Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Kanvas Passion: Membangun Zona Passion di Hexagon City IIP Bunda Produktif

Saturday, October 17, 2020
insitut ibu profesional
Pekan ini di Hexagon City saya mendapat tsunami informasi. Di grup co-housing masih momen saling kenal dengan para tetangga sementara itu di grup co-housing leader membahas Project to Nation, challenge dari Walikota dan perangkatnya.

Kenal Lebih Dekat dengan Tetangga Co-Housing 6 Kepenulisan


Masya Allah, alhamdulillah setiap hari saya makin berbinar tiap berkenalan dengan para tetangga. Mereka sudah berkarya jauh lebih banyak dari saya. Tak hanya tentang jumlah tetapi strong why dalam berkarya membuat saya malu ... baru begini aja. 

Ada yang beraktivitas di ranah domestik, ada yang working mom, tapi semuanya memiliki passion yang sama di bidang kepenulisan. Sibuknya luar biasa, alhamdulillah masih sempat menerima tamu seperti saya.

Co-housing 6 Kepenulisan terdiri dari:
  1. Mbak Dian di Sidoarjo yang ngeblog, menulis antologi, juga buku solo. Tiada hari tanpa menulis.
  2. Mbak Geta di Qatar yang aktif menulis antologi dan proses merampungkan buku solo. Inisiatifnya tinggi.
  3. Mbak Thika di Jakarta yang womanpreneur dan makin produktif menelurkan karya selama pandemi. Beliau suka memotivasi dan menempatkan right man on the right place.
  4. Mbak Lintang di Malang yang suka dengan dunia parenting dan bebikinan.
  5. Mbak Noura di Lampung yang puitis romantis.
  6. Mbak Ninis di Surabaya yang menjadi garda terdepan dalam penanganan covid-19. Tiap hari ngurus swab terus tapi sempat bebikinan dengan dua jagoannya.
  7. Mbak Nurul Ku di Pekalongan 
  8. Mbak Uji di Makassar yang suka dunia anak dan sains. Impiannya menyampaikan sains (biologi) pada anak-anak dengan lebih mudah lewat buku.
  9. Mbak Zaki di Yogyakarta
  10. Helena, saya, di Jakarta yang suka curhat di blog kemudian dapat cuan. *LOL

Mengisi Kanvas Passion


Tugas pekan ini yaitu mengisi kanvas passion atau passion canvas dengan template seperti foto di atas. Passion saya di bidang kepenulisan sebenarnya dalih sebagai tempat curhat terselubung. Syukur-syukur curhatan ini menjadi produktif sampai menghasilkan materi (passion for business).

Passion dibedakan menjadi passion for knowledge, for business, for service, dan for people.

Dunia blogging alhamdulillah menjadi pintu rezeki bagi saya sejak 2016 maka saya berada di forefront life stage sesuai usia 20-40 tahun dengan kata kunci mandiri, tidak bergantung pada orang lain, produktif, dan untuk diri sendiri.

Pengembangan passion dibedakan menjadi Fundamental Life Stage, Forefront Life Stage, Foster Life Stage, dan Final Life Stage.
Hard skills yang saya butuhkan  untuk memperdalam kualitas tulisan saya, yaitu: story-telling, mengelola blog (optimasi), mengelola media sosial, desain untuk pemula, fotografi (produk), wawancara dan riset untuk menggali materi lebih dalam.

Soft skills yang saya butuhkan yaitu manajemen waktu, negosiasi, dan komunikasi dengan klien maupun narasumber.

Tantangan terbesar yang saya hadapi yaitu manajemen waktu dimana kondisi saya mengasuh dua anak (5 tahun dan 10 bulan) selama suami bekerja. Waktu saya mengembangkan passion yaitu saat anak-anak tidur dan suasana tenang. Saya seringkali kebablasan tidur dan susah begadang. Kalaupun begadang, paginya jadi sensitif.

Di sisi lain, ketika saya asyik menulis atau mengelola medsos saya menjadi lupa waktu. Namanya juga berbinar-binar menjalani passion. Untuk itu perlu rem diri dan keluarga agar balance dengan tanggung jawab yang ada.

Solusi 1 dengan belajar pengembangan diri 20 menit perhari bisa lewat buku, audio, video, praktek, dan sebagainya. Saya terima kondisi mengasuh anak dengan bahagia. Ini waktu yang berharga, tidak dapat terulang. Mengejar passion dapat saya lakukan setahap demi setahap.

Solusi 2 dengan menyusun skala prioritas dan fokus pada apa yang dijalani saat itu. Saat bermain dengan anak maka saya fokus dengan kegiatan bermain. Lupakan sejenak ide-ide passion yang lain.

IDE
Mengingat waktu belajar saya singkat setiap harinya, maka saya perlu berkolaborasi dengan belajar kelompok atau mengefektifkan waktu belajar. Dengan belajar bersama, saya mendapat banyak referensi dari teman-teman dalam waktu singkat. Ayo kita berkolaborasi!

Project to Nation CH 6 Kepenulisan: Antologi!


Dari pertama berada di Co-housing kepenulisan, pikiran saya adalah KOLABORASI. Selama Bunda Produktif harus menghasilkan karya bersama, mumpung punya tetangga yang passion-nya sama!

Alhamdulillah rupanya seiringan dengan program dari pengurus yaitu "Project to Nation". Maka, selama pekan ini kami brainstorming mengenai bentuk kerjasama yang akan kami buat. Hasilnya adalah ... insya Allah CH 6 Kepenulisan membuat antologi yang berisi tips menulis buku berbagai genre juga menulis blog. Setiap Hexagonia akan menyumbang isi buku sesuai pengalaman dan ilmu masing-masing.

Jangka waktu pembuatan antologi ini sekitar 3 bulan dimulai minggu ketiga Oktober 2020.

Antologi ini semoga menjadi solusi atas tantangan yang dihadapi penulis maupun yang tertarik di bidang kepenulisan. Bingung cari ide, kaidah menulis fiksi dan non-fiksi, juga mengelola blog insya Allah akan terjawab di sini.

Doakan lancar dan berkah, ya, Hexagonia!

Jurnal membangun zona passion pekan 1


Salam,
Helena
Jl. Kepenulisan no.115
Blok CH 6
Hexagon City

#HexagonCity
#Hexagonia
#KuliahBundaProduktif
#InstitutIbuProfesional

Post Comment
Post a Comment

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,