Top Social

Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

SEO Sederhana Supaya Blog Muncul di Halaman Pertama Google

Monday, December 11, 2017
Awal nge-blog bagi saya itu sebagai penyaluran uneg-uneg sekalian curhat. Yang penting menulis apa yang ada di pikiran. Saya ga memikirkan ada yang mau baca tulisan saya atau tidak. Namun, lama-kelamaan ingin juga tulisan saya muncul di halaman pertama Google supaya semakin banyak yang membaca, semakin banyak pula yang mendapat manfaat. *Aamiin. Katanya sih harus pakai SEO supaya blog muncul di halaman pertama Google. Apa tuh? Bagaimana langkahnya? Ini hasil oleh-oleh belajar SEO bersama CNI dan Komunitas ISB.
SEO sederhana supaya blog muncul di halaman pertama Google dan tips content writing



Ditemani hujan di siang bolong, kemarin (10/12) saya menuju Burger King, Plaza Festival, Jakarta. Meski hujan, semangat tetap membara karena ingin menimba ilmu penting. Di sana, sekitar dua puluhan member Indonesian Social Blogpreneur (ISB) sudah siap mengikuti CNI Blog Gathering dengan tema Content Writer & Content Marketing Edisi 2.

SEO & SEM untuk Optimasi Blog

Pernah membaca syarat lomba semacam “30 artikel pertama yang muncul di halaman pertama Google akan masuk ke babak final.”? Setiap melihat syarat lomba seperti ini, saya ga berani ikut. Saya ga paham bagaimana cara menulis supaya bisa cepat nangkring di page one Google. Ada artikel helenamantra.com yang ter-index di Google aja, saya udah bahagia.

“Supaya blog/website bisa muncul di halaman pertama Google, ada dua cara yaitu SEO dan SEM.”, ujar Niko Riansyah, CNI Digital Marketing Specialist.

Secara singkat, SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara organik dan gratis. Hasil pencarian muncul berdasar rangking website, kualitas konten, dan update konten. Sedangkan SEM atau Search Engine Marketing berupa iklan berbayar seperti Adwords, Google Display Network, Bing Ads, dll. Antara berbayar atau gratis, saya fokus di gratisnya dulu aja deh. Hehehe.

Beberapa SEO yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Mobile-friendly
Sekarang ini netizen cenderung mengakses internet menggunakan smartphone. Untuk itu website atau blog perlu dibuat ramah seluler (mobile-friendly). Menurutmu, apakah blog ini sudah nyaman dibaca lewat smartphone? Hurufnya ga kekecilan, kan?

2.  SEO On-page
Langkah SEO ini dilakukan di dalam blog dengan memperbaiki isi dan tampilan blog, seperti:
  • Struktur website: struktur ini berhubungan dengan kata kunci (keyword). Perhatikan peletakan kata kunci secara alami ke dalam judul, deskripsi meta, dan kata kunci meta. Selain itu lengkapi format H1 – H6, deskripsi image alt-text, serta internal links. Bagian terakhir ini saya belum mencoba, masih perlu otak-atik di bagian mananya blogspot ya?
  • Perhatikan format URL: URL sebaiknya berhubungan dengan judul dan terbaca jelas. Contohnya: http://www.helenamantra.com/2017/12/menjaga-kesehatan-sistem-pencernaan-anak.html, bukan http://www.helenamantra.com/2017/12/abc=123.html. Maka, edit link terlebih dahulu sebelum menayangkan artikel.
  • Loading time yang optimal: Sebel kan saat membuka suatu website harus menunggu lama. Sebaiknya loading time maksimal 5 detik. Loading time yang lama membuat bounce rate tinggi, pembaca malas balik lagi ke blog kita, deh. Ini biasanya karena gambar yang berat maka resize foto sebelum post di blog (maksimum 100kb).
  • Rajin update konten: Kan namanya blogger ya harus rajin update blog, dong. Blog itu ibarat rumah sendiri, jangan sampai rumahnya ga diurus hingga menjadi sarang laba-laba. Blog yang bertahun-tahun tidak di-update, akan dideteksi mesin pencari sebagai entitas “mati”.
  • Konten yang berkualitas: Content is the king! Bagaimanapun konten itu penting maka tulislah konten yang berkualitas, bermanfaat bagi pembaca, dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Lengkapi artikel dengan foto, video, atau infografis menarik supaya pembaca makin betah berlama-lama di blog kita.

