Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Terima kasih 2020, Selamat Datang 2021

Thursday, December 31, 2020

Tahun 2020 ini ngapain aja, ya? Some may say this is a hard year namun buat saya ini tahun yang menarik. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam hidup saya merasakan bagaimana situasi pandemi global. Apakah kondisi ini menguntungkan atau merugikan dari sisi blog Helenamantra?


Terima kasih 2020, Selamat datang 2021



Liburan Awal Tahun


Tahun 2020 dibuka dengan banjir dan mati lampu tepat pada 1 Januari 2020. Setelahnya, daerah kami kena mati lampu karena imbas tetangga kebanjiran hingga 4x dalam setahun. Wow!


Setelah itu, kami berlibur ke Jawa Timur bersama keluarga besar. Liburan awal tahun ini menjadi momen refreshing bagi saya pasca melahirkan. Badan belum segar 100% tapi kaki udah gatel ingin keluar rumah. Hehehe ...


Masa-masa bahagia liburan tidak dibarengi dengan menuangkannya di blog. Masih PR, nih. Sebulan hanya menulis 1 artikel. Amat sangat tidak produktif.


Kelabu di Awal Pandemi


Kembali dari liburan, alhamdulillah 1-2 pekerjaan berdatangan. Namun, situasi berubah mencekam tatkala zombie virus masuk ke Indonesia. Pikiran saya sempat kacau karena berita negatif. Setiap hari orang membicarakan kematian! 


Saya mencoba menuangkan perasaan ke dalam blog ini. Isinya bukan lagi tips tetapi murni curhat. Bukankah menulis dapat menjadi sarana self-healing?


Baca juga: Ketika Zombie Corona Menyerang Bumi


Bahagia itu Di Sini


Semakin banyak waktu untuk di rumah (karena fasilitas umum banyak yang tutup) membuat saya punya banyak kesempatan menuangkan apa yang sudah lama ingin saya tulis. Alhamdulillah beberapa tulisan organik seputar pengalaman homeschooling usia dini sudah tayang dan menuai respon positif dari pembaca.


Sementara pandemi masih berlangsung, pekerjaan di dunia blogging menyesuaikan dengan kondisi baru. Ini merupakan kabar gembira bagi saya karena liputan bisa dilakukan via daring! Syukur alhamdulillah tidak perlu meninggalkan bayi, menitipkan anak, menyiapkan ASIP, dan menempuh kemacetan. *eh, emang masih ada macet di Jakarta?


Baca juga: Menjaga Kesehatan Mental Ibu Selama Pandemi


Selama Oktober 2020 pun saya mencetak rekor menulis artikel terbanyak selama sebulan. Waktu itu saya mengikuti challenge Rumah Belajar Menulis Ibu Profesional Jakarta "Writober". 10 artikel untuk writober membawa hikmah bahwa menulis tak harus sempurna. Mulailah saja dan bersenang-senang dengan prosesnya.


Tak disangka salah satu artikel dalam Writober terpilih menjadi artikel terbaik pada tema "Senandika". Isinya curhatan 100%, hehe. Mendayu-dayu banget deh. Kangen juga menulis hal seperti ini.


Di bulan yang sama saya juga mendapat berkah juara 2 lomba blog Popmama. Last minute tahu lombanya dan mepet juga mengumpulkannya, alhamdulillah masih ada rezeki. 


Dari segi pageview, benar-benar enggak menyangka ketika melihat pageview bulanan blog Helenamantra hingga hari ini. Saya memiliki impian untuk naik hingga angka tertentu tetapi Allah mengabulkannya lebih ... naik 300%! Barakallah. Semoga artikel di blog ini bermanfaat bagi para pembaca (terutama bagi saya yang menuliskannya.)


hadiah dari Blogger Perempuan Network saat Hari Blogger Nasional (27 Oktober 2020)

Di kelas Bunda Produktif, passion saya pun semakin terasah. Bersama 9 tetangga yang memiliki passion sama di bidang kepenulisan, kami menulis antologi "Mahir Menulis Apapun" yang berisi panduan menulis berbagai genre termasuk nge-blog.


Apakah pandemi membuat semuanya terpuruk? Allah memberikan banyak rezeki pada saya dan keluarga hingga saat ini kami sehat. Pekerjaan pun dapat saya lakukan dari rumah bahkan menerbitkan buku!


Mentoring Blog


Tahun ini, saya menjadi narasumber selama 3x sebagai blogger. Pertama, workshop blogging oleh RBM IP Jakarta; kedua, narasumber IG live @mediaindonesia; dan ketiga, sharing session dalam rangka milad IP Jakarta ke-9. Masya Allah, bertemu dengan orang-orang baru yang penuh semangat belajar ngeblog. Bahagianya! Saya banyak belajar dari para peserta. The more we share, the more we gain.


Selain itu, saya nekad membuat blog mentoring terinspirasi program di Bunda Cekatan. Alhamdulillah ada beberapa teman yang tertarik ikutan. Mentoring ini berjalan selama 8 pekan menggunakan Messanger Facebook. Kadang video call, voice call, voice notes, atau chatting. Peserta termuda saat ini yaitu Kimiko, kelas 4 SD.


Paling senang ngeblog ketika orang rumah tidur

Liburan Akhir Tahun


Di sinilah saya, duduk menghadap laptop pada malam tahun baru. Keluarga kecilku sudah terlelap. Hujan mengguyur Jakarta, meruntuhkan penyakit dan membawa harapan baru. 


Liburan akhir tahun enggak kemana-mana, masih ada satu pekerjaan yang perlu saya selesaikan sebelum berganti menjadi 2021. Kerja ... kerja ... kerja!


Good night, everybody!

Terima kasih 2020. Tahun penuh warna, kreativitas, optimis, dan membawa semangat berkobar untuk menyongsong 2021. 

Bismillahirrohmanirrohim.


Post Comment
Post a Comment

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,