Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Tips Memasak Mudah, Cepat, dan Sehat untuk Yang Tidak Betah Masak

Wednesday, December 30, 2020
Apakah seorang perempuan, apalagi sudah menjadi ibu, harus bisa memasak? Haruskah memasak setiap hari di dapur? Saya tidak betah masak lama tapi keluarga butuh makan. Kalau sering beli makanan di luar, boros dong. Ini tips memasak mudah, cepat, dan sehat buat tipe orang yang tidak betah lama di dapur.


bumbu dapur chalarasa
tips masak mudah, cepat, dan sehat


Ibu Harus Bisa Masak, Bapak Juga


Masakan ibu membuat saya kangen rumah. Senang banget setiap pulang ke Gresik bisa menikmati hasil masakan ibu. Menunya sederhana tetapi rasanya khas dan tentunya dimasak sepenuh cinta.


Kalau ibu saya berkunjung ke Jakarta, beliau jugalah yang memasak. Hari-hariku terasa lebih bahagia karena bisa makan masakan ibu dan enggak perlu masak. *LOL. Iya … saya bukan orang yang suka berlama-lama di dapur. Sesekali aja masak bergantian dengan suami.


Lho, laki-laki kok memasak?


Tak hanya ibu-ibu saja yang harus bisa masak, bapak-bapak juga. Memasak merupakan salah satu keterampilan bertahan hidup maka tidak terikat gender. Coba lihat chef yang tersohor di dalam maupun luar negeri, banyak juga kan yang laki-laki?


Definisi “bisa memasak” bukan berarti ahli, lho. Yang penting dapat mengolah bahan menjadi masakan yang layak dan bergizi untuk dimakan.


Memasak Mudah, Cepat, dan Sehat


Jika memang tidak betah lama memasak, perlu menyiasati diri supaya dapat memasak dengan kilat namun tetap sehat dan lezat. Simak tips berikut ini agar memasak semakin mudah.


1. Dapurku, Laboratoriumku


Ketika berhadapan dengan urusan dapur, saya cenderung menarik diri. Ini karena dari kecil saya kurang diberi ruang untuk bereksplorasi di dapur. Mindset dapur itu tempat berbahaya dengan ledakan air ketika bertemu minyak, pisau tajam, dan “Anak-anak bantu di dapur malah berantakan, masakan enggak jadi-jadi” membuat saya lebih suka makan ketimbang masak. *hehe ….


Oleh karena itu, saya mencoba berdamai dengan dapur karena perlu belajar memasak. Saya menganggap dapur adalah laboratorium tempat saya berkreasi dengan berbagai bahan masakan. Urusan berhasil atau gagal itu belakangan, yang penting berani mencoba.

 

2. Membuat menu makanan mingguan


Pagi-pagi bingung mau memasak apa? Dengan membuat menu makanan seminggu sekali akan memudahkan kita menyiapkan menu setiap hari. Saat menentukan menu dapat berdiskusi dengan keluarga.


Tips mudah menyiapkan menu makanan dimulai dengan menentukan jenis lauknya. Misal, Senin ayam, Selasa ikan, Rabu sapi, dst. Dari lauk, cari padanan sayur yang sesuai.  Kalau masih bingung, googling aja daftar menu makanan mingguan. *thank you Google!

 

bumbu dasar kuning chalarasa
Menu masakan sederhana namun nikmat

3. Food preparation


Dalam memasak ada bagian menyiapkan bahan-bahan sebelum proses memasaknya. Terkadang yang membuat lama itu menyiapkan bahan masakan. Contohnya memasak sop. Sebelum memasak, perlu mengupas dan memotong sayuran, mengupas bawang, mengulek bumbu, dan seterusnya.


Dengan melakukan food preparation, setengah pekerjaan memasak sudah dilakukan. Saat hendak memasak sop, tinggal cemplungkan bumbu dan sayuran saja.


Food preparation yang kami lakukan yaitu setelah belanja, bahan-bahan masakan dipotong/dikupas kemudian disimpan di wadah masing-masing barulah disusun di dalam kulkas.

 

4. Sedia bumbu instan non-MSG Chalarasa


Langkah food preparation di atas masih menjadi tantangan karena kadang buru-buru menata hasil belanjaan. Mengupas bawang, menyiapkan empon-empon (jahe, kunyit, kunir, dsb), belum lagi mengulek bumbu dapur cukup menyita waktu. *sok sibuk ye …. Oleh karena itu, saya sedia bumbu instan Chalarasa yang membuat proses memasak menjadi lebih singkat.

 

Chalarasa Bumbu Dapur Instan Tanpa MSG dan Tanpa Bahan Pengawet


Sudah kesekian kalinya saya memesan bumbu dapur Chalarasa. Memasak 2-3 menu makanan dalam sekali waktu menjadi sangat praktis. Tak butuh berlama-lama di dapur, 20 menit saja cukup untuk menyajikan sarapan keluarga yang kilat, lezat, dan sehat.

bumbu dasar putih
bumbu dasar putih, kuning, dan merah Chalarasa


Bumbu dapur instan Chalarasa terdiri dari:

Bumbu dasar putih

Bumbu putih ini cocok untuk memasak sop bening, tumisan, opor ayam, ayam pop, capcay, juga bumbu dasar nasi goreng.


Bumbu dasar kuning

Bumbu kuning ini cocok untuk memasak ayam goreng lengkuas, opor, pepes tahu, soto ayam, nasi kuning, juga ayam ungkep.


Bumbu dasar merah

Bumbu merah ini cocok untuk memasak menu yang pedas seperti terong balado, telur balado, ketupat sayur, juga ayam rica-rica.


Bumbu gulai

Bumbu gulai cocok untuk memasak gulai ayam, gulai kambing, gulai sapi, juga gulai ikan.


Bumbu rawon                     

Rawon, sup daging berkuah hitam, yang khas dengan kluwek mudah dimasak menggunakan bumbu rawon Chalarasa.

bumbu dapur instan non msg
Masak berbagai menu dalam waktu singkat dengan bumbu dapur Chalarasa

Selain bumbu dapur, Chalarasa juga memiliki varian sambal yang enak dan praktis sebagai pendamping masakan utama, yaitu:

  • Sambal hijau dengan teri medan pilihan.
  • Sambal terasi untuk menemani masakan rawon, lele goreng, juga tahu dan tempe goreng.
  • Sambal woku belanga khas Manado.

 

Dari varian di atas, saya pernah mencoba Chalarasa bumbu dapur putih, bumbu dapur kuning, bumbu dapur merah, dan sambal terasi.


Pertama kalinya saya pakai Chalarasa untuk membuat nasi kuning. Berhubung bumbunya semua sudah diulek Chalarasa, saya cukup menambahkan beras, santan, daun salam, sereh, dan daun jeruk. Nasi kuningnya gurih, enak, dan saya lebih percaya diri eksplorasi menu masakan.


Entah sudah berapa masakan yang menggunakan Chalarasa, diantaranya telur balado, tumis kangkung, capcay, dan tak lupa cocolan sambal terasi yang pedasnya pas. Wah, makin lahap makan!


Saya suka bumbu Chalarasa karena tanpa MSG dan tanpa bahan pengawet. Lebih aman, ya, untuk masakan keluarga apalagi saya punya toddler. Selain itu, bumbu dapur Chalarasa menggunakan garam Himalaya. Garam berwarna pink muda ini mengandung banyak mineral yang baik untuk tubuh, bersifat antimikroba alami, serta mengendalikan tekanan darah.


Cara menyimpan Chalarasa simple aja, bisa di chiller atau freezer. Sebaiknya produk dihabiskan dalam waktu 10 hari setelah kemasan dibuka. Kalau masih dalam keadaan tersegel, bumbu dapur ini tahan 2 minggu di chiller dan 3 bulan di freezer.


hampers wedding murah
Hampers Chalarasa cocok buat hadiah tahun baru, pernikahan, sampai ibu melahirkan

Bumbu dapur Chalarasa enggak cuma untuk diri sendiri yang tidak betah masak. Hampers Chalarasa seperti foto di atas cakep deh buat hadiah tahun baru, kado pernikahan, untuk ibu yang baru melahirkan, atau momen spesial lainnya. Dalam sepaket hampers ini berisi 2-3 bumbu dasar Chalarasa, kumpulan resep, sendok dan garpu, celemek, thank you card, juga kartu ucapan yang bisa cutom tulisan. Komplet! Cek promonya di Tokopedia dan Shopee Chalarasa.

*

Waktu memasak menjadi lebih singkat dan mudah dengan kiat di atas. Mengubah mindset ke arah positif dalam hal memasak, membuat menu mingguan, melakukan food preparation, dan tak lupa menyiapkan bumbu instan Chalarasa agar memasak kilat, lezat, dan sehat. Enggak sempat mengulek bumbu? Tenang saja bumbunya sudah diulek Chalarasa.


Info lebih lanjut follow Instagram Chalarasa: https://www.instagram.com/chalarasa/





38 comments on " Tips Memasak Mudah, Cepat, dan Sehat untuk Yang Tidak Betah Masak"
  1. Whoaaa, ini yg aku cariiii bumbu Chalarasa emang cihuy banget karena tanpa MSG dan tanpa bahan pengawet!
    Baiklaaahh, mau ubek2 aneka resep dan tutorial masak, ahh
    eksekusi pakai Chalarasa udah paling bener yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhuu mbak, selamat berkreasi dengan Chalarasa!

      Delete
  2. Kalau di Singapura, Hongkong dan Taiwan, nih kebetulan majikan saya Chinese semuanya. Justru memang laki laki kok yg pada jago memasak. Iya majikan laki laki saya yg justru sering masak, sementara majikan perempuannya dandan cantik dengan belanja dan jalan jalan...
    Kalaupun harus masak, ya pakai bumbu praktis seperti chalarasa ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh pantesan chef Asia itu banyak cowo yah. Ini jadi bukti enggak masalah anak cowo pegang panci, yes.

      Delete
  3. Betul banget nih, sedia bumbu yang siap kayak Chalarasa ini penting banget, karena memudahkan dan mempercepat proses masak.
    Paling malas tuh kupas bumbu, uleg-uleg, kalau udah ada bumbu jadi, apalagi non msg, kegiatan masak mah nggak bakalan menyita waktu lagi.

    Mau ah ikutan nyobain, biar nggak emosi sendiri kelamaan ngedapur hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaa mbak, aku ga betah kalau kelamaan di dapur
      tapi kalau sedang rajin ya bisa nguplek aja di dapur, enggak mau diganggu

      Delete
  4. Luar biasa produknya unik dan estetik gitu yaaa. Kalo saya beruntung, bapak dan mamak saya dua duanya bisa banget masak. Kalau saya maunya yang praktis-praktis saja, kecuali mungkin hari besar baru extra miles/efforts.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah selamat mba!
      ibuku suka masak banget jadinya malah anaknya enggak belajar masak, hehe

      Delete
  5. Pas banget lagi nyari bumbu instan non msg.. Makasih banget share nya jadi kepo dan so pasti praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes, mbak, buatku yang punya anak kecil jadi lebih enak masaknya

      Delete
  6. Ga ada alasan lagi males massak or ga bisa masak yaa.
    udah disediain bumbu2 dasar yang mempermudah buat masak.
    Ah kusuka pisaan kalo olah2 masakan nih, nanti nyarii produk ini ahh.

    ReplyDelete
  7. suamiku suka masak juga kok mbak :) di keluarga kami tidak ada aturan lelaki ga boleh masak, justru harus saling bantu tapi kalau ada bumbu siap pakai seperti ini pastinya lebih memudahkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yay, toss mba!
      ga perlu malu cowo juga bisa masak.

      Delete
  8. Nah bumbu siap pakai yang udah dikemas gini lebih terjamin ya kualitasnya. Memasak juga jadi gampang karena tinggal cemplung doang, jadi deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kemasannya menjaga kualitas isinya. Rapet banget!

      Delete
  9. Wah..ini nih yg paling pas buat saya yg awam dapur..hihi.. Capcus kenalan langsung dg Chalarasa ah.. TFS mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iyaa Mba Tanti, cuss order. Bisa kirim ke luar Jawa.

      Delete
  10. food preparation dan bumbu instan non msg itu adalah kuncinya ya mba, jadi kita bisa hemat waktu untuk kegiatan memasak plus sudah pasti enak dong rasanya hihi

    ReplyDelete
  11. Aku banget nih, pokoknya di dapur nggak lebih dari 20 menit. Dulu punya acara tv favorit chef amerika, namanya lupa, yg semua resepnya untuk dimasak maksimal 20 menit.

    ReplyDelete
  12. selama ini aku tuh suka bikin sendiri, langsung banyak gitu mba disimpan di jar kaca, karena bener banget emang males ngulek, itu pun pake blender bikinnya hahaha

    ReplyDelete
  13. Saya soal memasak banyak dibantu suami kebetulan blio mah hobi masak banget..apalagi kalau ada bumbu dasar begini lebih praktis..

    ReplyDelete
  14. Aku juga suka lho mbak masak berdua bareng suami...asyiik banget pokoknya bisa saling melengkapi. Kalau aku sibuk suami yang masak, dan kalau suami yang sibuk ganti aku yang masak....asyiknya ada bumbu instant Chalarasa ini pasti bikin masak tidak ribet dan bisa cepat selesai ya mbak.

    ReplyDelete
  15. Jadi pengen masak terus nih. Di dapur tempat mengolah kehidupan. makanan masak sendiri itu paling top deh. dengan bumbu dasar aja kita bisa olah berbagai menu makanannya ya mba.

    ReplyDelete
  16. Waaa bener banget ini, tips masak utk yang ga betah lama2 di dapur..bikin food prep dan sedia bumbu dasar dapur..gampang tinggal cemplung2 beres :)

    ReplyDelete
  17. Aku kerasa banget siih...kalau pakai food preparation itu, lebih ringan dan cepet masaknya.
    Plus uda disediain bumbu dasar yang istimewa dari Chalarasa, makin sedaappp~

    ReplyDelete
  18. Aku paling suka sambel, gak iso makan kalau gak ada sambelnya. Kyknya perlu nyetok sambel dan bumbu kyk gini juga supaya enak kalau masak2 di rumah. Nanti kuintip medsosnya Chalarasa ini TFS

    ReplyDelete
  19. Huaaa praktis banget memang ya kalau pakai bumbu jadi gini, saya nih suka males ngulek bumbu buat masak hehe. Btw baru tau produk ini dan cocok untuk anak-anak sepertinya karena non MSG juga ya.

    ReplyDelete
  20. Nowadays we have so many instant spices that we can use for cooking on daily basis. On the plus point, many of them are not using MSG or preservatives anymore

    ReplyDelete
  21. Masa berlakunya cukup pendek ya, hanya 10 hari. Nggak bisa disimpan lama-lama, bukti kalau bahan-bahan yang digunakan tanpa pengawet. Pengin juga sediakan ini di rumah agar praktis kalau mau masak gitu.

    ReplyDelete
  22. waaa jadinya praktis banget yaa ini buat dtock di rumah, tanpa msg juga jadinya jauh lebih sehat nih ehhehe, jadi pengen beli juga buat di rumah

    ReplyDelete
  23. Ini bakalan jadi pilihan banyak ibu nih mb. Aku juga di rumah selalu nyetok bumbu dasar kaya gini. Soalnya membantu banget biar cepet masaknya. Nguleg bumbu itu butuh waktu soalnya

    ReplyDelete
  24. Kalau ada Chalarasa jadi lebih praktis ya mau masak apa aja, aku juga pengen nyetok bumbu ginian bisr cepet hehe

    ReplyDelete
  25. huaaa, penolong banget ini buat buibuk yang punya bayik dan anak-anak, ke dapur tinggal cemplung-cemplung bahan masakan doang ya Mbak gak perlu repot ulek-ulek lagi, bisa jadi banyak waktu buat eksplore masakan lain juga doong dengan bumbu jadi seperti ini ;)

    ReplyDelete
  26. Sedia bumbu instan itu memang paling ngebantu banget dalam urusan perdapuran ya mba. Apalagi ada yang tanpa mgs seperti clarasa ini. Bakal jadi idola para ibu nih

    ReplyDelete
  27. Aku bukan tipe yang ahli memasak, tapi aku bisa masak. Bahkan kadang masakan yang kata orang susah pun aku bisa memasaknya. Tapi kalo aku lagi pergi2, aku selalu sediain bumbu-bumbu yang siap pake biar kalo si ayah atau si kakak mau masak jadi gampang. Jadi aku bisa tenang deh

    ReplyDelete
  28. Rasanya aku perlu beli bumbu2 ini, utk jaga2 kedua asistenku mudik :D. Sama mba, akupun bukan tipe yg suka masak. Makanya cari asisten yg bisa masak. Alhamdulillah dpt yg jago. Tp tetep aja aku kelimpungan kalo mereka mudik hahahaha. Di situ barulaah mau ga mau pesen delivery ato masak yg gampang2 aja :D.

    Enak juga kalo ada bumbu jadi gini :D.

    ReplyDelete
  29. Varian bumbu dasarnya lengkap ya, jadi tinggal nyetok di kulkas dan ambil saat butuh. Sudahlah rasanya pas, ga pake msg, nda perlu ngulek2 lagi deh Benar-benar menghemat waktu.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,