Contoh SEO On-page
Mendengar penjelasan Niko di atas, saya bingung nih untuk menentukan judul dan URL. Inginnya saya menulis judul yang soft-selling, tidak menyebut nama produk, supaya pembaca tertarik. Tetapi dalam format URL, saya cantumkan nama produk. Ternyata hal ini kurang SEO. Sebaiknya tentukan tujuan, artikel ini agar muncul di halaman pertama Google atau untuk dibagikan ke media sosial? Apabila untuk dibagikan ke media sosial, umumnya konten lebih ke story telling. Sedangkan untuk muncul di situs pencarian, isinya lebih informatif.


3. SEO Off-page
Langkah SEO ini dilakukan di luar blog, seperti:
  • Membangun backlink. Semakin banyak backlink blog kita di blog/website lain artinya blog kita semakin dipercaya. Tapi pilah-pilih website yang berisi konten positif juga ya supaya rangkingnya bagus di mata Google. Backlink ini bisa dengan saling bertukar backlink, blog-walking dengan menulis komentar pada format Name/URL, dsb.
  • Blogging atau kontribusi blog di situs yang memiliki otoritas tinggi pada pencarian SEO.
  • Submit URL website ke Google Webmaster, Yahoo (Bing), Amazon, dll.
  • Bagikan ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Google+, dsb.
  • Perpanjang domain hingga 2-3 tahun supaya menunjukkan kredibilitas dan otoritas domain.

Seberapa SEO-kah blogmu? Coba buka homepage, misal Myfoottrip.com kemudian tekan F12 dan pilih “Network”. Di situ akan tampil ukuran Home. Maksimal ukuran Home yang baik supaya cepat terbuka yaitu 1MB. Selain itu cek kesehatan blog di SEOsitecheckup.com, SEOworkers.com, testmysite.withgoogle.com, dan PageSpeed Test by Google.

Nah, banyak ya PR-nya untuk “menghias” blog. Niko mengibaratkan blog tanpa SEO itu seperti rumah bobrok. Setelah diperbaiki dengan SEO menjadi rumah mewah yang menarik pembaca untuk berkunjung.

Membuat Jadwal Content Writing

Udah ga sabar memperbaiki blog? Tahan dulu ya karena Ani Berta mau berbagi ilmu seputar content writing. Ini merupakan materi lanjutan dari “Tips Content Writer dari Ani Berta”.

Sebagian peserta sudah menjalankan tips tersebut dengan menawarkan diri menjadi kontributor di website bisnis, BUMN, hingga yayasan. Alhamdulillah saya juga sudah mencoba menulis di blog komunitas parenting. Namun kendalanya yaitu pembagian jadwal antara mengisi blog pribadi dan tugas content writing. Padahal tugas saya belum banyak sih tapi… *soksibuk.

Membuat jadwal content writing penting dilakukan agar pekerjaan dapat terlaksana dengan baik. Ini amanah lho jadi ya harus dilakukan sebaik mungkin. Jangan sampai telat dari jadwal. Berikut tips membuat content plan untuk website:
  • Atur sesuai ritme dari klien. Bisa satu artikel per hari, satu artikel per minggu, dst.
  • Gunakan worksheet pada Ms. Excel untuk membuat jadwal. Teh Ani suka menggunakan Excel karena mudah dipahami.
  • Banyak membaca materi dari berbagai sumber. Menjadi content writer memang perlu menambah wawasan supaya menulis konten yang baik dan berbobot.
  • Buat outline setiap artikel yang akan dibuat supaya mudah dalam penulisan.
  • Siapkan narasumber. Bisa dengan membuat janji secara resmi atau saat mengikuti blogger gathering dapat mewawancarai narasumber di akhir acara. Ini nih tips sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.
  • Proses pengerjaan. Saya ingat tips Teh Ani supaya bisa menjiwai tulisan tersebut yaitu dengan berpakaian sesuai tema artikel. Sampai beliau memakai blazer meski menulis dalam rumah.
  • Lakukan self-editing dengan membaca dan memperbaiki lagi artikel tersebut kemudian kumpulkan ke klien.


Sedangkan content plan untuk media sosial berbeda karena frekuensi update-nya lebih tinggi dibanding website. Beberapa tools yang dapat digunakan untuk membuat content plan di media sosial, yaitu:
  • Membuat desain sendiri bila jago desain. Bisa pakai Adobe Photoshop, Illustrator, Corel Draw, dsb.
  • Membuat desain dengan Canva.com. Ini website andalan saya dalam membuat desain karena mudah digunakan dan banyak fitur gratis. Sekarang sudah ada apps Canva supaya makin gampang membuat desain lewat smartphone.
  • Membeli gambar property berbayar.
  • Memanfaatkan gambar property gratisan (CC0) seperti pixabay, freephotobank, unsplash, dsb. Sebaiknya cantumkan sumber gambar.
  • Membuat postingan terjadwal dengan hootsuite, sprout social, postcron, dsb. Ini supaya tidak terlewat dari jadwal dan bisa melakukan aktivitas lain sementara nge-tweet atau update status tetap jalan.
  • Memendekkan link dengan bitly, tiny url, dsb supaya link menjadi lebih ringkas dan cukup untuk update status (utamanya di Twitter yang maksimum 280 karakter).

Ilmu content plan di atas dapat juga berguna untuk berbagai pekerjaan, seperti social media manager, admin media sosial di perusahaan, content creator, content planner, social media strategist, dan community development.


Ani Berta sudah bertahun-tahun malang melintang sebagai content writer. Baginya, pekerjaan content writer itu mengasyikkan. Ia seperti tidak bekerja karena melakukannya dengan senang hati. Ia tak perlu bermacet-macet di jalan dan bisa bekerja sambil nongkrong di kafe. Meski demikian, Teh Ani pernah jenuh. Ia akan break sebentar, menghindar dari pekerjaan, supaya kembali fresh dalam menulis.

Selain itu tantangan menjadi content writer sekaligus blogger yaitu ketika dilema mau menulis satu artikel untuk blog pribadi atau dikirim ke portal lain. Ani Berta menyarankan agar membedakan sudut pandang Artikel yang sifatnya general bisa dikirim ke portal sedangkan yang sifatnya fokus ke hal menarik dapat ditayangkan di blog pribadi.

Dunia content writer ini memiliki kesempatan yang begitu luas ya sebagai ladang pekerjaan maupun pahala. Ditambah ilmu SEO yang sudah disampaikan Niko Riansyah di atas, bakal membuat suatu website makin ramah dicari dan muncul di halaman pertama Google. Boleh juga nih menggabungkan dua ilmu yang saya peroleh dari CNI Blog Gathering hari Minggu lalu. Kalau artikel yang saya tulis di portal lain bisa nampang di page one, semoga aja rezeki job makin melimpah. Aamiin.

Terima kasih untuk CNI yang sering mengadakan pelatihan untuk meningkatkan skill para blogger. Saya bersyukur dapat pelatihan gratis dengan materi menarik yang sangat bermanfaat bagi pekerjaan saya. Oh ya, sekilas info bahwa CNI turut meramaikan Harbolnas pada 12 Desember nanti. Kabarnya CNI akan bagi-bagi hadiah. Simak infonya di Instagram @cniindonesia, Twitter @CNI_ID, dan Facebook CNI Indonesia.

71 comments on "SEO Sederhana Supaya Blog Muncul di Halaman Pertama Google"
  1. Wiiih mantab sdh jadi aja reportasenya. Mamak malah blm apa2. Selalu kalah ini sama Mamak Sid. Btw, bermanfaat bgt ya ilmu yg disampaikan Mas Niko dan Teh Ani. Bermanfaat tp bikin puyeng juga sih huahahaha. Banyak ternyata PR seorg blogger spy blognya enak dibaca hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha belajar SEO ya begitulah puyeng puyeng asyik

      Delete
  2. Informatif, jadi berasa ada di tempat workshop.
    Bisa jadi acuan untuk menang lomba blog nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yay...dan mbak Anisa udah pernah menang lomba SEO

      Delete
  3. Jadi, lebih ngerti bahasan ttg SEO nih Mbak Hel setelah baca ini. PR juga buat memendekkan link karena biasanya langsung dicopas trus dishare aja :D

    ReplyDelete
  4. Makasih sharingnya Mbk, mantap ilmunya nih

    ReplyDelete
  5. Jadi kangen kepengen ikutan workshop yang ada Teh Ani-nya. Sering banget semangat saya membara kalau teh Ani udah ngasih nasihat tentang ngeblog.

    Semoga berkah ilmunya ya, mbak. Dan jazakillah udah dishare juga ilmunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ipeh, bertahun-tahun ga ketemu nih. Yuk ikut workshop ISB.

      Delete
  6. Aku sudah cek F12, dan klik Network.
    Tapi... masih belum bisa temukan tampilan"ukuran Home".

    ReplyDelete
  7. Wah lengkap banget nih infonya, mbak. Jujur kalau soal SEO saya ngertinya cuma masukin kata kunci beberapa kali di tulisan kita. Kalau sekarang sih saya fokusnya rutin ngeblog dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak. Rutin ngeblog aja udah syukur. Hahaha

      Delete
  8. Informasinya bagus,walaupun masih ada yg bingung dengan istilah2nya karena masih baru. Tapi jadi punya gambaran,kalau serius di blog masih punya segudang PR untuk digarap. Terimakasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya pelan-pelan belajar SEO. Buat lebih detailnya bisa gugling.

      Delete
  9. Aku masih banyak PR buat ngurusi blog nih. Aku pasti mundur deh kalau ada lomba pakai SEO. Makasih sudah sharing ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakak samaan. Aku juga skip aja deh

      Delete
  10. Waah jadi ikutan belajar tentang SEO nih baca tulisan ini. Thanks infonya Mbak..

    ReplyDelete
  11. Aku baca ini tuh berpikir kerassss hahaha.. ngos ngos an. Tapi memang berguna banget info nya mba, aku juga ingin ikutan lain kali tapi kadang ga tau info nya.


    Sama mba, aku juga kalau mau beberes gak tau mau ngapain di bagian blogspot belah mana nya yah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi sabaaaar. Bisa join ke Komunitas ISB dan cek IG-nya. Ada infonya kok.

      Delete
  12. Aku awal ngeblog juga cuma buat curhat. Makasih sharingnya mbak. Izin noted ya mbk :))

    ReplyDelete
  13. Lengkap banget Mbak Helena, aku juga maus beberes nih, mumpung masih seuprit postingannya. Thanks ya Mbak.

    ReplyDelete
  14. Haduh, saya nggak ngerti SEO-SEOan :(
    Rasanya kalau ada waktu, bisa nulis aja udah syukur banget. Harusnya ada waktu khusus ya buat merhatikan beginian

    ReplyDelete
  15. Komplit sekali bahasan SEO-nya! :D
    Padahal selama ini saya ngeblog tidak pernah pakai teknik-teknik SEO begitu. :))

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah ilmunya bisa dimanfaatkan nih, terutama utk rajin BW, rutin update, dan ngutak ngatik image aku masih gak konsisten saking repot sama anak-anak :(

    ReplyDelete
  17. Makasih udah had di acara ini ya Helena :)

    ReplyDelete
  18. mba Lena, makasih udah sharing...
    Masih belajar SEO dari tmn2 yg suka nulis artikel kayak gini ��

    ReplyDelete
  19. Wah lengkap bgt,tapi sepertinya PR ku msh bnyk Mbs..mkch y infony

    ReplyDelete
  20. SEO penting banget ya, sampai sekarang saya belom bisa menerapkan diblog saya, reportasenya bermanfaat banget mba helena,makasih

    ReplyDelete
  21. "Jadi COntent writer itu enak, gak perlu bermacet-macet ria di jalan dan bisa lama-2 duduk di kafe " impian sayah ini mah.

    TFS ya mbak, terlebih yang kata kunci di meta description, saya belum pernah mempraktekkannya.

    ReplyDelete
  22. Makasih banget mb ilmunya,,, hmmm jadi ga sabar oprek oprek belajar seo, heehe, semoga si amatir ini jg bs nangkring di halaman pertama *aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.
      Insya Allah bisa, mbak. Aku pernah ga nyangka tulisanku muncul di Google padahal aku ga paham SEO. Selama artikel itu banyak dicari (dan ga banyak saingan) ya bisa aja :)

      Delete
  23. Mba Helena, boleh saya bertanya :
    1.Peletakan kata kunci di judul itu jika ada nama brand apa diperbolehkan.

    2.Selain itu lengkapi format H1 – H6, : apa ini artinya?

    3. bagaimana membuat CSS untuk perpindahan paragraf yang menggunakan life style type square . Maaf saya sangat gaptek. Email saya di ina.tanaya@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak, saya coba jawab ya.
      1. Judulnya ada nama brand boleh banget. Mungkin pertimbangannya ini antara mau nulis softselling atau hardselling. Menurut Mas Niko, tentukan tujuan, artikel ini agar muncul di halaman pertama Google atau untuk dibagikan ke media sosial? Apabila untuk dibagikan ke media sosial, umumnya konten lebih ke story telling. Sedangkan untuk muncul di situs pencarian, isinya lebih informatif.

      2. Header 1-6 ini saya tahunya setting di wordpress. Kalau blogspot katanya sih pakai coding. Detailnya coba googling lagi. Hehehe

      3. Mohon maaf saya belum paham CSS dan coding-codingan :D Kalau ada pembaca yang lebih memahami, boleh lho bagi ilmunya. Terima kasih.

      Delete
  24. Mau gak mau kudu belajar SEO dan temannya ya mbak biar gak dianggap rumah gak mewah.
    Saya sudah mencoba tips SEO di atas tapi pengunjung masih kecil

    ReplyDelete
  25. Nice tips, makasih banget mbak, mau coba langsung ah mudah2an bisa

    ReplyDelete
  26. Walo belum terlalu ngerti, tp bbrp poin slalu aku lakuin tiap update blog. Rutin, isi konten, dan BW. Tp kalo yg teknis2nya, masih ngeraba2 mba :D. Pelan2 trus belajar kok ttg SEO ini biar blog bisa masuk ke page 1 nya gugel :D

    ReplyDelete
  27. Hohohooo dari jaman bikin blog sampai sekarang, beluuum saja belajar secara tuntas SEO. Beberapa kali ada artikelku masuk ke halaman pertama pencarian, beberapanya sudah diganti oleh artikel SEO yang lain yang lebih keren SEO-nya.

    ReplyDelete
  28. Wah, terima kasih banyak atas ilmunya, Mbak. Jujur, selama ini saya juga menulis ya karena ingin menumpahkan curhatan saja. Ternyata meskipun content is the king, masih banyak hal-hal yang juga harus kita perhatikan supaya dilirik mesin pencari Google ya. PR yang nggak gampang nih buat berbenah blog. :p

    ReplyDelete
  29. Saya masih belum ngerti aja nih yg H1, H2, dst

    ReplyDelete
  30. Thanks banget infonya mbak, sangat bermanfaat. Mulai bermain SEO pula kita, hehehe

    ReplyDelete
  31. Eh, canva sudah ada aplikasinya juga? Keren ih. Download.

    Soal penentuan judul sama url yg softselling juga jadi perhatianku, Mbak. Rasanya maish kurang srek kalo pake judul yg nyebutin merk.

    ReplyDelete
  32. Saya selalu tertarik kalo udah bahas SEO, masalahnya bisa untuk perkembangan blog saya kedepannya.

    Saya juga suka pakai Canva untuk desain yg mudah, dan kalo mau agak dipersulit dikit biasanya pakai coreldraw meski gak jagi2 amat hehe

    ReplyDelete
  33. seo itu memang penting dipelajari yaa kalau mau blog kita lebih eksis

    ReplyDelete
  34. Thanks for sharing, prku masih banyak banget neh kalau nyangkut Seo

    ReplyDelete
  35. Aku harus belajar lebih banyak lagi agar blogku makin 'mewah' dan 'berwarna', SEO, dan sebagainya nih. Banyak peer pokoknya.

    Terima kasih sudah berbagi ilmu ya mbak Helena ^^

    ReplyDelete
  36. Wuahhhh komplit banget ini. Ntar coba dipraktikkan satu satu deh.

    ReplyDelete
  37. Makasih mak review nya jadi pingin berbenah. Setelah kemarin susah pasang GA sekarang mau berbenah SEO.

    ReplyDelete
  38. Kereen niy Reportasenya Mak, bahasan2 dan istilah2 ini udah jadi sarapan pagi di kantor 6 tahun kebelakang. Dan aku sudah enek kalo ngomongin SEO.Malah blog sendiri sekarang boro2 di SEO in.

