference 2021


Topik yang dibahas pun sangat beragam, antara lain tips pengasuhan, keuangan, komunikasi keluarga, memasak, merajut, fotografi, teknologi, kesehatan, dan banyak lagi. MasyaAllah, bagai masuk hutan ilmu setiap kali menyaksikan Hexagon City VC ini.


Pembicaranya pun dari berbagai kalangan. Ibu rumah tangga, praktisi homeschool, praktisi sustainable living, dokter, dosen, konselor, guru, kepala sekolah, penulis, fotografer, mahasiswa pasca sarjana dan banyak lagi. Mereka datang dari berbagai negara, tak hanya Indonesia, lho. Hexagonia ada juga yang tinggal di Eropa, Amerika, dan negara Asia lainnya.


Tetangga co-housing saya juga ikutan, lho. Ada Mbak Dian yang membahas sukses menyusui selama pandemi, Mbak Thika yang sharing mendirikan lembaga tahfidz tanpa modal, Mbak Geta yang cerita pengalaman merantau di Qatar selama 12 tahun, Mbak Zaki yang memberi kiat romantis dalam berumah tangga, juga Mbak Lintang yang berbagi pengalaman ketika menjalani isolasi mandiri di rumah.




Metode Open Space Technology


Bagaimana bisa konferensi yang melibatkan ratusan perempuan ini dapat diatur begitu cepat dan mengundang ratusan pembicara?


Ini uniknya Hexagon City Virtual Conference karena menggunakan metode Open Space Technology. Open Space ini mengumpulkan orang-orang yang memiliki disiplin diri lalu melakukan aktivitas bersama dalam berkreativitas. Di sini semua orang yang terlibat akan memiliki kesempatan untuk berbagi sisi terbaik yang dimiliki oleh masing-masing individu. 


Bahasa gampangnya, pembicara mengajukan diri dengan mengisi formulir, menentukan topik, membuat desain flyer, membuat materi, menjadi operator, sampai admin saat tampil. Yes, speaker bekerja secara mandiri tanpa ada panitia seperti konferensi biasanya. Pengelola kota hanya menyediakan perangkat media serta aturan dasar dalam mempromosikan program mereka agar tidak melanggar Code of Conduct Hexagon City.


Without PASSION, no body is interested

Without RESPONSIBILITY, nothing will get done


4 Peran yang Dipilih


Dalam Hexagon City Virtual Conference, Hexagonia dapat memilih peran untuk menjadi pembicara dan menentukan topiknya. Kesempatan ini segera saya ambil untuk melatih diri agar semakin produktif. Di pekan pertama saya membahas cara membuat blog dan mengelolanya di Blogspot. Ini pertama kalinya saya live di Facebook. Hihi ... modal nekat!


Selain menjadi speaker, ada pilihan peran lain, yaitu:

  1. Participant: berpartisipasi menjadi peserta konferensi.
  2. Bumblebee: mengikuti berbagai kelas untuk belanja gagasan dan ide.
  3. Butterfly: setelah menjadi peserta, istirahat sejenak untuk refleksi merenungi materi yang didapat.

Hexagon City Virtual Conference masih berlangsung. Cek jadwalnya di atas. Kalaupun ketinggalan, videonya di YouTube, Facebook, maupun Instagram masih bisa ditonton ulang. Ambil bagian dari konferensi virtual terbesar ini. 




Sudah mengikuti topik apa saja di Hexagon City Virtual Conference? Kalau belum, tertarik dengan pembahasan apa?
Post Comment
Post a Comment

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,