Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Resep Kari Jepang Halal Pakai House Kari ala Jepang

Saturday, December 26, 2020
house kari ala jepang spicy
resep kari Jepang halal


Yes, saya berhasil memasak kari Jepang! Karena memasak sendiri, bahan-bahannya pilih yang halal dong. Alhamdulillah jadi juga kari Jepang halal untuk keluarga. Di sini ada resepnya untuk kamu coba di rumah, anti gagal dan mudah banget!

Kari Jepang Pedas

19 Desember 2020 lalu, saya nonton Instagram live @dapurkarialajepang yang bertajuk “Momderful, Wonderful Spicy Dish by House Kari Ala Jepang”. Di sana, Putri Habibie demo memasak curry taco memakai kari blok (curry roux) ala Jepang yang pedas. Berhubung nonton dari layar HP yang imut, enggak bisa langsung nengok pancinya dari dekat, saya kurang jelas melihat bagaimana prosesnya. Sekilas saja melihat kok gampang banget, ya, bahan-bahan tinggal dicemplungin lalu diaduk eh sudah jadi. Proses memasaknya sekitar 15 menit saja.


Andai ini acara demo memasak langsung, saya mau deh icip-icip curry taco-nya. Sayangnya masih daring jadi makin ngiler ingin makan kari Jepang tersebut.


Japanese curry menjadi salah satu makanan yang populer di Jepang. Kari Jepang biasa disajikan dengan nasi, udon, atau roti. Namun, Putri Habibie eksplorasi rasa dengan menggabungkan taco yang terkenal dari Meksiko dengan kari dari Jepang.


house kari ala jepang spicy
Momderful, Wonderful Spicy Dish by House Kari Ala Jepang

By the way, kari Jepang ini berbeda dari kari Indonesia ataupun India. Kari Indonesia, biasanya kari ayam, berwarna oranye kekuningan. Teksturnya pun encer. Kalau kari Jepang, berwarna cokelat dan bertekstur kental. Rasanya mengingatkan saya akan kari India tetapi rempah-rempahnya lebih kalem alias tidak sebanyak rempah pada kari India. Rasa pedas dari lada dominan terasa pada kari Jepang.

 

Resep Curry Taco dengan Kari Jepang Halal


Kurang afdhol, ya, setelah menonton IG live tadi kalau tidak mencoba memasak sendiri. Oke, inilah resep curry taco a la saya:


Resep Curry Taco

Bahan-bahan:

  • 500ml Air/air kaldu
  • 150g Daging sapi (dapat diganti daging ayam/ikan)
  • 1 buah Wortel, potong kecil
  • 1  buah Bawang Bombay, potong kecil
  • 1 Selada, iris secukupnya
  • 2 blok saus padat/curry roux House Kari ala Jepang Spicy
  • Taco shell/soft taco/roti tawar
  • Minyak goreng secukupnya


house kari ala jepang spicy
bahan membuat curry taco


 

house kari ala jepang spicy
cara membuat bumbu kari Jepang

Cara membuat:

1. Tumis wortel dan bawang Bombay hingga harum.

2. Masukkan daging, masak hingga kecokelatan.

3. Tuang air dan aduk hingga mendidih.

4. Matikan api lalu masukkan kari blok, aduk hingga larut dan mengental.

5. Sajikan dengan roti tawar dan selada.

 

house kari ala jepang spicy
Japanese curry taco

Resep tacos curry ini sudah saya modifikasi pakai bahan-bahan yang ada di rumah. Contohnya, taco shell saya ganti dengan roti tawar yang dipipihkan supaya lebih padat. Saya pipihkan dengan gelas karena tidak punya rolling pin, hehe.


Daging sapi juga dapat direbus terlebih dahulu supaya empuk. Air rebusannya menjadi air kaldu untuk bahan curry taco.


Ukuran air bisa menyesuaikan, mau saus kari yang kental atau encer. Saya mencoba recook 2x dengan takaran air yang berbeda. Selera saya lebih suka saus kari Jepang yang kental, cocok jadi dipping sauce.


Oh ya, hasil masakan kari Jepang ini tidak hanya saya sajikan dengan roti. Berhubung masih sisa banyak, saya makan dengan nasi hangat. Sedapnya! Komplet pula ada daging dan sayuran.

 

House Kari ala Jepang Bumbu Praktis Kari Jepang Halal


Memasak resep curry taco di atas, saya gunakan bumbu praktis kari Jepang “House Kari ala Jepang” yang spicy. Bumbu kari Jepang ini sudah mendapat sertifikasi halal MUI, lho, jadi enggak khawatir memasak kari Jepang sendiri karena sudah halal.


House Kari ala Jepang tersedia dalam dua varian, original dan spicy. Satu kotak House Kari ala Jepang spicy dengan berat bersih 300g bisa untuk 16 porsi dan terdiri dari 8 roux kari. Berhubung ini pertama kalinya saya memasak dengan roux kari jadi agak norak waktu membuka kemasan House Kari. Oh, bentuknya seperti kepingan besar cokelat tapi rasanya pedas dan beraroma khas kari.


“Roux kari adalah campuran tepung, lemak dan minyak, bubuk kari, bumbu, dll. yang dipanaskan secara menyeluruh, kemudian dikeringkan lalu dibentuk menjadi blok padat atau serpihan.”


House Kari sudah ada di Indonesia sejak 2016, lho. Awalnya masuk melalui restoran, hotel, dan katering. Sekarang, dengan kemasan kecil seperti ini kita jadi lebih mudah memasak kari sendiri di rumah.


Takahiro Kuramochi selaku President Director PT House and Vox Indonesia mengutarakan bahwa “Rasa kari Jepang sangat enak dan disukai banyak orang, khususnya bagi orang Indonesia. Karena kami tahu bahwa Indonesia memiliki ragam menu yang variatif, kaya rempah dan gurih seperti kari yang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.”


house kari ala jepang spicy
House Kari ala Jepang Original dan Spicy (dok. House Kari)

Saat Instagram Live di @dapurkarialajepang banyak yang bertanya mengenai cara penggunaan dan penyimpanan House Kari. Riani selaku perwakilan PT. House & Vox Indonesia menjelaskan:

  • Kari saus padat ini dapat dimasak di air mendidih atau air rebusan tetapi tidak untuk dilelehkan di microwave.
  • Setelah dibuka, House Kari dapat disimpan di lemari es (chiller) dengan diletakkan dalam wadah kedap udara atau dibungkus pembungkus plastik. Sebaiknya segera habiskan dalam waktu tidak lebih dari tiga bulan setelah dibuka.
  • Bila permukaan roux kari berubah putih setelah dibuka itu wajar dan masih bisa digunakan. Bercak putih tersebut karena lemak dan minyak dalam roux kari mulai meleleh di tempat panas lalu saat disimpan di lemari es akan menjadi mengeras hingga permukaannya tampak putih.


Gara-gara House Kari, memasak kari Jepang pedas semakin mudah di rumah. Buat kamu yang mau recook resep kari Jepang di atas, dapatkan House Kari ala Jepang spicy di supermarket atau e-commerce dengan harga sekitar 50ribu-an. Jangan lupa tag saya dan @dapurkarialajepang, ya, kalau masakannya sudah jadi. Happy cooking!

48 comments on " Resep Kari Jepang Halal Pakai House Kari ala Jepang "
  1. Aku senang sekali ada ini
    Setidaknya ada penghiburan buat aku dan anak anak yang sudah 11 bulan ga ke rumah mertua padahal cuma 2 jam dari Surabaya
    Hiks, naik kereta itu bikin maju mundur bawa bayi soalnya

    Karinya enak. Salfa suka banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi resep andalan yaa buat keluarga. Anakku juga suka lho

      Delete
  2. Kreatif ituu saat ga ada rolling buat nipisin, masih ada gelas yaa. JAman dulu emang mamaku juga suka pake gelas hihi, ampe sekarang.
    Ahh, kaka olip pasti suka sama yang pedes2 gini, ahh House Kari ala Jepang spicy makin asik menemani di rumah aja yaa. Mo nyarii ahh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. weheheh pakai kecanggihan teknologi bernama gelas yaa mbak

      Delete
  3. Saya jadi tertawa sendiri. Ingat pengalaman di runh majikan dulu. Ketika mau masak kari, sama pakai kari bumbu dari Jepang gitu. Kotak kotak. Saya pikir ini gula merah, atau cokelat, blm tahu apa.
    Baru setelah nenek datang, diajarkan masak. Hehehe, malu sendiri. Pas pulang ke kampung halaman, majikan yg pramugari terbang ke Jepang pulangnya disuruh bawa lari ini. Dimasak deh di kampung, apa coba kata keluarga saya?
    Enakan bumbu tauco, katanya. Hahaha
    Dasar lidah Cianjuran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa seperti cokelat ya Teh tapi aromanya kari.
      wakaka tauco tiada duanya :)) ya sesekali buat variasi bikin kari Jepang. Menurutku sama enaknya, doyanan hehe

      Delete
  4. hmm kebayang crunchy bawang bombaynya, terus currynya yang legit banget, kalau suka pedas bisa tambahin bubuk cabe deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku cukup begini aja, ga pakai bubuk cabe udah kepedesan.

      Delete
  5. Yeayy, jadi ada inspirasi masakan pas pergantian tahun!
    Segampil itu ya mbaaa bikin makanan kari jepang.
    anakku juga pasti demen nih
    mau coba juga ahhh

    ReplyDelete
  6. Hmmm, tampak sangat lezaat.. Izin simpan resepnya ya mbaa..

    ReplyDelete
  7. ini beli bahan sausnya ya mba karinya? anakku suka bgt kari, jadi pengen coba pake house kari deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap betul saus karinya aja mbak trus pakai bahan daging sayur yang ada di rumah, deh

      Delete
  8. Penasaran juga jadinya sama house of kari ini, udah 4 post yg sy baca ttg ini, pesen online di marketplace udah ada kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada dong, mba
      worth to try! selamat berkreasi!

      Delete
  9. Aku belum pernah makan kari ala Jepang, jadi pengin nih. kebayang dipadu sama roti tawar isi selaa dan daging, duh..., yummmy. Bisa jadi menu pas keluarga pada kumpul nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jangan ketinggalan Mba Tite
      Cuss order House Kari trus berkreasi di rumah

      Delete
  10. wah menunya menarik ini roti tapi dalamnya beef dengan saus kari yaa.. menarik dan kayaknya enak banget yaa rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Mba, enak dan sausnya kental jadi berasa banget deh rasa karinya.

      Delete
  11. Wow lezat banget kelihatannya...jadi pengen nyobain masak ala Jepang. Sepertinya masakan ini bisa deh dijadikan sarapan pagi...pengganti nasi ya...cuss deh mau beli bumbu kari ala Jepang ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak, jadi kepikiran mau buat lagi deh sarapan kari Jepang. hehehe

      Delete
  12. Masak kari yang kental jadi lebih praktis dan mudah yaa.. Dengan menggunakan House Kari ala Jepang.
    Coba-coba aah....karena aku aliran mamak gak bisa masak, hihii...kalau pakai bumbu praktis House Kari, pasti jadi lebih endeeuuss~

    ReplyDelete
  13. Sesuai harga sama rasanya. Enak banget house kari ala Jepang. Nendang pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah Mpo udah coba juga ya masak pakai House Kari ala Jepang

      Delete
  14. Wah mantaps, jadi pengen bikin juga karena jadi keingetan sudah lama ga makan menu Jepang nih ada house kari ala Jepang bikin makanan kita semakin rasa Jepang ya..

    ReplyDelete
  15. Aku liat tampilan makananya kok jadi pengen buat lagi mba. Hahaha. Aku udah nyoba soalnya bikin kari ini. Suka euy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku udah masak 3x, House Kari masih ada nih buat sekali masak lagi. Enaaak!

      Delete
  16. Buat yang jinjit di dapur, menggunakan bumbu instan kari yang uda terjamin enaknya gini, idaman banget.
    Aku juga pengen coba untuk menu makanan di rumah, hihii...maklum, uda muter dan bali ke menu itu lagi...itu lagi.
    Heuhue~

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah cobain mba Len semoga anak-anak suka yaa dengan kari Jepang.

      Delete
  17. Yeay enaknya MAk Sid bisa masak kari keliatannya juga gampil ya masak sendiri mah..tapi ga tau nih keluarga di rumah doyan apoa ga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa alhamdulillah ga nyangka ternyata aku bisa :))

      Delete
  18. waa menarik banget iniii, jadi bisa makan maakanan khas jepang di rumah aja hihihi, praktis dan mudah jadinya yaa, mau cobain juga aah penasaran banget dari kemaren kemaren

    ReplyDelete
  19. Wah kayaknya kreasi karinya bisa dicontek nih, anakku suka banget makan sama roti isi gtu.
    Biasanya kami taunya masak yang ala kari Jepang disajikan dalam mangkok itu aja. TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pakai roti, taco, mie, atau nasi hangat. Karinya emang enak, sih!

      Delete
  20. Jadi tau rasanya Kari Jepang mbak. Suka banget, masaknya juga mudah. Kalau biasanya masak kari pakai santan, bumbu House Kari Jepang ini udah otomatis kental padahal cuma dikasih air aja.

    Kemarin saya makannya pakai roti tawar. Boleh dicoba pakai taco, penasaran saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh iyaa kari Jepang beda dengan kari Indonesia, ga pakai santan

      Delete
  21. Ahseeegg... jadi bisa ikutan masak kari ala Jepang nih di rumah. Nggak perlu pergi ke resto untuk menikmati sedapnya kari Jepang. Cuzz ah bikin juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak, lebih hemat buat sekeluarga. Heheh

      Delete
  22. Hiks aku tuh belum pernah coba kari jepang dan banyak berseliweran di medsos bikin pengen masak Kari Jepang wkwkwk. Helena suka ga sama citra rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukaaa mbak Eni. Soalnya pedesnya itu pedes lada, lebih cocok di lidahku

      Delete
  23. Ini gampang banget masaknya ya. Ternyata segampang Itu memang kalau masak pakai House Kari ala Jepang. Untung aku sedia juga di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh Mba Leyla pakai House Kari juga ya. Asik dong masak makin gampang.

      Delete
  24. Wahhh, jadi makin praktis ya mba kalau mau cobain makan kari ala ala Jepang gitu. Enggak butuh waktu lama, tinggal panaskan bumbu, tambahkan sayur dan berikan sentuhan yg berbeda biar lebih kece pas makannya kayak tacos gini. Ahhh, jadi mupeng buat cobain kan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain deh Mba Ludy, enak loh makan kari Jepang halal.

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,