    Buatku intinya SEO=backling=blogwalking

    Yuk Ahh, Happy Blogwalking !

    ReplyDelete
  39. Wih dapat ilmu banyak ini baca postingan mba Helena. Ga rugi emang rajin-rajin blogwalking

    ReplyDelete
  40. Aku kira jadi blogger itu mentok di nulis. Ternyata PR nya banyaak pissaan...
    Uda nulis beres, sebarin link. Abis itu BW.
    Tapi teteeup...Serruu.

    Kalau menyoal SEO.
    Aku baca namun gak paham gimana prakteknya.

    Huu...lolaaa, mba Helena...akunya.

    ReplyDelete
  41. Waaah... bahasannya keren banget ini. Salut deh, jadi bisa kepake buat di blog.

    ReplyDelete
  42. Wow udah khatam pastinya soal SEO, beberapa kali ikut WS yang sama ya hahaha.
    Moga PV melesat organik gak ngoyo share2 lagi haha aamiin

    ReplyDelete
  43. Mantep deh tipsnya. Apalagi dari pengalaman orang orang yang expert dan jam terbangnya tinggi. Memang biar muncul di halaman pertama gampang gampang susah. Harus terus belajar n praktek.

    thank you for sharing mbak

    ReplyDelete
  44. Informatif dan berguna bgt ilmunya. Memang paham akan ilmu SEO ini penting bgt utk blogger.

    ReplyDelete
  45. belum ngerti yang eit url itu lho mba, gak ngarus sama link ya nanti kalau kita edit

    ReplyDelete
  46. Noted... Aku save Mbak

    Lagi mau belajar SEO dg seriusss

    ReplyDelete
  47. Aku masih harus belajar banyak soal SEO dan menemukan ritme menulis nih mbak..

    ReplyDelete
  48. Keren mba, aku masih sebatas hobi.
    Sekarang sejak punya anak bunya bayi jadi mikir buat nambah jajan hehe.

    Eniwei, selamat yak
    Berkah ngeblognya makin banyak

    ReplyDelete
  49. Keren ilmunya, Mbak. Jadi agak paham saya tentang SEO. Trus tentang jadi kontributor ma ngisi blog sendiri, itu sekarang problem saya hehe. Ternyata begitu ya cara membaginya. Makasih :)

    ReplyDelete
  50. ada beberapa tulisan yang di setting SEO mbak, terutama tulisan pertanian biar makin banyak yang nyangkut ke blog, tapi ada juga yang saya nulisnya ngalir gitu aja

    ReplyDelete
  51. Makasih sharingnya mbak Helen,bermanfaat sekali. Saya punya 2 artikel yang awet dipage one tapi itu saya tulis saat saya pertama ngeblog

    ReplyDelete
  52. Banyak Pe-Er banget :) apalagi buat pemula kayak saya. Yang baru saya jalanin cuma ngeberesin url doang >.<

    ReplyDelete
  53. ternyata... PRku masih banyak mbak >,<

    ReplyDelete
  54. Wah ilmu saya bertambah lagi nih. Sebagai seorang yang baru mengenal dunia bloging. SEO ini bagi saya sesuatu yang rumit dan sulit saya mengerti di awal. Karena memang ngga ngerti dengan bahasa pemograman di dalamnya. Lama2 mulai ngerti juga karena sering baca tulisan seperti ini ��

    ReplyDelete
  55. segar juga mba habis baca soal SEO ini jadi semangat saya untuk memperbaiki isi konten blog dan menjadikan acuan untuk lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  56. Habis baca tulisannya berasa dapat PR dari guru :D ya ampuun, ga ada 1/3 nya yang kuketahui, hiks. Mau pelan2 coba tips SEO yg ditulis ah, pelan2 dan dikit2 aja, supaya ga stress, hihihi

    ReplyDelete
  57. Ingin banget belajar tentang SEO, informatif sekali Mbak tulisannya.

    ReplyDelete
  58. Aku baru tau deh kalau nulis dengan pakaian sesuai tema tulisan bisa bikin mood jadi ok ya? Hahahaha. Mau ah nyobain :P Anyway tips SOEnya oke banget mbaaak. Abis baca ini jadi pengin ikut lomba SEO hahaha sok banget.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature