Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Bunda PAS untuk Menyiapkan Kehamilan Kedua yang Lebih Menyenangkan

Sunday, December 17, 2017
Menjelang usia SID 3 tahun, saya kerap mendapat pertanyaan, “Kapan SID punya adik?”. Satu pertanyaan yang membuat saya mengambil nafas dalam. Bukannya menolak menambah momongan, mumpung masih usia produktif, tetapi saya masih terbayang proses melahirkan yang membuat saya trauma.

nutrisi ibu hamil dan menyusui
Blackmores Bunda PAS - Peduli Asupan Sehat

Kehamilan merupakan hal istimewa yang pernah saya alami. Fisik dan psikis saya berubah selama 41 minggu karena saya tak lagi sendiri kemana-mana. Ada janin yang tumbuh dan berkembang di dalam rahim. Selama kehamilan, saya ingin memberikan yang terbaik bagi calon buah hati. Rutin periksa ke dokter, makan makanan bergizi (bukan hanya asal makan yang ada), minum vitamin, juga ngepel sambil jongkok saya lakukan. Yang terakhir itu katanya supaya posisi janin masuk jalan lahir, tidak sungsang.

Proses kehamilan Alhamdulillah berjalan mulus, minim hambatan seperti mual atau lemas. Hingga tibalah dokter menyatakan bahwa saya sudah bukaan satu. Ada rasa panik tetapi saya berusaha tenang duduk di gym ball. Saat bukaan dua, saya tidak kuat berjalan. Selama berjam-jam hanya berbaring menahan sakit akibat kontraksi. Proses menuju bukaan lengkap begitu panjang, 24 jam lebih. Saya berdoa agar disegerakan supaya rasa sakit ini hilang.

Lima belas menit menjelang pukul 10 malam, dengan sisa kekuatan yang ada dibantu suami, ibu, dan dua bidan, lahirlah baby SID ke dunia. Allahuakbar. Beginilah ternyata perjuangan seorang ibu ketika melahirkan. Antara hidup dan mati.

Sampai sekarang momen melahirkan itu masih jelas dalam ingatan. Momen bahagia sekaligus menyakitkan karena kontraksi dan banyaknya jahitan yang saya dapat. Itulah mengapa membahas nambah momongan menjadi hal yang membuat trauma bagi diri saya.

Rupanya bukan hanya saya saja yang menganggap melahirkan itu sakit. Hal ini telah menjadi stigma umum di masyarakat bahkan masuk alam bawah sadar bahwa melahirkan = sakit. Namun pikiran ini bisa diubah menjadi lebih positif. Hal ini saya ketahui ketika mengikuti Blackmores Bunda PAS – Peduli Asupan Sehat di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, pada 9 Desember 2017 lalu.

Hypnobirthing untuk Proses Kehamilan dan Melahirkan yang Lebih Menyenangkan

Ibu Lanny Kuswandi, Founder Hypnobirthing Indonesia, menyatakan 88% pikiran manusia dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar. Pikiran ini yang harus diubah menjadi melahirkan itu menyenangkan, salah satunya lewat metode hypnobirthing.

cara melahirkan tidak sakit
Lanny Kuswandi, Founder Hypnobirthing Indonesia
Hypnobirthing sendiri merupakan upaya alami untuk menanamkan niat positif atau afirmasi positif guna melancarkan proses kehamilan hingga persalinan. Hal ini perlu dukungan dari orang terdekat seperti suami. Salah satunya dengan cara suami mengajak ngobrol jabang bayi dengan afirmasi positif. Saya ingat dulu suami suka “ngobrol” ke perut buncit saya, “Nak, nanti keluarnya lancar ya, cepat ya.”. Ternyata ini mirip hypnobirthing.

Kesuksesan mengubah mindset melahirkan itu menyenangkan juga didukung tenaga medis. Jangan malah menakut-nakuti pembukaan bakal lama.

