Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Review Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier: Pelembab Udara Aman untuk Anak

Tuesday, December 8, 2020

Review Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier. 



Berada di ruangan ber-AC secara terus-menerus dapat menyebabkan iritasi seperti kulit kering, mata perih, hingga sakit tenggorokan. Di rumah, kami menggunakan Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier untuk menjaga kelembaban udara. Fitur-fiturnya cocok deh buat kami yang tinggal dengan anak kecil. Berikut ulasannya. 

Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier



Pakai AC Membuat Kulit Kering


Tempo hari SID menunjukkan kulit kakinya ada garis-garis putih. Lho, kok, kulitnya kering. Wah, apa kebanyakan pakai AC?


Anak pertama saya ini punya spot andalan saat tidur, pas di depan arah AC. Brrr … dingin banget di situ tetapi ia nampak santai dan menolak memakai selimut. SID doyan banget pakai AC.


Pemakaian AC memang membuat sejuk tetapi kelembaban udara menurun. Udara kering inilah yang memicu iritasi seperti kulit kering, gatal, bibir pecah-pecah, hingga sakit tenggorokan.


Untuk mengatasi masalah kulit keringnya SID, saya beri pelembab dan ia perlu minum cukup air. Selain itu, kami menggunakan humidifier di rumah. 

 

Manfaat Menggunakan Humidifier

 

FYI, humidifier merupakan alat yang membantu menjaga kelembapan udara. Cara kerjanya, uap air disemprotkan ke udara lewat corong uap (nozzle mist).


Saya tahu pertama kali ada alat canggih ini waktu berkunjung ke rumah kakak. Apa sih itu yang keluar asap tapi ditaruh di kamar? Wekekek … norak deh. Sebenarnya itu uap air, bukan asap. Kalau asap, kamarnya bau dong.


Humidifier memiliki banyak manfaat, lho. Berikut manfaat humidifier yaitu:

1. Mencegah iritasi saluran pernapasan.

2. Mencegah radang tenggorokan.

3. Melindungi mata dari iritasi.

4. Mencegah risiko kulit kering.


Di tengah kondisi pandemi seperti ini, kualitas udara bersih penting banget apalagi kegiatan lebih banyak di rumah. Humidifier diklaim bisa menjatuhkan partikel-partikel kecil seperti debu, kuman, bakteri, sampai virus supaya kualitas udara menjadi lebih baik.

 

Manfaat humidifier (dok. Dr. Brown's)


Fitur Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier


Aman untuk Anak-anak

Pertama kali menyalakan humidifier di rumah, anak-anak penasaran mau memegang uap air yang dihasilkan. Meskipun ini bukan untuk dimainkan, syukurlah kami menggunakan Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier. Tipe cool mist humidifier ini menghasilkan uap yang cool. Berbeda dengan warm mist humidifier yang uapnya hangat dan menggunakan pemanas. Alatnya berbahaya bila dipegang anak.


Sesuai namanya, humidifier Dr. Brown’s ini menggunakan gelombang ultrasonik untuk menyebarkan air dan mengubahnya menjadi uap air. Jenis ini cukup hemat energi dibanding humidifier yang menggunakan steam vaporizer.


Suara humidifier ini hening banget, lho. Awalnya saja waktu membalik tangki air akan ada suara air, blubblub …, akan tetapi setelah dinyalakan minim suara. Enggak bakal mengganggu kualitas tidur.

 

bagian humidifier

Tangki Besar dan Tahan Hingga 30 Jam


Humidifier dari Dr. Brown’s ini secara ukuran tangki besar, lho, yaitu 3,8 L. Lumayan juga mengangkatnya saat terisi penuh air. Akan tetapi, tangkinya ramping jadi hemat tempat bila diletakkan di meja.


Selain itu, kapasitas tangki yang besar membuat alat pelembab ruangan ini awet selama 30 jam nonstop. Mau seharian lebih menyalakan humidifier, bisa. Kalaupun airnya habis, ada auto shut-off. Aman, kan.

 

Nozzle Mist Dapat Diputar 360°


Humidifier akan mengeluarkan uap secara terus-menerus. Bila diarahkan ke satu tempat, misal dinding, maka dinding tersebut akan terlalu lembab dan uapnya membekas.


Berbeda dengan humidifier dari Dr. Brown’s yang corong uapnya bisa diputar 360° sehingga fleksibel mau mengarahkan uap ke arah mana. Jadi, saat dipindah dari ruang keluarga ke ruang tidur cukup menyesuaikan arah corong uap. Pastikan, ya, tidak mengarah ke dinding, stop kontak, atau peralatan rumah tangga untuk menghindari kerusakan karena kelembaban.

