Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

5 Situs yang Mendukung Kinerja Blogger

Wednesday, December 16, 2020

Domain authority? Page authority? Analytics? whoaaa ... makhluk apa itu? Kudu ngapain ketika ditanya DA PA dan semacamnya tadi? Hehe ... santuy! Di sini terangkum situs yang mendukung kinerja blogger. Kenalan, yuk!


Ketika Nge-blog Banyak Maunya

Nge-blog itu asyik, ketik lalu tayangkan. Iya, dulu saya begitu. Akan tetapi, saat mulai belajar mengoptimasi blog, saya berkenalan dengan berbagai istilah asing seperti DA, PA, GA, GSC, dan lain sebagainya. Huhu ... mengapa nge-blog menjadi ribet?


Sebagai blogger yang banyak maunya seperti mau dapat penghasilan dari nge-blog, mau artikel muncul di page one, dan mau banyak pembaca mampir ke blog, maka blogger perlu memahami blognya. Dengan menggunakan powerful tools berikut ini, aktivitas blogger menjadi lebih mudah.



Situs yang Mendukung Kinerja Blogger


1. Domain Authority dan Page Authority 


Domain Authority alias DA dan Page Authority alias PA seringkali ditanyakan oleh calon pemberi kerja. DA/PA ini menjadi tolok ukur seberapa dipercaya suatu blog/situs, seberapa bermanfaat kontennya sehingga sering dijadikan referensi. Semakin tinggi nilainya berarti semakin baik (dalam range 0-100).


Klien yang meminta data DA/PA umumnya untuk menanam backlink situsnya ke blognya si blogger sehingga ia mencari DA/PA yang tinggi. Semakin tinggi DA, semakin tinggi pula fee-nya.


Buat yang sudah Top Level Domain (TLD), cari tahu domain authority dan page authority di https://moz.com/domain-analysis. Jika masih menggunakan blog gratisan seperti ghi.blogspot.com atau jkl.wordpress.com, DA yang tampil adalah milik si blogspot atau wordpress.


Upgrade ke TLD dengan beli domain di sini*.


2. Google Analytics


Berapa kali suatu artikel di blog dibaca? Berapa lama membacanya? Tahu artikel tersebut darimana, langsung ke blog atau media sosial? Lebih banyak mana, pembaca laki-laki atau perempuan? Usianya berapa? 


Semuanya bisa dilihat di Google Analytics! Ngeri juga nih Google bisa tahu hal detail seperti itu tapi jadi enak lho karena blogger bisa menentukan topik yang menarik untuk ditulis. Blogger juga bisa meninjau apakah target pembaca sudah sesuai dengan pembaca yang masuk. Selain itu, klien biasanya minta data pageview/trafik bulanan maupun suatu artikel.


GA alias Google Analytics bisa dipelajari di https://analytics.google.com/. Perlu daftarkan blog terlebih dahulu ya sebelum bisa membaca data di sana.


Baca juga: 5 Kesalahan Blogger Pemula


3. Google Search Console


Selain Google Analytics, kita kenalan dengan Google Search Console alias GSC. Jika GA isinya menunjukkan trafik pembaca dari berbagai channel, GSC khusus trafik dari mesin pencarian Google.


"Search Console tools and reports help you measure your site's Search traffic and performance, fix issues, and make your site shine in Google Search results." -situs GSC

 

GSC menunjukkan kata kunci apa yang dipakai pembaca hingga masuk ke blog kita, peringkat suatu artikel di blog dibanding pesaing, artikel mana yang error (tidak dapat diakses), dan tips mengelola blog supaya makin bersinar di kancah mesin pencarian Google.


Pada Google Search Console bagian "Performance" terdapat istilah "total clicks" dan "total impressions". Total Impression menunjukkan berapa kali artikel di blog muncul dalam mesin pencarian sedangkan Total Clicks menunjukkan berapa kali artikel yang muncul tadi di-klik pembaca.


Average CTR artinya Total Clicks dibagi Total Impressions. Nilai rata-ratanya 4%. Menurut salah satu pakar SEO dalam webinar (maaf lupa namanya), kalau CTR bisa 7% ke atas berarti bagus.


Google Search Console dapat diakses di https://search.google.com. Perlu daftarkan blog terlebih dahulu, ya, untuk menikmati fiturnya.


4. Plagiarism Checker


Mendapatkan tawaran pekerjaan berupa content placement nampaknya mudah. Artikel telah disediakan klien, blogger cukup copy-paste ke blog lalu tayangkan. 


Eits, sebelum itu perlu cek apakah artikel tersebut bukan plagiat. Jangan sampai artikel yang dikirim sudah tayang di situs lain lalu diminta tayang di blog kita. Wah, bisa-bisa kita yang kena dicap plagiat.


Untuk mengecek keorisinilan suatu artikel, pakai plagiarism checker di  https://smallseotools.com/plagiarism-checker/. Jika 80% lebih unik maka insya Allah aman.


5. Test My Site - Google


Dewasa ini, pembaca lebih banyak mengakses blog melalui smartphone. Oleh karena itu, penting banget membuat tampilan blog yang mobile-friendly.


Seberapa mobile-friendly blog dapat diketahui melalui https://www.thinkwithgoogle.com/feature/testmysite/. Di sini Google akan memberi "rapor" blog beserta tips untuk memperbaikinya.


Baca juga: SEO Sederhana untuk Blogger


Itulah 5 situs yang sering saya pakai untuk mendukung kinerja blogger. Kalau kamu punya referensi situs lain, boleh lho bagikan di kolom komentar. Insya Allah akan saya tambahkan daftar di atas supaya makin lengkap.



*tautan ini terdapat link afiliasi. Saya akan mendapat komisi bila ada penjualan.






1 comment on "5 Situs yang Mendukung Kinerja Blogger"

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,