Dari sisi ibu yang tengah mengandung harus memiliki aura rileks, sabar, dan pasrah. Hypnobirthing ini nikmat, nyaman, dan menenangkan. Hingga pembukaan 10 pun masih bisa happy bahkan ada pasien beliau yang foto bersama ketika pembukaan 10. Ya ampun, ga terbayang ekspresi saya ketika pembukaan 10. Mana sempat foto-foto begini. Beda banget ya kondisinya.

Di akhir presentasi, para peserta yang terdiri dari ratusan ibu hamil beserta suami mencoba sesi hypnobirthing selama 10 menit. Dengan mata terpejam dan tubuh rileks, para peserta mengikuti instruksi Bu Lanny untuk menanamkan afirmasi positif dalam diri.

Mendengar penjelasan Bu Lanny di atas, saya jadi berpikir untuk kehamilan anak kedua harus mendalami hypnobirthing, nih. Supaya trauma masa lalu terhapuskan dan proses persalinan menjadi lebih menyenangkan. Bukankah kehamilan adalah anugerah Allah yang patut disyukuri?

Nutrisi Selama Masa Kehamilan dan Menyusui

Suasana ruangan lebih santai setelah sesi hypnobirthing. Bumil dan busui memang harus santai supaya lancar menjalankan amanah. Selain itu ibu harus mengetahui nutrisi apa saja yang penting bagi bumil dan busui.

suplemen ibu menyusui asi lancar
Coaching clinic (talkshow) bersama Franda, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis gizi klinik, dan Blackmores
Selebritis Franda yang kini tengah hamil 5 bulan sering mendapat wejangan dari para fans. Ada mitos, ada pula fakta. Salah satunya ketika Franda makan rawon, penggemarnya melarang karena khawatir anaknya Franda nanti berkulit gelap. Artis cantik ini hanya tersenyum menanggapi hal tersebut. Ia tidak percaya mitos. Warna kulit kan sifatnya genetis.

Memang ya saat hamil datang banyak informasi. Ibu harus memilah mana mitos, mana fakta. dr. Raissa Djuanda, M.Gz, Sp.GK, Spesialis Gizi Klinik, memberi tips seputar nutrisi, yaitu:
  • Konsumsi karbohidrat kompleks seperti beras merah, jagung, gandum, kentang, lentil, pisang, ubi jalar, alpukat, dan kedelai.
  • Konsumsi protein (utamanya putih telur yang kaya asam amino)
  • Konsumsi sayur dan buah 5 porsi per hari. Pilih buah berwarna-warni supaya vitaminnya lengkap.
  • Jangan makan kulit ayam
  • Hindari makanan mentah.
  • Air kelapa baik dikonsumsi karena mengandung elektrolit
  • Konsumsi kedelai dan kacang hijau (tahu/tempe 2 potong atau sari kedelai/kacang hijau 2 gelas per hari saja). Terlalu banyak asam fitat dapat menghambat penyerapan vitamin dan mineral.
  • Durian atau tape boleh dikonsumsi, maksimum 100gram/hari (sekitar 3 jari). Bahan pangan ini mengandung alkohol. Bila dikonsumsi berlebih dapat membuat bayi lahir kecil atau Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR).

Apa benar kalau mau bayi laki-laki, banyak makan daging? Bisa gak sih mengatur jenis kelamin calon anak saat program hamil?

Menurut Pengasuh Redaksi Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Klikdokter.com dr. Bram Pradipta, Sp. OG, banyak makan daging, pisang, atau makanan lain yang tinggi kalium membuat vagina bersifat basa. Ini yang menyebabkan potensi bayi laki-laki. Namun ini sifatnya potensi saja ya, belum pasti. Apapun jenis kelaminnya merupakan anugerah terindah dari Sang Pencipta.

Itu tips sebelum hamil. Kalau sudah hamil, dr. Bram menjelaskan ibu hamil tidak harus banyak makan. Jangan hanya makan melulu juga ya. Bumil perlu tambahan kalori secara bertahap di tiap trimester. Misal trimester kedua menambah 350 kalori dan trimester ketiga 450 kalori.

Ibu butuh mengonsumsi asam folat 400mikrogram/hari bahkan 3 bulan sejak sebelum hamil. Sumber asam folat antara lain sereal yang sudah difortifikasi, alpukat, asparagus, sayuran hijau, juga suplemen.

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk 1000 HPK yang Optimal

Ibu hamil banyak do’s and don’ts. Ini karena 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK) buah hati yang penting dijaga. Momen ini dimulai ketika awal kehamilan hingga anak usia dua tahun. Itulah pentingnya menjaga asupan nutrisi sejak ibu mengandung agar memenuhi Angka Kecukupan Gizi.

Ibu hamil yang kurang gizi dapat berpengaruh pada diri dan janin. Misalnya, defisiensi zinc dan magnesium dapat menyebabkan pre-eklamsia dan kelahiran prematur, defisiensi zat besi dan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, dsb.

cara asi lancar
Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, suplemen di masa kehamilan dan menyusui
Alvina Christanti, Medical Marketing Manager Blackmores, mengutarakan ibu hamil dan menyusui dapat mengonsumsi suplemen Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang memiliki kandungan nutrisi esensial bagi tumbuh kembang anak selama 1000 HPK. Ini produk unggulan dari Blackmores yang mengandung:
  • Tinggi DHA dari odourless fish oil untuk mengurangi mual serta baik bagi perkembangan otak, mata, dan sistem saraf bayi.
  • Tinggi kalsium untuk perkembangan kesehatan tulang bayi dan mencegah risiko osteoporosis pada ibu.
  • Asam folat untuk sebanyak 200mcg tiap kapsulnya untuk mengurangi risiko spina bifida.
  • Iodium untuk perkembangan otak, kemampuan mtoroik visual, dan pendengaran bayi.
  • Zat besi untuk mengurangi risiko sembelit.
  • Vitamin dan mineral penting lainnya.
Membaca kandungan yang tertera pada kemasan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold membuat saya menyesal tidak mengenal produk ini saat kehamilan tiga tahun lalu. Kandungannya lengkap dalam satu kapsul. Ga perlu konsumsi beberapa macam suplemen. Cukup konsumsi Blackmores dua kali sehari sebagai tambahan asupan nutrisi selama hamil dan menyusui.

cara alami asi lancar
Komposisi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold
Blackmores telah memiliki 85 tahun pengalaman dalam menyediakan produk kesehatan alami. Saya aja nih yang kurang referensi selama kehamilan. Nyatanya beberapa teman saya aktif mengonsumsi Blackmores, ada yang sejak hamil, ada pula yang ketika menyusui. Mereka ini ibu bekerja yang ingin memberikan ASI bagi anaknya. Tahu kan tantangan ibu bekerja yang harus tetap santai di kala pekerjaan numpuk. Stres sedikit, ASI mampet. Berikut testimoni mereka tentang Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold:

“Saya minum Blackmores untuk menambah kualitas ASI dan memberi vitamin untuk saya selama menyusui” –Yoan, Karyawan Bank.

“Dengan mengonsumsi Blackmores, saya merasa lebih percaya diri memberikan ASI pada anak.” –Eka, Pegawai Swasta.

“Saya minum Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold sejak anak usia 3 bulan. Hasilnya ASI lebih kental dan PD lebih cepat terisi.” –Nur Fauzanti, Pegawai BUMN.

“Hari kedua minum Blackmores berpengaruh ke kualitas ASI saya, lebih kental. Alhamdulillah kuantitas juga bertambah sekitar 30% tiap pumping. Menurut saya vitamin ini diperlukan ibu menyusui untuk menjaga daya tahan tubuh ibu dan kualitas ASI karena vitaminnya kompleks.” –Andiena, Pegawai BUMN.

Okelah fix untuk kehamilan kedua nanti saya sedia Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk membantu menjalani kehamilan dengan lebih optimal. Belikan ya, Pak. *colek suami.

kebutuhan ibu hamil
Bunda PAS: Pas Asupannya, Pas Nutrisinya
Alhamdulillah saya bisa hadir di event Bunda PAS yang kaya informasi penting bagi ibu hamil dan menyusui. Bagi saya, event ini menjawab kebutuhan ibu hamil dan menyusui akan nutrisi serta informasi yang tepat. PT. Kalbe Blackmores Nutrition mengadakan seminar edukasi Kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) yang sejalan dengan visi misi perusahaan untuk menyediakan solusi kesehatan yang terbaik guna membantu wujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik. Seminar ini diadakan di beberapa kota seperti Jakarta dan Surabaya dengan target mengedukasi ribuan bumil dan busui tentang pentingnya pengetahuan akan kesehatan fisik dan psikologi Bunda selama 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil.

