Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Cegah DBD dengan Minyak Telon Anti Nyamuk Terbaru

Saturday, February 23, 2019

Cegah DBD dengan Minyak Telon Anti Nyamuk Terbaru


Buibu, waspada Demam Berdarah Dengue, ya. 90% kasus DBD tahun ini menyerang anak-anak, lho. Saya baru berkenalan dengan geng nyamuk dan mendapat tips menjaga kesehatan keluarga dari serangan DBD. Simak, yuk!

minyak telon plus my baby
Kalau petugas jumantik secantik ini, apa nyamuk masih berani berkembang biak di rumah?

Sepulang sholat ashar di masjid, SID minta bermain di taman. Tumben nih, karena cuaca sering hujan SID semakin jarang ke taman. Biasanya kami melewati sore dengan bermain di rumah.

Baru saja bermain perosotan, kami bertemu rombongan mama-mama muda sambil menggandeng anak masing-masing. Saya menyapa salah satunya. Rupanya mereka mau naik kereta kelinci sebagai hiburan bagi anak (plus orang tuanya, hehe).

Sambil menunggu kereta kelinci lewat, ada satu anak yang nampak lebih pendiam dari biasanya. Cha, anak yang usianya lebih muda beberapa bulan dari SID, ternyata sedang demam. Saya sentuh dahinya, enggak terlalu panas. Kata ibunya, tadi sempat demam.

Esoknya, saya kaget mengetahui kabar Cha opname. Ia positif demam berdarah dengue (DBD). Jadi, demam kemarin yang naik turun itu pertanda ia DBD. Get well soon, ya, Cha!

Demam berdarah belakangan ini kembali mewabah. Masih di awal tahun namun Kementrian Kesehatan mencatat data 1 Januari hingga 3 Februari 2019, jumlah penderita demam berdarah di Indonesia mencapai 16.692 kasus, 169 orang diantaranya meninggal dunia. Yang makin membuat saya khawatir, 90% DBD tahun ini menyerang anak-anak usia di bawah 15 tahun.

Kenalan dengan Geng Nyamuk Aedes aegypti

Lain jenis nyamuk, lain cara membasminya. Oleh karena itu, 19 Februari 2019 lalu di The Maj Senayan, Jakarta, saya berkenalan dengan geng nyamuk yang sering wara-wiri di Indonesia. Nyamuknya enggak langsung datang tapi saya mendapat penjelasan dari Kepala Unit Kajian Pengendalian Hama Pemukiman (UKPHP) IPB Prof. drh. Upik Kesumawati Hadi, MS. PhD bahwa di Indonesia terdapat 457 jenis nyamuk. Wew, segambreng yaa ….

Geng nyamuk-nyamuk nakal ini tersebar dari Sabang sampai Merauke, di luar maupun dalam rumah. Perkenalkan beberapa jenis nyamuk berikut ini:
  • Culex quinquefasciatus: berkembang biak di selokan. Di Kawasan Jakarta Utara banyak jenis nyamuk Culex.
  • Aedes albopictus: suka hidup di luar rumah
  • Anopheles: mengigit dengan posisi nungging, suka tinggal di rural area seperti pedesaan, pegunungan, dan sawah. Nyamuk anopheles dapat menyebarkan penyakit malaria.
  • Mansonia uniformis: habitat di rural area, contohnya kolam dengan tanaman air (eceng gondok, dsb).
  • Armigeres subalbatus: hidup di septic tank. *ewww ….
  • Aedes aegypti: suka bertelur dan menghisap darah di dalam rumah. Dapat menyebarkan penyakit demam berdarah dengue.

Namanya ribet-ribet yee kayak nama anak zaman now. Selain ribet, mereka itu berbahaya karena dapat menyebarkan penyakit. Salah satunya yang sedang rawan sekarang ini ya si Aedes aegypti yang menggigit sambil menyebarkan virus dengue.

minyak telon anti nyamuk
Prof. drh. Upik Kesumawati Hadi, MS. PhD (dua dari kanan) menjelaskan berbagai jenis nyamuk di Indonesia
Aedes aegypti ini kecil-kecil tapi kuat. Ini fakta tentang nyamuk Aedes aegypti:

1. Mengalami perubahan perilaku adaptif. Kalau dulu nyamuk Aedes aegypti lebih banyak aktif mengisap darah di siang hari, kini malam hari pun ia aktif mengisap.

2. Dapat bertelur di air jernih maupun air berpolusi. Setetes air dapat menjadi tempat bertelur nyamuk satu ini.

3. Telurnya tahan di tempat kering (cenderung lembab) seperti dinding bak mandi, dispenser, dan wadah lainnya.

4. Untuk bantu perkembangan telurnya, nyamuk Aedes aegypti betina butuh menghisap darah manusia sehingga tubuhnya kenyang darah (blood fed). Nyamuk betina suka hidup di dalam rumah.

5. Cara bertelur nyamuk Aedes aegypti tidak hanya satu kali. Ia suka bertelur – pindah – bertelur – pindah. Maka, telurnya dapat ditemukan di banyak tempat.

6. Saat mengisap darah ke orang dengan virus dengue, maka virus ini ikut terisap. Jika nyamuk menggigit orang lain, maka virus dengue dapat masuk ke tubuh orang tersebut. Selain itu, virus dengue dapat ditularkan melalui telur si nyamuk. Telur menetas menjadi larva yang mengandung virus.


Tips Melindungi Keluarga dengan Cegah DBD

Hiii … ngeri mendengar penjelasan Prof. Upik tentang nyamuk Aedes aegypti di atas. Kecil tapi bandel, deh, si nyamuk.

Untuk mencegah keluarga tertular penyakit demam berdarah, ada beberapa langkah pencegahan. Yang umum dan udah familiar yaitu istilah 3M: menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular demam berdarah.

Menguras tempat penampungan air atau bak mandi sebaiknya dilakukan minimal seminggu sekali karena siklus hidup nyamuk berkembang biak itu satu minggu. Sebelum telur-telur yang menempel di pinggir bak mandi menetas, gosok sampai bersih. Itu lho yang warnanya gelap di pinggir bak, kemungkinan ada telur nyamuk.

“Kuras bak mandi seminggu sekali”

Pemerintah juga mencanangkan program 1 rumah, 1 jumantik alias juru pemantau jentik. Artis Shireen Sungkar menyatakan bersyukur di komplek tempat tinggalnya sangat peduli akan kebersihan. Saat wabah DBD seperti ini, ada petugas jumantik yang datang ke rumah-rumah untuk mengecek tempat yang berpotensi sebagai tempat bertelur nyamuk seperti di kamar mandi, kolam ikan, juga dispenser.

Alhamdulillah di tempat saya juga ada petugas jumantik yang berkala datang ke rumah. Kalaupun belum ada petugas, sebaiknya masyarakat dapat menjadi jumantik mandiri.


Selain itu, Prof. Upik menyarankan fogging segera dilakukan bila ada yang positif DBD di daerah tersebut. Petugas fogging harus terlatih agar dapat optimal menjangkau area-area di rumah. Seminggu kemudian, fogging lagi.

Di samping 3M, fogging, juga jumantik, ada satu lagi nih tips melindungi anak dari demam berdarah yaitu menggunakan minyak telon anti nyamuk. Selain memberikan rasa hangat dan nyaman, minyak telon yang dilengkapi kandungan citronella (minyak sereh) dapat mencegah dari gigitan nyamuk.

My Baby Minyak Telon Plus 8 Jam Melindungi dari Gigitan Nyamuk

Namanya anak, saat asyik main bisa keluar masuk rumah. Dia enggak sadar kalau digigit nyamuk, tahu-tahu udah bentol aja. Untuk melindungi anak dari gigitan nyamuk, saya oleskan minyak telon anti nyamuk terbaru My Baby Minyak Telon Plus ke tangan, kaki, perut, punggung, sampai tengkuk SID. Biasanya setelah mandi supaya tubuhnya juga hangat.


My Baby Minyak Telon Plus hadir dengan kemasan baru dan mengandung formula baru dari bahan alami yaitu citronella, chamomile, dan eucalyptus yang dipercaya mampu memberi perlindungan anti nyamuk hingga 8 jam. Sebelumnya, sudah dilakukan uji laboratorium dengan dibandingkan antara tangan yang sudah dioles minyak telon My Baby dengan tangan tanpa minyak telon. Hasilnya, tangan yang dioles My Baby Minyak Telon Plus aman dari gigitan nyamuk, termasuk nyamuk Aedes aegypti selama 8 jam.

minyak telon anti nyamuk terbaik
Minyak telon plus My Baby hadir dalam formula baru
Dahlia Yolanda, GM Brand Portfolio Strategy & Innovation CCHC – PT Barclay Products menjelaskan, “Melengkapi upaya pencegahan, My Baby Minyak Telon Plus dengan formula baru hadir guna membantu melindungi pengguna dari gigitan nyamuk hingga 8 jam, guna memberi ketenangan bagi para ibu, sekaligus kenyamanan pada si kecil kapanpun dan dimanapun.”.

Dengan menggunakan minyak telon plus My Baby, ada 5 manfaat untuk anak:
1. Memberi aroma khas minyak telon pada tubuh. Wanginya bikin betah peluk anak bayi.
2. Bantu mengatasi perut kembung.
3. Minyak pijat menggunakan minyak telon membuat badan rileks dan meningkatkan bonding ibu dan anak.
4. Memberi rasa hangat pada tubuh.
5. Melindungi dari gigitan nyamuk demam berdarah selama 8 jam.

(ki-ka): Dahlia Yolanda, GM Brand Portfolio Strategy & Innovation CCHC – PT Barclay Products; artis Shireen Sungkar; dan  Prof. drh. Upik Kesumawati Hadi, MS. PhD
Pertama kali mencoba minyak telon anti nyamuk ini, saya suka wanginya. Wanginya enak, khas minyak telon. Terasa hangat di kulit, apalagi dibuat pijat. SID suka banget kalau kakinya dipijat sebelum tidur.

Shireen Sungkar juga suka minyak telon My Baby, lho. Ibu tiga anak ini biasa menggunakan minyak telon pada buah hatinya. Kalau memijat anak, pakai minyak telon My Baby. Saat anak terasa sakit perut, oles minyak telon. Makin lengkap manfaat minyak telon anti nyamuk ini untuk mencegah DBD.

my baby minyak telon plus anti nyamuk
Kandungan alami My Baby Minyak Telon Plus (infografis dok. My Baby)
Kekhawatiran saya akan geng nyamuk nakal terobati setelah mengetahui langkah-langkah pencegahan demam berdarah yang mudah dilakukan di rumah. Menjalankan 3M plus menggunakan My Baby Minyak Telon Plus insya Allah bantu melindungi keluarga dan si kecil #BebasMainTanpaNyamuk.

Bagaimana kiatmu melindungi keluarga dari bahaya nyamuk demam berdarah?

Info My Baby dapat diakses di:
Website www.mybaby.co.id
Facebook MyBabyID
Youtube MyBabyID
Instagram @mybabyid


49 comments on "Cegah DBD dengan Minyak Telon Anti Nyamuk Terbaru"
  1. Nggak takut lagi lindungi anak dari serangan geng nyamuk itu ya. Udah ada yg praktis pakai minyak telon my baby aja.

    ReplyDelete
  2. Waduuh serem jugaa yaa nyamu aedes aegypti ini mbaak, apalagi musim hujan begini yaa potensi penyakit DBD tinggi karena kondisi yg lembab :" jd inget dulu pernah kena DBD pas jaman SD, trombosit sampai 25 dan hampir kritis syukurlah skrang penanganan penyakit DBD ini lebih sigap dan canggih.

    Oiyaa, kusukaaa banget sama bau minyak telon mybaby, wkwkw suka betah peluk ponakan hahaha karena pake minyak telon mybaby hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah, dulu pernah DBD ya? makin aware jaga kesehatan kan.

      Delete
  3. Azzam juga suka kalau pakai minyak telon dibandingkan minyak kayu putih. Soalnya ga terlalu panas, tapi ampuh jauhkan nyamuk nakal yg mengganggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, minyak telon enggak panas sehingga aman untuk bayi

      Delete
  4. masyaAlloh salfok sama Sid sudah mau ashar ke mesjid :) semoga nti Rayi juga gitu jadi primus :)
    btw Cimahi juga darurat DBD mak Sid sampe rumah sakit penuh sama pasien DBD serem banget. Dan untuk perlindungan juga dari anak pertama sampe sekarang aku masih percayakan ke my baby suka khasiatnya dan aromanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah, cimahi juga ya? semoga pasien DBD segera ditangani.

      Delete
  5. Nyamuk pun punya geng hihihi. Tetapi, memang harus waspada deh sama DBD. Saya pernah dirawat gara-gara DBD. Jadi sekarang semakin waspada lagi. Udah mulai oles-oles minyak telon juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah, deg-degan tiap dengar ada yg kena DBD. Penanganan harus cepet.

      Delete
  6. Penyakit DBD ini memang masih menjadi penyakit yang menakutkan ya, terutama jika menyerang anak-anak. Makanya penting banget melakukan upaya preventif. Dan untungnya My Baby membantu melindungi bayi dari gigitan nyamuk selama 8 jam yaa.. lumayan tenang para ibuk 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya waktu kritisnya singkat, harus segera ditangani. Kadang gak nyadar demam naik-turun dikira sudah sembuh padahal DBD.

      Delete
  7. Jangan sampai kena DBD, gak enak banget. Apalagi anak2 huhuhu. Memang harus sedia minyak telon perlindungan plus seperti My Baby ini supaya tenang ya. Anak2 bebas main tanpa khawatir gigitan nyamuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Sary, lebih baik mencegah daripada mengobati.

      Delete
  8. Saking parnonya aku suka buru2 nutup pintu biar nyamuk gak masuk :) Lagi musim banget ya ini DBD banyak yang kena juga. Tapi kan gak mungkin juga kalau anak-anak gak beraktivitas karena takut nyamuk. Wah aku paling gak kuat juga kalau kena gigitan nyamun pakai My Baby Miyak Telon bisa buat dewasa juga gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau cegah anak main di luar ya susah juga, mbak. Di dalam rumah pun berpotensi nyamuk berkembang biak.
      buat dewasa bisa kok.

      Delete
  9. Jadi pake minyak telon plus ini bisa membuat nyamuk ga berani menggigit ya Helena? Noted

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasil uji lab seperti itu, Mak Tanti. My Baby bantu melindungi selama 8 jam dari gigitan nyamuk

      Delete
  10. kalo udah ke gigit terus pakai minyak telon bisa sembuh gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyak telon ini sifatnya mencegah gigitan nyamuk, Kak.

      Delete
  11. Nama nyamuknya keren-keren ya. Jaman saya sekolah sampai beberapa saat yang lalu, tahunya cuma aides aegepti sama anopheles aja. Setelah baca ini baru tahu kalau masih ada jenis yang lain.

    Aku juga pakai minyak telon my baby buat anak-anakku mbak, biasanya dipakein kalau habis mandi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ratusan jenis nyamuk di Indonesia, namanya keren-keren kan, tapi kalau gigit ya sakiiiit.

      Delete
  12. waduh baru kemaren saya kena db dan harus opname, tetep boleh kan ya pakai minyak telon untuk dewasa ini? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah, gimana kabarmu? udah sehat?
      boleh kok pakai minyak telon plus My Baby

      Delete
  13. blom lama di komplekku bbrp anak kena DPD,, komplek kami yg rumahnya lebih sedikit jumlahnya drpda kebon2 kavlingnya yg ditumbuhin pohon smp ilalang mmg rawan DBD klo musim hujan gini
    udah di fogging jg sih
    tp ttp pencegahan dan menggunakan obatnya nyamuk lbh efektif yaa
    apalagi klo obat nyamuknya ada di minyak telon nyaman kan pake nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak cara pencegahan, fogging dan pakai minyak telon makin membantu pencegahan DBD.

      Delete
  14. PR banget ini untuk saya, Mbak. Punya anak yang masih kecil. Kudu jaga kebersihan tiap saat. Minyak telon my baby anak saya pakai juga. Aromanya bikin kangen, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, anakku dari bayi suka pakai minyak telon My Baby.

      Delete
  15. Dari anakku bayi sudah pake minyak telon ini mom dan cocok di kulit anakku bagus pula senangnya

    ReplyDelete
  16. Kenapa bisa banyak banget jenis nyamuknya ya, Mbak. Baca jenis2 nyamuk kok nakutin, ya. Perilaku hidup bersih harus bisa ditingkatkan lagi nih. Btw, telon ini favoritkuuu buat si kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, nyamuk suka main di berbagai tempat trus berkembang biak di sana.

      Delete
  17. Ngeri ya nyamuk DB sekarang udah canggih. Ngisep nya ga cuma siang aja. Aku juga dari pertama punya anak udah jatuh hati sama minyak telon ini. Wangi nya enak, dan beneran ampuh melindungi dari gigitan nyamuk. Selain pake minyak telon, aku juga pake kelambu kalau tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. yep, wanginya enak deh bikin tenang dan bantu proteksi dari gigitan nyamuk.

      Delete
  18. Aseeekkkk... itu ada akunya si petugas Jumantik. Demam Berdarah Dengue ini emang lagi musim banget ya, anaknya si mbak yang nyuci dirumah juga kena DBD makanya dia sempat libur seminggu. Terus aku kasih dia di My Baby Minyak Telon ini buat anaknya yang lain supaya terhindar dari gigitan nyamuk DBD.

    ReplyDelete
  19. Gara2 ikutan media briefing jadi tau ada jenis2 nyamuk lainnya, selama ini kenalnya nyamuk heits aja cem anopheles dan aedes.

    Alhamdulillah udah ada MY BABY minyak telon, hussssh hussssssh nyamuk nyamuk

    ReplyDelete
  20. Duh Ya Allah kok geng nyamuknya banyak banget. Mana sekarang nyamuk aedes aegepty bisa aktif juga di malam hari. Rumah kami sebelah makam, otomatis kalau penghujan gini rumputnya pada tinggi-tinggi. Perasaan nyamuk dari luar itu buanyak banget. Makanya kayak Mbak Helena, aku juga sedia minyak telon my baby di rumah.

    ReplyDelete
  21. Nyamuk aedes yang satu ini belakangan makin kyk apa yaaa berevolusi ya kyknya, gak cuma bertelur di air bersih tapi yg berpolusi jg.
    Emang kudu melakukan perlindungan buat keluarga, 3M aja gak cukup kudu ditambahin Plus.

    ReplyDelete
  22. Di kampungku kontinyu nih program Jumantik, ada pengawasnya juga untuk mengetahui kebenaran data tentang ada atau tidaknya jentik2 di penampungan air yang dimiliki masing-masing warga. Kondisi gawat DBD ini memang bikin parno yaaa... serangannya cepet banget soalnya.
    Nah, sebelum tidur cocok banget nih olesin minyak telon My Baby yang mengandung khasiat serai sebagai penolak nyamuk. Biar tenang nih mamak kalau anaknya terlindung dari gigitan nyamuk.

    ReplyDelete
  23. Minyak telon, minyak favorit keluargaku. Senang dengan aromanya. Double manfaat ya My Baby Minyak Telon Anti Nyamuk ini, udah nggak perlu khawatir berlebihan ya.

    ReplyDelete
  24. Wanginya soft banget nih minyak telon, membuatku betah pakenya. Eh, buat anak ya. Buat ortu juga bisa. Semoga kita terhindar dari gigitan nyamuk demam berdarah ya.

    ReplyDelete
  25. DBD memang ngeri ya, udah banyak kasusnya. Paling suka dengan wangi minyak telon ini deh.

    ReplyDelete
  26. Fotonya kok kaya editan siih...kak HeLen...?
    Apa karena imut-imut kaya remaja SMA?

    Uhuuukk~
    Hihii...

    Kemarin Hana juga abis opname, kak Helen.
    Positif DB.

    Qodarulloh wa masyaa fa'ala.

    ReplyDelete
  27. Hai mamak2 jumantik :)
    Aku sejak naqiya kecil udah pakein minya telon plus ini. Macam2 sih merknya dan salah satubya my baby .skrg dbd memang lagi mewabah :(

    ReplyDelete
  28. Ciehhh yg habis ketemu artis cantik shireen shungkar, komplek artis aja peduli dengan kebersihan apalagi nyamuk ya. Penting banget itu, secara nyamuk pun bisa berkembang biak meski pada air bersih yg cuma 0 koma sekian mili. Serema kan ya hiiiii, untungnya minyak telon juga mau peduli dengan bisa ikut mencegah gigitan nyamuk dan tahan lama ya hingga 8 jam. Baunya itu lho baby banget, jadi kangen kan punya baby *ehhh

    ReplyDelete
  29. Kayaknya trtrk jg nih ama minyak telon... Kapok bbrp bln yg lewat anakku smpt opname krn kena dbd... Gak lagi"😟

    ReplyDelete
  30. Para nyamuk harus hati-hati nih soalnya pemburu jumantiknya emak-emak. Jangan2 coba2 lawan emak2 kelar idup lo termasuk nyamuk wkwkwk 😂. Untung ada my Baby minyak telon plus ini ya Mba Helena, bkin nyamuk ga brani gigit2

    ReplyDelete
  31. semoga anak-anak kita sehat terus yaaa

    ReplyDelete
  32. Memang mengkhawatirkan banget ya kasus DBD yang terjadi saat ini, pencegahan dengan minyak telon my baby benaran sangat membantu banget untuk melindungi kecil dari gigitan nyamuk

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,