 

fitur Dr. Brown's Ultrasonic Cool Mist Humidifier

Digunakan dengan Essential Oil


Humidifier yang mengeluarkan uap air aja sepertinya kurang nampol, ya. Uapnya kan keluar, mengapa enggak sekalian mengeluarkan aroma?


That’s why saya suka banget fitur Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier yang bisa digunakan dengan essential oil. Setiap pembelian humidifier sudah termasuk 3 sumbu essential oil. Cukup teteskan 2-4 tetes essential oil (eo) atau aroma oil pada sumbu. Saat humidifier dinyalakan, keluarlah wangi eo.


Saya pakai essential oil untuk bantu tidur lebih nyenyak dan meredakan gejala flu serta batuk. Kebetulan SID sedang flu. Aroma eo yang keluar bersama uap air lebih melegakan pernapasan dan membuat rileks. 


Cara Memasang dan Menggunakan Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier


Ribet enggak sih merakitnya? Waktu unboxing masih belum tergambar bagaimana cara menggunakannya. Akan tetapi, saya ikuti step-by-step di buku petunjuk dan berhasil. Mudah banget, lho, cara memasang Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier, yaitu:

Langkah memasang humidifier


1. Lepas tutup tangki.

2. Isi tangki dengan air secukupnya.

3. Tutup kembali tangki lalu pasang pada wadah mesin. Tunggu sebentar, air akan naik. Ini lho yang mengeluarkan suara blub … blub ….


Langkah memasang humidifier

4. Jika mau pakai essential oil, pasang sumbu essential oil ke reservoir. Teteskan 2-4 tetes essential oil.

5. Pasang reservoir minyak essential ke tangki.

6. Pasang corong uap ke tangki.

7. Nyalakan humidifier dengan memutar tombol ke kanan. Sesuaikan level uap yang dihasilkan.


Lebih jelasnya silakan menyaksikan video ini, ya.


 

Setelah digunakan, buang sisa air di tangki. Kalau mau disimpan, tangki harus dalam keadaan bersih dan kering supaya tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri. Bersihkan saja dengan spons atau lap kering, tak perlu direndam. Cara merawatnya lengkap ada di buku petunjuk.

 

Eh tahu enggak, saya sempat bingung karena humidifier tidak berfungsi. Saya tunggu mana uapnya kok belum muncul. Apa butuh beberapa menit, ya? Saya lihat lampu indikator menyala merah padahal sebelumnya hijau kekuningan.


Rupanya lampu merah tersebut menandakan ada yang salah. Saya coba ulangi langkah memasang humidifier di atas. Air yang berada di wadah mesin dibuang lalu wadah dikeringkan dengan lap. Saya sampai DM ke Instagram @drbrownsindo untuk menanyakan hal ini. Alhamdulillah, humidifier berfungsi normal kembali.


Pengalaman memakai humidifier Dr.Brown’s ini membantu menjaga kualitas udara di rumah. Saya suka fitur-fiturnya seperti suaranya yang hening, kapasitasnya besar, serta dapat berfungsi sebagai diffuser untuk essential oil. Kelembaban udara di rumah terjaga, kulit kering pun dapat dicegah.


Tertarik menggunakan Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier?

 

Referensi:

Humidifier Ternyata Penting Ada di Rumah, Ini Faktanya. https://www.rumah.com/panduan-properti/humidifier-ternyata-penting-ada-di-rumah-ini-faktanya-17813. Diakses 8 Desember 2020.

50 comments on " Review Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier: Pelembab Udara Aman untuk Anak"
  1. Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier ini mantab jiwa bangeettt
    fungsinya sangat banyaaak ya.
    bermanfaat sekali untuk keluarga, apalagi buat yg punya anak kecil.
    duh, mupeengg deh punya humidifier ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak cocok buat ditaruh di ruang keluarga, nih.

      Delete
  2. Mbak, maaf lho saya katro mau nanya wkwkkk.. produk ini kalau ditambahkan EO kan bisa mengeluarkan wangi2 ya? apa bisa bantu ngurangi nyamuk juga? katanya nyamuk ga suka wewangian hoooo.. soalnya dirumahku selalu ada nyamuk meski cuma satu dua biji..pake lotion nyamuk ga terlalu nampol, kl pake obat nyamuk elektrik takut knp2 sih kl buat anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau gitu coba cari EO yang aromanya bisa mengusir nyamuk. Multifungsi ya mbak.