Tak hanya talkshow di atas, di sini ada cooking demo oleh Chef Muto yang terkenal dengan sebutan Kungfu Chef. Serem deh melihat Kungfu Chef memainkan berbagai peralatan dapur termasuk juggling memakai pisau! Resep yang dimasak yaitu ayam gulung saos madu. Hmm, melihat sajiannya saja sudah menggugah selera. Bisa dipraktekkan di rumah tetapi tanpa lempar-lempar pisau, ya.
nutrisi ibu hamil dan menyusui
Demo masak bersama Kungfu Chef
Edukasi kesehatan tak hanya berlangsung di dalam ballroom tetapi juga di sepanjang koridor. Dekat meja registrasi terdapat empat dokter yang siap diajak konsultasi kesehatan. Para peserta yang didominasi ibu hamil langsung antri dengan tertib, mumpung ketemu ahlinya.

cara alami asi lancar
Konsultasi kesehatan dan cek kesehatan gratis
Selain itu tersedia photo booth unik dengan konsep kamar bayi terbalik. Tantangan juga nih bagi ibu hamil berperut buncit untuk bergaya heboh di sini.

Sambil menunggu antrian photo booth, para peserta dapat membaca hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan sebelum hamil, selama hamil, dan setelah hamil di papan informasi mamaklopedia.

pantangan ibu hamil
Tips seputar kehamilan
Di sisi lain terdapat booth dari Blackmores, Prenagen, Sweety, dan Panasonic yang menawarkan promo menarik selama acara. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold seharga Rp200.000,- menjadi hanya Rp160.000,-. Wah ada diskon!

Dan di pojok ruangan terdapat arena bermain untuk anak. Ga perlu khawatir anak bosan selama sang ibu mengikuti Bunda PAS. Di sini ada boneka koala Blackmores yang besaaar, perosotan, mandi bola, dan mainan lainnya. SID yang ikut saya kala itu langsung asyik bermain di sini.

blackmores australia
Belanja Blackmores mumpung diskon (dok. Blackmores)
Bunda PAS bertabur ilmu juga bertabur doorprize. Beneran deh ga rugi mengikuti seminar edukasi ini. Doorprize-nya sesuai kebutuhan ibu-ibu seperti stroller, baby chair, baby carrier, steamer, juga kulkas. Selain itu ada Instagram competition dengan hadiah voucher belanja dan mesin cuci. Wow, mimpi apa ya para pemenang bisa mendapat hadiah yang wah seperti ini. Pengeluaran kebutuhan bayi makin hemat, udah dibayarin Blackmores!

Di akhir acara saya sempat ngobrol dengan ibu hamil yang hadir. Bunda Datika tengah mengandung anak ketiga namun ia masih antusias menggali informasi kehamilan. Ia mengetahui acara Bunda PAS dari teman di Facebook. Menurutnya materi hypnobirthing sangat menarik dengan narasumber yang sangat ahli di bidangnya. Ia tahu hypnobirthing sejak anak pertama. Ilmu yang disampaikan pada acara ini pas untuk ibu hamil dan menyusui, sayangnya acara berlangsung singkat.

Sedangkan Bunda Nurseha yang kini hamil usia 31 minggu tertarik mengikuti Bunda PAS setelah membaca promonya di instagram. Baginya, materi hypnobirthing sangat jelas tetapi pemaparan dari dokter dirasa kurang mendalam. Mungkin karena keterbatasan waktu, kali ya. Doorprizenya juga keren-keren. Masukan dari Bunda Nurseha, sebaiknya makanan disediakan berupa nasi kotak supaya tidak banyak yang terbuang. Saya setuju nih karena bumil gampang lapar tetapi makan sedikit-sedikit. Kalau masih ada sisa, bisa dibawa buat bekal.

tips asi lancar ibu bekerja
Penuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil
Seru deh acara Bunda PAS. Saya yang tidak sedang hamil aja ikut merasakan aura bahagia memenuhi ballroom Pullman. Supaya ga ketinggalan info Bunda PAS atau acara menarik dari Blackmores, mendingan cek website www.blackmores.co.id, follow Instagram @BlackmoresID, dan like Facebook Blackmores Indonesia. Worth it lho dengan tiket 150ribu rupiah, peserta mendapat info penting seputar kehamilan dan menyusui, goodie bag yang isinya banyak (termasuk produk Blackmores), resep masakan, juga bertemu sesama bumil sekaligus bisa curhat. Kan ibu hamil harus happy.
42 comments on "Bunda PAS untuk Menyiapkan Kehamilan Kedua yang Lebih Menyenangkan"
  1. Acaranya bgs ya. Aku jd penasaran dg blackmores, pnh liat jg di apotek dkt rmh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Materinya bermanfaat banget buat ibu dan calon ibu.

      Delete
  2. Duh kebetulan sekali saya lagi perlu ini. Semoga di apotek di cianjur selatan tersedia.

    Saya baca ulang lagi deh biar makin jelas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah fahmi mau punya adik ya? Asik asik. Di apotek atau beli online ada kok

      Delete
  3. Wah jadi pengen nambah yg kedua #eh

    ReplyDelete
  4. Seru banget acara talkshownya. Setuju banget ibu hamil harus bahagia. Aku aja belum berani hamil karena tingkat stress kerjaan masih tinggi. Ya ampun, padahal SID masih kecil orang-orang sudah mulai tanya. Mauu goodybagnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak, dia belum 3 tahun tapi udah pada nanya kapan punya adik. Nanti kalau udah punya, ditanya lagi kapan mau nambah. Ga ada selesainya deh

      Delete
  5. Jadi nih Sid punya addk baru,. Alhamdulillah, acaranya noted bngets sarat ilmu beruntung ya bisa hadir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dapat ilmu baru buat menyiapkan adiknya SID

      Delete
  6. Waduh, jangan makan kulit ayam ya? Apa mungkin karena suntikan hormon ya mba yang selalu di kulit ayam? Duh artikelnya pas buat yang merencanakan kehamilan dan sedang hamil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya begitu deh. Khawatir obat suntiknya berpengaruh ke manusia.

      Delete
  7. Semoga nanti aku masih ingat tentang ini ya. Membantu banget soalnya. Belum menikah aja pikiranku udah yang sakit banget tentang melahirkan. Bisa-bisa nanti nggak siap mental :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan udah ada hypnobirthing. Aku ingin coba kelas hypnobirthing nih atau minimal baca buku dan dengarkan videonya buat relaksasi di rumah

      Delete
  8. Aku malah lagi promil nih, Chila udah lama minta dikaaih adik. Kadang kasihan lihatnya main sendirian di rumah gak ada teman.

    ReplyDelete
  9. Terus ada lagi mitos, kalau anak laki laki pasti pas hamil ibu ya makan makanan bergizi dan daging dagingan.. hehehe jadi kalau anak nya perempuan ngga gitu yah ^^ dasar mitos... btw aku waktu mau persalinan malah sempet sempetnya nangkep pokeman di ruang pemeriksaan

    ReplyDelete
  10. Pas lahiran anak ke3 waktu itu juga aku sempat kepikiran untuk melakukan hipnobirthing, tapi koq ya ga kesampaian

    ReplyDelete
  11. Aamiin moga2 kesampaian yaaaa Hypnobirthing-nya :D
    Hehehe jangan lupa ubah mindset-nyaaaaa :D

    ReplyDelete
  12. Helen berarti udah tau ya klo pingin dpt anak cewe mesti ngapain selama promil. *wink*

    ReplyDelete
  13. Keren bun acaranya... Ilmu dapet kesenangan juga dapet y. Kadang mitos sm fakta suka beda tipis hhh apaun itu di ambil yang baik nya aja y bun demi kesehatan bayi dan bunda nya

    ReplyDelete
  14. Jadi ibu hamil jaman now ini enak ya..bnyk workshop seputar kehamilan, ada blackmores yg membantu melengkapi asupan nutrisi saat hamil dan bnyk cara spy persalinan lebih mudah.

    ReplyDelete
  15. Vitamin yang multifungsi buat bumil dan busui nih. Biasanya cuma ditujukan untuk busui atau bumil aja, eh Blackmores bisa untuk keduanya.

    ReplyDelete
  16. Mau coba ahh untuk proses anak ke tiga siapa tau bisa dapat perempuan hihihi

    ReplyDelete
  17. waahh vitamin ini wajib punya nih buat temen saya yang lagi hamil. temen saya tubuhnya kecil soalnya..
    nice post

    ReplyDelete
  18. Wah pas banget aku juga lg hamil. Makasih banget mbak rekomendasi dan review vitaminnya

    ReplyDelete
  19. Saya dulu pas hamil anak kedua sempat belajar hypnobirthing juga demi melahirkan normal. Ee, lha kok nge-flek. Ya sudah, menyerah sama meja operasi lagi.

    ReplyDelete
  20. Pas Asupannya pas nutrisinya, minumnya juga ga ribet ya. Mau 2 sekaligus atau satu kapsul setiap hari.

    ReplyDelete
  21. kehamilan memang indah ya, ingin terulang kembali moment dimana saya saat hamil anak pertama hingga hamil anak kedua rasanya sama namun mood berbeda.

    ReplyDelete
  22. Mba Helena sedang hamil ya? Semoga sehat terus ya, eh ada Franda salah satu artis cantik yang tetap ramah ya,

    ReplyDelete
  23. Semangat nambah momongan nih sekarang mama sir... Kan udah ada blackmores dan udah dapet ilmu hypno birthing... InsyaAllah ga akan sakit kok... Eh sakit deng... Tapi sedikit aja kok sakit nya... Hehehe

    ReplyDelete
  24. Ngomong ngomong soal mitos, aku jg termasuk yg check dan ricek dulu masa hamil kemarin

    Salah satunya air kelapa muda. Duh keluargaku ribut bgt pas tahu aku minum air kelapa muda hahahaah. .

    Padahal sbnrnya ga papa, bagus untuk ibu hamil.

    ReplyDelete
  25. Aku merasakan yang sama Mba saat melahirkan dulu dan antusias banged hamil anak pertama dan ternyata proses melahirkan bener2 perjuangan.

    Dulu nggak kepikiran ada metode ini, next kehamilan kedua semoga bisa diterapkan. Aamin

    ReplyDelete
  26. Kalo hamil dan melahirkan bisa enak sih aku mau deh hamil lagi hehe

    ReplyDelete
  27. Wah keren banget informasinya. Buat saya yang sedang program hamil informasi ini sangat berguna sekali. Supaya nanti saya punya anak sudah ada referensinya.

    ReplyDelete
  28. Aman ya di konsumsi ibu menyusui dan apakah sudah di semua toko obat mbak

    ReplyDelete
  29. Aku pas hamil pertama masih sering konsumsi multivitamin atau sejenisnya, mba...
    Tapi begitu hamil kedua, malah santai.
    Yang kebayang, rasa kapsul Blackmores ini pasti amis.
    Hihhii.....sotoy.

    Iya gak, mba?

    ReplyDelete
  30. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold bisa banget ya disarankan buat ibu hamil. bisa juga nih nanti kasih tahu istri

    ReplyDelete
  31. Betul... betul! Ibu hamil harus happy biar dedeknya juga ikut happy.

    ReplyDelete
  32. doain ya mbak, saya mau hamil lagi anak kedua, blackmoresnya ku catat buat suplemen hamil kedua nanti

    ReplyDelete
  33. Kalau pengen hamil bisa minum ini nggak mom syd? Aku mau nyobain nih

    ReplyDelete
  34. Blackmores banyak banget manfaaatnya yaaa
    Selamaat ya mbaa udah JUARA
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature