Waspada Demam Berdarah di Musim Penghujan dengan Kenali Ciri-Ciri, Penyebab, dan Obat Demam Berdarah Dengue

Tuesday, April 11, 2017


Waspada Demam Berdarah di Musim Penghujan dengan Kenali Ciri-Ciri, Penyebab, dan Obat Demam Berdarah Dengue


Deru mesin terdengar di kejauhan. Bau khas asap tercium hingga ke dalam rumah. Sore ini wilayah RW kami dilakukan pengasapan untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti. Pengasapan atau fogging sudah menjadi jadwal rutin, terutama di musim penghujan seperti sekarang. Selain itu sebulan sekali ada tim jumantik (juru pemantau jentik) yang keliling ke tiap rumah mengecek apakah ada potensi tempat jentik nyamuk berkembang biak, seperti di bak mandi atau genangan air lainnya. Semua ini dilakukan untuk mengantisipasi Demam Berdarah Dengue (DBD).

DBD atau sering disebut Demam Berdarah banyak ditemukan di negara dengan iklim tropis, salah satunya Indonesia. Penyakit ini cenderung meningkat saat musim penghujan dan pancaroba karena curah hujan yang meningkat menyebabkan semakin banyaknya tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

Data Direktorat Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis Kementerian Kesehatan menyebutkan selama Januari 2016 ada 50 kasus kematian akibat DBD di Indonesia. Sementara di daerah Kejadian Luar Biasa (KLB) tercatat 492 kasus, 25 kasus diantaranya meninggal. KLB terjadi di 11 Kabupaten/Kota di 7 Provinsi.


Penyebab Demam Berdarah dan Cara Pencegahannya

Demam Berdarah Dengue disebabkan oleh virus Dengue yang menginfeksi manusia. Virus ini tinggal di tubuh nyamuk Aedes Aegypti. Saat nyamuk betina dengan virus tersebut menggigit manusia, virus pun ditularkan ke tubuh manusia.

Nyamuk Aedes Aegypti berwarna hitam, memiliki kaki dengan garis-garis hitam putih. Ia umumnya menggigit manusia saat pagi, siang, dan sore hari. Nyamuk ini suka bertelur di air menggenang seperti di bak mandi, tempat minum ternak, sumur, kaleng bekas, vas bunga, dsb.

Untuk itulah pemerintah mencanangkan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M plus guna mencegah perkembangbiakan nyamuk ini. PSN 3M plus yaitu:

1) Menguras dengan membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.
2) Menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.
3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.
4) Plusnya yaitu menabur bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat anti nyamuk, memakai kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, serta menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah.

cegah demam berdarah dengan 3M plus (pic: depkes)

3M plus ini sederhana dan bisa dilakukan di tiap rumah. Coba tengok lingkungan rumah masing-masing, langkah pencegahan mana saja yang sudah kamu lakukan?

Ciri-Ciri Demam Berdarah Dengue

Sekitar 2 bulan lalu, RW kami sempat terjadi kepanikan saat ada bayi yang dinyatakan positif DBD. Haduh ga tega mendengar cerita bayi berusia 8 bulan harus opname. Para tetangga jadi makin aware karena potensi DBD menjadi tinggi di daerah sini. Fogging pun kembali digiatkan supaya tidak ada lagi korban DBD.

Demam Berdarah dapat menjangkiti siapa saja, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Ciri-ciri demam berdarah yaitu:

  • Demam tinggi sepanjang hari. Demam akan turun sementara bila diberikan obat penurun panas. Biasanya demam akan turun setelah 3 hingga 7 hari. Hal ini perlu diwaspadai karena saat demam turun justru kadar trombosit dalam darah turun.
  • Sakit kepala hebat bahkan hingga meracau
  • Nyeri di belakang mata, otot, dan persendian.
  • Nyeri di daerah maag atau di ulu hati.
  • Mual, muntah, disertai kehilangan nafsu makan.
  • Terdapat bintik merah pada kulit akibat pendarahan. Bila ditekan, bintik merah tidak pudar.

Supaya lebih akurat, sebaiknya lakukan cek laboratorium. Penderita DB akan mengalami penurunan trombosit yang drastis (trombositopenia). Trombosit di bawah 100.000 merupakan nilai yang sangat diwaspadai. Produksi trombosit ini berkurang akibat tertekan pada sumsum tulang belakang, sementara trombosit yang ada mudah pecah di pembuluh darah. Selain itu, makrofag yang menangkap virus dengue dan pembentukan imunitas kompleks dapat memecah trombosit. 

Cara Mengobati Demam Berdarah

Apabila sudah dinyatakan positif DBD, penderita harus mendapatkan cairan yang cukup supaya fungsi jantung dan organ vital lainnya berjalan normal. Di rumah sakit, pasien akan dipasang infus supaya cairan tubuh tetap terjaga.

Siapa sih yang mau opname lama-lama? Demam tinggi berhari-hari dengan nyeri tubuh tentu sangat tidak mengenakkan.

Supaya penyembuhan Demam Berdarah Dengue menjadi lebih cepat dapat diberikan Chlorella Growth Factor (CGF). CGF ini diekstrak dari ganggang hijau air tawar Chlorella pyrenoidosa yang memiliki manfaat meningkatkan kemampuan kekebalan tubuh melawan virus demam berdarah.

Chlorella Growth Factor terkandung dalam Wakasa Gold, produk kesehatan dari CNI. Cara pengobatannya yaitu dengan konsep regenerative medicine yang mempercepat waktu penyembuhan, menekan stress oksidatif, memperbaiki gangguan pembuluh darah, serta merangsang peningkatan fungsi produksi sumsum tulang.

Wakasa Gold mengandung Chlorella Growth Factor untuk mempercepat penyembuhan DBD (pic: CNI)
Wakasa artinya muda dalam bahasa Jepang. Selain mempercepat penyembuhan DBD, Wakasa Gold dapat memperbaiki sel-sel yang rusak serta merangsang tumbuhnya sel-sel baru pada tubuh. Kandungan asam nukleat yang tinggi pada CGF bisa memperlambat proses penuaan, lho. Mengonsumsi Wakasa Gold bisa membuat tubuh jadi bersemangat dan segar. 

Manfaat Wakasa Gold, yaitu:

  • Memperbaiki dan menumbuhkan sel-sel baru
  • Regenerasi sel
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan daya penyembuhan alami
  • Memiliki efek anti kanker
  • Meningkatkan produksi energi dalam tubuh
  • Memiliki efek pemulihan
Selain Wakasa Gold, sebaiknya konsumsi CNI Ester-C Plus dengan teratur supaya tubuh selalu fit. Apabila tubuh sehat, virus akan sulit menyerang. 

Tiap tablet CNI Ester-C Plus mengandung 500mg vitamin C dan 50mg kalsium. CNI Ester-C Plus dapat memenuhi kebutuhan Vitamin C setiap hari sehingga daya tahan tubuh meningkat, sebagai antioksidan alami, serta menjaga elastisitas kulit.

Ester-C plus meningkatkan daya tahan tubuh (pic: CNI)

*

Nah, sekarang sudah tahu kan cara mencegah dan mengobati Demam Berdarah Dengue. Mari kita hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan supaya prevalensi DBD berkurang.

Referensi:

  1. http://www.depkes.go.id/article/view/16020900002/kendalikan-dbd-dengan-psn-3m-plus.html. Diakses 11 April 2017
  2. http://kesehatanaz.com/kenali-sejak-dini-ciri-ciri-penyakit-demam-berdarah-atau-dbd//
    Diakses 11 April 2017
  3. http://lifestyle.kompas.com/read/2016/10/30/191700823/beda.gejala.penyakit.tifus.dan.dbd.
    Diakses 11 April 2017

18 comments on "Waspada Demam Berdarah di Musim Penghujan dengan Kenali Ciri-Ciri, Penyebab, dan Obat Demam Berdarah Dengue"
  1. Hiks musim penghujan gini banyak banget yg sakit mbak ya jd harus waspada dan rutin konsumsi suplemen untuk daya tahan tubuh. . Saya udah lamaa mbak konsumsi ester C plus dr produk CNI andalan bingitss itu. Hehehe wakasa jugaa dulu kakek pernah konsumsi tp untuk penyakit dalam, ginjal atau apa gtu aku lupa. Tfs mbak helena, tips nya bermanfaat banget. . 😁😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya kah? Aktivitasmu kan banyaaak banget, butuh tubuh yang sehat. Thanks for sharing!

      Delete
  2. Penyakit yang satu ini memang mengerikan jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, karena kita tahunya saat panas tubuh turun dikira sudah sembuh, rupanya saat ini fase kritisnya. Lebih diperparah jika trombositnya turun tiba2, mengerikan. Terima kasih telah berbagi solusinya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, jadi lengah saat panas turun. Dikira udah sembuh eh tau-tau langsung kritis.

      Delete
  3. Beneran hrs waspada y mba sm yg ini.. agak worry jg... noted infny

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, rajin kuras bak mandi ya. nyamuknya suka di air bersih

      Delete
  4. musim hujan gini harus waspada bnyak penyakit menyerang.

    ReplyDelete
  5. Ngeri deh kalau berurusan sama DBD.. oia denger2 sekarang udah ada vaksinya ya mba. tapi harganya bikin uhuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohya ada vaksinnya ya? memang ya masalah vaksin itu biayanya bisa jutaan

      Delete
  6. heuu iya skrg sdh musim hujan mendadak panas, di luar sdh mulai bermunculan nyamuk belang, mesti persiapan pencegahan DBD nih, makasih infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. musim hujan merata nih, harus waspada. Tapi nyamuk ini ada sepanjang tahun sih jadi meski kemarau tetep jaga kebersihan

      Delete
  7. Wah bener nih mba, udah sring hujan sekarang.

    ReplyDelete
  8. Memang ya mb kalau musim hujan jadi banyak banget nyamuk, selain 3M kita harus punya obat khusu untuk mencegah datangnya wabah ini. Tfs mb Helena

    ReplyDelete
  9. Ester C ya, terkenal banget semenjak SMA aku dulu pas mulai booming CNI. Udah lama aku gk konsumsi. Mau beli ah

    ReplyDelete
  10. Wah makasih bund sid info nya ttg wakasa gold, musti sedia juga nih wakasa gold untuk jaga - jaga.

    ReplyDelete
  11. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Kalau sudah terlanjur ya obat jadi rujukan. Sebagai persiapan dan jaga2 tidak ada salahnya stok produk CNI ini :)

    ReplyDelete
  12. Iya niiih, lagi musim banyak nyamuk, ngeri DB yaaa. Huhuhuhuhuuu. Makasi infonya mama SId :*

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.
Leave a COMMENT,
Hit the SHARE button,
dan sering-sering mampir ke sini ya...

Kalau mau surat-suratan, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature