Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Bayi Rewel? Coba Cara Ini untuk Menjaga Mood Si Kecil

Friday, December 18, 2020

Bingung deh kalau bayi rewel. Merengek terus, susah tidur, enggak mau minum susu, minta gendong melulu. Huhu … harus bagaimana ya? Bayi belum bisa ngomong, sih, jadi saya belum tahu apa yang ia mau. Buat menjaga mood anak bayi, saya mendapat tips mudah yang bisa dicoba. Simak ya!


mood bayi


Mengapa Bayi Rewel?


Bayi rewel seperti menangis terus-menerus merupakan cara komunikasi bayi. Iya, dong, kan belum bisa berbicara. Sebagai orang tua, saya belajar memahami “kode” tangisan bayi supaya dapat merespon dengan tepat. Berdasarkan pengalaman selama ini mengurus baby Uno, biasanya bayi rewel saat:


1. Tidak nyaman seperti berada di lingkungan baru, popoknya penuh, BAB di popok sehingga rishi, atau kepanasan.

2. Lapar/haus sehingga bayi minta menyusu atau makan.

3. Mengantuk. Saat ia mengantuk jadi lebih rewel karena minta menyusu.

4. Susah tidur. Ketika baby Uno menikmati tidurnya, eh kakak membuka pintu dengan suara keras. Bayi jadi terbangun karena kaget. Setelah itu ia masih mengantuk tetapi susah tidur. Jadinya lebih rewel, deh.

5. Capek seperti saat kami berlibur ke rumah nenek dengan naik mobil. Perjalanan panjang membuat baby Uno kelelahan dan rewel.


Saat bayi mulai rewel, merengek bahkan menangis kencang, orang tua atau care giver perlu segera merespon. Jujur ya, kadang saya merasa lelah mau istirahat eh kok si bayi minta perhatian. Kalau dibiarkan rewel, kasihan juga, kan. Nanti dia merasa diabaikan.

Well, kadang keluar juga kata-kata, “Aduh, Dik, kenapa lagi?”. Huhu … maaf ya keceplosan. Saya perlu belajar lebih sabar dan merespon dengan sentuhan lembut serta nada bicara yang halus pada bayi.

 
Sentuhan pada Bayi Bantu Perkembangan Otak dan Emosionalnya


Mengapa perlu memberi sentuhan lembut pada bayi? Gentle touch merupakan bentuk kasih sayang bagi bayi. Selain itu, sentuhan memiliki dampak yang luar biasa, lho, bagi perkembangan bayi.

cussons baby powder baru
Profesor Francis McGlone dan Dr. Haryono Hartono, Ph.D. (dok. PZ Cussons)


Profesor Francis McGlone, Professor of Neuroscience, Liverpool JM University, UK menyebutkan bahwa sentuhan lembut pada bayi bagus untuk perkembangan otak maupun emosionalnya. Sentuhan tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga meregulasi stress. Wow, rupanya efek sentuhan dapat menurunkan hormon cortisol yang diketahui dapat menurunkan imunitas tubuh.


Profesor McGlone juga menjelaskan efek jangka panjang sentuhan dapat mempengaruhi sistem genetis pada otak bayi, sehingga ia dapat lebih mengendalikan stres di berbagai tahap pertumbuhan selanjutnya.


Penelitian menunjukkan Neurofibre yang ada di seluruh tubuh manusia akan lebih merespon secara optimal sentuhan yang lembut dan penuh kasih sayang. Neurofibre ini banyak terdapat pada wajah, area perut, dan juga belakang kepala. Ah … pantas saja baby Uno nampak bahagia bila diusap kepalanya.


Sentuhan lembut pada bayi tentunya perlu dilakukan secara kontinyu dan dibarengi dengan pemberian gizi seimbang untuk tumbuh kembang optimal.


Dokter Spesialis Anak dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A mengiyakan pernyataan di atas. Sentuhan dengan ibunya atau care giver memiliki banyak manfaat pada perkembangan emosi, sosial, kualitas tidur, menurunkan kejadian kolik, dan juga mempererat bonding ibu dengan bayi. Tak hanya bayi yang mendapat manfaatnya. Orang tua pun mendapat manfaat berupa meregulasi stres.

 

bedak bayi terbaik
Virtual Launching Cussons Baby Powder (dok. PZ Cussons)


Perpaduan Sentuhan dan Aroma untuk Menjaga Mood Bayi dengan Cussons Baby Powder


Kulit bayi terasa lembut, ya. Senang deh menyentuh kulit baby Uno apalagi bayi setelah pakai bedak. Wah, makin lembut, dong.


Kalau bedaknya enggak hanya membuat sentuhan lembut tetapi memiliki aroma yang dapat membuat happy, love, and relax, gimana? Selasa, 15 Desember 2020 lalu saya hadir dalam Virtual Launching Cussons Baby Powder baru dengan inovasi Moodscent™. Cussons Baby Powder memiliki 3 varian baru, yaitu:

  • Sakura yang menghadirkan mood LOVE, membantu bayi merasakan sentuhan penuh cinta. Wanginya soft banget, nih.
  • Vanilla yang menghadirkan mood RELAX, membantu bayi merasa lebih nyaman. Wanginya khas bedak bayi Cussons Baby.
  • Berries yang menghadirkan mood JOY, membantu bayi lebih ceria. Wanginya seperti permen!

mengapa bayi rewel
Cussons Baby Powder dengan 3 varian baru


Dr. Haryono Hartono, PhD, Head of Research and Development, APAC PZ Cussons, menjelaskan Moodscent™ adalah pengembangan teknologi dengan wewangian tertentu yang membantu meningkatkan emosi positif saat digunakan serta membantu mempererat ikatan bayi dan orang tua. Produk terbaru dari Cussons Baby ini telah sesuai standar International Fragrance Association (IFRA).


Rahma Anna Setyani, Head of Marketing Cussons Baby and Cussons Kids, menambahkan sentuhan khas a la Cussons Baby ini membantu membuat bayi merasa dicintai. Dalam jangka panjang bayi akan memiliki rasa percaya diri dan perkembangan intelektual maupun emosionalnya cukup baik.

 

Cara Menggunakan Bedak Bayi yang Benar


Enggak apa, nih, pakai bedak bayi? Khawatir terhirup bayi, lho!


Dr. Haryono memberikan tips untuk menggunakan bedak bayi yang benar yaitu:

  • Tuang bedak bayi di tangan, jauhkan dari jangkauan bayi.
  • Usapkan bedak pada badan bayi seperti pada lipatan tangan, kaki, atau punggung.
  • Hindari daerah genital dan wajah.


Siang itu, ibu sekaligus aktris Yuanita Christiani berbagi pengalaman menggunakan Cussons Baby Powder baru. Sebagai new mom, Yuanita berpikir bagaimana supaya bayi tetap happy, mudah makan, enggak rewel saat dimandikan, dan tidurnya juga mudah. Setelah mandi atau berganti popok, ia berikan Cussons Baby Powder pada Ariella. Anaknya nampak ceria dan bagi Yuanita, menjaga mood anak dapat meringankan perannya sebagai ibu.


agar bayi tidak rewel
Yuanita dan Ariella menggunakan Cussons Baby Powder (dok. Cussons Baby)

Mendengar cerita Yuanita, saya jadi ingin memberikan Cussons Baby Powder baru dengan inovasi Moodscent™ ke baby Uno supaya aroma tubuhnya makin wangi dan segar. Bakal makin sering peluk dan usap anak bayi, nih. Apalagi setelah tahu manfaat sentuhan lembut yang begitu bermakna untuk mendukung perkembangan otak maupun emosional bayi. Semoga mood bayi terjaga, enggak rewel lagi.

Hmm, mau coba Cussons Baby Powder yang love, relax, atau joy?

33 comments on " Bayi Rewel? Coba Cara Ini untuk Menjaga Mood Si Kecil"
  1. paling suka wangi bayi abis mandi trus dibedakin, aku paling suka cusson yang ungu sekarang, anakku pake wanginya enak bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa aku juga suka yang ungu, mix berries seperti permen. Jadi mau cium-cium anak bayi terus.

      Delete
  2. Ternyata dampak sentuhan orangtua ke bayi begitu besar, hingga membantu perkembangan otak dan emosinya ya. Harus rajin-rajin sentuh dan pijat si anak bayi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak, abis webinar bareng cussons baby ini aku makin sering ngajak main bayiku

      Delete
  3. Waaahh Cusson!
    Wanginya seger banget tuh, kayaknya udah jadi baby powder sejuta umat banget nih, saking wanginya bikin pengen nyiumin bayi mulu.

    Baby powder memang bikin bayi jadi lebih nyaman ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaa cussons baby powder jadi bedak sejuta bayi! anak pertamaku dapat kado cussons baby banyak banget sampai ga pernah beli bedak. *LOL

      Delete
  4. Sebagai ibu kita memang harus bisa memahami arti kata dari tangisan baby ya. Rewelnya baby itu ada banyam sekali penyebabnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak, somehow aku tuh bisa ngerti kalau model nangisnya A berarti ngantuk, nangisnya B berarti lapar. Hihi...

      Delete
  5. Ini mah bedak dari zaman dulu paling terkenal ya. Kayaknya turun temurun. Paling enak nyimum wanginya anak kalau udah pakai bedak pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaak enak ya. Eh cobain deh Mbak Tri. Wangi barunya ini beda dari yang dulu. Aku paling suka berries, seperti permen!

      Delete
  6. nahh semalem bayi ku juga rewel, aku pijet alhamdulillah ga rewel lagi. aku baru tau powder dari cussons bisa jaga mood bayi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sentuhan lembut Ibu bisa lewat pijat juga. Bayiku lebih suka ku pijat sendiri daripada ke spa bayi

      Delete
  7. biasanya yang aku perhatikan ketika cuaca panas, dan pakaian yang dipakai si baby nggak dapat menyerap keringat dengan baik, jadinya si bayi gerah dan auto rewel
    wahhh aku paling suka ciumin baby baby kalau baru dipakein bedak, wangii soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bener itu that's why pakaian bayi harus yg nyaman dan lembut supaya dia ga cranky

      Delete
  8. Aku baru tau mood bayi itu bisa dijaga lewat wewangian ya, kayak orang dewasa aja ternyata. Mood scents dari baby powder ini inovatif bgt utk ngejaga mood bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mba, lucu yah. Mood kita kan juga dipengaruhi wewangian.

      Delete
  9. Hihi iyaa beberapa tahun terakhir marak info bedak bayi ngga aman dan dianjurkan ngga dipakai. Ternyata boleh aja dipakai asal tahu caranya ya Mbak.

    ReplyDelete
  10. Jadi inget ponakanku yang kena biang keringet sampe ke mukanya huhu kasian. Kayaknya harus coba pakai Cussons Baby Powder ya biar mood-nya tenang.

    ReplyDelete
  11. bayi rewel itu bisa banyak sebab ya.. dan peran orang tua disini sangat penting banget untuk mengetahui apa saja penyebab bayi rewel, harus cari solusi bukan malah tambah stres hehe mood bayi harus banget juga di jaga.. bayi kan juga manusia butuh dimengerti

    ReplyDelete
  12. Anak2 ternyata sensi sama bau yaaa :D
    AKu dulu pas anak bayi juga setia pakai cusson, kyknya yang varian baru ini makin oke deh. Mau kasi rekomen ah ke adikku buat bedak si ponakan kecilku :D

    ReplyDelete
  13. Aku biasanya pake produk Z.. tp boleh deh next cobain cussonn heheh tfs mbaa

    ReplyDelete
  14. Wah Cussons punya variasi wangi baru ya? Aku penasaran dengan wangi yg sakura dan vanilla deh, apa wangi barunya ada di produk lain seperti baby oil?

    ReplyDelete
  15. Keren ya teknologinya Cussons sekarang ada scent yang bisa membantu babies jadi lebih nyaman dan moodnya oke hihi, kalo soal nangis kan emang bahasanya or cara komunikasinya bayi gitu ya hihi

    ReplyDelete
  16. Ternyata memahami bayi rewel pada praktiknya susah-susah gampang ya wkwkwk. Padahal, yang harus dicari tahu pertama kali tentang apa yang membuat si kecil enggak nyaman. Dan, ternyata banyak juga catatannya. Wah, ilmu banget deh nih pembahasannya. Ditambah, ada yg seger-seger dari Cusson, jadi makin nempel aja nih sama si kecil hehe

    ReplyDelete
  17. Wanginya bedak bayi cussons ini memang enak loh, aku aja suka banget, apalagi bayi yang sambil di usap ke kulit jadi makin nyaman ya.

    ReplyDelete
  18. mba mba, ini bedak aku waktu kuliah tau mba. Dan sekarang dipakai anak ku hihihi, suka sama aromanya itu loh.

    ReplyDelete
  19. Bayi rewel memang kadang membuat bingung ya mbak, kalau aku pribadi biasanya menenangkannya dengan dipeluk dulu dan cara ini kadang ampuh

    ReplyDelete
  20. waah baru tahu ada inovasi terbaru dari Cussons baby ya yang emang dari dulu udah jelas produknnya, wanginya juga bikin segar.
    dan sekarang bisa buat mood bayi jadi lebih terjaga ya Mbak dengan mengusapkan bedak Cussons baby Moodscent ini ya :)

    ReplyDelete
  21. ooh wajah malah gak boleh dibedakin ya? Soalnya aku sering bgt liat bayi dibedakin menor gitu haha.. lucu sih tapi aku baru tau lho, muka bayi ga bole dibedakin. Malah justru lipatan badan ya dibedakin.. suka bau acem sih emang di area lipetan wkwkwk

    ReplyDelete
  22. Ya ampun, bedak baby legendaris­čśé­čśé. Wanginya enak banget, seger. Ini sering banget kupake kalo pas kulit gatel-gatel.

    ReplyDelete
  23. Aku tim ga pakein bedak ke anak sih mba, soalnya anakku gampang keringetan dan takutnya jdi lengket gitu..

    ReplyDelete
  24. Wah makin ok banget nih ada varian baru, suka sama wangi bedak bayi yang soft. Btw aku baru tau ternyata gak boleh ya pakai bedak bayi di area wajah.

    ReplyDelete
  25. Saat baby, duoK pengguna Cussons juga nih. Untuk baby powdernya sudah coba semua varian. Paling suka yang ungu hehe. Paling sering dipakai juga saat mereka mau tidur.
    Kadang aku ikutan pakai haha

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,