Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Bangun Tidur Kok Mager? Ini 5 Cara Mood Booster di Pagi Hari

Wednesday, October 21, 2020

Cara Mood Booster di Pagi Hari. - Rise and shine! Bangun tidur malah guling kanan-kiri. Rasanya mager membayangkan sederet pekerjaan, meeting sama bos yang nyebelin, atau malah bosan dengan rutinitas yang lo-lagi-lo-lagi. Gimana sih cara membangkitkan mood di pagi hari?


Rise and shine! Pic by Madison Nickel on Unsplash



Cara Memulai Hari Mempengaruhi Mood Seharian

Saya tipe yang percaya dengan apa yang terjadi di awal bangun tidur bisa berpengaruh pada mood hari itu. Jika mendengar kabar buruk, musibah atau ada yang meninggal, mood saya cenderung kelabu. Kabar tersebut terbayang-bayang di pikiran.


Bukan tanpa alasan, saya pernah membaca buku psikologi yang menyebutkan menit-menit awal bangun tidur adalah waktu yang tepat untuk memasukkan sugesti. Nah, kalau yang masuk adalah sugesti atau berita negatif ya akan kepikiran terus.


Hal ini saya coba setahun lalu ketika hamil. Setiap pagi, begitu saya bangun, suami akan mengucapkan kalimat-kalimat positif agar persalinan saya lancar. Saya juga membaca kalimat tersebut setiap selesai salat subuh. Teknik ini saya pelajari ketika mengikuti kelas hypnobirthing. Alhamdulillah di ruang bersalin saya merasa lebih tenang. Kontraksi dan induksi terasa nikmat ....


Baca juga: Melahirkan dengan Hypnobirthing


Oh ya, balik ke kabar buruk saat bangun tidur. Saya jadi lebih berhati-hati ketika menyampaikan kabar buruk ke suami saat ia baru bangun. Lebih baik menunggu "nyawa terkumpul" sebelum menyampaikannya.


5 Cara Mood Booster di Pagi Hari


Sebagai ibu rumah tangga, saat bangun pagi saya kepikiran rutinitas domestik seputar mencuci piring, mencuci baju, menyiapkan masakan, menonton anak berebut mainan, dan seterusnya. Mau pegang HP sedikit saja, eh sudah direbut anak. Nonton film? Terakhir ya nonton "Tilik" karena penasaran banget, itupun sambil menggendong anak. *Untunglah cuma 30 menit.


Sebelum mengurus aktivitas domestik dan menjadi perebutan dua bocah, saya mencoba berbagai cara untuk membangkitkan mood di pagi hari supaya semangat menjalani hari. Caranya sebagai berikut:


1. Menjauh dari gawai

Bangun tidur ku terus ambil HP ...

Scrolling WA juga medsos ...


Hmm ... siapa yang begini? Been there, done that. Hahaha ....


Mata masih kriyep-kriyep tapi jari jemari lincah banget scrolling sana-sini. Tidak terasa sudah 30 menit. Baca doa bangun tidur dan salat subuh aja belum. Huhu ... istighfar!


Saya merasa ketika bangun tidur langsung pegang HP, awal hari saya tidak produktif. Iya, ada chat yang perlu dijawab, ada komentar yang perlu dibalas, ada sederet daftar walking-walking yang perlu dilakukan tapi itu nanti. Saya memilih untuk membiarkan HP pada tempatnya. Selesai matikan alarm, ya sudah.


Coba lihat kamar tidurmu. Perhatikan dengan seksama ada apa saja di sekeliling kamar tidur. Yang kamu lihat hanya sebatas itu. Akan tetapi, begitu mengaktifkan internet di HP, tang ... tung ... tang ... tung ... notifikasi masuk, seperti membuka pintu kamar dan menemukan di luar kamar tidur ada pasar yang ramai!


2. Minum 

Di samping kasur, saya letakkan sebotol air putih. Ini agar saya mudah minum saat terbangun. Busui kan gampang haus jadi bangun tidur ya minum air putih.

Kebiasaan minum air putih ini banyak manfaatnya, lho. Minum air putih setelah bangun tidur dapat menambah energi, meningkatkan produktivitas, meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga kesehatan dan kecantikan, mengeluarkan racun dalam tubuh, dan mengendalikan nafsu makan.

Selain air putih, ada yang suka meminum air lemon atau perasan jeruk nipis dicampur air hangat. Ada pula yang memilih minum teh hangat atau kopi sampai ada kata mutiara "Wake up, drink coffee, then think". Wew, enggak bisa mikir sebelum minum kopi.


3. Menulis jurnal


Menulis menjadi kegiatan kesukaan saya dimana ide-ide dan perasaan saya tuangkan di sana. Oleh karena itu, saya suka memulai hari dengan menulis jurnal. Isi jurnalnya seputar rasa syukur dan rencana hari itu. Karena tanpa gawai, saya menulisnya di buku. Ya sekaligus melatih otot-otot tangan yang jarang memegang alat tulis.


Teman saya juga memulai hari dengan menulis jurnal. Ia membuat jurnal yang lengkap berisi to-do list, kegiatan anak, pekerjaan, diary, cash-flow, sampai daftar isi kulkas. Bisa jadi inspirasi, nih.


Baca juga: Review Buku Ayah vs. Anak Lelakinya


4. Berolahraga

Jalan pagi menjadi olahraga kesukaan keluarga kami. Sebenarnya ini jalan-jalan lalu mampir beli sarapan. Hehe ... lumayan lah memutar ke gang sebelah. Oh ya, pernah juga kami jalan pagi sampai 2 jam waktu saya hamil. Setelah itu kapok deh, badan enggak kuat.


Selain jalan pagi, jogging, bersepeda, atau berenang menjadi pilihan olahraga untuk membangkitkan mood di pagi hari. Olahraga ringan dijalankan dengan santai membuat bahagia menikmati udara segar.


5. Bercermin

Saya jarang bercermin yang lama, memperhatikan dengan benar bagaimana tampang saya saat ini sampai tak menyadari flek hitam dan kerutan merajalela. LOL. 


Saat bercermin rasanya janggal tetapi saya coba terus untuk ngobrol dengan diri saya di cermin. Saya beri ucapan terima kasih telah melangkah hingga titik ini dan menyemangati diri sendiri. Self-talk, istilahnya.


Awkward but it works to boost my mood!

Wake up, drink coffee, then think (pic. David Mao on Unsplash)

Itu cara-cara yang dapat dilakukan untuk mood booster di pagi hari. Sederhana namun berdampak positif dalam menjalani hari. Kalaupun hari itu berjalan tidak sesuai rencana, begitulah hidup. Manusia berencana, Allah berkehendak.

Seize the day!

Bagaimana kiatmu meningkatkan mood saat pagi?


#Writober2020

#RBMIPJakarta

#Pagi


21 comments on "Bangun Tidur Kok Mager? Ini 5 Cara Mood Booster di Pagi Hari"
  1. Saya juga percaya dengan apa yang terjadi di awal bangun tidur bisa berpengaruh pada mood hari tersebut, Mbak ... dan saya juga percaya kalau harus mengusahakan mood buster yang rupanya tantangannya besar buat saya.

    ReplyDelete
  2. Olahraga pagi, itu salah satu yg blm berhasil kulakuksn dg rutin. Padahal bagus banget manfaatnya ya .Terima kasih sdh mengingatkan dg tips ini mba..

    ReplyDelete
  3. kalau saya biasanya mandi pakai sabun fav yang wanginya bikin mood naik terus dengerin lagu fav juga sepanjang perjalanan ke kantor heheee

    ReplyDelete
  4. Sekarang saya rutin jalan kaki setelah sholat subuh, mbak. Rasanya jadi lebih segar dan semangat menjalani aktivitas.

    ReplyDelete
  5. Makasih tipsnya mbak.. saya nih moodnya naik turun. Kadang tuh bisa semangat banget di pagi hari, kadang yaa nongol juga magernya. Bawaannya pengen lanjut tidur. Wwkkkwkw..padahal pekerjaan udah pada ngantri untuk diselesaikan.

    ReplyDelete
  6. Astaghfirulloh bangun tidur megang hape. . Aku bangun tidur ngecek in webtoon mbakšŸ¤£ tobat tobat

    ReplyDelete
  7. kalau aku, yang bikin mood booster,,diciumin anak pas bangun tdr....langsung tuh up banget moodnya.. so far tipsnya oke...

    ReplyDelete
  8. Hahaha auto pegang hape setelah bangun memang fix bikin mager banget hahahha, selalu 'sebentar lagi' alasannya. Kalo aku kadang maksain bangun dan langsung buka tirai, lumayan menghalau mager sih jadinya

    ReplyDelete
  9. udah coba bangun tidur yang bikin mood itu nulis dulu, baru kegiatan yg lain alhamdulillah.. minum juga jangan lupa

    ReplyDelete
  10. Iya mbak lihat hp langsung bawaanya mager nih. Dan bahaya juga kalau diterusin. Makasih tipsnya mbak. Harus semangat buat mengawali hari

    ReplyDelete
  11. Bener banget mbak...pagi hari kadang suka mager untuk memulai beraktifitas. Apalagi aktifitas yang kita kerjakan selalu padat setiap harinya. Kalau aku bangun pagi selalu diawali dengan cuci baju sambil masak...karena kalau masaknya kesiangan sudah pasti males duluan. Btw terimakasih tipsnya pengen nyobain supaya lebih bersemangat lagi dimasa pandemi ini.

    ReplyDelete
  12. Wah aku malah bangun tidur langsung laptop atau HP inget kerjaan... xixixi... Yang paling penting sih harus punya semangat utk memanfaatkan waktu dengan hal yang terbaik ya Mba karena waktu tiap detiknya ada pertanggung jawabannya. Jadi ga ada itu kata mager..hehe...

    ReplyDelete
  13. Akuuuu mager wkwkw njengkang njengking sik kalau mau bangun. Akhirnya aku akalin kudu bangun sebelum jam 4 jd ada waktu setengah jam atau lbh buat njengkang njengking geje, maen henpon (iyooo blm bisa lepas dr henpoon huhu), pas udah deket subuh akhire melek dengan sempurna

    ReplyDelete
  14. Selamat pagi mba Helen, bahagia banget mampir ke sini dapet ilmu banget soal menjaga mood di pagi hari. Menulis jurnah belum aku lakukan nih. Dari kapan pengen punya jurnal belum kesampaian.

    ReplyDelete
  15. Manusia berencana, Allah berkehendak.

    Seize the day!

    Mantra ini keren banget siikk wkwkwk.
    Terus terang aku belakangan ini juga seriiiing bad moood kalo bangun pagi.
    Ini berusaha kulawan bangeettt sikk

    ReplyDelete
  16. Mood booster ku dipagi hari biasanya tergantung mood si kecil nih mbak huuhu

    ReplyDelete
  17. Soal pegang gawai itu bener banget mbak. aku juga sekarang berusaha setelah bangun, salat dan beraktivitas dulu. kalau udah selesai baru deh buka gadget hehehe.

    ReplyDelete
  18. Paling mantap tuh olahraga mba. Keluar keringat, adrenalin terpacu, dijamin badan langsung seger. Tapi ya aku kadang mager juga nih hehehe

    ReplyDelete
  19. hahha bercermin tapi lupa nyisir hahah sering banget, mood aku bagus kalau aku sudah menambah tulisan. Berantakan deh kalau bete gak ada waktu nulis hihi....

    ReplyDelete
  20. aku biasanya sejenak merasakan tubuh.. supaya siap untuk banguun dan beraktivitas. biasanya aku pagi dibangunkan perut karena panggilan alam juga hehehe

    ReplyDelete
  21. mba Helen kenapa suka bener sih kalo ngomong, pagiku kadang keteteran kalo sudah pegang hape. makanya sekarang bangun tidur aku langsung pegang kerjaan hehe. entah nyapu entah cuci piring entah jemur baju atau jalan kaki ke pasar. mungkin ke pasar beli sarapan itulah olahragaku. kalo semua udah beres baru skroling liat apa yang update hehe.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,