Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

5 Ide Kegiatan Seru Ibu dan Anak Saat Liburan

Sunday, February 10, 2019

Hari libur tiba, saatnya menghabiskan waktu bersama anggota keluarga. Kira-kira, apa yang bisa dilakukan oleh ibu dan anak? Tentu saja banyak! Namun tetap, kita harus memilih segenap aktivitas tersebut agar mengasyikkan dan penuh makna.

wisata keluarga pujon
Kegiatan ibu dan anak

Ketika rutinitas sehari-hari begitu padat, saya kerap lupa menghabiskan waktu bersama anak.  Kadang SID mengajak untuk main bareng tetapi saya bilang, "Sebentar" sampai dia bosan. Duh, maaf ya, Nak.

Ini belum masuk usia sekolah, lho. Kebayang saudara yang suami-istri kerja. Semua anaknya sudah sekolah. Otomatis sibuk dengan kegiatan masing-masing sehingga jarang bermain bersama. Mau liburan keluarga aja susahnya mengatur jadwal.


Sesibuk-sibuknya aktivitas, kami usahakan agar setiap anggota keluarga dapat menghabiskan waktu bersama. Mumpung hari libur tiba, inilah waktu yang tepat untuk memaksimalkan momen tersebut. Sebagai rekomendasi, ini 5 ide kegiatan seru ibu dan anak saat liburan:

1. Beres-beres Rumah

Ide kegiatan seru ibu dan anak saat liburan adalah beres-beres rumah. Terdengar tidak seru, ya? Tapi tenang, justru membersihkan rumah dapat menjadi ajang kreativitas dan membangun kedekatan antara anggota keluarga.

Saat beberes rumah, tiap anggota keluarga mengambil peran masing-masing sesuai minatnya, asalkan bukan punya minat jadi tukang menyuruh, ya. He he ... Kalau di keluarga kecil kami, suami paling suka memasak sementara saya mencuci piring. SID bagian menyiapkan sayuran.


Pada beberapa momen tentu, semisal Hari Ibu tanggal 22 Desember, seorang anak dapat memberikan ucapan Selamat Hari Ibu. Persembahkan kebahagiaan sederhana dengan lebih dahulu membersihkan rumah. Hal seperti ini bisa bikin ibunda senang, lho!

2. Belanja Kebutuhan Sehari-hari

Belanja kebutuhan sehari-hari bisa jadi salah satu dari sekian banyak kegiatan seru ibu dan anak saat liburan. Coba lihat dapur dan ruangan-ruangan lainnya di rumah, kira-kira apa yang perlu dibeli? Apakah ada stok yang sudah habis atau menipis?

Rencanakan kegiatan belanja rutin secara matang. Catat barang-barang yang dibutuhkan sejak awal keberangkatan. Jangan sampai terlewat, usahakan untuk menulis kebutuhan tersebut dalam secarik kertas. Mau belanja di mana? Antara pasar swalayan, tradisional atau minimarket, sesuaikan dengan kebutuhan.


3. Berenang di Pantai

Hamparan laut luas dan semilir angin adalah hal pertama yang bisa ditemukan saat menyambangi pantai. Ada banyak kegiatan seru ibu dan anak saat liburan di pantai, mulai dari berenang hingga menatap pemandangan yang begitu indah.

Pemandangan laut yang tenang dan mengagumkan mampu memberikan sensasi tersendiri. Alhasil, pikiran negatif serta suasana hati yang buruk segera berubah jadi lebih baik. Meski begitu, tetap waspada dan hati-hati, ya.


lapangan banteng
Main pasir di Lapangan Banteng, Jakarta


4. Piknik ke Taman

Jika liburan ke pantai atau destinasi wisata lainnya terlalu jauh, piknik ke taman bisa jadi pilihan alternatif buat ibu dan anak. Carilah tempat yang nyaman, gelar tikar, lalu santap bekal dari rumah bersama-sama.

Piknik ke taman juga bisa jadi ajang penyegaran kembali otak yang penat akibat padatnya rutinitas sehari-hari. Sambil duduk berdua, ibu dan anak dapat berbincang banyak soal kehidupan serta menceritakan hal-hal yang tak sempat diceritakan ketika sedang sibuk.

5. Olahraga Bersama

Olahraga tampak membosankan jika dilakukan sendiri, namun bisa mengasyikkan kalau ada teman. Nah, kegiatan seru ibu dan anak saat liburan adalah olahraga! Berbagai macam jenis olahraga dapat dilakukan, selama itu menyenangkan dan tak bikin jenuh.

Jogging misalnya, jadi salah satu dari sekian banyak jenis olahraga yang paling mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja. Begitu mudahnya, anggota keluarga pun akan lebih mudah berkomitmen untuk berolahraga secara teratur.


scientia square park tangerang
Olahraga bareng keluarga membuat semangat
Masih banyak lagi 5 kegiatan seru ibu dan anak saat liburan. Siapkan waktu spesial untuk menghabiskan momen ini berdua, jalin kembali hubungan yang sempat meregang akibat kesibukan sehari-hari agar semakin dekat. 

Apa kegiatan liburan favoritmu bersama keluarga?

25 comments on "5 Ide Kegiatan Seru Ibu dan Anak Saat Liburan"
  1. Menyenangkan banget bersama keluarga ya Mbak. Kalau yang paling kusuka sih ublek-ublek di rumah, sambil baca dan cerita-cerita. Sesekali ke luar rumah. MIlih yang deket biar nggak rem[pong sama anak2 :)

    ReplyDelete
  2. Paling menyenangkan itu kalau sama anak, saya main di alam mbak, kepantai, sungai, atau ke bukit2 gitu, lebih banyak hal yg bisa di eksplor, tapi sesekali melibatkan anak beberes rumah seru juga meski nanti kita jadi kerja 2x hihihi

    ReplyDelete
  3. Saat liburan, kegiatan bareng anak ya beres-beres rumah atau bikin kue bareng. Bisa juga jalan-jalan ke mall, biasanya ya jarang beli-beli sih di mall, cuma liat-liat aja, terus mampir foodcourt, makan haha.

    ReplyDelete
  4. Indahnya kebersamaan 👪 👭

    ReplyDelete
  5. Kalau aku kalau liburan rutin sabtu minggu udah ada kegiatannya mbak. Kayak minggu pasti kita bertiga ke car free day dan sarapan bareng. Tapi emang kalau hari biasa sulit seh. Makanya aku masih senang ngajar ngaji dan ngerjain PR bareng, paling gak ada deh yang rutin ngerjain bersama anak

    ReplyDelete
  6. Aku 5 itu kulakukan sama ponakanku. Bedanya ya nunggu dia liburan sekolah/hari Minggu. Paling hepi kalau ke luar rumah, taman, pantai. Udah deh betah banget seharian

    ReplyDelete
  7. Saya paling sering, ngajak anak - anak belanja supermarket. Kayaknya malah hampir tiap minggu deh, hihi. Di supermarket kita bisa sekalian ngajarin anak soal sayur2an, ikan2an.. walaupun selalu berakhir dengan banyak jajan yang masuk dalam keranjang, hehehe

    ReplyDelete
  8. no 2, belanja ke minimarket boyz pada demen. sekalian jajan soalnya hahaha

    ReplyDelete
  9. ide kegiatan ibu dan anaknya seru dan gak bosenin, khususnya selama liburan.

    ReplyDelete
  10. Beres2 rumah bareng anak2 sering aku lakukan kalau pas liburan. Dan gak tau kenapa, kalau beres2 bareng2 gitu mereka malah senang dan semangat loh

    ReplyDelete
  11. Kalo kami seringnya 4 dan 5 itu Mak. Yang paling sederhana. Soalnya anak juga baru 2 tahun.

    ReplyDelete
  12. Kalo keluarga kami liburan ngapain ya.. Kami introvert semua mba jadi kerjaannya di rumah bebikinan makanan trus dimakan bareng pas downloadan film udah selesai. Hihihi

    ReplyDelete
  13. asyiknyaaaa.... babyzril belum pernah diajak ke pantai nih. pengen banget dia tahu apa itu pasir. nanti deh kalau sudah agak besar dikit, maklum kalau setahun usianya dan kami cuma ke pantai bawa motor udah ribet sama bawaan. kalau agar besar dan udah toilet training pasti lebih ringkas

    ReplyDelete
  14. Aku paling banyak..belanja alias ngemal dan kruntelan eh beberes rumah dan olahraga bersama saat car free day .Mau ke pantai, pantai Jakarta kurang oke. Ke taman anaknya sudah gede, enggak tertarik lagi. Pokoknya ada jadwal sih, karena dari Senin-Jumat semua sibuk masing-masing. Akhirnya kalau enggak SAbtu ya mInggu pasti khusus acara keluarga

    ReplyDelete
  15. Ada banyak hal sederhana untuk mengisi hari libur yaaa. Apalagi kalo masih anak-anak seumuran SID, bisa diajakin kelima ide kegiatan di atas pun tetap seru. Terutama beberes rumah tuh, bisa seharian karena mesti merapihkan juga setelah menyortir mainan yang nggak kepakai, hihiii

    ReplyDelete
  16. No 2 harus diwaspadai bun..biasalah anak2 kalo udah nemu supermarket berasa pengen diambil semuanya. Yang ada kita repot wkwkw. Beres2 rumah bisa jadi pilihan yah biar si anak makin bertanggung jawab juga terutama sama barangnya sendiri

    ReplyDelete
  17. Wah iya ya aku belum pernah nyobain olah raga bersama anakku, kalau yang lainnya sudah pernah. Boleh juga nih kalau libur setiap pagi ku ajak dia berolah raga.

    ReplyDelete
  18. Kegiatan beres-beres rumah bisa sekaligus mengajarkan kedisiplinan sama anak untuk menyimpan barang2 miliknya di tempat yang benar. Kalau berenang sih tiap minggu pasti aku lakuin tapi gak di pantai kejauhan :-D

    ReplyDelete
  19. Anak2 kalo libur suka ngikut aku belanja di pasar. Katanya seru ��
    Mungkin karena jarang sih yaa

    ReplyDelete
  20. Liburan fave kamiii...
    Berenaang...

    Di Pulau Kapuk alias tempat tidur.

    Bhahahah~
    Kita betah nggembel seharian ga mandi buat peluk-pelukan di Pulau Kapuk.

    ReplyDelete
  21. Foto yang atas itu enak banget suasananya. Anakku sudah besar2, jadi kalau liburan mereka aku suruh masak & beres2. Heheee

    ReplyDelete
  22. Anakku pun senang sekali kalo pas liburan diajakin belanja. Yang ga seneng malah ibunya. Belanjaan jadi makin banyak listnya :))

    ReplyDelete
  23. Aku sama Salfa kalau liburan senangnya lomba beresin mainan dan tempat tidur. Dia paling suka aktivitas ini.

    ReplyDelete
  24. Kalau aku kayaknya tidur basamo-samo Mak Sid wkwkwk keliatan banget ya ibu pemalas :p

    ReplyDelete
  25. Kalau sudah terplanning seperti ini, jadi ga bingung kl anak2 di rumah, apa yg bisa dikerjakan bersama ya mba.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,