Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Sarapan Gizi Seimbang Bareng The Baldy’s

Tuesday, February 26, 2019

Sarapan Gizi Seimbang Bareng The Baldy’s



Selamat pagi, keluarga Indonesia Raya!
Sarapan apa pagi ini? Pilih yang bergizi atau asal kenyang?
Sejujurnya, saya paling males menyiapkan sarapan. Pagi-pagi masih ngantuk harus mikir makan apa. Namun … masa’ keluarga dikasih gorengan aja? Kenyang sih, tapi kan nilai gizinya kurang.

Apa menu favorit sarapan gizi seimbang-mu?


Sarapan Gizi Seimbang Bekal Energi di Pagi Hari

Saya sadar pentingnya sarapan sebagai bekal energi di pagi hari. Kalau motor enggak diisi bensin, enggak bakal bisa dipakai muter-muter. Begitu pula tubuh, tanpa asupan sarapan bergizi, enggak ada suntikan energi dan tidak bersemangat menjalani aktivitas. FYI, sarapan memenuhi 15-30% kebutuhan gizi harian, lho.

Di samping itu, sarapan membantu menjaga kesehatan tubuh. Sarapan bergizi seimbang dapat mengoptimalkan fungsi tubuh, seperti memperbaiki jaringan yang rusak dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Manfaat yang tak kalah penting yaitu sarapan menjaga berat badan ideal. Karena sudah sarapan, enggak tergoda untuk ngemil ini-itu, sarapan membantu tubuh menyeimbangkan kalori.


Di keluarga saya, dari kecil sudah dibiasakan wajib sarapan sebelum berangkat sekolah. Waktu itu sekolah saya jauh sehingga pukul 5 pagi sudah sarapan. Nasi, sayur, lauk, dan segelas susu sudah tersedia di meja. Alhamdulillah, ibu saya doyan masak.

Kalau enggak sarapan, rasanya badan ini oleng. Pikiran susah diajak fokus. Mau pakai sepatu keliru sandal jepit. Alamak … bisa disemprit guru!

Kadang saya asal kenyang aja saat sarapan. Rupanya saya banyak temannya. Hasil Riset Kesehatan Dasar 2010 oleh Kementerian Kesehatan RI menyebutkan 76% orang Indonesia mengaku belum mengonsumsi menu sarapan bergizi seimbang. Wow! Kalau kamu?

Sarapan memenuhi 15-30% kebutuhan gizi harian


Awali Hari Baik dengan Nestle

17 Februari 2019 lalu, saya dan keluarga CFD di Taman Menteng, Jakarta. Bangun pagi dan menikmati perjalanan dengan udara masih segar itu menyenangkan. Mata melek, enggak mager. Apalagi begitu sampai Taman Menteng sudah ramai pengunjung.

Hari itu, bertepatan dengan Pekan Sarapan Nasional 2019, Nestle mengajak masyarakat mengikuti peluncuran kampanye “Awali Hari Baik dengan Nestle”. Kampanye ini serentak diadakan di Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Balikpapan, Bitung, dan Makassar.

Peluncuran kampanye "Awali Hari Baik dengan Nestle"
Melalui kampanye “Awali Hari Baik dengan Nestle”, Nestle Indonesia mengajak masyarakat Indonesia hidup sehat dengan sarapan sehat bergizi seimbang yang diimbangi dengan olahraga secara teratur. FYI, tahun ini sudah menjadi tahun keempat Nestle Indonesia mendukung Pekan Sarapan Nasional. Dharnesh Gordon, Presiden Direktur Nestle Indonesia, menjelaskan kampanye ini sebagai bentuk komitmen perusahaan yang berperan aktif meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan pemahaman masyarakat akan pentingnya kebiasaan mengonsumsi makanan bergizi baik yang disertai gaya hidup aktif dan sehat.

Senam Maumere bareng Nestle untuk dukung gaya hidup sehat
Serangkaian acara dari pukul 7 hingga 10 pagi berlangsung meriah. Peserta diajak senam Maumere dan Zumba yang sukses membuat keringetan. Tiga instruktur senam dan para peserta sama hebohnya. Hihihi, makin semangat berolahraga!

Setelah itu, Nestle Indonesia resmi meluncurkan kampanye “Awali Hari Baik dengan Nestle” dan tentunya sarapan bareng ratusan peserta. Di samping panggung sudah tersedia booth sarapan sehat yang menyediakan Koko Krunch, Milo, Dancow, dan Nescafe yang langsung diserbu peserta. Tahu enggak, kali ini Nestle Indonesia membagikan sarapan gratis hingga 5.000 porsi di sembilan kota besar di Indonesia.

Pola Sarapan Bergizi Seimbang

Sarapan dengan gizi seimbang itu seperti apa sih? Selama ini gimana pola sarapan saya?

Antre sarapan Nestle
Nah, peserta dapat berpartisipasi dalam digital quiz tentang kebiasaan sarapan selama ini. Pertanyaannya seperti waktu sarapan, menu sarapan, dsb. Hasilnya … alhamdulillah ternyata pola sarapan saya sudah baik. Untung aja saya enggak pilih “gorengan” waktu mengikuti digital quiz. Hahaha ….

Nutritionist Nestle Indonesia Eka Herdiana (kiri) menjelaskan ABC
Nestle Indonesia punya cara mudah untuk menanamkan pentingnya sarapan bergizi seimbang. Nutritionist Nestle Indonesia Eka Herdiana menjelaskan prinsip ABC (Atur-Baca-Cukupi), yaitu:

  • Atur porsi agar jumlah asupan makanan tepat sesuai kebutuhan sehingga mendukung aktivitas setiap hari. Porsi dewasa dan anak berbeda, ya.
  • Baca label kemasan makanan. Di sana terdapat info kandungan gizi dan cara penyajian. Makan jangan asal makan, pahami produk yang dikonsumsi dan nikmati manfaat produk secara maksimal.
  • Cukupi asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi beragam jenis makanan.
photo booth edukatif untuk belajar menu sarapan bergizi
Makan enggak hanya lezat tetapi juga bergizi seimbang. Tapi … tapi … kadang malesnya itu lho repot menyiapkan sarapan.


Nah, untuk menyiapkan sarapan yang bergizi, lezat, dan mudah para peserta diajak berkreasi dengan Nestum dan Koko Krunch. Saya ikut mencoba juga nih membuat kreasi sarapan Nestum versi gurih yang diberi taburan daging ayam, wortel, jagung, dan daun bawang. Nestum yang tinggi serat, vitamin, dan mineral baik untuk menu sarapan keluarga. Cuma sekitar 5 menit udah jadi deh sarapan sehat “Bubur Ayam Nestum”.


Di sebelah saya, Mbak Vita berkreasi dengan Koko Krunch yang dicampur Milo dan buah-buahan segar. Peserta lain ada yang membuat kreasi Nestum versi manis dengan taburan pisang, stroberi, dan kiwi di atasnya. Wah, menyiapkan sarapan sehat bagi keluarga semakin mudah.

Berkreasi dengan Nestum
Oh ya, sarapan hari itu di Taman Menteng semakin istimewa karena kami sarapan bareng The Baldy’s. Ada Papa Baldy, Mama Nola, Bevan, dan Neona. Sayangnya Naura enggak bisa ikut.

Keluarga The Baldy’s suka makan Koko Krunch. Anak-anak biasa berkreasi membuat Koko Krunch dicampur peanut butter. Papa Baldy sendiri biasanya makan Nestum yang dicampur air panas aja. Ternyata kreasi Nestum bisa beragam dengan topping sayur-sayuran.

The Baldy's membuat kreasi sarapan sehat


Zona Edukatif ABC

Selain sarapan bareng, kampanye “Awali Hari Baik dengan Nestle” menyediakan photobooth yang edukatif. Ada tiga photobooth yang mewakili prinsip ABC, yaitu booth “Atur Porsi” yang menunjukkan porsi makan dewasa dan anak. Gambar makanan di sini bisa dipasang – lepas karena ada magnetnya. Lucu deh, anak-anak dapat menempel makanan berdasarkan jenisnya.  Di tengah, tersedia booth “Baca Label” yang menunjukkan label kandungan gizi makanan seperti di kemasan produk Nestle. Dan yang terakhir booth “Cukupi Asupan Gizi” berupa mangkuk sayur-sayuran besar. Kata SID, serasa masuk mangkuk. Hihihi ….

Kebiasaan hidup sehat. Sudahkah melakukannya?
Sepulang dari acara ini, saya jadi semangat membuat kreasi sarapan untuk keluarga. Berbekal Nestum, saya buat pancake karena SID suka banget makan pancake daripada nasi. Wanginya pancake Nestum saat dimasak itu lho menggugah selera. Hmm … harum banget. Alhasil, 3 porsi pancake ludes sebagai sarapan paginya SID.

Anyway, kampanye “Awali Hari Baik dengan Nestle” masih berlangsung di berbagai kota di Indonesia. Intip jadwalnya di sini dan ajak keluarga untuk awali hari baik dengan Nestle.



51 comments on "Sarapan Gizi Seimbang Bareng The Baldy’s"
  1. Jadi salah fokus pengen makan koko krunch sama susu milo mbaak hehehhe

    ReplyDelete
  2. Iyap biarpun malas tapi demi keluarga Kita harus sempatkan bikin sarapan y mba biar keluarga nyaman memulai aktivitas

    ReplyDelete
  3. Akuuupun asal kenyang aja tadinya.

    Beruntung kemarin bisa ikutan hadir juga, jadi tau deh kalau sarapan pun harus bergizi dan nggak boleh skip.

    ReplyDelete
  4. Jarang-jarang ya bisa sarapan bareng artis :D

    ReplyDelete
  5. bagi dong mbak puncake nestumnya
    aku suka banget dengna pancake, apalagi kalau gratisan
    *lha

    ReplyDelete
  6. Aku harus makan nasi kalo pagi.. kalo ga lemes.. kareena sarapan itu penting daripada harapan..

    ReplyDelete
  7. Pingin waktu kecil aku diajakin ke acara beginian pasti seneng banget

    ReplyDelete
  8. Keluarga Nola B3 ini menginspirasi banget ya tapi tetaplah kita selalu siapkan juga ya sarapan sehat dirumah. Ini siap olah ya kak

    ReplyDelete
  9. jadi banyak ide untuk menu sarapan di rumah. thx infonya mba

    ReplyDelete
  10. Awalnya justru aku gak biasa sarapan, setelah sadar pentingnya sarapan aku jadi biasain sarapan biar Zalwa contoh aku hehe

    ReplyDelete
  11. nah atur porsi ini yang jadi PR. Kadang nggak sesuai kebutuhan, kebanyakan karbonya

    ReplyDelete
  12. Aq jg dulu wktu sekolah sk keliru main berangkat aja karena sudah ditunggu teman eh ternyata masih pke sendal jepit mungkin efek blm sarapan hehe

    ReplyDelete
  13. Tos team sulit menyiapkan sarapan 😆😆, tapi setelah mengetahui fakta ttg sarapan. No more sulit menyiapkan sarapan ☺️☺️

    ReplyDelete
  14. Gak cuma SID yang suka pancake, kaka...
    Aku pun syukkaa...
    hhahah~

    Alhamdulillah,
    ibuku dari dulu suka bikinin anak-anaknya sarapan. Alhasil, menurun ke aku juga kebiasaan itu.
    Buatku,
    Penting banget sarapan di rumah sebelum berangkat ke sekolah.

    "Ya kan, nak?"
    ((nyari dukungan ke Ai dan Hana))

    ReplyDelete
  15. idem nih..sudah terbiasa wajib sarapan. ortu mewajibkan.. aku pun sekarang mewajibkan ke anak2.. Alhmdulillah ada yang praktis bergizi gini.. sukaaak bgt.

    ReplyDelete
  16. Memang bener kalau nggak sarapan, pas siangnya itu bikin kalap makannya. Perlu diterapkan konsisten nih sarapan yang sehat dan tepat waktu.

