Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Ciri Ibu Hamil Muda 1 Bulan

Wednesday, September 5, 2018

Ciri Ibu Hamil Muda 1 Bulan

Rekan kerja saya nampak antara khawatir dan bahagia. Usut punya usut ia terlambat datang bulan. Hmm, apakah ia sedang hamil muda? Apa saja ciri hamil muda 1 bulan?

ciri orang hamil
Ciri ibu hamil muda 1 bulan (dok. Ashton Mullins on Unsplash)

Untuk mengetahui apakah ibu sedang hamil atau tidak, umumnya sebagai acuan adalah dengan mengenali gejala awalnya yaitu terlambatnya datang bulan. Terlambatnya datang bulan memang sebagai salah satu tanda awal terjadinya kehamilan tetapi sebenarnya ini bukan faktor utama yang bisa dijadikan sebagai acuan jika telah terjadinya kehamilan. Pasalnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan datang bulan terlambat seperti naik turunya hormon, salahnya pola makan, kondisi stres yang sedang dialami, atau karena faktor yang lainnya. Supaya tidak merasa bingung maka simak ciri ciri hamil muda 1 bulan berikut ini:

1. Akan mudah lelah 


Para ibu yang sedang hamil muda akan merasakan tubuhnya cepat lelah, hal ini dikarenakan terjadinya perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron saat hamil sehingga akan mempengaruhi terhadap fisik seorang perempuan hamil. Oleh sebab itu meski ibu hamil muda hanya melakukan aktivitas yang ringan tetapi ibu akan merasakan tubuhnya mudah lelah. Ini merupakan ciri ibu hamil pada saat masih berusia 1 minggu. 

2. Akan mengalami kram perut 


Para ibu hamil muda juga akan merasakan perutnya sering merasa kram. Umumnya kram perut yang terjadi itu sifatnya ringan dan rasanya itu seperti pada saat akan mengalami menstruasi. Saat saya hamil muda anak pertama, rasanya ada yang aneh di perut. Kerjaan tiap pagi cuma diam di kamar sambil memegangi perut. Bukan mulas tetapi kok ga sembuh-sembuh. Rupanya setelah tes memakai test pack, saya positif hamil. 

Kram perut yang terjadi ini akan sangat mengganggu sehingga untuk mengatasinya bisa dengan cara mengompreskan bantal penghangat pada bagian perut dan yang terpenting adalah beristirahat yang cukup. 

3. Akan semakin membesarnya payudara dan semakin lembut 

Pada saat hamil muda 1 bulan juga terjadi perubahan fisik seperti akan mengalami rasa nyeri atau bahkan sekitar dada atau payudara akan merasa ngilu. Bentuknya pun akan berubah yaitu menjadi lebih besar dan pada saat dipegang terasa lebih lembut. Gejala ini menurut dunia medis merupakan gejala umum yang mengindikasikan sedang hamil muda. 

4. Terjadinya perubahan pada tubuh 


Pada saat terjadinya kehamilan, postur tubuh akan mengalami perubahan bentuk yaitu akan berbeda dengan postur tubuh pada saat sedang tidak hamil. Perubahan postur tubuh itu seperti semakin membesarnya tubuh, membesarnya pantat, dan juga payudara. 

Itulah tanda tanda hamil muda pada perut bagian bawah. Selain itu masih ada tanda yang lainnya seperti mengalami morning sickness, dimana seorang ibu hamil akan merasakan mual muntah yang akan terjadi di pagi hari ketika ibu baru bangun tidur. Kondisi ini akan dialami ibu hamil hingga menjelang siang hari. Untuk lebih meyakinkan diri, segera cek kehamilan dengan test pack dan konsultasi ke dokter kandungan. Menyiapkan gizi bagi buah hati sedini mungkin itu penting karena 1000 hari pertama kehidupan telah dimulai sejak anak dalam kandungan.
15 comments on "Ciri Ibu Hamil Muda 1 Bulan"
  1. Persia sekali semua gejalanya, pas itu semua saya rasakan pas hamil muda.. emang gak engeh krena telat seminggu, soalnya emang haid gak selalu teratur. Pas di testpek positif langsung ke bidan dan udah masuk 6 Minggu. Biasanya hamil itu ketauan paling cepat pas udah jalan sebulan ya, meskipun belum ada gejala mual. Mual biasanya nyusul setelah itu.. eh tapi tergantung setiap individu sih.. tks sharingnya bermanfaat nih buat yang menanti2 tentang kehamilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Bella,
      masih hamil muda kadang ga ngeh ya dengan perubahan ini itu apalagi buat yang haid tidak teratur. Semoga info ini bermanfaat.

      Delete
  2. Sedang mengalami tanda-tanda itu tapi belum test pack sih mom. Coba periksa ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tahu jelas hamil atau tidak ya lebih cepat, lebih baik.

      Delete
  3. 3 kali hamil, aku jarang sekali tahu hamil sejak dini.
    Selalu saja kehamilan sudah berumur hampir 6 minggu, karena aku sering banget datang bulannya tidak teratur. Jadi yah sering dikira, pasti karena telat datang bulan.

    Namun dari 3x hamil, hanya satu kali aku melahirkan, karena yang 2-nya aku keguguran karena janin tidak berkembang meski sudah diberi obat penguat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah cobaan ada aja ya, Mbak Anna. Iya nih kalau haid tidak teratur jadi kurang jelas hamil atau tidak.

      Delete
  4. Hihihi, saya jadi kangen hamil lagi deh, tapi boleh request ga pakai drama ga ya? hehehe :D

    ReplyDelete
  5. kadang - kadang gejalanya emang hampir mirip yaa mbak sama mau menstruasi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya lho ada yang gitu. Kayak aku tuh dulu perut sakit, seperti ada yang ganjel. Ternyata oh ternyata positif.

      Delete
  6. Wah tadinya saya kira terlambat datang bulan itu justru faktor utamanya, ternyata salah ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak ciri lain sih. Kalau terlambat datang bulan ya iyes.

      Delete
  7. Tapi memang gejala kehamilan pada setiap wanita berbeda beda ya. Ada yg cepet lelah malah ada yg ga berasa apa2 cuma namanya waspada tetep harus biar g terjadi hal yg di luar perkiraan ya. Nice info nih, jadi inget waktu hamil Devin kemaren

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,