Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Mengurus Rujukan BPJS Kesehatan Semakin Mudah dengan Rujukan Online JKN-KIS

Saturday, September 8, 2018

BPJS Kesehatan punya inovasi terbaru yang telah diuji coba sejak 15 Agustus 2018. Inovasi digitalisasi rujukan JKN-KIS ini bertujuan memudahkan peserta JKN-KIS saat dirujuk ke rumah sakit. Sekarang rujukan online telah memasuki fase kedua. Bagaimana tantangan dan solusi selama uji coba tahap pertama? Apakah rujukan online BPJS Kesehatan menguntungkan atau merugikan?

paradigma kafe
BPJS Kesehatan punya sistem rujukan online, lho! (pic. Sifora)
Awal menjadi peserta JKN-KIS di BPJS Kesehatan saya kebingungan mengenai surat rujukan. Maunya saat sakit langsung ke dokter spesialis tetapi dalam aturan BPJS Kesehatan peserta harus berobat ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti puskesmas dan klinik swasta. Jika tidak dapat ditangani, maka peserta dapat dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) seperti RSUD maupun swasta.


Waktu itu saya sedang hamil 7 bulan. Artinya, pemeriksaan kehamilan selanjutnya tak lagi di FKTP (yang hanya dokter umum) tetapi ditangani bidan atau dokter spesialis di FKRTL. Saat ditanya mau dirujuk kemana, terus terang saya bingung karena tidak tahu track record tenaga medis yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Saya memilih satu nama setelah cap cip cup. Hahaha.

Saya pun pulang dari klinik membawa amplop berisi surat rujukan. Amplop itu saya jaga sepenuh hati jangan sampai hilang. Kalau terselip, ga jadi deh melahirkan dicover BPJS Kesehatan.

Rujukan Online JKN-KIS

Sekarang, peserta JKN-KIS tak lagi mendapat surat rujukan dalam bentuk kertas seperti pengalaman saya tiga tahun lalu. Udah ga perlu takut kertas rujukan nyelip entah di mana karena sekarang BPJS Kesehatan melakukan digitalisasi rujukan alias #rujukanonline.

Uji coba rujukan online telah dimulai sejak 15 Agustus 2018 lalu dan dibagi dalam 3 tahap:
  • Fase 1 (Pengenalan): 15-31 Agustus 2018

Penggunaan rujukan online sudah dikenalkan di FKTP namun RS masih menerima rujukan manual.
  • Fase 2 (Penguncian): 1-15 September 2018

Penggunaan rujukan online diwajibkan di FKTP (kecuali yang kesulitan akses internet atau saat sistem offline).
  • Fase 3 (Pengaturan): 16-30 September 2018

FKTP wajib menggunakan aplikasi PCare untuk merujuk (kecuali kendala akses jarkomdat) dan RS hanya menerima rujukan online.

ngopi bareng jkn
Ngopi Bareng JKN di Jakarta, 3 September 2018
Arief Syaefuddin, Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, menjelaskan dari 22.467 FKTP yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, 88,8% telah siap menggunakan sistem rujukan online lewat aplikasi PCare. Sisanya masih terkendala jaringan komunikasi dan data (jarkomdat) yang belum menjangkau daerah tersebut atau tidak stabilnya sinyal internet di sana.


Rujukan online di sini menghasilkan beberapa manfaat untuk berbagai pihak, termasuk pasien, lho. Keuntungan menggunakan rujukan online JKN-KIS antara lain:
  • Sistem rujukan online menunjukkan data dokter (spesialis dan waktu praktek) serta sarana yang ada di RS rujukan. Peserta dirujuk ke FKRTL (RS/klinik) yang memiliki sarana-prasarana, dokter spesialis/subspesialis yang kompeten sesuai kebutuhan sehingga meminimalisir rujukan berulang dengan alasan tidak ada SDM yang dibutuhkan.
  • Peserta dan FKTP dapat memilih rujukan yang sesuai selama tidak overload dan berlokasi terdekat (batas radius dalam keadaan normal 15 km).
  • Mengurangi antrean pasien rujukan JKN-KIS di FKRTL sehingga kepastian waktu pelayanan lebih terjamin.
  • Menghindari potensi fraud seperti rujukan fiktif.
  • Semakin lengkapnya data dokter spesialis/subspesialis, waktu praktek, dan kapasitas kerjanya sehingga dapat memberikan rujukan yang tepat sesuai kebutuhan.

Tantangan Uji Coba Rujukan Online Fase 1

Namun, uji coba fase 1 masih menemukan beberapa kendala. Dalam fase 2 ini BPJS Kesehatan membuat langkah-langkah penyempurnaan supaya rujukan online berjalan lancar.

mengurus rujukan bpjs kesehatan
Quiz time!
Untuk mapping lokasi rujukan, awalnya hanya berdasarkan jarak terdekat. Namun, di beberapa daerah terkendala dengan akses ke RS tujuan. Secara jarak, dekat. Namun, harus menyeberangi sungai atau melalui gunung. Untuk itu, mapping diperluas dan lebih fleksibel menjangkau RS rujukan yang mudah diakses.

Bisa disimpulkan sistem terbaru BPJS Kesehatan berupa digitalisasi rujukan ini membawa dampak positif bagi pelayanan kesehatan. Meski masih ada perbaikan di sana-sini, insya Allah rujukan online JKN-KIS untuk kebaikan bersama.


Ada yang sudah mencoba mengurus rujukan online? Bagi ceritamu di kolom komentar, ya.

39 comments on "Mengurus Rujukan BPJS Kesehatan Semakin Mudah dengan Rujukan Online JKN-KIS"
  1. Alhamdulillah belum pernah...mudah mudahan sehat selalu..tapi postingannya informatif sekali karena saya sekeluarga pengguna bpjs..

    ReplyDelete
  2. Wah keren juga ya sekarang bisa online jadi lebih memudahkan sekali bagi pengguna BPJS. Alhamdulillah saya belum pernah menggunakannya tapi semoga ini lebih memperbaiki sistem layanan BPJS

    ReplyDelete
  3. Pelayanan BPJS sudah semakin meluas dan makin baik.
    Mungkin ini berkat di"wajib"kannya seluruh masyarakat WNI memiliki asuransi kesehatan yaa...

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat dulu pas ngantar almarhum ayah berobat ke rumah sakit harus bolak balik ke puskesmas buat bikin rujukan. Nah kalau sudah pakai sistem online gini pastinya lebih memudahkan ya buat para pasien. Nggak capek bolak balik lagi jadinya

    ReplyDelete
  5. Senang sekarang BPJS makin memudahkan. Semoga bisa dimanfaatkan dg baik oleh penggunanya

    ReplyDelete
  6. kalau lupa bawa rujukan ga masalah lagi, tinggal tunjukin kartu JKN KiS, langsung terkoneksi deh data kita yanf di fktp dengan di RS. lupa bawa kartu pun ga masalah karena ada KIs digital. eits, ada bos eike Pak Arif disitu

    ReplyDelete
  7. Waaah sekarang sudah bisa mengurus rujukan secara online ya.. Seneng deh kalo dimudahkan begini

    ReplyDelete
  8. Wah jadi lebih mudah ya mak..mudah-mudahan ini jadi solusi soalnya kayak ortu ku fasilitas kesehatan tingkat pertamanya jauh banget kasihan jadinya kalau minta refensi hharus ke Puskesmas yang jauhnya nggak ketulungan.

    ReplyDelete
  9. bpjs ini sangat membantu masyarakat. apalagi di negara maju juga rakyatnya harus punya asuransi kesehatan. nah bpjs masih menjadi solusi buat kita yang blm sanggup bayar premi asuransi swasta.

    ReplyDelete
  10. Sejak kembali ke Indonesia aku belum sempat pakai BPJS nih mba

    ReplyDelete
  11. Wah, pengguna BPJS semakin dimudahkan dengan adanya sistem rujukan online. Semoga kedepannya sistem BPJS semakin baik ya dan internet di daerah-daerah juga lebih stabil dan terjangkau luas

    ReplyDelete
  12. bagus juga ya kalo ada rujukan online biar lebih mudah

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah, pelayanan kesehatan semakin dipermudah dengan sistem online ini, baru tahu.

    ReplyDelete
  14. Wah sekarang mah segala dipermudah dgn adanya sistem online...mantapslah menyeauaikan dgn kondisi zaman..

    ReplyDelete
  15. BPJS makin mengedepankan pelayanan untuk masyarakat, semoga semakin bermanfaat lagi dengan tidak banyak keluhan keluhan dari pemakainya..

    ReplyDelete
  16. wah alhamdulillah pengurusan rujukan bpjs kesehatan semakin dipermudah yaa

    ReplyDelete
  17. alhamdulillah ya mba, aku baru tau bpjs ada system online nya hehehe

    ReplyDelete
  18. Aku blm pernah sih, tp dulu pernah pas minta rujukan harus nunjukin kartu bpjsnya. Dikasih foto dari aplikasinya bpjs ga diterima sama kliniknya, jadi tetep harus bawa fisiknya huhu agak bingung jg sih kartu yg di aplikasi gunanya untuk apa

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah mempermudah sekarang ada rujukan online-nya yah

    ReplyDelete
  20. Wiih jd lebih gampng ya skrg.. thanks for sharing!

    ReplyDelete
  21. Wah kecenyaaa sekarang surat rujukan udah bisa pake rujukan online aja yaaa? Gaperlu repot repot deh bawa kertas rujukan pas mau ke faskes selanjutnya. alhamdulillah sekarang masyarakat semakin dimudahkan oleh JKN KIS yaaa..

    ReplyDelete
  22. Semoga makin memudahkan yaaa, suka sedih kalau berobat pakai BPJS itu kayak dipandang sebelah mata, hiks

    ReplyDelete
  23. wahh rujukan online BPJS ini membantu mempersingkat waktu nih kalau mesti rujuk ke Rumah Sakit. jadi gak habis waktu bolak-balik ke dokter dan puskesmas deh

    ReplyDelete
  24. Papah mertua saya terbantu dengan adanya BPJS ini. Sudah lumayan lama sakitnya. Senang aja kalau kemudian sistemnya bisa jadi semakin dipermudah

    ReplyDelete
  25. Blon pernah coba bpjs online utk rujukan nih.. Nanti dicoba deh klo pas butuh rujukan

    ReplyDelete
  26. Aku baru tahu loh tentang rujukan online ini, itu berarti makin memudahkan kita ya

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah seneng dengarnya, kalau kaya gini minta rujukan juga lebih mudah ya ga ribet.

    ReplyDelete
  28. Semakin canggih saja ya teknologi. Semoga dengan adanya inovasi ini pelayanan ke daerah juga semakin meningkat. Kasihan kalau di daerah masih ada yg mengeluhkan terkait pelayanan BPJS

    ReplyDelete
  29. Wuih asiiik, ga perlu bolak-balik RS dong hanya untuk mengantri atau lihat kuota penuh/ga-nya...

    ReplyDelete
  30. akhirnya ada sistem online, pas kemarin hamil capek bolak balik sana sini minta rujukan :p semoga makin lancar nih ga bikin ribet lagi BPJS

    ReplyDelete
  31. Rujukan online nih membantu banget ya apalagi skarang kan serba era digitalisasi. Smoga BPJS selalu memberikan inovasi yang memudahkan masyarakat ya :)

    ReplyDelete
  32. wah Alhamdulillah ya sekarang udah tambah mudah... jujur dulu awalnya takut bpjs gara2 takut ga dapat rujukan

    ReplyDelete
  33. Nah iya, maunya ke dokter spesialis langsung tapi suka mumet minta rujukan ke faskes 1. Moga2 sistemnya cepet sukses di semua rujukan dan RS2 yg dituju yaaaa :D

    ReplyDelete
  34. Semoga pelayanan dan inovasi BPJS semakin baik

    ReplyDelete
  35. aku sih belom pernah cobain yg online, sejauh ini kl mau manfaatkan bpjs langsung datang dan nunggu dari pagi,hiksss harus extra waktu banget, kalo tau bisa online gini enak bangetkan :)

    ReplyDelete
  36. Belum pernah.dulu rujukan langsung aja..minta dari puskesmas..untuk rujuk ke RS daerah...., Karena gak rame banget jadi cepet urusannya ..

    ReplyDelete
  37. Aku belum pernah ngurus secara online. Tapi meski praktis. Aku berdoa semoga kita semua sehat ya mba

    ReplyDelete
  38. Saya sekeluarga belum daftar BPJS karena birokrasi yang rumit harus mengurus macem2 kalau sakit. Tapi, sebaiknya memang diurus sih ya.

    ReplyDelete
  39. wah sekarang BPJS udah merambah ke dunia online ya! bagus bagus, tapi aku juga pengen banget deh klo BPJS itu bisa digunakan dimana saja ga terpaku sama alamat KTP, karena kan jaman sekarang banyak orang yg mobile person ya, kalau mau periksa harus ke puskesmas/RS yg deket alamat KTP susah :(

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature