Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Belajar di Luar Kelas a la SID

Friday, February 22, 2019

Belajar di Luar Kelas a la SID

Bermain dengan aktif merupakan cara alamiah dan utama bagi anak-anak untuk belajar – Sir Ken Robinson
susu indomilk uht kids full cream
Serunya belajar di luar kelas a la SID
Quote inspiratif dari pakar pendidikan Sir Ken Robinson tersebut menjadi salah satu dasar yang membuat saya sering mengajak anak bermain aktif di luar ruangan. Sesuai usia SID yang balita, ia butuh banyak bergerak melatih motorik, sensorik, dan berbagai life skill untuk bekal hidupnya.


Belajar di Luar Kelas

Saya bersyukur hidup di Jakarta yang menyediakan banyak ruang terbuka ramah anak sehingga kami tak pernah kehabisan ide untuk bermain outdoor. Lewat permainan inilah SID, juga saya, belajar layaknya sekolah tetapi di tidak di dalam gedung. Mari kita sebut dengan “belajar di luar kelas”.

Belajar di luar kelas bisa di mana saja, yang jelas anak tetap dalam pengawasan orang dewasa. Kami suka ke beberapa tempat di bawah ini untuk belajar di ruang terbuka:

susu indomilk uht kids full cream
Berlari dan memanjat di inflatable balloon melatih motorik anak


RPTRA dan taman

Jakarta punya 290 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang tersebar dari selatan sampai utara, timur sampai barat. (sumber: Pemprov DKI, 2018). Tinggal pilih mau cari yang dekat rumah atau ngebolang agak jauh. Kadang kami ke RPTRA karena urusan rapat komunitas. Saya rapat, sementara SID bermain di playground. 

Kami juga suka pergi ke taman. Di Jakarta Utara terdapat Taman Jogging yang cocok untuk berolahraga. Di Jakarta Selatan, ada Taman Lalu Lintas Tebet untuk anak belajar mengenai tata cara berkendara. 

Lapangan Banteng

Semenjak dipugar, Lapangan Banteng punya space sendiri yang cukup luas untuk anak-anak bermain. Di sini tersedia 5 perosotan besar dan arena bermain pasir seperti taman di Eropa. Siap-siap kotor di sini. Hi hi …. 

Kolam renang

SID sangat suka air. Meski belum berani mencelupkan wajahnya ke kolam, ia hampir setiap hari minta berenang. Energi positifnya tersalurkan dengan bergerak di dalam air. 

Manfaat Melimpah Belajar di Luar Kelas

Bosan enggak, sih, belajar di dalam ruangan terus-menerus? Zaman saya sekolah paling semangat kalau praktik di lapangan atau study tour. Materi yang dipelajari lebih mudah nyantol di kepala dibanding hanya menerima pelajaran secara pasif. Apalagi anak balita yang tingkahnya aduhai, rasanya bebas bila belajar di luar kelas.

Banyak hal dapat dipelajari, termasuk keterampilan sosial. Hasil observasi SID belajar di luar ruangan, ia mendapat manfaat sebagai berikut:

1. Hands-on learning 


Langsung praktik atau melihat suatu hal secara nyata. Kalau baca di buku hanya bisa membayangkan, hands-on learning membantu SID terlibat secara langsung pada proses pembelajaran.

susu indomilk uht kids full cream
Belajar tentang kereta api sambil naik KRL

2. Bersosialisasi dan bekerja sama 


Bermain di taman membuat SID belajar ngobrol dengan orang baru dan bermain bersama. Saya tidak terlalu menekankan ia harus cooperative play karena masih usia dini. Apalagi ia tipe slow-to-warm yang baru menikmati main bersama ketika akan pulang. Setidaknya dia berani bertemu orang baru. 

3. Mengelola emosi 


Satu permainan diperebutkan banyak anak, itu sudah biasa di RPTRA. Oleh karena itu, SID belajar bersabar untuk mengantre. Kalau ada yang menyela antrean, ia akan menegurnya. 

Anak juga belajar mengelola rasa marah ketika ada anak lain yang mendorongnya. Sabar, ya SID. Begitulah realita dunia. 

susu indomilk uht kids full cream
Bergantian bermain dengan anak lain di taman


4. Kemampuan memecahkan masalah 


Saat anak ingin bermain ayunan namun permainan tersebut sedang dipakai, ia akan memilih mau menunggu atau bermain permainan yang lain. Hal seperti ini melatihnya memecahkan masalah. 


5. Tubuh sehat 


Energi positif anak dapat tersalurkan melalui berbagai kegiatan fisik. Anak bergerak lebih aktif yang membuat tubuh semakin sehat. 


Susu Indomilk UHT Kids Full Cream Teman Si Anak Aktif



susu indomilk uht kids full cream
Susu Indomilk UHT Kids Full Cream bekal belajar di luar kelas
Bermain di luar ruangan menghabiskan banyak energi. Saya mendukung kegiatan belajar SID dengan membekalinya susu Indomilk UHT Kids Full Cream untuk bantu penuhi kebutuhan gizinya. Di ransel selalu sedia susu UHT yang satu ini supaya setelah bermain, cuss … langsung minum.

Saya pilih susu UHT Indomilk Kids Full Cream setelah mempelajari komposisinya. Susu untuk anak usia 1 tahun ke atas ini tanpa gula dan garam tambahan, lho. Rasa manis dan gurihnya pas. Dari kandungan gizinya juga sesuai karena tinggi kalsium, fosfor, dan Vitamin D yang membantu tulang anak tumbuh tinggi dan kuat.

susu indomilk uht kids full cream
Tumbuh sehat dan kuat, ya, Nak!
Susu Indomilk UHT Kids Full Cream menjadi bekal praktis dan bergizi. Ukuran kemasannya 115 ml, cukup untuk satu kali minum langsung habis, enggak terbuang percuma. Kemasannya kecil, pas digenggam SID dan mudah masuk ransel.

susu indomilk uht kids full cream
Splish ... splash ... belajar di mana saja tak lupa bekal susu Indomilk UHT Kids Full Cream
Mau belajar di mana saja, hayuk, Nak! Jangan lupa bekal susu Indomilk UHT Kids Full Cream.

#IndomilkUHTKidsFullCream
#AnakAktifItuSehat
38 comments on "Belajar di Luar Kelas a la SID"
  1. Asyiiik ya ada kegiatan diluar kelas anak jadi lebih aktif motoriknya pokoknya emang anak-anak sukanya gerak jd pasti asyik main diluar

    ReplyDelete
  2. Belajar di luar ruang seperti itu justru gak ngebosenin. MAlah ibunya jadi bisa ikut aktif terlibat. Bawa susu UHT juga jadi pilihan yang paling praktis dan gizinya tetap terjaga

    ReplyDelete
  3. Bermain sambil belajar di luar ruangan itu menyenangkan. Apalagi di temani susu indomilk uht kids full cream, bebas garam dan gula, ukurannya pas di tangan dan baik untuk si kecil.

    ReplyDelete
  4. Selain melatih motorik anak, bermain diluar pun mengajarkan anak untuk bersosial, bisa bertemu teman-teman dan itu lebih baik dibanding anak yang anteng dengan gadgetnya sendiri yang di satu sisi, orang tuanya senang anaknya gak rewel tapi disisi lainnya gak baik untuk perkembangan otak, mata, dan sosial anak.

    ReplyDelete
  5. Banyak banget memang manfaatnya bermain di luar ya mba..dan asli seruuu lho. Anak-anak tuh asal uda pegang gadget memang bahayaaa

    ReplyDelete
  6. Banyak bgt manfaat main di luar ya... Dan indomilk uht ini bikin tenaga anak jd lbh ekstra

    ReplyDelete
  7. Belajar di ruang kelas sambil bermain itu mengasyikkan bagi anak, Mbak. SID jadi lebih leluasa bergerak lincah ke sana ke mari. Juga ada unsur olahraganya selain bersosialisasi. Jakarta keren punya banyak taman ramah anak sekarang ini, memang harus demikian agar anak bahagia dan ortu tenang karena kebutuhan sarana bermain anak telah disediakan pemerintah.
    Selain main, susu indomilk full cream bisa jadi bekal sebagai sumber energi anak agar tetap aktif dan kreatif, sekaligus sehat. Saya juga suka susu UHT rasa plain untuk Palung. Tak eneg dan akan segera menghabiskannya dalam satu sedotan besar, ha ha.
    Selamat bermain untuk SID, ya, Mbak. Semoga jadi anak yang cerdas dan kuat. Tantangan zaman kian tak mudah maka kita harus membekali anak dengan beragam kemampuan untuk mengatasi masalah.

    ReplyDelete
  8. Belajar seru banget ya Sid, rame-rame bareng teman sebaya diluar rumah ya.. terus kalo haus atau lapar langsung deh minum dan makan makanan favorit, pasti mama Sid sudah mempersiapkannya sebagai bekal Sid main diluar ya.. sehat selalu ya sid

    ReplyDelete
  9. Belajar di luar ruang menjadi cara agar anak aktif bersosialisasi dg lingkungan luar ya mbak. Tentunya agar motorik anak berkembang sehingga ia akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, tidak takut dan lebih terbuka. TFS mbak.

    ReplyDelete
  10. BErmain dan belajar di luar kelas bikin anak makin kreatif karena anak bisa lebih bebas bergerak, asal diperhatikan & dijaga Insya Allah aman.
    Gak apa-apa belum berani mencelupkan wajah ke air, nanti lama-alam juga berani kalau sudah terbiasa & nyaman.

    ReplyDelete
  11. Dunia anak2 adalah dunia bermain, kalau ngelarang main kan sayang 😁 banyak belajar nih soal parenting dari kak Helena 😊

    ReplyDelete
  12. Belajar dan bermain di luar memang seru banget yaa, Sid, apalagi bareng teman-teman, serunya dobel deh :)

    ReplyDelete
  13. Saya juga mendukung anakku bermain di luar bersama teman-temannya, Mba. Asal tempatnya gak jauh dari rumah. Bermain bareng bisa melatih anak bersosialisasi dan memecahkan masalah sendiri kan yaa :)

    ReplyDelete
  14. Wadugh, aku jadi pingin Punya anak kecil lagi. Hihihi... Yoii, Mbak. Anakku dulu pun kubiarkan main di sawah Main lumpur main hujan... Maklum kami tinggal di kampung. Yang penting setelahnya kita bersihin dan makannya bergizi, plus susu, dulu kalau belanja bulanan separo dari belanjaan adalah susu

    ReplyDelete
  15. Susu indomilk penolong para ibu yg ingin anak tumbuh sehat ya mbak.
    Semoga anaknya selalu sehat dan ceria sepanjang usia, aamiin

    ReplyDelete
  16. Wah inilah yang akan membawa kita dan anak jadi sehat.

    Ibunya jadi saling kenal dan berbagi informasi masalah seputar anak termasuk gizi anak.

    Susu banyak disukai anak anak tapi ada juga yang tidak suka. Disinilah peran mom mengajak main sambil minum susu dan mengkreasikan susu dalam berbagai menu makanan

    ReplyDelete
  17. Benar mba Alhamdulillah banyak taman yang bisa jadi arena rekreasi gratis.

    Senangnya tinggal di Jakarta.

    Taman dekat rumah Mpo aja jadi ajang wisata sekaligus ajang nyobain kulineran. Tiap malam rame

    ReplyDelete
  18. Jadi penasaran sama lapangan banteng sekarang, pingin nyobain arena main pasirnya, di Jogja belum ada lapangan terbuka yang ada pasir buat mainnya,

    ReplyDelete
  19. Belajar ala anak tuh memang bereksplorasi dan bermain yah, kalo kebanyakan diem di kelas dan mendengarkan lama-lama akan jenuh.

    Paling asyik sih abis main lari-larian minum susu indomilk yah, pasti seger deh :))

    ReplyDelete
  20. Seru yah kalau anak-anak diajak belajar di luar kelas gitu, banyak manfaatnya pula. Jadinya mereka lebih bisa bereksplorasi. Apalagi ditemani dengan susu uht indomilk. Makin nikmat deh.

    ReplyDelete
  21. Waaahhh kalau belajar di luar kelasnya kayak berenang, anak2ku juga syukaaaa :D Syuka syekali malah bisa sampe sehari di kolam renang kalau ga dipaksa pulang :D :D Padahal kalau di rumah disuruh mandi astaghfirullah susahnya :D

    ReplyDelete
  22. Oh aku baru tau ternyata Jakarta punya 290 RPTRA ya. Banyak juga. Syukurlah, jadi banyak tempat utk anak-anak bermain. Kalo aku bawa anak juga biasanya bawain susu UHT Mba

    ReplyDelete
  23. Karena aku tinggal di kampung, jarang ada permainan outdoor kayak gitu, Mbak. Palingan anakku kuajak ke TK atau PAUD yang ada mainannya kayak gitu. Yang penting dia nggak mainan gadget mulu aja, itu sudah buatku hepi, pun dia juga.

    ReplyDelete
  24. Emang asyik belajar di.luar kelas . Jadi bebas anak mau ngapain ngapain sebab memang anak usia Sid kan belajar buat mereka sih main. Main yang berfaedah tentunya yaa. Hai sis, sehat selalu yaa

    ReplyDelete
  25. Anakku tuh kalo yv namanya main di luar ga ada capeknya. Apalagi samping rumah itu pekarangan lumayan luas jadi tempat ngumpul anak2

    ReplyDelete
  26. Belajar memang bisa di mana saja. Bahkan terkadang belajar di luar kelas tuh malah lebih nyantol ya di memori anak-anak. Asalkan cara penyampaiannya dengan penuh kegembiraan, biasanya anak akan mudah menyerap pembelajaran yang diberikan. Plus menambah kemampuan mereka di hal-hal yang lain, misal pengendalian emosi dan problem solving.

    ReplyDelete
  27. Kalau lg keluar dan bs bawa si bungsu sy gak segan izin ga masuk sekolah..krn kadang tpt yg akan dituju akan lbh memberi pelajaran dlm hidupnya...

    ReplyDelete
  28. Abang sid makin pinter dan aktif ya apalagi ditemani susu indomilk. Anakku sendiri si Kezia dia tipe anak yang ga betahan diem belajar duduk, kalaunudah selesai nulis dia suka jalan2 atau gambar2 gitu kata gurunya. Dan tau ga sih gurunya menyarankan katanya Kezia bagus sekolah di sekolah alam soale banyak melakukan aktivitas di luar ruangan hehe.

    ReplyDelete
  29. Belajar di luar kelas itu asik dan seru, karena anak-anak jadi melihat dan menyentuh langsung obyek belajarnya. Trus mengenal lingkungannya juga, apalagi kalo bawa bekal susu UHT Indomilk gini. Bakal krasan kayaknya tuh anak-anak

    ReplyDelete
  30. Karena liat Sid suka belajar di luar, nada juga jadi ketagihan tuh diajak main sekalian belajar diluar... Hehehe... Tapi emang bagus sih buat perkembangan nya dia...

    ReplyDelete
  31. Makanya jaman skrng ada SD Alam hehe untk memfasilitasi anak yang lbh nyaman belajar di luar kelas :D
    Anak2 soalnya kyknya fitrahnya ya main, eksplorasi gtu2 yaaaa :D

    ReplyDelete
  32. Iya di Jakarta memang banyak banget yang sediakan ruang untuk bermain ya mba. Dan penyediaan Indomilk kemana mana nih pilihan yang tepat :)

    ReplyDelete
  33. Banyak banget ternyata manfaat belajar dengan media lingkungan sekitar. Dan susu Indomilk ini juga enaknya tuh banyak vaiant dan motifnya lucu lucu. Ku juga suka minum ini hehehe

    ReplyDelete
  34. Asyik bgt ya sekarang ada banyak fasilitas gratis bermain di luar. Bikin anak bisa tetap aktif dan sehat 😍

    ReplyDelete
  35. Paling seneng liat anak kecil aktif main diluar, dia jadi bisa lebih ekspresif dan belajar bersosialisasi. Gak cuma terfokus sama Handphone yang orangtuanya kasih :(

    ReplyDelete
  36. anak2 ku juga sukan banget kalau main di luar
    lari-larian dan manjat-manjatan favoritenya
    biasanya mmg kubawa ke taman sore-sore dekat rumah ada juga benteng fort roterdam bagus buat anak aktifitas di sana.
    yang penting gizinya terpenuhi ya bund

    ReplyDelete
  37. Teman saya disini penelitiannya ttg gross motor skill. Pernah diskusi sama beliau katanya jika motorik kasar anak (gross motorskill) terstimulus optimal sebelum usia sekolah, maka anak akan lebih siap memasuki usia belajar. Anak bakal jadi rajin belajar dan ga malas. Pertahankan ke aktifannya ya sid 😘

    ReplyDelete
  38. Mauuu...
    Belajar bareng Sid.

    Pasti tante nanti jadi makin sehat dan aktif.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,