Top Social

Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Menyiapkan Bekal Sehat dan Praktis untuk Liburan Keluarga

Tuesday, December 26, 2017
Asik banget ya libur natal dan akhir tahun bersamaan dengan liburan sekolah,. Ada yang sudah menyiapkan rencana berlibur jauh-jauh hari, ada pula yang mendadak aja sesuai mood hari itu. Menyiapkan liburan bukan hanya tujuan wisata, tiket, dan akomodasinya lho. Tetapi kita perlu menyiapkan bekal selama berlibur.

ester c plus cni
Menyiapkan bekal liburan keluarga (pic. Bonnie Kittle - Unsplash)
Urusan bekal makanan biasanya jadi perhatian para ibu termasuk saya. Ini efek melanjutkan kebiasaan ibu saya yang selalu menyiapkan segala makanan sebelum bepergian. Bisa aja sih beli makan di luar tetapi tetap saya membawa bekal selama perjalanan. Hal ini untuk berjaga-jaga susah mencari tempat makan yang tepat atau ketika terjebak macet sedangkan kami kelaparan.


Membawa bekal ini sedikit rempong tetapi lebih terjamin bersih, sehat, lezat, dan pastinya hemat. Biasanya nih saat tidak menyiapkan makanan ketika berlibur, kami cenderung makan tidak teratur dengan menu sekadarnya. Paling gampang ya makan mie instant saja. Tapi ga enak juga kan kalau makan mie terus menerus. Untuk itu saya menyiapkan berbagai bekal selama perjalanan berlibur.

Beberapa variasi bekal yang praktis dan sehat, seperti:
  • Nasi goreng sosis dan sayur. Memasak nasi goreng hanya butuh waktu sebentar. Tambahkan potongan sosis dan sayur seperti wortel, brokoli, dan jagung supaya gizinya lengkap dan warnanya makin menarik.
  • Roti tawar dengan selai atau meses. Dapat juga membuat roti isi telur/daging, tomat, dan selada.
bekal sehat anak
Siapkan bekal praktis dan sehat (pic. Fabio Alves - Unsplash)
  • Ubi dan labu kukus. Ini sangat sederhana tetapi anak saya doyan. Saat ia bosan makan nasi, ubi menjadi sumber karbohidrat andalan.
  • Kering tempe dan kering kentang yang tahan lama dan dapat menjadi lauk.
  • Buah-buahan yang mudah dikonsumsi dan awet seperti pisang, jeruk, buah naga, salak, delima, atau apel. Tidak disarankan membawa durian, baunya bikin puyeng.
  • Cemilan seperti puding, cokelat, dan biskuit. Cemilan seperti ini lebih menyehatkan dibanding snack gurih yang mengandung MSG.
  • Air mineral untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi selama perjalanan.

bekal liburan bersama anak
Bawa buah-buahan yang mudah dikonsumsi serta tahan lama (pic. Holly Mindrup - Unsplash)
Selain bekal makanan dan minuman di atas, saya sarankan membawa suplemen atau vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Ga mau kan liburan terganggu karena badan kurang fit. Long weekend seperti ini umumnya jalanan ke tempat wisata lebih padat sehingga butuh fisik yang segar supaya liburan lancar.

Salah satu vitamin yang penting memelihara daya tahan tubuh yaitu vitamin C. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas, memperbaiki susunan kolagen untuk mencegah penuaan dini pada kulit, dan memelihara daya tahan tubuh. Batuk pilek ga jadi mampir bila ketahanan tubuh kuat.

manfaat vitamin c
Vitamin C sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas
Sumber makanan yang mengandung Vitamin C yaitu buah kiwi, papaya, nanas, jeruk, mangga, brokoli, tomat, juga cabai merah. Sebagai tambahan, dapat pula mengonsumsi suplemen Vitamin C Ester-C Plus. Setiap tablet CNI Ester-C Plus setara dengan Vitamin C 500mg dan kalsium 60mg. Kadar Vitamin C dalam 1 tablet CNI Ester-C Plus cukup untuk kebutuhan per hari. FYI, pasca operasi tubuh membutuhkan Vitamin C lebih banyak untuk mempercepat proses penyembuhan. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan ke dokter, ya.

CNI Ester-C Plus ini beda lho dari Vitamin C biasa. Beberapa kelebihannya, yaitu: memiliki pH netral yang aman untuk lambung, lebih cepat diserap tubuh, kandungan dalam darah 2x lebih tinggi, kadar dalam leukosit 4x lebih tinggi, kadar yang dikeluarkan melalui urin 3x lebih kecil dan 2x lebih lambat, serta kadar oksalat dalam urin 5x lebih rendah sehingga kecil kemungkinan terjadinya batu ginjal. Selain itu suplemen ini memiliki efek anti-scurvy/skorbut (sariawan) lebih cepat dan lebih baik.

manfaat vitamin c
Konsumsi CNI Ester-C Plus untuk menjaga daya tahan tubuh
Saya merasa aman mengonsumsi CNI Ester-C Plus karena telah mendapat sertifikasi halal dari MUI dan terdaftar di Badan POM dengan nomer POM SD 081534171. CNI Ester-C Plus dapat dibeli melalui agen CNI atau sekarang udah bisa via online di geraicni.com. Makin gampang kan menjaga kesehatan tubuh setiap hari, utamanya ketika berlibur.

tips liburan bersama anak
Badan sehat, liburan lancar
Tetap perhatikan kesehatan selama liburan, ya. Siapkan bekal sehat yang mudah dibawa untuk keluarga. Kalau punya ide bekal sehat lainnya, boleh lho tulis di kolom komentar. Selamat berlibur!


16 comments on "Menyiapkan Bekal Sehat dan Praktis untuk Liburan Keluarga"
  1. Bekalnya banyak mak aku suka tuh roti tawar, etapi jangan lupa ya ... sebagai suplemen tambahan minum Ester-C Plus untuk menjaga agar tubuh lebih fit disaat liburan.

    ReplyDelete
  2. Roti, nasi goreng, nugget emang beberapa bekal yang praktis ya kak ^^.

    ReplyDelete
  3. Vit c emang penting banget. Kalau meriang selalu jadi andalan saya vit c ini. Alhamdulilah dg beberpa kali minum, udh enakan.

    ReplyDelete
  4. Vitamin C penting sekali, apalgi di cuaca yang lagi berubah-ubah gini ya, Mbak. Banyaknya orang enggak mau minum vitamin Vitamin C karena takut lambungnya sakit, tapi Vitamin C CNI ini justru aman ya buat lambung. Baiklah, aku mau beliin buat mamaku ah yang suka takut minum vitamin C.
    Thanks infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  5. Kalau saya rebus-rebusan sedianya jagung rebus. Favorit si anak.
    Vitamin C memang penting ya untuk menjaga ketahanan tubuh. Saya suka kalau ada yang tinggal dihisap-hisap kayak permen bentuknya hehehe

    ReplyDelete
  6. Aku juga selalu ada di kantong Ester C ini :)
    Buat persediaan kalau di jalan lagi kelelahan karena sering jalan sana sini dan desekan di kereta

    ReplyDelete
  7. Menu bekal yang praktis, brrgizi dan sehat memang perlu kalau kita lagi mau 'jalan' atau kemanapun ya mbak. Ditunjang juga dengan mengonsumsi vitamin c agar tubuh tetap fit

    ReplyDelete
  8. Sepertinya saya butuh ester c nih. Lagi musim sakit bener, karena cuaca gak bagus. Jadi mesti jaga daya tahan tubuh.

    ReplyDelete
  9. Mak sekarang rutin loh minum Ester-C Plus. Dan memang membantu banget sih utk menjaga stamina tubuh

    ReplyDelete
  10. aduh pengen deh bisa nikmatin bekal darimu Mba :-D

    ReplyDelete
  11. Aku biasanya minum UC10**. Tp gak bs buat orang yg punya maag. Wah bs dicoba nihh ester C. Yang ternyata aman buat lambung ya mb. Apalah aku tanpa suplemen vitamin C. Bibir suka pecah2 hihi

    ReplyDelete
  12. Aku dulu sering konsumsi Ester C CNI ini, sekarang udah nggak rutin. Harus rajin ya biar nggak gampang drop

    ReplyDelete
  13. Ituuu menggoda banget rotinya hhahaa,lapeer..

    Kalo dulu waktu anak masih kecil suka bekel2an, sekarang mah udah abege, lebih banyak simplenya, bekpekeran kalo laper tinggal cari tukang nasgor, indomie yang di pinggir jalan enaaak.

    ReplyDelete
  14. kalau liburan paling gampang kemana2 ya bikin nasi goreng, mi goreng, hehehe...tapi emang jangan lupain yang sehat2nya juga, kayak buah yang gak ribet motong kyk anggur, apel, kelengkeng atau jeruk..kalau bisa bener tuh mba hel bawa vitamin, biar gak ngedrop di jalan

    ReplyDelete
  15. Alow emaknya SID bener banget kalau anak sehat pasti tubuhnya kuat dan perkembangannya juga melesat. Salam buat SID yang lucuuuu

    ReplyDelete
  16. Wah ubi dan labu kukus, enak banget ya aku juga suka. Manis-manis gitu, dan sehat juga. Gak pake goreng-gorengan.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature