Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Ditutup Bukan Berarti Dicuekin, Begini Cara Mengatasi Rambut Rontok Wanita Berjilbab

Friday, January 25, 2019

[Cara mengatasi rambut rontok wanita berjilbab]

Rambut belum kering, buru-buru pakai jilbab. Setelah tertutup jilbab hampir seharian, eh sampai rumah masih juga dikuncir. Alhasil, rambut saya banyak yang rontok tiap hari. Rupanya hal ini dialami juga beberapa teman yang berhijab. Bagaimana caranya mengatasi rambut rontok wanita berjilbab?

Rambut Rontok Itu Wajar Asalkan …

10 years challenge, topik yang ramai di awal tahun 2019 ini menghebohkan jagat maya. Netizen menayangkan foto dirinya tahun 2009 dibandingkan dirinya sekarang. Ada yang dulu tampil dengan rambut apik tertata, sekarang alhamdulillah sudah berjilbab sambil ngaku jarang sisiran. Hi hi …. Ada yang dulu rambutnya masih lebat, sekarang bagian depan mulai berkurang. Kebayang enggak sepuluh tahun lagi bagaimana perubahanmu?

Saya berandai-andai, kalau 2029 ada lagi #10yearschallenge, bisa-bisa makin nampak jelas rambut menipis. Ya gimana, rambut rontok tiap hari. Tiap menyisir rambut dan keramas, rambut rontok parah. Sedih melihat helai demi helai rambut tercecer di lantai sampai saya enggak suka menyapu rumah. Enggak tega melihat rambut yang menempel di sapu. Hu hu ….

Saya pernah baca, sebenarnya rambut rontok tiap hari itu enggak masalah asal dalam batas wajar sekitar 40-120 helai per hari. Bakal menjadi masalah bila rambut rontok lebih dari itu atau rambut yang tumbuh tidak sebanyak yang rontok.

Tiga Jenis Masalah Kerontokan Rambut

Hair loss atau rambut rontok dipicu berbagai faktor, antara lain faktor genetik, usia, pemakaian obat-obatan, penggunaan alat penata rambut, juga stress.

Ada tiga jenis masalah kerontokan rambut yang sering ditemui, yaitu:
1. Alopecia androgenic: disebabkan faktor genetik (hormon androgen) yang mengakibatkan penyusutan dan gangguan pertumbuhan folikel rambut.
2. Telogen effluvium (TE): disebabkan oleh kelainan siklus rambut selama fase telogen sehingga rambut mengalami kerontokan lebih banyak saat menyisir atau mencuci rambut.
3. Alopecia areata: sistem imun tubuh menyerang folikel rambut karena salah mengidentifikasi folikel sebagai benda asing dalam tubuh. Efeknya muncul “pitak”.

Hmm, sepertinya saya yang kedua tapi untuk make sure perlu konsultasi ke ahlinya.

Mengatasi Rambut Rontok Wanita Berjilbab

Meski rambut tertutup jilbab, bukan berarti saya cuek begitu saja. Saya pun ingin memiliki rambut sehat, buat membahagiakan suami juga. Ehm …. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa memelihara rambut, hendaklah dia memuliakannya.” HR. Abu Dawud. So, penting untuk menjaga kesehatan rambut.

Supaya tidak semakin parah rontoknya, inilah tips mengatasi rambut rontok berjilbab:

1. Rutin keramas menggunakan sampo yang membantu mengurangi kerontokan rambut.

2. Biarkan rambut kering sebelum dikuncir atau ditutup jilbab.

3. Sisir rambut sebelum dan sesudah menggunakan jilbab supaya peredaran darah lancar. Gunakan sisir bergigi jarang.

4. Tidak menguncir rambut terlalu kencang.

5. Setelah menggunakan jilbab, istirahatkan rambut dengan tidak menguncir.

6. Oleskan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak kemiri pada rambut. Cara ini dapat dilakukan seminggu sekali.

6. Makan makanan yang mengandung tinggi protein dan rendah lemak (daging ikan, putih telur), asam lemak, omega 3, vitamin B12, biotin, dan zat besi. Gizi pada makanan berperan penting menjaga kesehatan rambut juga, lho.

Erha Hair Growth Series bonus pouch cantik

Review Erha Hair Growth Series

Selain menjalankan berbagai tips di atas, saya menggunakan produk perawatan rambut dari Erha Skin, Hair & Laser Expert. Produk Erha bukan hanya skin care untuk wajah tetapi juga solusi untuk rambut rontok seperti yang saya alami.

Untuk mengatasi rambut rontok, ada produk Hair Growth Series yang bisa dibeli tanpa resep di Erha Apothecary di seluruh Indonesia.

Hair Growth Series pertama yaitu Erhair HairGrow Shampoo. Sampo ini mengandung Ekstrak Panax Ginseng dan Ekstrak Pumpkin Seed. Kandungan dalam Erhair HairGrow Shampoo diklaim membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi vitamin dan mineral sehingga merangsang pertumbuhan rambut baru dan menghambat hormon penyebab kerontokan.

Erhair HairGrow Shampoo tersedia dalam kemasan botol 100ml dan 250ml. Isinya bening dan wanginya lembut, enak deh setelah dipakai keramas. Rambut bersih dan mudah diatur.





Setelah keramas, saya biarkan rambut kering secara alami. Kemudian saya gunakan Erhair HairGrow Serum yang bekerja simultan dengan Erhair HairGrow Shampoo untuk bantu mengurangi rambut rontok pada Androgenetic Alopecia sekaligus merangsang regenerasi rambut. Serum ini diklaim mengandung Vasodilator yang dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru / regenerasi rambut.

Hasil penelitian menunjukkan Erhair HairGrow Serum bekerja sinergis dengan Erhair HairGrow Shampoo untuk:
1. Efektif membantu mengurangi kerontokan rambut dalam 3 minggu*
2. Efektif membantu meningkatkan pertumbuhan (densitas) rambut dalam 4 minggu*

*pengujian terhadap pasien AGA (Androgenetic Alopecia) dalam perbandingan dengan placebo dan produk pembanding.

Baca kemasannya membuat saya makin tertarik menggunakan serum rambut Erha ini.



Erhair HairGrow Serum tersedia dalam satu box untuk pemakaian selama 7 hari. Isinya terdapat 7 botol mungil, masing-masing 8ml yang pas digunakan satu botol sehari.

Caranya mudah, buka tutup botol serum lalu pasangkan tutup berbentuk corong pada botol. Aplikasikan pada kulit kepala secara merata. Pastikan rambut dalam keadaan kering atau setengah basah setelah keramas. Bagian ini kudu sabar, ya, satu persatu. Sambil dipijat lembut dengan ujung jari tangan dengan gerakan melingkar juga boleh supaya serum makin terserap dengan baik. Serum ini tidak perlu dibilas.

Setelah rutin menggunakan Erha Hair Growth Series selama beberapa hari ini, saya menyadari ada yang berbeda tiap menyisir rambut. Helaian rambut yang rontok semakin jarang terlihat. Mau menyisir pakai sisir ataupun jari tangan, alhamdulillah rambut rontok makin berkurang. Impian memiliki rambut sehat dan lebat semakin dekat.

Erha Apothecary dan Erha Clinic (dok. Erha)


Erha Hair Follicle Activation Therapy

Kalau masalah rambut dan kulit kepala belum juga selesai dengan produk OTC (over-the-counter) di atas, sebaiknya berkonsultasi ke Erha Clinic. Awalnya saya baca promo diskon 10% treatment rambut rontok “Erha Hair Follicle Activation Therapy” di Instagram @erha.dermatology. Kemudian saya DM IG-nya untuk bertanya lebih lanjut tentang terapi ini. Admin IG-nya Erha responsif, lho. Sabar banget menjawab pertanyaan saya dengan jelas.

FYI, Hair Follicle Activation Therapy merupakan terapi untuk merangsang pertumbuhan rambut khususnya pada orang dengan AGA (androgenetic alopecia). Tindakan ini merupakan kombinasi Electroporation Needle System (yang menggunakan Auto Microneedle dan electroporation) dan Red Light Therapy. Hair Follicle Activation Therapy telah diuji klinis memberikan hasil yang efektif pada 100% responden Male-AGA type III-Vertex dan IV-Vertex serta meningkatkan jumlah rambut terminal hingga 75%.

Saran dari admin IG-nya Erha, sebelum memutuskan perawatan rambut ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga ahli di Erha Clinic terdekat. Saya juga sempat bertanya bagaimana kalau mau konsultasi soal rambut padahal saya berhijab. Syukurlah dokter di Erha Clinic dekat tempat tinggal saya semuanya perempuan, konsultasi pun lebih nyaman.

Kalau penasaran dengan produk perawatan rambut dari Erha Skin, Hair & Laser Expert, silakan baca infonya lebih lanjut di:
• Website: https://www.erha.co.id/
• IG: @erha.dermatology

Promo Erha Hair Follicle Activation Therapy
Ditutup bukan berarti dicuekin, semoga tips merawat rambut berjilbab di atas bermanfaat, ya. Bagaimana caramu mengatasi kerontokan rambut?
40 comments on "Ditutup Bukan Berarti Dicuekin, Begini Cara Mengatasi Rambut Rontok Wanita Berjilbab"
  1. Aku bgt tu mba. Pk hijab rmnbt kdg msh bsh dh buru2 kabur. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, kudu sabar keringin rambut yaa. Pake hair dryer atau kipas angin :D

      Delete
  2. Cobain ah produk ini, karena rambutku juga rontok heuheu, kadang suka males abis keramas gak pakai hairdryer langsung dijilbab deh heu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasihan rambutnya ya, Mbak. Malah lepek dan bau lho

      Delete
  3. Duh aku udah rontok, ketombe pulak. Kayaknya rontoknya masuk ke jenis kedua deh yang elogen effluvium. Mo cobain deh Erha, sapa tau bisa efektif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, Mbak. Aku pun kalau disisir atau keramas lebih banyak rontok. Selamat mencoba!

      Delete
  4. ini problemku juga nih.. hehe secara habis keramas langsung cUzzzz itu rambut basah2 dikudungin.

    ReplyDelete
  5. Boleh nih mbk, rambutku rontok parah. Apalagi semenjak ada si kecil, dianya hobi narik-narik rambut

    ReplyDelete
    Replies
    1. huwaaa rambutku kadang terinjak anak. Hahahah ada-ada aja ya

      Delete
  6. Produk yang merknya familiar nih tapi belum pernah coba. Pakai jilbab itu ekstra memang buat jaga kebersihan rambut. Terasa rontok & ketombean juga aku nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalo ketombe gini Ada juga Erha Erhair untuk Bantu atasi rambut berketombe

      Delete
  7. Jangankan disisirin, ditarik dikit aja udah pada lepas rambutnya. Klo bagus bs mengatasi kerontokan aku mau coba deh produk ERHA

    ReplyDelete
  8. Buat para Hijabers yang biasa rambutnya tertutup, perlu merawat biar ga banyak rambut rontok maka nya perlu perawatan mumpuni

    ReplyDelete
  9. Aku penasaran dgn produk2 Erha ini, banyak yg bilang bagus. Jadi pengin coba.

    ReplyDelete
  10. Jadi ini bisa buat rambut cowok kah????

    ReplyDelete
  11. Aku juga rontokan nih...huhuhu pengen cobain juga ah siapa tahu cocok

    ReplyDelete
  12. belum pernah nyobain produk erha apapun. Jadi penasaran mau coba. soalnya aku juga rontok banget rambutnya, apalagi karena suka diwarnain

    ReplyDelete
  13. rambutku jg rontok nih. bole de kapan2 coba erha

    ReplyDelete
  14. Kalau aku rontoknya kalau mulai panjang banget rambutnya, makanya kalau udah kepanjangan dipotong. BEner banget ditutup harus dirawat juga jangan dicuekin kasian

    ReplyDelete
  15. Kebetulan bgt nih tipsnya pas lg ngalamin rambut rontok, rambut berhijab memang rentan bermasalah ya apalagi klo lg buru2 hrs pergi sedangkan rambut blm kering

    ReplyDelete
  16. Aku lagi butuh banget ini mba karena rambutku rontok L(. Jadi nggak pede karena walaupun berjilbab kan ya harus tetap jaga kesehatan rambut

    ReplyDelete
  17. Saya nih yang paling sering keburu-buru, rambut masih basah udah keburu dikucir terus pakai kerudung, ini bikin banyak masalah sih ya terutama ketombe dan rambut rontok.. ��

    ReplyDelete
  18. Harganya berapa erha mama sid? Pengen coba soalnya rambutku rontok

    ReplyDelete
  19. Aku baru tahu loh, kalo rambut rontok juga disebabkan karena imun tubuh yang menurun.. hehe.. pantesan

    ReplyDelete
  20. Aku udah pakai shampoo dan serum Erha ini, aku suka wanginya gak terlalu nyegrak. Abis shampoan pakai Erha yang buat rambut rontok ini, sambutku jg kerasa banget lembut :D

    ReplyDelete
  21. Iya mba Helen...
    Aku suka gak keburu nunggu kering...

    Pokonya, begitu beres keramas, langsung sisiran dan iket.
    Ditutupin daleman jilbab yang kaya topi gituuu...

    Lalu pakai jilbab.

    Pas rontok, ngeluhnyaaa...mashaAllah~

    ((tau sekarang salahnya dimanaaa...))

    ReplyDelete
  22. Rambutku lagi rontok banget ini, huhuhu makanya ku pendekin deh. Tar mau cobain erhair ini ah biar akarnya kuat dan gak rontok lagi

    ReplyDelete
  23. mba, gimana keadaan rambutnya sekarang? pengen banget coba produk yang bisa cegah atau mengatasi kerontokan nih karna itu masalahku dari dulu apalagi sebentar lagi mau melahirkan dan biasanya aku juga rontok parah pasca melahirkan. huhu

    Love, Cikita
    www.cikitasiregar.com

    ReplyDelete
  24. dih pas banget buka ini. rambutku abis.... rontoh dan tipis. terapinya pake erha kali ya kak.....

    ReplyDelete
  25. Aku pun lagi rontok nih, sudah gonta-ganti produk perawatan juga namun masih ada saja yang rontok. Nah aku belum nyoba si Erha Hair ini nih, jadi penasaran pengen cobain siapa tau cocok nih untuk rambutku.

    ReplyDelete
  26. masalah rambut rontok buat yang berhijab semacam udah jadi hal yang lumrah ya, makanya perlu dirawat ekstra meski ditutup ya

    ReplyDelete
  27. Tul. Saya juga jadi sering cuek gegara mikir rambut juga gak keliatan, mau rontokpun biarin. Tapi kan ini mahkota kepala yak. Baru sadar waktu rambut dimana2

    ReplyDelete
  28. Permasalahannya sama nih mba. Rontok. Dan iya nih kayaknya wfek habis keramas langaung ditutupin, jadinya lembab. Pwrlu di coba nih serumnya.

    ReplyDelete
  29. Aku paling males kalo disuruh sisiran mba, memang ya ditutup bukan berarti dibiarkan harusnya dirawat dengan ekstra ya. Alhamdulillah ada erha, yang bakalan menjaga kita dari kerontokan. Mau beli juga biar kerontokanku ini hilang.

    ReplyDelete
  30. Sama kayak mba Sara, aku juga belum pernah coba produk apapun dari erha.

    Kalau nanti punya kesempatan, bikin coba perawatan lengkap untuk wajah flek dan bikin kulit wajah kenyal, kaya kolagen gitu, kayak bayi.

    Mungkinkah oh mungkinkah itu...?

    ReplyDelete
  31. Setuju, Justru harus semakin rajin dirawat. Apalagi kalau udah pergi seharian kan rambut rasanya lepek. Kalau gak dirawat, malah bisa rusak

    ReplyDelete
  32. Jadi nggak galau lagi ya jilbaban seharian karena ERHA sudah hadir jadi partner rambut rontok. Bye Rambut Rontok...

    ReplyDelete
  33. Daku bingung banget Mbak rambut rontok parah. 😭. Semoga Erha menjawabnya

    ReplyDelete
  34. karena sering diiket dan ditutup kerudung jadi memang resikonya akan rontok yaa, akupun gituu rontoknya parah, gak kuat kayaknya kalo harus beli produk erha :(

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,