Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Anak

Wednesday, December 6, 2017
Menjaga kesehatan sistem pencernaan anak penting dilakukan karena berpengaruh pada tumbuh kembang si kecil. Bayangkan, ketika saluran cerna anak terganggu, nafsu makannya turun sehingga asupan nutrisinya berkurang. Otomatis anak tidak nyaman beraktivitas, malas bermain, dan lemas. Anak pun tidak tertarik mengeksplorasi lingkungan hingga menyebabkan tumbuh kembangnya terganggu.


Menjaga kesehatan sistem pencernaan anak (pic. Patrick Fore - Unsplash)
Bagaimana menjaga organ pencernaan anak supaya sehat dan anak kuat dari dalam? Simak pemaparan tiga dokter berikut ini.

Sabtu, 2 Desember 2017 lalu di Restoran Kembang Kencur, Jakarta, saya menghadiri blogger gathering bersama Friso dengan judul “Nutrisi dalam Keadaan Alami untuk Anak Kuat dari Dalam”. Membaca judul tersebut membuat dahi saya mengernyit, nutrisi dalam keadaan alami? Mentah, gitu? Hmm…jangan lekas mengambil kesimpulan.

saluran cerna anak
dr. Aulia, dr. Diana, dan dr. Rulli, ketiga narasumber dalam gathering bersama Friso


Kebutuhan Nutrisi Anak dan Cara Mengolah Makanan


dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK, mengingatkan pentingnya sarapan karena nutrisinya berguna sebagai bekal aktivitas dari pagi hingga siang. Biasanya menu sarapan asal cepat jadi hingga mengabaikan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Ini yang perlu diubah karena sarapan dengan gizi kurang atau bahkan tidak sarapan sama sekali membuat anak sulit berkonsentrasi menyerap pelajaran, emosinya labil, dan tumbuh kembangnya menjadi terganggu.

Contohnya pasien dr. Diana yang belum menstruasi di usia 14 tahun. Rupanya ia diet asal-asalan sehingga kebutuhan nutrisinya tidak tercukupi. Kemudian setelah asupan gizinya diatur, ia pun mendapat menstruasi untuk pertama kali.

susu pertumbuhan anak balita
kandungan nutrisi pada berbagai makanan
Manusia membutuhkan gizi seimbang yang terdiri dari makronutrien (karbohidrat, lemak, protein) dan mikronutrien (vitamin dan mineral) juga air putih. Masing-masing memiliki fungsi, yaitu:

Karbohidrat berguna sebagai sumber energi maka porsinya sekitar 50% dari sepiring makanan. Meski di Indonesia umumnya orang makan nasi, banyak makanan yang mengandung karbohidrat seperti sereal dan roti yang telah difortifikasi, pasta, ubi, kentang, sagu, dsb.

Protein bermanfaat untuk pertumbuhan dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Makanan yang mengandung protein, antara lain: ayam, ikan, daging, telur, susu, yoghurt, kedelai, tahu, dan tempe.
Kebutuhan protein anak yaitu 1,5gr per kg BB anak perhari. Misalkan anak dengan BB 10 kg berarti membutuhkan protein 15 gr perharinya. Sebagai gambaran, 1 telur mengandung protein 6 gram.

Lemak dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh yang rusak, dan mengatur metabolisme. Alpukat, kacang-kacangan, dan salmon merupakan contoh sumber lemak. Oh ya, Omega 3 yang terkandung pada salmon baik untuk kecerdasan anak. Kalau salmon sulit dicari, ikan kembung dan sarden juga kaya akan Omega 3.

Saat ini sedang tenar minyak seperti olive oil atau canola oil. Harganya jauh lebih mahal dibanding minyak sawit biasa. Namun, minyak ini harus diolah dengan tepat supaya tidak menjadi minyak jahat. Olive oil sebaiknya digunakan untuk menumis atau dressing pada salad, bukan untuk deep fried (menggoreng).

Mikronutrien berupa vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit namun penting. Nutrisi ini didapatkan dari sayur dan buah.

dr. Diana mengingatkan agar mengolah makanan dengan tepat supaya kandungan nutrisinya tetap terjaga. Contohnya, ikan mengandung protein tetapi bila digoreng kering maka hanya tersisa sedikit protein. Padahal, protein yang baik itu dalam keadaan alami supaya mudah dicerna tubuh.

friso susu pertumbuhan
Resep masakan sehat dari Friso
Ini nih tips mengolah makanan untuk menjaga kandungan alami nutrisinya:

  • Protein : mengurangi digoreng deep fried, lebih baik kukus, rebus, tumis, pepes, panggang
  • Sayuran : rebus jangan terlalu lama (overcooked/vitamin berkurang), kukus, tumis sedikit minyak
  • Susu : pilih susu pertumbuhan dengan protein dalam bentuk alami

Idealnya kita memilih fresh food. Gorengan atau masakan olahan (dalam kaleng, diasap, diasinkan, dsb) boleh saja namun hanya sesekali. Ini demi anak yang kuat dari dalam supaya tumbuh kembangnya optimal!

Bahaya Gangguan Sistem Pencernaan

Minggu lalu anak teman saya terkena disentri. Biasanya si anak sangat ceria dan aktif di usianya yang baru setahun. Namun selama dua hari si anak diare dengan bentuk pup yang hijau dan berlendir. *maaf ya kalau jorok*. Ga tega deh mendengarnya. Untunglah sang ibu segera cek lab dan membawa anaknya ke dokter sehingga segera tertangani.

Gangguan saluran pencernaan seperti diare itu menyiksa. Mau makan atau minum, khawatir perut mules. Jadilah badan lemas kurang asupan nutrisi. Faktanya 5,2% balita di Indonesia terdiagnosis diare (RISKESDAS, 2013) dan diare menjadi penyebab kematian anak no.2 di Indonesia (UNICEF, 2012).

Gangguan sistem pencernaan ga cuma diare, lho. Ada pula kebalikannya yaitu konstipasi alias susah pup. 12% anak mengalami konstipasi (IDAI Working Group). Di awal MPASI, SID pernah mengalaminya. Haduh, ga tega melihat dia mau pup tapi susah sampai menangis kencang. Perut sampai buncit dan keras. Mau makan juga ga nyaman.
bahaya gangguan pencernaan
Perhatikan bentuk pup anak sebagai tanda kesehatan sistem pencernaan
dr. Aulia Fitri Swity, Sp.A, mengatakan bahwa efek saluran cerna yang terganggu dalam jangka panjang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Untuk itu orang tua perlu memantau kesesuaian tumbuh kembang buah hatinya. Ada beberapa cara seperti membandingkan dengan kurva WHO, Kartu Menuju Sehat (KMS), buku KIA, dan favorit saya yaitu aplikasi PRIMA yang bisa diunduh gratis di ponsel.

Dokter anak ini berpesan agar kita melindungi sistem pencernaan anak dengan memberi nutrisi sehat, lengkap, seimbang, dan berkualitas, serta lakukan imunisasi.

restoran kembang kencur jakarta
Tersedia tempat bermain untuk anak sementara ibunya belajar gizi


Friso, Nutrisi dalam Keadaan Alami untuk Anak Kuat dari Dalam

Mengulang penjelasan dr. Diana, protein perlu diolah dalam keadaan alami agar nutrisinya tetap terjaga. Salah satu sumber protein yaitu susu. Bagaimana dengan susu pertumbuhan untuk anak? Apakah telah diolah dengan cara tepat hingga terjaga nutrisinya?

dr. Rulli P. A. Situmorang, Medical Marketing Manager FrieslandCampina Indonesia, menjelaskan Friso sebagai susu pertumbuhan anak diolah dengan single process (satu kali pemanasan) sehingga mengandung agregat dan glikasi protein yang lebih sedikit. Selain itu, Friso diproduksi dengan teknologi Locknutri untuk menjaga kualitas protein dalam susu lebih mudah dicerna dan diserap tubuh, tidak menggangu saluran pencernaan. Friso juga telah direkomendasikan oleh HCP di 6 negara di Asia sebagai solusi bagi anak dengan masalah pencernaan.

friso susu pertumbuhan anak
Friso Gold 3, susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun
FrieslandCampina, perusahaan asal Belanda, menggunakan konsep Nature Science dengan memiliki peternakan serta pabrik sendiri sehingga dapat mengontrol proses produksi. dr. Rulli menuturkan sejak pemilihan pakan rumput telah dipilih yang berkualitas supaya nantinya susu yang dihasilkan juga berkualitas.

“Dengan keistimewaan teknologi dan proses produksi kami ini, maka Friso dapat membantu anak-anak tumbuh kuat dari dalam, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan melakukan berbagai aktivitas seru yang menambah pengalaman mereka,” tutup dr. Rulli.

Sepulang dari acara bersama Friso, saya makin tahu pentingnya menjaga kesehatan saluran pencernaan anak serta cara menjaganya. Sekarang harus lebih baik menyajikan masakan sehat serta susu pertumbuhan untuk buah hati. Karena, nutrisi dalam keadaan alami dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga menjadikan anak kuat dari dalam. Kita pasti senang melihat anak jarang sakit serta mampu tumbuh dan berkembang sesuai milestone.

nutrisi dalam keadaan alami
SID doyan minum Friso

blogger perempuan network
Terima kasih Friso dan Blogger Perempuan Network
By the way, acaranya sangat meriah, banyak ilmu, banjir hadiah, dan yang paling penting bisa bawa anak. Seru banget deh bisa kumpul bareng mom bloggers dan Friso.

Punya masalah seputar kesehatan saluran cerna anak? Atau mau berkonsultasi tentang kecukupan gizi anak? Please, jangan tanya ke saya. Langsung aja konsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami melalui Facebook Fanpage Friso Indonesia. Para ahli gizi siap selama 7 hari dalam seminggu untuk menjawab kegundahan para orang tua.  
85 comments on "Ini Pentingnya Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Anak"
  1. Hiihi aku nih suka nggoreng ikan sampe kering kriuk, padahal nutrisinya malah jadi kurang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. abisnya yang kriuk gini enak eh ternyata salah

      Delete
  2. Sid keliatan suka minum susunya tuh. Mom Helena harus rajin kasih friso nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dia doyan sampai bawa pulang. Hahaha

      Delete
  3. Saya dari dulu emang ga gitu suka gorang goreng. Cuma gimana ya. Tradisi makan dikita kan maknyusnya begitu ya hihihi jadi mungkin jangan terlalu sering kali ya. Makasih sharingnya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini yang susah karena udah jadi kebiasaan. Eh tapi yakin deh kita bisa mengubah kebiasaan itu

      Delete
  4. Wasiik, ikan kembung ready stock di tukang sayur ternyata kayak omega 3 ya. Kayaknya kudu lebih selektif lagi demi kebutuhan nutrisi si kecil.

    ReplyDelete
  5. Wah bahkan nutrisi seimbang perngaruh ke awal haid ya... Hmmm. Gak jadi diet sembarangan ah hihi :D Makasih penjelasannya lengkap mba @helenamantra. SID udah cocok tuuh jadi model Friso :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhaaa ngapain diet. Eh jaga pola hidup sehat aja

      Delete
  6. Pencernaan anak sehat, tumbuh kembangnya juga jadi optimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Penting menjaga kesehatan pencernaan

      Delete
  7. aku juga minum friso tp yang frisomum, susu paling enak klo menurutku mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah nyicip. Cuma icip punya SID.

      Delete
  8. Beruntung banget deh ibu2 jaman now. Banyak edukasi2 spt ini, jadinya lebih ngerti dalam mengawal tumbuh kembang anak2nya,ya, Mba.

    Tulisan ini juga mencerahkan banget. Bisa jadi referensi bagi para mamah nih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa makin mudah mencari informasi seputar kesehatan :)

      Delete
  9. SID abis bangun bobo langsung minum susu Friso langsung segar ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Kehausan setelah tidur lama.

      Delete
  10. Jangan pernah anggap enteng untuk kesehatan anak. Penting banget karena mempengaruhi tumbuh kembang anak. Keponakanku susah banget kalau disuruh makan nasi atau karbohidrat lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan orangtua juga harus telaten ya mba untuk menjaga asupan gizi

      Delete
    2. Siapkan stok sabar dan telaten menghadapi anak yang susah makan.

      Delete
  11. Keren ya punya peternakan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih terkendali proses dari awal sampai akhir.

      Delete
  12. Selamaat Heleen, kmren kebagian hadiah euy. Envy deh, huahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, jarang lho menang doorprize.

      Delete
  13. Susu Friso emang enak yaaaa. Jangankan SID aku yo doyaaaann :D
    Iya ya anak2 harus lbh diperhatikan lagi kesehatan saluran cernanya, kalau Dema suka sembelit krn susah disuruh makan sayur :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. SID juga mbak, susah makan sayur so aku atasi dengan makan buah.

      Delete
  14. Sid, pinter banget ya minum susunya...sehat selalu ya naak.

    ReplyDelete
  15. Kasian kakau bayi atau balita diare. Berarti orang tua juga bisa check kesehatan pencernaan anaknya melalui pup ya. Harus rajin rajin check

    ReplyDelete
  16. Udah pernah coba susunny,rasanya enak bgt,anakku suka

    ReplyDelete
  17. TFS ya Mbak, bdw aku jadi pengen nyobain Friso, belum pernah soalnya Mbak

    ReplyDelete
  18. Dari kecil ibuku selalu mengharuskan untuk sarapan sebelum sekolah. Sekarang, setelah aku punya anak sendiri, sebelum anak sarapan aku belum mau berangkat kerja, Mbak. Hahaha. Karena memang sarapan itu penting banget.

    ReplyDelete
  19. Soal pencernaan ini penting bgt ya. Smoga ku bisa jga prut anakku trs. Jgn smpe kyak ibunya yg dirawat d rs sampe 2 kali krn diare akut :(

    ReplyDelete
  20. wihh lengkap banget infonyaa.., makasih yaaa...

    ReplyDelete
  21. Sayangnya Friso gak ada kemasan mini nya yaa, mba Helen?
    Anak-anakku alhamdulillah suka sekali minum susu. Hanya mencari yang pas sesuai dengan seleranya...itu yang gak mudah.

    SID pasti suka banget sama Friso yaa...

    ReplyDelete
  22. Wah harus milih susu yang tepat dengan nutrisi alami agar pencernaan anak sehat.

    ReplyDelete
  23. Siap lah kurang kurang in nyiapin makanan yang tidak ramah saluran cerna anak... Supaya anak bisa sehat dan kuat dari dalam...

    ReplyDelete
  24. Salah satu kesalahan yg sering terjadi adalah ibu lebih sering memberi susu pd anaknya drpd makanan bergizi pdhal susu hanyalah pelengkap. Makanan bergizi tetap yg utama

    ReplyDelete
  25. Frisonya enak ya Sid. Serius banget minumnya.

    ReplyDelete
  26. Kesehatan pencernaan anak menentukan peekembangan anak yaa mb. Kl terganggu pencernaan, langsung berpengaruh semua deh tuh ke anak.

    ReplyDelete
  27. aduh mba ngeliatnya seneng aja aktiv dan energi staminanya itu keren IBU bawa anak ke setiap event & masalah pencernaannya juga jadi utama ya dalam kesehatan anak. Good Luck buat mba & si kecil

    ReplyDelete
  28. Masalah pencernaan memang harus benar2 diperhatikan ya, beberapa kali anakku terkena diare.

    Tapi ikut acara ini, jadi semakin tambah ilmunya dan sudah lebih tahu banyak masalah pencernaan. Jadi selalu jaga pola hidup sehat, serta pemberian nutrisinya harus diperhatikan ya Mbaa.

    ReplyDelete
  29. Iya bener banget, kdg byk kebiasaan memasak kita, yg ternyata menurunkan nilai gizi dr masakan yg dimasak. Termasuk dlm merebus sayur mayur atau goreng ikan sampai garing

    ReplyDelete
  30. Iya bener banget, kdg byk kebiasaan memasak kita, yg ternyata menurunkan nilai gizi dr masakan yg dimasak. Termasuk dlm merebus sayur mayur atau goreng ikan sampai garing

    ReplyDelete
  31. Kebiasaan ibu2 ya..kalo goreng minyaknya dikit ga afdol ya..padahal ga sehat banget tuh. Yuk ah mulai dari sekarang kita kurangi goreng-menggoreng dgn deep fried. Eh..btw, keliatnnya susu friso enak tuh..SID nikmat banget ya minumnya.

    ReplyDelete
  32. Penting ya menjaga kesehatan pencernaan karena akan berpengaruh pada kecerdasan juga

    ReplyDelete
  33. waktunyha arus lebih aware dengan asupan alula nih.. ternyata asupan yg masuk ngaruh banget ke pertumbuhannya.. tfs mba :)

    ReplyDelete
  34. Keren ah Friso, dah menjaga kesehatan sistem pencernaan anak juga mengedukasi lewat konsultasi juga..
    Sehingga ortu bisa terbantu dalam tumbuh kembang anaknya..:)

    ReplyDelete
  35. Saya cuma bisa menyiasati pemenuhan nutrisis Azam dengan makanan sehat yang sesuai porsi dan bergizi, mau coba Friso kemahalan.

    ReplyDelete
  36. SID kapan kita main lagi?
    Aku nih masih kebiasaan suka ngangetin sayur efeknya padahal kan ga baik yaa nutrisi sayurnya hilang

    ReplyDelete
  37. pokoknya kunci untuk pertumbuhan yg optimal, adalah pencernaan yg sehat ya mba... btw sid kemarin maniiis bangeet.. anteng bobo trus ngga rewel pas bangun..pinteeer

    ReplyDelete
  38. Wah baru tahu ada merek Friso. Karena anakku baru baru ini masuk usia 1 tahun boleh lah nanti dicoba

    ReplyDelete
  39. wah sangat bermanfaat sekali infonya mba :)
    anakku dulu pernah diare sungguh itu menyayat hati banget mba gak tega :(

    ReplyDelete
  40. Kita aja rempong ya, mba kalu perut ga beres. Apalagi anak-anak. Kasian liatnya. Kita emaknya harus bener2 jeli melihat tumbuh kembang anak-anak

    ReplyDelete
  41. Alhamdulillah suka makanan tumisan. Lbh ringan daripada deep fries. Tp, begimanapun, kentang tetep lbh enak digoreng. Susah muph on sama yg 1 itu

    ReplyDelete
  42. Waduh kalau urusan goreng menggoreng sukanya sampai kering. Ternyata kurang bagus ya

    ReplyDelete
  43. Minggu lalu anak saya juga sakit perut...kuatir juga karena beberapa hari. Kebiasaannya tidak menghabiskan bekal makan siang kayanya jadi pemicunyq

    ReplyDelete
  44. Dedek SID sehat sehat ya sayang.. ikut mamah ya ke event nya Friso.. ^^ btw itu nara sumber nya dokter semua ya mba, bisa di cecer banyak pertanyaan sama emak emak tuh hehehe

    ReplyDelete
  45. Seru banget ya acaranya dan informatif,Friso susunya enak rasanya

    ReplyDelete
  46. Wah bisa jadi rujukan buat nambah nutrisi tuk si kecil. Tfs yaaa

    ReplyDelete
  47. Goreng-girwngan memang terasa lebih enak, tapi ternyata banyak gizi yang berkurang banyak yah..

    ReplyDelete
  48. goreng sampe kriuk itu emang nikmat bangeeeud...tapi ternyataaa....

    ReplyDelete
  49. Enaknya ada event seperti ini ya mba, sudah dapat ilmu, bisa membawa anak jadi seru

    ReplyDelete
  50. Alhamdulillah.. dapat ilmu dari sini. Saya bahkan baru dapet haid diatas umur 14.. dan sedihnya lagi divonis dokter kena PCOS.. kesimpulan sementara saya, saya kurang gizi �� kelebihan karbohidrat..

    ReplyDelete
  51. OOO jadi menstruasi anak itu sebaiknya umur berapa ya, saya kuatir karena anak saya jelang 13 dan kurus banget, belum mens juga, Apakah itu tidak normal?

    ReplyDelete
  52. Wah kalau Erysha makanannya lebih bernutrisi dan gizi seimbang dari pada makanan emaknya hihihi

    ReplyDelete
  53. Lengkap ya, Mbak seperti nutrisi empat sehat lima sempurna. Eh, asyik yaa kalau ada tempat main buat anak. Jadi para moms agak leluasa nyimak materi ^^

    ReplyDelete
  54. Lengkap ya nutrisi friso bagus untuk anak anak yg sedang dalam pertumbuhan

    ReplyDelete
  55. Diet asal-asalan ternyata memengaruhi siklus haid ya mbak Helena. Jadi memang nggak boleh sembarangan nih.
    Eh, itu SID kayaknya doyan banget minum Friso ya? ^^

    ReplyDelete
  56. kalau anak aku gak minum susu lagi. jadi bener bener harus menjaga nutrisi dari makanannya ��

    ReplyDelete
  57. Baru tau ada susu merek ini hehe. Sepertinya enak juga kalo dicoba :-)

    ReplyDelete
  58. Sudah beberapa kali lihat susu merk ini, tapi belum pernah coba. Jadi penasaran nih~

    ReplyDelete
  59. Wiwiwi~ informatif banget Mba tulisannya. Aku share ke kakak yang punya Balita yaaa. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  60. Sepertinya sudah saatnya untuk mengganti susu bubuk di rumah dengan friso nih.

    ReplyDelete
  61. Aku menambahkan olive oil sebagai dressing disetiap makanan Shanum. Sebagai lemak tambahan.

    ReplyDelete
  62. acaranya seru banget mba, nambah banyak wawasan nutrisi untuk anak, yang ternyata nggak ada habisnya yah selalu ada hal baru yang perlu di ketahui..

    ReplyDelete
  63. Harus punya hobi masak nihhh.... Biar keluarga tercinta mendapat asupan nutrisi yg seimbang

    ReplyDelete
  64. Pencernaan anak itu ternyata sensitif ya mbak , gak boleh asal dikasih aja makanan/minumana. Ilmu batu banget buat saya kelak menjadi seorang ibu .

    ReplyDelete
  65. Ternyata efek salah dalam pemberian nutrisi bisa berpengaruh dalam tumbuh kembang anak ya. Selalu khawatir anak kalau sudah mulai konstipasi. Kadang mikir mending pup 2-3 kali sehari (tapi bukan diare) daripada konstipasi

    ReplyDelete
  66. kapan yah sid bisa ketemu Babam, nanti main bareng. Sid matanya cerah dan bening asupannya udah good yah kerenn

    ReplyDelete
  67. Anak anak udh gede ngga minum Susu lagi

    ReplyDelete
  68. Siapnih sekarang jadi tahu tipsnya lengkap

    ReplyDelete
  69. Sangat mengedukasi, bu Helen. Terimakasih atas tulisan cerdasnya. :)

    ReplyDelete
  70. Informasi penting sebelum benar2 punya anak (buat saya) 😂😂.. Makasih mba helen..

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature