Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Botol Susu Bau? Ini Cara Menghilangkan Bau pada Botol Susu Bayi

Friday, January 1, 2021

Salah satu pekerjaan sebagai orang tua dengan bayi yaitu mencuci botol susu. Saat malas menyerang, botol susu diletakkan saja berjejer di wastafel. Kebiasaan menunda membersihkan botol susu bayi ini makin membuat kotoran menempel dan botol menjadi bau. Berikut cara menghilangkan bau pada botol susu bayi.



cara menghilangkan bau botol susu bayi
Jangan menunda mencuci botol susu bayi

 

Penyebab Botol Susu Bau

Huft, botol susu bayi masih bau padahal sudah dicuci. Selain itu, sisa lemak susunya menempel pada dasar botol. Beginilah akibat terlalu lama menunda mencuci botol susu.


Bau dari sisa susu tak hanya mengendap pada dasar botol. Dinding botol, dot, dan sela-sela leher botol dapat menjadi tempat sisa susu menempel.


Kalau kurang bersih, botol susu dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman. Apalagi di usia bayi yang sudah MPASI dan fase oral, makanan atau mainan semuanya dimasukkan ke mulut. Hati-hati, lho, bisa menyebabkan diare pada si kecil.

 

sweety baby liquid cleanser

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi


Untuk menghindari bau dan menjaga kebersihan botol, berikut cara membersihkan botol susu bayi:

1. Botol susu bayi perlu segera dibersihkan setelah dipakai agar lemak dan sisa susunya tidak terlalu lama menempel pada botol maupun dot.


2. Lepas semua bagian botol termasuk dot, pegangan, tutup botol, juga sedotan. Rendam dengan air hangat.


3. Cuci botol menggunakan sabun cuci khusus yang diformulasikan untuk membersihkan perlengkapan bayi. Pilih sabun cuci cair (liquid cleanser) yang food grade, mengandung anti bacterial, berbahan alami, dan bebas paraben.


4. Gunakan sikat botol atau spons lembut untuk membersihkan bagian-bagian botol susu. Sikat botol digunakan hanya untuk membersihkan botol bayi dan perlengkapan makan/minum bayi, jangan dicampur untuk hal lain.

Bersihkan hingga ke sela-sela botol dan dot termasuk dinding luar botol supaya bersih merata.


5. Bilas menggunakan air mengalir.


6. Keringkan dengan cara diangin-anginkan.

 

Review Sweety Baby Liquid Cleanser untuk #CuciTanpaWorry


Untuk membersihkan botol susu, peralatan makan dan minum, botol ASI perah, sampai teether baby Uno, saya menggunakan Sweety Baby Liquid Cleanser. Iya, Sweety yang terkenal dengan popok bayi itu menghadirkan cairan pembersih juga.


cara cuci botol bayi
Sweety Baby Liquid Cleanser untuk membersihkan botol susu, dot, peralatan makan dan minum bayi


Cairan pembersih botol bayi, dot bayi, dan perlengkapan makan minum bayi dari Sweety ini mengandung bahan agent anti-bacterial aktif yang diklaim dapat membunuh 5 jenis kuman dan bakteri hingga 99,9%*. Bahan-bahan dasarnya natural sehingga membantu secara alami atasi bakteri pada peralatan makan dan minum anak.


Sweety Baby Liquid Cleanser menggunakan formula food grade, maksudnya tidak memindahkan zat-zat berbahaya ke makanan yang akan kita makan, serta diformulasi untuk menghilangkan sisa lemak susu.


Cairan pembersih ini juga bebas paraben, zat kimia yang digunakan sebagai pengawet dalam suatu produk, sehingga aman untuk membersihkan perlengkapan makan dan minum anak.


Dari pertama kali memakai Sweety Baby Liquid Cleanser saya suka aromanya. Khas banget aroma apel tetapi SID bilang ini aroma jeruk. Ternyata pada kemasannya tertera petunjuk bahwa liquid cleanser ini beraroma apple orange yang dapat menghilangkan bau amis akibat sisa susu.


Sweety Baby Liquid Cleanser hadir dalam 4 SKU, yaitu botol 500ml, botol 200ml, pouch isi ulang 450ml dan 900ml. Saya pakai yang botol 500ml, bentuknya botol pump. Kalau habis, tinggal isi ulang dari kemasan pouch.


cara menghilangkan bau botol susu bayi
Sweety Baby Liquid Cleanser dengan food grade formula, paraben free, anti bacterial, dan bahan dasar alami


Menghilangkan bau dan sisa lemak susu pada botol susu bayi semakin mudah dengan Sweety Baby Liquid Cleanser. Segera bersihkan botol susu setelah dipakai agar nodanya tidak menempel dan baunya hilang. Menggunakan cairan pembersih dari Sweety dengan aroma apel dan jeruk yang segar membuat botol susu bersih dan wangi. Kamu sudah mencoba?

 

*Berdasarkan hasil uji terhadap Aspergillus Niger, Candida Albicans, Escherichia Coli, Pseudomonas Aeruginosa, Staphylococcus Aureus.

 


15 comments on "Botol Susu Bau? Ini Cara Menghilangkan Bau pada Botol Susu Bayi"
  1. memang usah2 gampang membersihkan botol susu ini

    ReplyDelete
  2. si kecil lucu banget Bun, gemessss :3

    ReplyDelete
  3. Cairan pembersih botol bayi, dot bayi, dan perlengkapan makan minum bayi dari Sweety ini mengandung bahan agent anti-bacterial aktif yang diklaim dapat membunuh 5 jenis kuman dan bakteri hingga 99,9%*. Bahan-bahan dasarnya natural, formulanya food grade, jadi para ibu bakal tenang dan mantabbb ya, untuk memilih cairan Sweety ini

    ReplyDelete
  4. Adek sepupuku ada yg punya balita, dan sering sambat soal bau yg "awet" di botol susu.
    Aku kudu sodorin artikel ini buat dia.
    Supaya lebih semangaaatt ngasuh anak kan ya

    ReplyDelete
  5. produk yang bagus nih buat ibu2 yang punya anak masih minum susu botol, kadang kerak susu yg nempel juga susah dibersihin

    ReplyDelete
  6. Waaah coba ada sweety baby liquid pas jamanku punya baby ya.. emang agak susah sih ilangin lemak susu tuh..apalagi aku Asi pumping..baunya sungguh syedap hehe

    ReplyDelete
  7. Kalau botol susu dibersihkan dengan maksimal, bau ilang dan ini tentunya juga lebih sehat buat anak. Asik juga ada cairan khusus yang pas buat bersihkan ya

    ReplyDelete
  8. Wah senangnya zaman sekarang ada solusi sabun khusus untuk bayi ya Mba... zaman anak2 saya kecil dulu..mana ada :D

    ReplyDelete
  9. Nggak nahan lihat si dedek pakai kaca mata hitam, bikin gemees :). Btw Sweety ternyata ada produk lain juga ya selain popok. Memang kadang rada susah ya bersihin botol susu dan baunya suka lengket. Aku mau info ke adikku nih pembersih Sweety ini.

    ReplyDelete
  10. aku sih dengan merendam dengan air panas si botol susunya, cmn emang pas bgt klo pake sabun cuci botol seperti liquid cleanser

    ReplyDelete
  11. botol susu kadang butuh perlakuan extra untuk membersihkannya. untuknya ada Sweety Baby Liquid Cleanser ya. jadi botol anak bisa bersih dan aman.

    ReplyDelete
  12. Kok tahu si kalau pekerjaan mencuci botol susu sering ditunda dan berbaris tak rapi di wastafel. Hahahaa, bukan rahasia lagi ya, len. Mencuci botol susu kadang bikin sewot karena lemak membadel suka bareng melekat erat di dinding botol susu. Tapi sekarang dah happy dan tanpa worry ya, Len. Malah botol susu bersih kamu cuci ya? hayoooo

    ReplyDelete
  13. Kalau lagi malas kadang 5 botol berjejer nunggu dicuci tapi kalau ingat nanti akan banyak kuman membandel saya buru-buru mencucinya. Haha.

    ReplyDelete
  14. Wah baru tau nih sekarang ada sweety liquid baby cleanser ya tak coba kasih tau adekku deh soale anaknya suka minum pakai botol dan memang ada aroma yang khas banget kalau nyucinya ga bersih sih.

    ReplyDelete
  15. Iya bangeet..
    Aku sampe beli beberapa gelas untuk cadangan. Karena kadang kalo baunya uda mancep, gak tertolong plus nodanya gak bisa ilang, suka merelakan si botol aja deeh..

    Soalnya rasa susunya juga berubah kalo uda ada fleknya.
    Kalau di sedotan, gimana tipsnya, kak Helen?

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,