Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Ide Main Balita: Menghubungkan Titik (Connect the Dots)

Monday, October 26, 2020

Menghubungkan titik-titik alias connect the dots menjadi permainan kesukaan kami sejak SID kecil. Permainan ini sangat mudah dilakukan serta menggunakan dua benda saja yaitu kertas dan alat tulis. Walaupun sederhana, banyak lho manfaat dari bermain menghubungkan titik-titik. Apa saja, ya?


menghubungkan titik menjadi garis

Menghubungkan Titik-titik Menjadi Benda

Cara bermain menghubungkan titik-titik sangat sederhana. Buat titik-titik pada kertas membentuk benda tertentu, beri angka sesuai urutan titik, lalu anak akan menghubungkan dari titik pertama hingga terakhir. Ta da ... nampaklah suatu benda dari rangkaian garis yang dibuat anak.


Kami melakukan permainan ini di mana saja, biasanya untuk mengisi waktu saat menunggu. Sejak kecil, SID terbiasa ikut saya bekerja meliput acara. Supaya ia duduk manis, selama beberapa waktu, saya ajak bermain menghubungkan titik ini. 


Pernah juga kami bermain saat di atas bus Transjakarta. Daripada minta HP ya lebih baik siapkan kertas dan spidol untuk bermain titik-titik, kan. 


Namun, membuat garis dengan keadaan bus yang berguncang cukup menantang untuk anak 3 tahun. SID menjadi kesal dan tidak mau melanjutkan menggaris. Ia minta diulang, dibuatkan lagi gambar baru. *sabar .... 


Untuk gambarnya, saya pilih benda-benda yang ada di sekitar tempat kami atau benda yang ia familiar. Well, hasil gambar saya tidak terlalu bagus tapi saat ia dapat menebak apa benda yang saya maksud, bangga banget! Hahaha ....


Ini gambar apa hayo? Saya sendiri lupa :))


Manfaat Bermain Menghubungkan Titik-titik

Menyambung titik-titik menjadi suatu bentuk merupakan kemampuan pra-menulis. Ide main ini banyak manfaatnya untuk perkembangan anak usia dini. Berdasarkan pengamatan saya, manfaatnya antara lain:


  1. Belajar memegang alat tulis dengan benar (pincer grasp).
  2. Melatih fokus menghubungkan antara satu titik dengan titik berikutnya.
  3. Menggambar bangun geometri, huruf, angka, ataupun bentuk lain dengan cara yang mudah.
  4. Melatih urutan angka atau huruf (contoh: titik 1 disambung ke titik 2 berarti urutan setelah 1 adalah 2, dst.)
  5. Menebak benda dengan mengasosiasikan benda 3D yang pernah ia lihat dengan gambar 2D.
  6. Memperpanjang rentang konsentrasi.



Awal mula saya mengenalkan permainan ini ke SID waktu kami belajar membuat segitiga. SID kesulitan membuat tiga garis membentuk segitiga maka saya pandu dengan membuat tiga titik. SID bertugas menghubungkan ketiga titik tersebut, itupun tidak tepat di awal. Hasil garisnya masih melenceng kesana-sini. Lama-kelamaan hasilnya semakin rapi.


Dari segitiga, bentuk yang kami gambar semakin berkembang. Saya juga mencari referensi dari internet untuk dicetak dengan kata kunci "connect the dots", "dot to dot", atau "menghubungkan titik", salah satunya dari website http://www.connectthedots101.com/.


Saat SID sedang berbinar-binar di bidang berhitung, ia minta bermain menyambung titik dengan lebih banyak titik. Ia butuh tantangan lebih tinggi karena sudah fasih menyebut angka 1-100. Puncaknya, ia minta menyambungkan 100 titik!


Terima kasih Mbah Google! Saya menemukan gambar dengan 98 titik di salah satu website dan mencetaknya. SID menerima gambar penuh titik-titik dengan mata berbinar. "Wow!" pekiknya.


Selama menyambung 98 titik tersebut, SID melakukannya dengan tekun. Ada sedikit kekeliruan tetapi ia masih berlanjut hingga menuntaskan semuanya.Well done!


SID main menghubungkan titik sembari ikut saya kerja


#Writober

#RBMIPJakarta


#Titik

1 comment on "Ide Main Balita: Menghubungkan Titik (Connect the Dots)"
  1. Ide yang sangat menarik nih.
    Mau saya praktekin ke adik sendiri, biar bisa bermain sambil belajar.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,