      Delete
  3. Selama di rumah saja, saya bekerja dalam ruangan yang menghidupkan ac lebih dari 13 jam. Tiap hari seperti itu, gak aneh ya kulit jadi kering. Yes emang jadi butuh penyegar dan pelembab udara seperti dari Dr Brown ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw itu lama banget kulit terpapar AC. Betul, mbak, coba pakai humidifier dari Dr. Brown's

      Delete
  4. Pendeknya, Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier ini untuk memperbaiki kualitas sirkulasi udara di sekitar kita serta mmbantu memperbaiki kerja saluran pernapasan ya.

    ReplyDelete
  5. Wah ini nih yang aku naksir produknya yang di IG mu ini ya. Hahhaa. Mantap nih mba bisa jadi pilihan juga.Kelembaban udara bisa terjaga maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ada di IG aku, hihi... gimana, udah checkout?

      Delete
  6. Saya punya humidifier di rumah, tetapi udah jadul banget. Pengen punya yang baru. Makanya lagi cari-cari. Langsung menimbang produk dr Browns setelah baca artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. humidifier yang ini bisa jadi diffuser juga, lho.

      Delete
  7. Dari kapan hari sudah ceki-ceki alat ini di Instagramnya, beneran deh humidifier ini dibutuhkan oleh anggota keluargaku apalagi aku yg susah tidur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi ... trus udah checkout apa belum, mbak?

      Delete
  8. Wah jadi pengen punya aku mba. Alatnya kayaknya bagus ya banyak manfaatnya. Kayaknya bagus juga buat aku yang punya asma biar udara di sekitar bersih. Apalagi kalau punya anak kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya mbak, baik juga untuk yang punya asma atau alergi debu.

      Delete
  9. Wah ... dengan adanya Dr. Browns bisa membantu menjaga kualitas udara di rumah. Saya juga suka fitur-fiturnya seperti suaranya yang hening, kapasitasnya besar dan dapat berfungsi sebagai diffuser untuk essential oil juga ya ...

    ReplyDelete
  10. Wah, bisa ditambah pakai essential oil ya. Ruangan jadi seger deh..

    ReplyDelete
  11. ultrasonic cool mist humidifier dari dr browns penolong banget saat situasi seperti sekarang ini, mana lagi musim pancaroba ya

    ReplyDelete
  12. Bener mba. Ac bikin kulit kering. Ngerasain banget setelah pake ac selama 3 bulan di rumah. Kulit anak aku yg 2 tahun aja ikutan kering. Huhu. Keknya aku butuh beli ini jg nih

    ReplyDelete
  13. wah asik ya mbak bisa buat diffuser untuk essential oil juga ini bisa membuat kelembaban udara di rumah terjaga, kulit bebas kering ya

    ReplyDelete
  14. wah selain melembabkan ruangan juga bisa untuk diffuser esential oil yang lagi hits yaaa...multifungsi nih produknya...

    ReplyDelete
  15. kayaknya untuk rumah yang di tengah padang cocok nih, kalo rumah yang ini alam desa nya masih kental banget, udara masih bagus.

    ReplyDelete
  16. Menarik nih mbak. Kami memang tidak menggunakan AC terus menerus sih. Paling cuma kalo tidur aja. Siang hari, ventilasi rumah sering terbuka jadi nggak pakai AC. Namun, bagus juga nih pakai alat ini. Bobo jadi nyenyak dengan aroma EO :)

    ReplyDelete
  17. Ternyata langkah pemasangan apa tuh yang salah mba sampai indikatornya jadi warna merah?
    Aku juga lagi suka banget nih pake EO dimasukkan ke difuser. Kalau humidifier ini sistem penguapannya beda ya

    ReplyDelete
  18. Saya juga pakai Dr Brown's Ultrasonic Cool Mist Humidifier ini. Bermanfaat banget pas musim kemarau kemarin membantu melembapkan udara yang kering. Sekarang di musim hujan membantu melembapkan kamar yang dingin. Apalagi di musim gini banyak penyakit ya, pakai tetesan EO bisa jadi purifier ruangan juga.

    ReplyDelete
  19. Wah bisa bertahan sampai 30 jam ya?
    Lumayan nih untuk menjaga kebersihan udara di ruangan kita khususnya di kamar anak ya.
    Cara memasang dan membersihkannya pun kyknya mudah.

    ReplyDelete
  20. Kemarin ditawarin sama suami beli humidifier, aku sok-sokan nolak.
    Baca review dari kak Helen, hatiku luluh...ingin rasanya punya humidifier juga.
    kalau untuk luasan, bisa untuk ruang keluarga gitu gak, kak Helen?

    ReplyDelete
  21. Ini nih kayaknya yang aku perluin. Buat anak-anak daya tahan tubuhnya bagus ya. Apalagi anakku ada yang asma. cool mmist humidifier kayak gini pasti melegakan ya. Cari ah, siapa tahu bisa buju bapaknya anak-anak untuk beli ini :D

    ReplyDelete
  22. Waah mauuu banget punya humidifer ini Mba Helen, kulit bisa tetap lembab ya karena memang kalau pake AC tu ga cuma kulit, mata juga rasanya kering gitu. bisa ditambah EO dan jadi diffuser pula. Juwara memang ya

    ReplyDelete
  23. Wah pas banget ke sini daku lagi cari semacam difuser ini untuk di rumah, yang lama sudah rusak, pengen beli baru, tapi nggak ada rekomen. Ku mau coba dr browns humidifier inilah. Menarik reviewnya.

    ReplyDelete
  24. Wah multifungsi nih..bisa jadi humidifier plus buat essensial oil juga bisa..dan cocok buat bikin udara segar bersih ya apalagi musim gini..

    ReplyDelete
  25. Wah jadi humidifier ini bisa bertahan sampai 30 jam ya?
    Lumayan nih untuk menjaga kebersihan udara di rumah ya. Biar gimanapun kita harus upayain Cara apapun utk jaga kesehatan ya

    ReplyDelete
  26. Aku kepo sebenarnya sama alat ini. Dapat penjelasan lengkap di sini. Jadi makin mantap untuk punya. Apalagi manfaat nya segudang untuk keluarga

    ReplyDelete
  27. Waah keren amat sih ini humidifier nya Dr Brown jadi pengen punya juga buat di kamarku

    ReplyDelete
  28. Wah bagus nih ya..jadi tidak perlu takut udara kering karena terus menerus pakai AC. Thx infonya mba..

    ReplyDelete
  29. Tertarik banget. Apalagi lihat fungsi dan manfaatnya ternyata banyak ya. Duh, jadi pengen make juga deh. Btw, harganya gimana kak? Ramah di kantong gak? Hehe

    ReplyDelete
  30. Kakakku pake ini Humidifier dari Dr. Brown’s.. masuk kamarnya kerasa lebih fresh, aja ya mba jadi kepingin beli deh biar ruangan rumah bener2 nyaman

    ReplyDelete
  31. Kalau pakai Humidifier ini udara ruangan jadi bersih ya mba berati bagus ya manfaatnya buat pernafasan kita anakku soalnya suka alergi bersin2 kalo udara kotor jadi pingin beli buat dipakai dirumah

    ReplyDelete
  32. Nah ini nih yang aku butuhin. Kapasitasnya gede jadi nggak repot bolak balik isi. Bisa seharian pasang terus. Harganya berapa mbak?

    ReplyDelete
  33. aku belum pernah nih mbak pake yang ginian. nanti coba aku survei2 lagi deh hihi. kali aja mamanya anak2 mau coba hehe

    ReplyDelete
  34. Nah ini produk yang lagi aku cari buat dirumah karena lagi ada bayi. Pengen punya juga yg merk dr browns. bisikin ya kalo lagi ada promo

    ReplyDelete
  35. aku perlu banget sih ini secara butuh udara yang lebih segar dan bersih.
    Terimakasih untuk reviewnya, bisa jadi pertimbangan

    ReplyDelete
  36. Lengkap banget, infonya. Jadi ngga gaptek lagi buat penggunaan per-humidifier-an lagi.

    ReplyDelete
  37. Wow mantul banget humidifier nya tahan 30 jam. Punyaku tahan 4 jam aja, telat banget bacanya tau gitu aku beli ini. Kerasa banget punya humidifier di rumah bikin rileks.

    ReplyDelete
  38. Di tengah kondisi kota Jakarta, penggunaan humidifier cukup bermanfaat untuk melembapkan udara dan menjaga kualitasnya lebih baik. Apalagi dengan kondisi Pandemi seperti saat ini mesti banget untuk lebih aware dengan kondisi lingkungan agar lebih sehat

    ReplyDelete
  39. masyallah manfaatnya banyak banget ya ternyata aku pikir buat kesejukan dan udara yang baik aja tapi lebih dari itu ya Mba. Semoga ada rejeki bisa punya aammiin

    ReplyDelete
  40. Dr. Brown’s Ultrasonic Cool Mist Humidifier ini mantab jiwa manfaatnya banyak banget yah

    ReplyDelete
  41. Aku suka banget pake produk Dr. Browns tp belum coba yang ini nih kayaknya bagus juga apalg bisa menambah kesan baik di rumah

    ReplyDelete
  42. Aku oengen banget loh punya ini karena suka banget bobo dengan aroma therapi. Coba pakai sari jahe, Helen. Buat anak susah bobo atau flu tuh nyaman banget

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,