Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Inkontinensia Urin Bikin Susah Menahan Pipis Selama Perjalanan, Ini Solusinya.

Thursday, December 28, 2017


Pernah ga mengalami, ketika bepergian naik bus atau mobil pribadi suka kebelet pipis. Mau pipis tapi belum kelihatan pom bensin atau masjid untuk singgah. Ini saya alami waktu mudik lebaran lalu. Pertama kalinya saya mudik naik mobil sama suami. Jadinya ya menahan diri untuk pipis meski ini ga baik kalau terlalu sering.
Susah menahan buang air kecil karena inkontinensia urine (pic. Mike Wilson -Unsplash)
Karena berpikir bakal susah cari toilet umum, biasanya saat perjalanan jauh saya mengurangi minum air. Padahal tubuh tetap butuh asupan cairan supaya kuat selama perjalanan. Kalau kebanyakan minum, khawatir bolak-balik ke toilet. Jadi serba salah gini ya. Hehehe. Iya kalau bisa menahan pipis, ada pula kondisi di mana kita susah menahan pipis atau sering pipis hingga lebih dari 8 kali sehari. Kondisi ini disebut inkontinensia urin.

Gejala dan Penyebab Inkontinensia Urin

Menurut dr. Firtantyo Adi Syahputra, Sp.U dari KlikDokter.com, inkontinensia urin dialami oleh 200 juta penderita di dunia. Penyakit ini dapat terjadi pada anak, dewasa, hingga lansia dan pada pria maupun wanita. Tetapi keluhan ini didominasi oleh wanita. 

Dewi Yull bersama putranya, Surya; Nirma Sofiawati, Head of Marketing Adult Care PT. Softex Indonesia; dan dr. Firtantyo Adi Syahputra, Sp.U
Beberapa keluhan masalah urin antara lain:
  • Straining: mengedan.
  • Intermitensi: berkemih hanya menetes atau terputus-putus.
  • Hesitensi: menunggu lama saat berkemih
  • Inkontinensia: mengompol.
Keluhan keluarnya urine di luar kehendak/ inkontinensia urin memiliki gejala:
  • Urgensi : tergesa-gesa ingin berkemih.
  • Frekuensi: sering berkemih lebih dari 8 kali sehari.
  • Nokturia: kencing pada malam hari lebih dari 1 kali.
Penyebab inkontinensia urin bermacam-macam. Bisa karena usia (lansia semakin berpotensi), pernah operasi, batuk-batuk lama, aktivitas fisik seperti jogging atau berenang, infeksi saluran kemih (ISK), masalah di syaraf, atau kencing manis.

Pada wanita, umumnya inkontinensia urin dikarenakan kehamilan, cara melahirkan, jumlah anak lahir, kegemukan, atau hormon saat menopause. Sedangkan pada pria karena pembesaran prostat, merokok, atau trauma saluran kemih.

Untuk mengetahuinya lebih baik periksa ke dokter disertai catatan berkemih (kencing dan mengompol) juga daftar sudah minum apa saja. Dokter dapat melakukan pemeriksaan USG atau urodinamik untuk mengetahui lebih jelas.
Inkontinensia Urine tipe stress dapat terjadi saat berolahraga
Keluhan mengompol ini ada beberapa tipe. Pernah ga saking kencangnya tertawa sampai pipis sedikit? Itu inkontinensia urin tipe stress (tekanan). Bisa juga ketika batuk, berolahraga, atau membawa benda berat malah mengompol. Yang kedua, tipe urge/desakan, pokoknya harus lari kencang ke toilet. Ketiga, tipe overflow atau luapan/luber. Keempat, tipe campuran antara stress dan urge. Dan yang terakhir tipe continuous atau terus-menerus kebelet pipis.

Masalah pipis seperti ini bukan hal remeh, lho. Akibat inkontinensia urin, yaitu:
  • 67% pasien menghindari bepergian jauh, takut beser di jalan.
  • 2/3 wanita malu, cemas, dan gugup karena bau tidak sedap.
  • 60% pasien sulit tidur karena bolak-balik ke toilet. Waktu tidur berkurang, pagi hari kurang fit beraktivitas.
  • Sebagian pasien terganggu hubungannya dengan lawan jenis.
Nah, ini bukan hanya perkara berkemih, bisa jadi masalah sosial juga. Trus gimana dong solusinya?

Inkontinensia urin paling mudah diatasi dengan sering pergi ke toilet atau ketika bepergian pilih tempat yang mudah mendapat akses toilet. Kurangi jumlah minum dan kurangi asupan minuman seperti kopi, teh, dan soda yang membuat sering berkemih. Batasi pula olahraga yang menyebabkan mudah mengompol. 

Selain itu dapat dilakukan terapi perilaku, latihan otot dasar panggul (kegel exercise yang seperti menahan pipis), mengonsumsi obat-obatan, stimulasi elektrik, menggunakan alat penyangga rahim, hingga operasi.

Buat saya, susah juga nih kalau harus membatasi ini itu atau hanya pergi ke tempat yang dijamin ada toiletnya. Toilet umum belum tentu bersih, kan. Apabila kesulitan melakukan hal-hal di atas ya pakai saja popok dewasa.

Mengatasi Inkontinensia Urin dengan Popok Dewasa

Pakai popok dewasa kok kayaknya malu, ya. Di pikiran saya popok itu identik dengan anak-anak yang belum lulus toilet training atau dewasa yang sakit. Masih aktif begini masa’ pakai popok?
Eh tapi jangan salah lho ya, para pekerja di Jepang wajar memakai popok selama bekerja supaya tidak terganggu harus ke toilet. Waktunya lebih efektif untuk bekerja.

Penyanyi Dewi Yull juga pakai popok, terutama saat ia harus traveling ke tempat-tempat yang belum tentu punya toilet bersih. Beliau termasuk mudah jijik akan toilet umum. Saudara saya seperti ini juga. Meski super kebelet, ia rela ga pipis karena toilet yang bau. Kalau saya ya daripada ngompol, tahan napas sebentar deh.

Popok dewasa untuk mengatasi inkontinensia urin
Popok dewasa menjadi solusi permasalahan inkontinensia urin. Sebenarnya tidak hanya untuk yang sedang sakit, popok dewasa dapat digunakan ketika:
  • Bepergian ke tempat yang minim toilet umum.
  • Menempuh perjalanan jauh dan khawatir bakal macet seperti saat long weekend atau mudik.
  • Naik gunung, kan ga ada toilet. Ini nih alasan saya rada males naik gunung meski pemandangannya indah. Susah kalau mau pipis dan pup. Mmm…padahal ya tinggal pipis aja sih tapi kan harus mencari tempat yang “aman”.
  • Umroh atau haji. Ini bukan berarti wudhu tetap terjaga meski pakai popok. Maksudnya, toilet di masjid kan letaknya jauh (kata ibu saya yang udah umroh). Kalau udah kebelet pipis tapi masih mencari toilet, khawatir mengotori pakaian ihram atau bahkan masjidnya. Dengan memakai popok, kebersihan pakaian tetap terjaga.
  • Driver motor atau mobil yang bekerja perlu memakai popok dewasa, in case ketika bekerja lalu kebelet pipis. Kadang segan minta izin ke penumpang untuk mampir ke toilet. Selain itu daripada pipis sambil ngumpet di balik pohon, err… merusak pemandangan dan menebarkan bau tak sedap.

Percaya Diri dan Bebas Beraktivitas Pakai Confidence

Memilih popok dewasa sama seperti saat memilih popok bayi. Produk ini kan menempel di kulit, bila salah kualitas dapat menyebabkan iritasi atau rasa tidak nyaman. Maka, pilih popok dewasa yang telah teruji secara klinis seperti Confidence yang telah lulus uji Australian Dermatologist. Produk ini aman digunakan dan tidak menyebabkan iritasi kulit, bahkan untuk kulit sensitif. Confidence juga telah mengantongi sertifikasi halal dari MUI.
Popok dewasa Confidence tersedia dalam dua tipe. Popok perekat mengandung ekstrak aloe vera dan menyerap ekstra cepat. Model ini cocok bagi pengguna yang tidak aktif (bedrest). Sedangkan pengguna yang masih aktif berkegiatan dapat menggunakan popok celana dengan pelindung samping yang tidak mudah bocor. Popok ini pas di badan dengan sirkulasi udara yang lancar, tidak membuat ruam.

Confidence memiliki 3 ukuran yaitu M, L, dan XL. Popok perekat XL bisa digunakan untuk lingkar pinggang 122-178cm sedangkan popok celana XL untuk lingkar pinggang 95-135cm.

Saya pribadi belum pernah memakai Confidence tetapi yakin akan keunggulan produk keluaran PT. Softex Indonesia ini karena pada 20 Desember 2017 lalu Confidence meraih penghargaan rekor MURI. Ballroom Balai Kartini siang itu begitu meriah ketika pendiri MURI Jaya Suprana secara langsung menyerahkan penghargaan rekor MURI untuk testimoni terbanyak yaitu 10.000 testimoni kenyamanan pemakaian popok dewasa.
Nirma Sofiawati, Head of Marketing Adult Care PT. Softex Indonesia, menuturkan bahwa selama periode Juni hingga Oktober 2017 para konsumen popok dewasa Confidence mengirimkan testimoninya lewat website www.confidence-adultcare.com. Hasilnya terkumpul 10.000 testimoni positif. Luar biasa!

Confidence memperoleh pengharagaan Rekor MURI untuk testimoni terbanyak
Lewat seremoni penyerahan penghargaan ini, Confidence turut mengedukasi masyarakat mengenai inkontinensia urin. Buktinya, Confidence mengundang ratusan ibu-ibu Care People menghadiri acara tersebut. Ibu-ibu tersebut aktif mengikuti senam dan games yang dipandu MC. Tak lupa mereka bergaya di photo booth dengan properti kekinian. Hihihi, seru banget deh gayanya! Peserta terheboh mendapat hadiah, lho.

Peserta antusias bergaya di photo booth
Para peserta juga dihibur oleh komunitas pencak silat Saka Kejo yang battle silat dan pantun. Kocak banget deh melihat penampilan mereka. Hebatnya lagi ada anak-anak yang ikut tampil. Katanya sih mereka latihan dadakan di samping panggung. Hanya latihan 5 menit tapi udah jago akting gini ya.

Komunitas pencak silat Saka Kejo
Acara semakin meriah dengan bintang tamu Dewi Yull yang datang bersama putranya, Surya. Beberapa tembang lawas yang Dewi nyanyikan sukses menghipnotis penonton untuk ikutan bernyanyi. Saya pun terhanyut dalam alunan lagu “Jangan Ada Dusta di antara Kita”. Maklumlah saat kecil sering mendengar lagu ini sampai hafal.
Saya kagum lho dengan sosok Dewi Yull yang mengasuh dua anak tuna rungu. Beliau memiliki suara indah yang dapat menghibur penonton tetapi anaknya sendiri tidak dapat mendengarkan suara tersebut. Meski demikian, Surya menikmati penampilan ibundanya bahkan mereka nyanyi bersama dalam bahasa isyarat. Nampak pada tatapan mata dan gesture Surya bahwa ia tumbuh dengan kasih sayang. Ia mampu beraktivitas dengan percaya diri. Kelihatan lho bonding ibu dan anak ini. Laff laff it!

Komunikasi Dewi Yull dan Surya yang penuh cinta
Eh, jadi ngomongin Dewi Yull dan anaknya deh. Soalnya acara ini ga hanya membahas tentang rekor MURI. Acara ini memberi pesan cinta pada anak agar menyayangi orang tua, salah satunya ketika orang tua kesulitan mengontrol proses berkemih, berikanlah Confidence. Saat bepergian juga sedia Confidence. Memakai popok dewasa merupakan hal wajar, ini untuk kesehatan salah satunya mengatasi inkontinensia urin.
Confidence: Untuk Orang Tua, Berikanlah yang Terbaik
www.confidence-adultcare.com
Facebook: Confidence Adult Care

40 comments on "Inkontinensia Urin Bikin Susah Menahan Pipis Selama Perjalanan, Ini Solusinya."
  1. Saya juga sering kalau kebelet harus segera cari toilet, ga boleh lama lama antri bisa ngompol kalau kelamaan. Untung ada Confidence ya, sanagta membantu. Kalau di perjalanan juga memang susah Nemu toilet yg bersih dan kadang antrinya lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bumil biasanya gini nih susah menahan pipis karena janin yang menekan kantong urine.

      Delete
  2. Aku pernah tuh mbak nahan pipis di bus pas lagi macet... Sampe duduk aja berasa sakit... Ga enak lah pokoknya... Sayangnya waktu itu belum kenal ada popok dewasa yang bisa kita pakai juga kayak ini... Yang aku tau mah cuma buat lansia atau orang sakit aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh udah ga konsen kan ya kalau begini. Badan gerak ke kanan- ke kiri. Heuuu

      Delete
  3. Sering juga nahan pipis...jadi malas pas keluar duhh banyaknya.. confidence perlu dicoba jg buat perjalan jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius deh ga baik nahan pipis terlalu sering. Alhamdulillah sekarang di beberapa halte bus transJ udah ada toiletnya.

      Delete
  4. Untuk usia 40 tahun keatas, apalagi wanita ya spt Mak yg bbrp kali operasi, sepertinya sdh perlu pakai popok dewasa, terutama dibeberapa kasus spt sdg batuk batuk dlm waktu yg ckp lama. Krn klo batuk, sering itu keluar urine meski sedikit. Kan repot klo hrs ganti celana dalam dulu seblm sholat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah Emak, ternyata dirimu udah bolak-balik operasi. Iya mak, ibuku pun gitu. Jadi lebih beser.

      Delete
  5. Kayanya Confidence ini memang popok dewasa yang berkualitas banget yaaaa. Udah deh, kalo nyari popok dewasa, ingetnya confidence aja yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah jadi top brand selama bertahun-tahun. Testimoninya aja udah 10ribu.

      Delete
  6. Mamaku banget tuh, jalan sedikit minta pipis. Paling susah kalau nahan pipis, padahal kalau jalanan macet, agak susah nyari toilet.
    Anak dewi yul udah besar ya. Sabar banget jadi single parent, walau ditinggal suami ttp survive, salut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh lho kasih Confidence buat mama supaya perjalanan lebih nyaman.
      Iya aku kagum sama Dewi Yull dan anak-anaknya.

      Delete
  7. Papaku pakai nih popok ini kalau bepergian. Emang membantu banget buat orang tua yang mengalami masalah inkontinensia urine ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, mbak. Kasihan kan kalau susah cari toilet selama perjalanan.

      Delete
  8. Baru tahu kalau di Jepang pekerjanya pake popok. Iya sih efisiensi waktu. Tapi... Hahhaa
    Oya pas lahiran kemarin saya juga pake confidence, maklum lagirannya SC, pas awal-awal belum leluasa bergerak. Tapi tetep yo pipisnya ke toilet. ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya bener juga, aku pun baru tahu supaya efisien.
      Wah aku saat lahiran pakai pembalut biasa. Ga kepikiran pakai popok dewasa. Lebih enak kali ya karena lebih ter-cover.

      Delete
  9. kemarin ikutan yang isi survei lalu dapat popok Confidence nih ukuran M, Berhubung punya nenek dari suami emm sepertinya bakal saya kasih ke beliau karena usia sudah rentan dan jalan pun susah. Inovasi baru ya dan perhatian kepada para Lansia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada surveinya ya. Aku juga nih dapat buat ibu aja.

      Delete
  10. selama ini aku mikirnya popok dewasa ini hanya untuk orang tua maaf (jompo) saja.. ternyata bisa dipakai juga yaa untuk keperluan diatas seperti lg hiking ataupun touring lama di motor ya mbak , pakainya gampangnya pula kaya pakai celana seperti biasa ajaa..


    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun gitu padahal ga masalah lho siapa aja bisa pakai. Memudahkan saat traveling atau mudik yang susah cari toilet.

      Delete
  11. Toilet susah cari kalau di jalan apalagi kebersihan belum tentu bersih. Tahan kencing bisa infeksi kencing batu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes mpo. Kencing batu itu sakiiiit. Harus operasi atau dilaser.

      Delete
  12. gampang sholat mama. tinggal buang popok celana dan ganti baru .sholat aman tanpa takut ada air seni yang menetes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa jangan lupa ganti popok dan bersihkan bekas pipis sebelum berwudhu.

      Delete
  13. Perempuan yg sering melahirkan nih biasanya jadi susah nahan pipis.

    ReplyDelete
  14. Info yang menarik mba... Mungkin ya harus pakai popok dewasa ya jika bepergiann darpd nahan pipis sakit

    ReplyDelete
  15. Produk popok dewasa ternyata manfaatnya semakin meluas tidak saja doperuntukan utk yg sudah renta. Fleksibel digunakan apalagi yg suka berpergian jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat semua umur selama ukurannya ada. Eheheh

      Delete
  16. Saya sering beser itu di pagi hari mbak Helena krn pagi2 minum segelas air panas jeruk dan nipis dan makan buah. sebelum ke kampus pasti ke toilet dulu. 45 menit nyampe d kampus sblm ngajar, lalu balik lagi ke toilet. ha..ha.. tapi alhamdulilah msh ketahan

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah berarti aku sudah memberikan yang terbaik ya saat Alm. Bapakku sakit dan harus pake popok Confidence. Emang iya sih ketauan banget bedanya, kata Alm dulu lebuh nyaman dan ga panas.

    ReplyDelete
  18. Kebiasaan burukku kalo malam suka nahan pipis karba malas bangun dan jalan kekamar mandi, ternyata danpak dari itu sangat tidak bagus yaa

    ReplyDelete
  19. Wah..ternyata Confidence tuh keluaran Softex ya, baru tau nih. Pernah sih pake popok dewasa sewaktu perjalanan jauh, tp lupa merknya apa. Popok juga ternyata dibutuhkan ya untuk yang ga bisa nahan pipis. Makasih sharing infonya ya.

    ReplyDelete
  20. Wah ini mah popoknya ibu saya dulu. . nggak nyangka, ternyata fiturnya sudah disesuaikan dgn kebutuhan para manula. . hehehe fitur kayak hape aja, maksudnya itu loh kegunaannya. . fungsinya. .dll

    ReplyDelete
  21. Mba,ini masalah aku lho. Aku tuh beseran banget. Aku pernah lebih dari 15 kali pipis. Bahkan baru selesai pipis eh 5 mnit kemudian pipis lagi. Tadinya aku mikir mungkin kandung kemihku kecil jadi, ga bisa nampung banyak urine. Ternyata banyak ya penyebabya. Sharing yg bermanfaat. Makasih

    ReplyDelete
  22. Sekarang jamannya sudah simple ya apalagi orantua terkena sakit dan butuh perawatn agak repot kalau selalu bersihin kotorannya. Dengan adanya popok dewasa ini lebih membantu perawatan orangtua.

    ReplyDelete
  23. Saya jadi kenam ISK gara2 pipis disembarang toilet umum mbak karena ga tahan lg mau pipis

    ReplyDelete
  24. saya pernah nahan pipis ampe 3 jam tuh pas lagi traveling. sumpah deh gak enak banget. setelahnya jadi lebih tau caranya mengontrol untuk minum biar gak sering2 merasa kebelet mesti ke kamar mandi.

    ReplyDelete
  25. Ternyata confidence bukan ditujukan hanya untuk lansia aja ya mba, siapapun bisa pakai.. berguna banget nih buat travelling *jadi kayak bayi* hehehe

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature