Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Menghadapi Anak Balita Aktif

Thursday, January 31, 2019
menghadapi anak balita aktif
adakah yang senasib?

“Seorang anak melarang ibunya tidur siang.” 

Ketika memasang status tersebut di Facebook, saya mendapat banyak respon senasib dari teman-teman yang memiliki anak balita. Mata udah 5 watt tapi semangat anak masih on fire buat bermain. Hi hi … siapa yang mengalami hal serupa? 

Anak Aktif Itu Sehat 

Well, itulah tantangan orang tua membersamai anak yang sedang aktif-aktifnya. Capek sedikit, sih, akan tetapi di sisi lain saya sangat bersyukur memiliki anak yang bersemangat untuk belajar. Energi dan rasa ingin tahunya selalu muncul untuk mengeksplorasi sekitar. 

Bayangkan bila anak sakit. Rumah rapi dan sunyi tetapi anak lemah lunglai. Lebih puyeng lagi, kan? Maka, melihat kondisi kesehatan SID yang prima dan “baterainya” awet tahan lama membuat saya berucap alhamdulillah.

Namun, tak semua orang menganggap anak aktif itu baik, lho. Ada yang menyebutnya “nakal” atau menjuluki “cacing kepanasan”. Kasihan, ya, padahal energi baik anak perlu disalurkan ke hal positif. Kalau anak disuruh diam saja, ia bisa pusing sendiri. Fitrahnya anak kan bermain dan bereksplorasi.

Menyadari hal tersebut, saya membebaskan SID untuk beraktivitas fisik di dalam maupun luar rumah (tentunya dalam pengawasan). Di usia 3,5 tahun ini SID sangat suka memanjat. Hobinya di rumah memanjat rak buku dan kasur. Kalau ke taman, ia memanjat pagar dan tiang perosotan. Baginya, bermain perosotan kurang menantang, ia lebih suka memanjat lewat tiang dibanding naik tangga perosotan. *elus-elus dada.

susu uht indomilk UHT Kids Full Cream
Memastikan anak panjat-memanjat dengan aman
Bangga? Iya. Tetapi lain lagi rasanya begitu kami berkunjung ke rumah kakek. Lingkungan rumah kakek sepi, jarang kendaraan lewat. Di sana, SID belajar naik skateboard. Deg deg ser … melihat ia menyeimbangkan diri sambil berdiri di atas skateboard. Keberaniannya patut diacungi jempol. Siapa tahu kelak ia dapat meraih medali Asian Games seperti Bunga Nyimas, atlet skateboard muda Indonesia. 

Akan tetapi respon kakek dan nenek berbeda. Ya maklum, mereka pasti khawatir anak balita ini jatuh dan terluka. Mereka juga geleng-geleng kepala melihat aktivitas SID yang nampak sibuk dari bangun pagi sampai mau tidur. Ada saja permainan yang ia lakukan sambil bernyanyi. Alhamdulillah, anak aktif itu sehat. 

Dukung Anak Aktif dengan Gizi yang Cukup 

Dulu, SID sempat kurang gizi karena susah banget makan. Bukan picky eater lagi tetapi memang enggak mau makan. Banyak tingkah tetapi kurang asupan. Badannya nampak kurus dan mata belonya makin terlihat bulat. Syukur alhamdulillah semangat makannya sekarang ini semakin membaik. 

Dalam masa pertumbuhan, ia perlu didukung asupan gizi yang sesuai agar dapat tumbuh sehat dan optimal. Saya berpatokan pada Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dianjurkan untuk anak usia 1-3 tahun sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2013 sebagai berikut:

susu uht indomilk UHT Kids Full Cream
Angka Kecukupan Gizi anak 1 - 3 tahun sebagai acuan 
Jujur, enggak saklek amat soalnya bakal pusing sendiri begitu anak menolak makan. Setidaknya daftar di atas menjadi panduan dalam mencukupi kebutuhan gizi SID. 

Susu Indomilk UHT Kids Full Cream Sebagai Susu Selepas ASI 

Selain memilah-milih menu makanan, saya lengkapi kebutuhan gizi anak dengan susu. Waktu masih meng-ASI-hi lebih mudah karena ASI lah yang terbaik untuk anak. Di usia 2 tahun sebenarnya SID sudah nyambi minum susu UHT, maksudnya agar teralihkan dari ASI dan mudah menyapih. Di samping kasur, saya siapkan sekotak Indomilk agar saat ia minta menyusu di malam hari, saya beri susu UHT saja. Akan tetapi, tak semudah itu, Marimar! Proses menyapih maju-mundur hingga menjelang usia 3 tahun akhirnya berhasil. 

Saat memilih susu untuk anak, saya memiliki kriteria tertentu. Yang jelas, susu harus mengandung berbagai vitamin dan mineral untuk mendukung tumbuh kembang anak. Selain itu, susu sebaiknya tanpa gula dan garam tambahan. Biarlah rasa susu kental dan gurih alami, tidak terlalu manis. Sering mengonsumsi minuman manis bisa membuat obesitas dan gigi bolong.

susu uht indomilk UHT Kids Full Cream
Suka bermain di alam
Suatu hari, SID minta mampir ke mini market untuk membeli susu sebagai bekal perjalanan. Ini sudah menjadi kebiasaan kami untuk membawa bekal susu. Saat itu, ia melihat ada yang berbeda.

“Bu, kenapa yang biru ada dua?” tanya SID sambil menunjuk kemasan susu UHT Indomilk Kids yang berwarna biru. “Satu biru, satu lagi biru muda,” tambahnya.

“Oh iya, ya. Ibu baru lihat ada dua,” jawab saya sambil mengamati kotak susu di rak mini market.

Yang biru saya sudah hafal itu rasa vanilla. Kalau biru muda kok sepertinya baru lihat, ya. “Full cream” begitu yang tertulis dalam kotak kemasan susu UHT Indomilk berwarna biru muda. Varian terbaru Indomilk? Coba satu ah.

susu uht indomilk UHT Kids Full Cream
Belajar naik skateboard ditemani susu Indomilk UHT Kids Full Cream
Saya ikut icip sedikit sebelum direbut SID. Review susu Indomilk UHT Kids Full Cream ini, rasanya khas full cream yang gurih. Hmm, enak nih enggak terlalu manis. 

Susu UHT Indomilk Kids Full Cream ini tanpa gula dan garam tambahan, lho. Rasa manis dan gurihnya pas. Dari kandungan gizinya juga sesuai untuk anak usia 1 tahun ke atas yang tinggi kalsium, fosfor, dan Vitamin D.

Susu tanpa garam ini tersedia dalam ukuran kemasan 115 ml, cukup untuk satu kali minum langsung habis, enggak terbuang percuma. Kemasannya kecil, pas digenggam SID. Tentunya mudah dibawa untuk bekal bepergian. Praktis, kan!

susu anak tanpa garam dan gula tambahan
susu UHT Indomilk sebagai susu selepas ASI
Oh ya, saya memilih susu UHT Indomilk sebagai susu selepas ASI karena dibuat dari susu segar yang melalui proses sterilisasi HTST (High Temperature Short Time). Susu dipanaskan pada suhu 140-145 Celcius selama 4 detik yang akan membunuh bakteri jahat. 

Selain itu, PT. Indolakto sebagai perusahaan dengan brand “Indomilk” telah mendapat sertifikasi ISO ISO 9001:2008 untuk sistem manajemen mutu yang diterapkan di seluruh pabriknya. Tak lupa, udah ada sertifikat halal dari MUI.

susu setelah asi
Ikut blog competition #IndomilkUHTKidsFullCream, yuk!
Eh, panjang banget ya cerita saya di atas. Hi hi … banyak-banyak bersyukur memiliki anak aktif karena #AktifItuSehat. Dukung anak tumbuh optimal dengan memilih susu yang tepat bagi pertumbuhannya. 

By the way, si kecil udah minum susu UHT Indomilk Kids Full Cream? Bagaimana ulasanmu? Yuk, ikuti blog competition #IndomilkUHTKidsFullCream. Tulis review mengenai susu Indomilk UHT Kids Full Cream di blog dan dapatkan total hadiah 15 juta rupiah! Selengkapnya baca di sini, ya.
45 comments on "Menghadapi Anak Balita Aktif"
  1. Waaahhhh ini saya banget mbak, ngelonin anak tidur siang yang tidur emaknya, anaknya tau-tau kabur ninggalin kamar. Sehat selalu ya adik SID, banyakin mimik susu biar lekas besar dan sehat ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaka, malah si anak kabur. Kalau aku, biar aja deh anak ngapain yang penting akunya tidur sebentar.

      Delete
  2. Ini anakku banget, kalau pas aku dirumah dia gak mau tidur siang doang. Maunya main terus, sampai aku pura-pura tidurpun gak mempan sama dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari yang pura-pura tidur jadinya malah aku tidur beneran :))

      Delete
  3. Cerita ibu2.. toss mba! Anakku yang tk juga lagi aktif2nya....nggak pernah mau bobok siang. Eh,,dia suka indomilk juga. Cuss ah, cari info lombanya. Makasih yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ikutan mbak. Review susu uht indomilk kids yang full cream yaa

      Delete
  4. Sebenarnya tidak ada anak yang nakal ya, karena rasa ingin tahu mereka memang besar dan suka mencoba-coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, Mbak. Anak disebut nakal mungkin karena keunikannya belum tersalurkan dengan tepat.

      Delete
  5. Punya anak aktif ya memang seneng-seneng senep, kok, tapi tetep syukur alhamdulillah. Anakku dua-duanya super aktif. Apalagi yang kecil, hobinya sepedaan keliling perumahan. Kapan hari malah lepas kontrol sepedaan sampek Alfamart di luar perumahan, duhh.. senep BukNaj. Tapi ya alhamdulillah semangat banget mengeksplor segala hal.

    Nah, kalau urusan susu aku juga pilih yang UHT rasa plain. Anak-anak udah minum susu kayak gini sejal lepas ASI. Menurutku ya lebih praktis dan ekonomis dibanding beli susu formula itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SID pernah gini juga, Mbak. ALhamdulillah ditemukan satpam. Trus dia ngambek dikira ga boleh main padahal aku ya khawatir dia sepedaan sampai jalan raya.

      Toss lah buat pilihan susu terbaik untuk anak.

      Delete
  6. Ini jadi teman Salfa karena aktifnya pun mungkin 20% di atas anaknya Mba Helena. Soalnya tidur aja bisa ngomong dia, haha. Saking aktifnya.

    ReplyDelete
  7. Susu kesukaannya ponakan ku nih mak..setiap hari ke sekolah selalu minta dibekalin susu indomilk :)

    ReplyDelete
  8. Kita sebagai ortu emang harus bersyukur malah ya kalo anak kita aktif.. Kita support dengan gizi terbaik...

    ReplyDelete
  9. Ini adalah merk susu UHT yang anak2ku suka, mbak. Apalagi anakku yang kedua, suka bgt dia.

    ReplyDelete
  10. Persis anakku si sulung nih. Energi gede, untuk mulai bobo mesti susah, ada aja yang tingkahnya. Ketika uda bobo susah banguninnya. Akhirnya Saya putuskan ngga usah bobo siang sekalian supaya bobonya ngga kemaleman, dan bisa bangun pagi.
    Latihan sejak sekarang, supaya pas masuk sekolah nanti terbiasa.

    ReplyDelete
  11. Meski susu anak anak tapi aku juga suka mbaa hahahah pernah incip punya keponakan saking gemes kenapa dia doyan banget. Ternyata selain enak kaya manfaat juga.

    ReplyDelete
  12. Anak-anakku juga suka susu uht jadi harus disembunyikan biar ngga kebanyakan hihi

    ReplyDelete
  13. Sid samaan kayak aa dimas suka banget susu Indomilk ini apalagi yang cokelat

    ReplyDelete
  14. Anak yang cenderung tidak bisa diam itu sebenarnya menunjukkan kalau kondisinya baik-baik saja. Fitrahnya anak-anak ya emang gitu. Terkadang ada orang yang malah pengin anaknya anteng :)) Meskipun memang tipikal anak tuh beda-beda ya. Yang penting sehat dan sesuai dengan tahapan perkembangannya ya. Susu bagus untuk mendampingin tumbuh kembang anak nih.

    ReplyDelete
  15. Anak aktif terkadang suka bikin deg deg ser takut jatuh.

    Sehabis bermain ,manjat pasti haus dan perlu energi tambahan. Minum susu memang tepat dengan kaya gizi

    ReplyDelete
  16. Aku malah seneng anak aktif, itu menunjukkan anaknya sehat. Nggak apalah rumah berantakan asal anak sehat. Kalo anak sudah sakit, duh sedihnya.
    Anak-anakku juga sukanya minum susu UHT :)

    ReplyDelete
  17. Pastinya orang tuanya harus sabar dan banyak energi juga kalau punya balita aktif hehehe. Susu UHT juga anak-anak saya masih minum sampai sekarang

    ReplyDelete
  18. Hai hai SID pas baca aja kebayang khawatirnya mom jagain SID yg maen skateboard. Trnyt skateboardnya yg gede lagi, dududuu

    ReplyDelete
  19. Bacanya angguk angguk.. punya anak laki-laki memang harus ekstra sabar yaaa.... anakku keduanya laki-laki dan memang keduanya sangat aktif. Alhamdulillah ya.. punya anak aktif dan memang ngga perlu marah-marah menghadapi mereka.. ikutan aja apa mau meraka, kalo memang dirasa ngga baik, baru dikasih penguatan.. siap mama sid, nutisi juga penting untuk anak aktif ya.. agar cerdasnya maksimal.. aamiin

    ReplyDelete
  20. Anakku tuh mba suka banget minum susu kontak UHT. Rasanya enak apalagi pas dingin dingin ;). Kalau travelling juga bawa ini karena ringkes :)

    ReplyDelete
  21. Usia SID ini hampir sama dengan anakku, Mbak. Cuman, kalau aku wajib banget tidur siang, Mbak. Karena dia katif itu tadi, kalau nggak tidur siang dia malah sering rewel malemnya karena terlalu capek. Jadi, nangis ya nggak papa, asal tidur. Hihihi.

    ReplyDelete
  22. Wah kerasa banget ya mba punya anak aktif kaya sid. Kalo ga pinter2 cape sendiri kitanya trus malah emosian ya. Dan anak jd ga keperhatiin. Pdhal kita harus support anak buat stimulus ya mba.untung ada indomilk yg kasi gizi tambahan pasca anak lepas asi. Keren mba. Sehat2 selalu sid. 😘😘😘

    ReplyDelete
  23. Di sini tokohnya Marimar.
    Hahha....biasanya Ferguso.

    Sid hebat sekali...
    Ke manapun ceria happy dan penuh semangat.
    Sama doonk kayak tante.

    **eaa... (( T A N T E ))

    ReplyDelete
  24. Salut sama ibu yang balitanya aktif, karena mesti bisa ikuti progressnya dengan sabar ya.
    Selain siapkan susu sehat buat tubuhnya, juga siap jadi teman aktifnya hehe

    ReplyDelete
  25. cerita ibu tentang anaknya yang aktif memang gak abis2 ya mbak.
    semangat ya...
    untung ada indomilk utk anak yang sedang aktif agar gizinya tetap terjaga

    ReplyDelete
  26. Aku sdh lupa bagaimana anak2ku dulu, tp anak keempat emang lbh aktif drpd kakak adiknya ternyata dia tipe kinestetis...hehe..

    ReplyDelete
  27. Toss mama sid! Tiga Anakku dulu juga aktif2....nggak pernah mau bobok siang. Trus kalo beli indomilk ga bs berhenti minumnya sampe kudu dilarang (soalnya cepet habis) hahaa

    ReplyDelete
  28. Wah, SID udah berpikir kritis banget, nih. Udah jeli lihat sesuatu yang beda. Kan jadi mencoba Indomilk rasa baru.

    ReplyDelete
  29. Seneng ya mba kalo punya anak sehat dan aktif. Ooh samaan ternya minum susunya UHT indomilk.

    ReplyDelete
  30. Saah satu perjuangan seorang ibu yah, mengorbankan waktu tidur siangnya hikss. But that is mother. oiya susu UHT rekomended bgt deh buat tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  31. Wah SID udah bisa naik skateboard ya, biar lebih tenaganya minum susu UHT Indomilkny adulu deh, rasanya gurih tapi gak ada penambahan garam ya enak

    ReplyDelete
  32. Anak aktif itu sehat dan pinter. Waduh, beneran deh mba klo ada anak aktif ga bisa diem dan banyak nanya trus muter terus ga ada capenya kadang si anak dibilang nakal. Huhuhu

    Wah sama anakku aktif dan suka susu. Kita minum UHT Indomilk juga. Hehehe

    ReplyDelete
  33. Hallo SID ,, toss dulu donk susunya juga sama nih kaya Kakak Kezia. Dia suka banget susu indomilk lho.

    ReplyDelete
  34. Ananku selepas asi juga cuma disediakan UHT ini mbak . alhamdulillah anak semuanya doyan uht heheh

    ReplyDelete
  35. gizi cukup memang syarat penting untuk pertumbuhan anak-anak yang sehat dan optimal. Pastikan anak-anak kita mendapatkan semuaaa

    ReplyDelete
  36. Setuju anak aktif tu sehat, malah bingung kalau anaknya diem aja gak ngapa2in ya, kyk pas sakit. Sid kalau "dilepas" ke luar, susah diajak balik rumah gak? hehee

    ReplyDelete
  37. iya nih, fais juga lagi aktif-aktifnya, haha.. fais juga suka mbak minum susu UHT Kids, kalo susu Indomilk UHT Kids Full Cream dia sukanya rasa cokelat. kapan-kapan kita main lagi yuk, Sid? ^^

    ReplyDelete
  38. Pengen deh cobain ini utk Si Kakak juga tapi dia tuh gak suka selain coklat, makanya Adek sejak kenal susu gak kukasih kenal coklat, cukup vanila aja deh. Hihihih.
    Punya anak aktif emang Alhamdulillah banget ya Mbak, emaknya itu bisa jadi makin aktif juga, lupakan diet deeh krna emak ikut gerak juga tiap saat ��

    ReplyDelete
  39. Punya anak yg aktif tu pasti seneng banget, tapi jg bkin capek ya. Aq jaga keponakanku 2jam yg baru 1th belajar jalan aja aq dah nyerah krena over aktif ��

    ReplyDelete
  40. Assalamualaikum Sid, makin tampan saja nih susunya sama kaya abang banni,, enak dan praktis

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,