    ReplyDelete
  17. Membuat kreasi sarapan bersama buah hati bisa menjadi stimulus anak untuk menyukai sarapan ya Mama Sid :)

    ReplyDelete
  18. Aku sekarang lebih rajin sarapan dan semua produk nestle aku suka banget

    ReplyDelete
  19. Anak2 nih kyknya tiap hari memulai hari baik dengan Nstle, lha bangun tidur langsung ngemil koko krunch haha.
    Sarapan emang penting yaaaa. Jgn sampai gak sarapan pokoke :D

    ReplyDelete
  20. Kadang sarapan oatmeal sih kl lg keburu2 tp kadang jg sarapan yg enggak sehat ky nasi uduk...�� emg hrs di ubah gaya hidup dan pola makan yg sehat nih mulai dr sekarang.

    ReplyDelete
  21. saya dari kecil orgnya jarang sarapan :D bukan jarang sih, mungkin gak tepat waktu. Tapi terkadang saya suka milih sarapan kopi.

    ReplyDelete
  22. sarapan itu penting sekali ya untuk bisa memulai aktivitas sehari-hari, waktu kecil ibu selalu marah kalau aku tidak sarapan dan akhirnya aku tahu kalau sarapan itu bisa membuat konsentrasi belajar

    ReplyDelete
  23. Sid dan mamahnya kalau ketawa mirip. Itu foto pertama mirip sama logo di blognya :D
    Acara pekan sarapan nestle seru banget ya keliatannya. Ga cuma senang2 tp juga ada edukasi tentang betapa pentingnya sarapan sebagai sumber energi

    ReplyDelete
  24. Padahal pagi-pagi nyeruput kopi ditemani pisang goreng itu nikmat banget lho.
    Hihi... tapi harus ngurangi gorengan yak?

    Wah kalau ada yang prkatis gini, saya nggak perlu risau dan gedabrukan lagi kalau pas bangun kesiangan

    ReplyDelete
  25. saya biasa makan buah Mba..seling sebentar baru makan yang lain. I usually have toast or sourdough..atau nasi merah and veggies

    ReplyDelete
  26. Menu sehat buat keluarga terutama cucu nih masih tetap Koko Krunch. Menu sederhana ini cepat saji dan simple banget dsssn yummy

    ReplyDelete
  27. Dari kecil aku jg dibiasain sarapan sama Ibuku. Dulu ya memang seadanya banget karena anaknya kan banyak. Sekarang karena udah gedhe jadi nyiapin yang seimbang gizinya. Biar makin semangat

    ReplyDelete
  28. sarapan tuh penting banget buatku, kalo ga pas kerja bisa keliyengan..koko crunch sama milo dan susu jadi andelanku kalo misalnya kepepet banget waktu sarapan atau anak lagi ga mau makan nasi pas pagi :)

    ReplyDelete
  29. Aku pernah ikut diet yg skip sarapan itu tapi hasilnya malah aku nggak produktif. Jadi nggak mau lagi yg begitu. Sarapan itu wajib, yang penting sarapan sehat seperti diatas. Badan sehat (nggak perlu kurus) & bisa produktif berkarya.

    ReplyDelete
  30. Susu plus sereal, itu jadi andalan banget mbak buat sarapan pas weekend. Soale kalo libur maleeesss banget pagi-pagi gedabrukan di dapur. Haha

    ReplyDelete
  31. Nestum enak aku suka..kmrn cobain menu nestum di jadiin pancake buat sarapan enak...

    ReplyDelete
  32. Jadi inget jaman SMP SMA sarapan aku setiap hari itu Indomie, hahahaha. Buruk banget ya. Kalau Koko Krunch aku suka banget seh, anak aku juga suka banget, tapi maish belum berasa sarapan kalau aku, masih perlu tambahan lainnya, hahaha

    ReplyDelete
  33. Waa seru sekali event nya mba.. btw emang kalau sarapan kadang males dan makan seadanya padahal asupan gizi dipagi hari itu penting banget ya

    ReplyDelete
  34. Buat anak sih ga pernah skip sarapan.
    Buat emak kadang-kadang. Tergantung mood. :))

    ReplyDelete
  35. seru sekali ini acaranya, sarapan bareng dengan menu gizi berimbang. sebelum berkeluarga aku sering skip sarapan, tapi kalo sekarang mana kuat kalo gak sarapan hehehe

    ReplyDelete
  36. Kalau pagi emang suka roweuh sama ini itu, jadinya kadang sarapannya suka pake gorengan hahaha, padaha ga baik banget yaa. Okedeh, mulai hari ini mesti sarapan dengan gizi seimbang, biar semangat terus sepanjang hari, ga loyo.

    ReplyDelete
  37. Anak ku suka banget cemilan pakai koko krunch + susu mba,,, kadang ku buat sarapan juga, mau kasih nyobain nestum next

    ReplyDelete
  38. Sarapan buat anak yg udah sekolah juga sebagai penambah energi saat beraktivitas, makanya aku gak pernah melewatkan sarapan buat anak-anak.
    Nestle udah lama uha ya ada di Indonesia. anak-anak suka beli Koko krunch

    ReplyDelete
  39. SID makin ganteng aja sih, ini bermain dengan Mama sambil belajar seru ya. Mau juga dong Adek Aisyah mencicipi milo dan susunya.

    ReplyDelete
  40. Koko crunch ini jadi andalan waktu anakku masih kecil dulu...dan klo sarapan nasi suka di emut. Klo pke koko crunch, aku nuanginnnya dikit2, jadi pas masuk mulut masih renyah.. anakku suka.

    ReplyDelete
  41. Sarapan itu memang penting, keluarga kami sebelum beraktivitas di pagi hari wajib sarapan. Tapiiii... Ya itu.. Saya masih malas nyiapin sarapan dg gizi seimbang, apalagi kalau udah kesiangan harus segera berangkat kerja, ya sudah, makan senemunya yg penting kenyang.
    Sepertinya saya perlu sereal nestle di rumah nih, biar sarapan enak dg gizi yang pas.

    ReplyDelete
  42. Pilih yang bergizi donk daripada asal kenyang. Tp makan anak2 itu gampang2 susah, kudu disiasati dan diberi pengertian soal gizi juga biar mereka paham dan semangat makan

    ReplyDelete
  43. Sarapan bagiku itu penting bgt, step ygak boleh dilewatkan. Krn aku dr kecil sering dibiasain sarapan, sampe punya anak jg gitu :)

    ReplyDelete
  44. Keluargaku juga paling ga bisa kalau ga sarapan.kadang kalau buru-buru sarapannya roti plus selai dan susu

    ReplyDelete
  45. aku kalo udah begadang ngejer DL suka males banget masak pagi, makanya di rumah selalu sedia roti atau ceral jadi kalo lagi bener2 super males tetap bisa sarapan ya mba ;D

    ReplyDelete
  46. Aku juga sedari kecil dibiasakan sarapan setiap hari. Sampai aku punya anak juga, kebiasaan ini tetap dilakukan. Sekarang malah lebih mudah ya sarapan Koko crunch atau nestum

    ReplyDelete
  47. Aku gagal fokus sama parsel sarapannya. Keren dengan menu sehat dan piranti yg cantik 😍

    ReplyDelete
  48. Sarapan anakku ini mah. Gak boleh absen itu cereal-nya Nestle sampe bosen yg nyiapin wkwkwk

    ReplyDelete
  49. Sarapan memang penting, sayangnya suka gak keburu waktunya, bagus banget ya jika didukung lagi dengan Nestle seperti keluarga Baldie dan Nora

    ReplyDelete
  50. Aku kalo sarapan nasi uduk pasti cepet ngantuk..hahaha harus banyak diperbaiki lagi nih pola sarapannya

    ReplyDelete
  51. jam 5 pagi sudah sarapan? aku tuh kalau sarapan kebagian malah di perut rasanya enggak enak, sarapanku jam 8 atau 9 gitu...
    bicara soal sarapan, sadar banget masih suka asal kenyang...hehehe

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,