Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Character to Nation: Membangun Karakter di Hexagon City IIP Bunda Produktif

Monday, October 26, 2020

 

hasil diskusi pekan ini tentang membangun karakter (desain oleh Nurul Ku)


Pekan yang menarik di Hexagon City. Materi kali ini tentang membangun karakter agar menjalankan project passion sampai tujuan. Namun, sebelum berdiskusi mengenai hal tersebut, kami menyelesaikan tantangan waktu online. Berikut ceritanya.


Waktu Diskusi


Punya grup WAG yang aktif terus-menerus membuat pusing. Maunya ingin ngintip tapi ada kewajiban lain, harus balance. Diskusi pun jadinya setengah-setengah. Oleh karena itu, para tetangga mengusulkan untuk menyepakati waktu online buat berdiskusi.

Saya melakukan polling menggunakan google form untuk memilih hari dan tanggal diskusi. Hasilnya adalah ... waktu terbanyak yang dipilih pukul 13.00-14.00 WHP sedangkan hari terbanyak yang dipilih yaitu "SETIAP HARI". OMG ... salut banget dengan semangat Hexagonia tetanggaku tersayang! Namun, demi menjaga kewarasan dan keseimbangan dengan aktivitas lainnya, hari untuk berdiskusi yaitu Senin, Selasa, dan Jumat. Ini fleksibel ya. Akan dibahas secara periodik.


Diskusi Kapal Projek Passion


Projek Passion bagaikan kapal yang dikendarai sepuluh Hexagonia. Kami menuju tujuan yang sama.

Namun, bukan berarti perjalanan akan baik-baik saja, ada faktor-faktor karakter dari tiap Hexagonia yang dapat membuat perjalanan ini semakin cepat, tertunda, bahkan berhenti tengah jalan.

Di sinilah kami berdiskusi untuk merumuskan karakter-karakter seperti apa yang dapat menjadi booster, delay, maupun risk. Hasilnya dapat dilihat pada gambar di atas.

Diskusi pertama, Jumat siang, kami menggunakan platform Zoom. Untuk pertama kalinya saya menjadi host di Zoom sekaligus share screen. Kami mengerjakan di slideshare (PPT) supaya mudah dilihat bersama dan up-to-date via online. Diskusi ini dihadiri oleh Mbak Geta, Lintang, Dian, Zaki, dan saya.

Diskusi selama satu jam alhamdulillah berjalan lancar diselingi anak bayi yang menangis minta ikutan pencet laptop. Tantangannya yaitu memilih istilah karakter yang tepat. Kami menggunakan istilah yang mudah dipahami saja, hehehe.

Diskusi kedua, Minggu siang, termasuk mendadak. Ketika saya lempar wacana diskusi eh kok banyak yang bersedia. Siang itu ada mbak Nurul Ku, Ninis, Geta, Thika, Uji, dan saya. Alhamdulillah diskusi yang berlangsung 75 menit melalui video call di Whatsapp ini merampungkan tugas jurnal pekan ini.

Diskusi kali ini lebih panjang lebar karena berlanjut membahas project antologi. Tak terasa sampai baterai HP lowbatt dan anak bayi tertidur di gendongan, hihi.


Karakter moral dan kinerja sebagai booster menjalani ProjekPassion

Bagian terakhir yaitu memilih karakter yang mau diperkuat selama ProjekPassion. Saya memilih "Aktif Berperan" berhubung sudah jadi leader co-housing ya supaya makin semangat menjalankan amanah. Bismillah.

Jurnal membangun karakter pekan 1


Salam,
Helena
Jl. Kepenulisan no.115
Blok CH 6
Hexagon City

#HexagonCity
#Hexagonia
#KuliahBundaProduktif
#InstitutIbuProfesional
Post Comment
Post a Comment

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,