Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Nutrisi untuk Anak Alergi Susu Sapi

Friday, August 30, 2019

Nutrisi untuk Anak Alergi Susu Sapi


SGM Eksplor Advance+ Soya formula baru
Alergi susu sapi tak menghalangi anak tumbuh dan berkembang menjadi Anak Generasi Maju

“Anak saya usia 1 tahun 5 bulan sudah tidak mau ASI. Kalau saya beri susu sapi, dia merasa mual bahkan diare. Bagaimana ya supaya nutrisinya tercukupi untuk anak alergi susu sapi?” curhat seorang ibu.

7,5% anak mengalami alergi susu sapi di Indonesia. Bikin khawatir, ya, karena selepas ASI mau lanjut susu apa nih supaya kebutuhan gizi anak tercukupi. Susu sapi merupakan salah satu sumber protein untuk mendukung tumbuh kembang anak. Nah, bagaimana dengan anak yang tidak cocok minum susu sapi?

Benarkah Anak Alergi Susu Sapi? Kenali Gejalanya!


Alergen atau pemicu alergi banyak ragamnya, bisa dari makanan, debu, obat, dan sebagainya. Salah satu penyebab alergi yang banyak terjadi pada anak Indonesia yaitu alergi protein susu sapi.

“23,8% pasien klinik anak RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta alergi terhadap susu sapi. (data tahun 2012)”

Eh, tapi … tidak dapat mengonsumsi susu sapi bukan berarti pasti alergi susu sapi, lho. Mungkin saja anak tersebut intoleransi laktosa atau galaktosemia. Sebelum memutuskan treatment yang tepat, kenali dulu gejala alergi susu sapi, yaitu:
  • Berdampak ke saluran cerna seperti muntah, kram perut, kolik, atau diare.
  • Muncul ruam pada kulit.
  • Pilek alergi atau napas grok-grok (saluran napas). Ingus karena alergi berwarna putih atau abu-abu.

alergi susu sapi beda dari intoleransi laktosa
Perbedaan alergi susu sapi, intoleransi laktosa, dan galaktosemia
Lebih pastinya mending konsultasi ke dokter dan lakukan pemeriksaan kadar IgE spesifik atau uji kulit alergi.

Baca juga: Alergi pada Anak

Kendalikan Gejala Alergi Susu Sapi dengan Tepat


Dalam Blogger & Media Gathering di Double Tree Hotel Jakarta, 28 Agustus 2019 lalu, Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, Sp.A(K), Konsultan Tumbuh Kembang Anak, menjelaskan cara untuk mengendalikan gejala alergi susu sapi dengan tepat, yaitu:
  • Hindari mengonsumsi susu sapi dan turunannya (keju, roti, dan sebagainya).
  • Beri nutrisi alternatif pengganti susu sapi.

SGM Eksplor Advance+ Soya kemasan baru
Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, Sp.A(K) (kiri) menjelaskan alternatif nutrisi untuk anak dengan alergi susu sapi
Anak usia 1 tahun ke atas sudah mengonsumsi makanan yang beragam sehingga asupan proteinnya bisa dicukupi dari berbagai sumber seperti daging dan olahan kedelai. Kalau minum susu, ada nih nutrisi isolate protein kedelai (soya) untuk anak yang alergi susu sapi.

Isolate protein kedelai ini bukan sari dele yang dijual abang-abang, ya. Bahannya sama dari derivikasi kedelai tapi kandungannya beda. Susu soya telah difortifikasi dengan mikronutrien seperti zat besi, vitamin, mineral, dan elektrolit. Kandungan energinya 67 kcal/dL.

SGM Eksplor Advance+ Soya Kemasan Baru Bantu Penuhi Nutrisi Anak Alergi Susu Sapi


Isolate protein kedelai atau mudahnya dikenal dengan “Susu Soya” telah terbukti aman dan mendukung tumbuh kembang anak. Berdasarkan penelitian, anak yang mengonsumsi susu soya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, tidak berbeda secara signifikan dari anak yang mengonsumsi susu sapi.

susu anak alergi susu sapi
Launching SGM Eksplor Advance+ Soya kemasan baru di Jakarta, 28 Agustus 2019
Mengonsumsi susu soya semakin mudah dan bergizi karena pada Rabu lalu PT. Sarihusada Generasi Mahardhika meluncurkan inovasi terbaru SGM Eksplor Advance+ Soya dengan 5 Kebaikan ComplinutriSoy+ yaitu:
  • 100% Isolat Protein Soya berkualitas
  • Minyak ikan Omega 3 & 6
  • Bebas laktosa
  • Sumber serat
  • 13 vitamin dan 7 mineral

SID udah coba nih SGM Eksplor Advance+ Soya dengan kemasan dan formula baru yang rasa madu. Rasanya enak, lho, seperti rasa susu SGM yang biasa ia minum. Anak kedua Natasha Rizky, Miskha, juga minum SGM Eksplor Advance+ Soya. Waktu tahu anaknya alergi susu sapi, istri Desta ini sempat khawatir pemenuhan nutrisi si kecil. Dengan adanya alternatif solusi nutrisi seperti formula soya ini sangat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang tidak cocok minum susu sapi.


#BundaTanggapAlergi dengan 3K


Selain Media & Blogger Gathering, Sarihusada juga mengedukasi masyarakat melalui digital campaign #BundaTanggapAlergi dengan 3K yaitu:
  • Kenali risiko dan gejala alergi.
  • Konsultasikan segera gejala alerginya ke dokter.
  • Kendalikan gejala alergi dengan tepat.

Meutia Athaya, Brand Manager SGM Eksplor Advance+ Soya, menjelaskan edukasi juga dilakukan melalui media sosial dan tenaga kesehatan seperti bidan maupun dokter spesialis anak. hasilnya, sekitar 100juta Bunda telah teredukasi mengenai alergi. Info selengkapnya bisa diakses di alergianak.com, ya.


gejala alergi susu sapi
SGM Eksplor Advance+ Soya kemasan baru untuk bantu penuhi nutrisi anak yang alergi susu sapi
Buibu, tak perlu khawatir bila anak mengalami alergi susu sapi. Dengan adanya alternatif pemenuhan nutrisi isolate protein kedelai, anak dengan faktor risiko tidak toleran protein susu sapi tetap berpotensi menjadi Anak Generasi Maju.

#SoyaDukungGenerasiMaju
27 comments on "Nutrisi untuk Anak Alergi Susu Sapi"
  1. Lengkap penjelasannya, ternyata alergi Susu sapi berbeda dgdg intoleran laktosa ya.

    ReplyDelete
  2. Untung ada produk SGM soya ini ya..jadi buat anak2 yang alergi susu sapi masih bisa dapat asupan susu untuk tumbuh kembangnya..

    ReplyDelete
  3. bener banget nih kak...sebagai ibu kita harus aware banget dengan gejala alergi dan apa saja penyebabbnya..juga penangannnya.. Untung juga sekarang anak alergi susu sapi tetep bisa dapet nutrisi setara ya...

    ReplyDelete
  4. Sekarang sudah banyak pilihan ya mbak. jadi gak khawatir lagi kalau anak kita gak bisa minum susu sapi. Walaupun kalau anak alergi itu sedih seh. Soalnya kebetulan anak aku alergian walaupun bukan susu sapi. Tapi makannya jadi banyak dibatasi banget, kalau gak bisa asma >.<

    ReplyDelete
  5. Kabar bahagia untuk ibu ibu yang anaknya punya riwayat alergi susu sapi. Ada susu soya.. Secara kalo anak alergi kena makanan/minuman yang jadi pemicu alergi, dampaknya nggak baik untuk kesehatan anak. Anak temenku kulitnya sampe kayak eskim gitu mbk, terus sama dokter disuruh ganti susu soya karena alergi susu sapi

    ReplyDelete
  6. Sejak kecil saat mulai makan bisa kelihatan ya anak alergi atau engga terhadap produk susu atau turunannya. Sebaiknya memang dikonsultasikan dengan dokter. Tapi, untungnya juga sekarang banyak produk susu kedelai yang bagus seperti SGM Soya. Jadi anak yang alergi susu sapi bisa tetap dapat nutrisi dari susu

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah akhirnya ada solusi untuk anak yang alergi susu sapi dari SGM ya mak, jadi gak worry lagi anak kurang nutrisi

    ReplyDelete
  8. Aku jadi tahu deh mbak, penyebab anak nggak bisa minum susu sapi itu, bisa jadi karena alergi, intoleransi lakosa atau galaktosemia. heeeee
    Makasih sharingnya Mama Sid ^_^

    ReplyDelete
  9. Kalau intoleransi laktosa itu berarti cuma berasa mules aja setelah minum susu sapi ya?

    ReplyDelete
  10. Jadi gak terlalu khawatir lagi mengenai kecukupan nutrisi buat anak alergi susu sapi ya. Bisa dipenuhi dengan kalkulator nutrisi dan minum susu SGM ini

    ReplyDelete
  11. Iya, anak saya juga pas batita rada alergi susu sapi, sering grok grok hidungnya jadinya beli yang soya..Alhamdulillah tidak lama sih..

    ReplyDelete
  12. Sempet khawatir anakku alergi susu sapi tapi ternyata enggak. Kawatir doang aja udah bikin agak pusing apalagi yang ngalamin anaknya alergi susu sapi beneran ya Mak. Untunglah ada susu soya terfortifikasi seperti ini. Membantu banget :)

    ReplyDelete
  13. Ini anakku waktu lepas asi dikasih susu sapi langsung bereaksi dia, pas kontrol ke dokter anak dibilang kalau anakku alergi susu sapi. Akhirnya dikasih anjuran mengganti susu sapinya.

    ReplyDelete
  14. Iya ada beberapa anak yang emang alergi susu sapi mak.. Jadi emang harus bisa pilah pilih susu yang oke gt..

    ReplyDelete
  15. Wah bahaya banget yah kak kalau misal anak kena alergi sapi, tp syukurlah ada cara mengatasinya, mudah2an anakku kenal bisabternutrisi dengan baik

    ReplyDelete
  16. Susu SGM soya ini sama gak sih mba sama yang kemasannya dominan warna putih?

    ReplyDelete
  17. Wah keren nih SGM punya susu soya advance. Ikut seneng deh dengan makin banyaknya pilihan makanan dan minuman yang bergizi bagus untuk anak alergi. Dulu tahun 2002-an, aku kesusahan banget nyari. Ada pun mahal dan khusus dari dokter.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah anak saya nggak alergi susu sapi. Jadi masih bisa mencicipi SGM Eksplor yang biasa. Malah yang sayur dan buah juga pernah dicoba.

    ReplyDelete
  19. Anakku alergi susu sapi bukannya diare malah tenggorokannya yang kena.
    Alhamdulillah ada SGM yang punya nutrisi komplit dan cocok untuk anak-anak ya

    ReplyDelete
  20. Untunge anak2ku ga ada yang alergi susu sapi mak. Tapi alergi telor. Duh ampun dah kalau lagi kumat alerginya xD

    ReplyDelete
  21. Jadi kandungan susu soya ini sama ya dengan susu sapi. Jadi ga perlu kuatir kekurangan nutrisi ya? Oke mbak, noted.. Makasih infonya..

    ReplyDelete
  22. Pas anak saya masih 1 tahun dan diare karena susu. Saya juga pakai SGM soya mbak. Saya memilihnya karena setelah baca kemasan pas banget buat anak. Lagian harga juga lebih ekonomis sih. Hehe. Alhamdulillah dulu itu kok cocok. Sampai 3 tahun konsumsi SGM soya dan akhirnya sembuh sampai sekarang

    ReplyDelete
  23. Iyaya...jadi ingat susu kedelai yang dijual abang-abang, kak..
    Secara rasanya guriih..
    Sid suka banget yaa..

    ReplyDelete
  24. Adekku juga alergi susu sapi nih mba, trus dia selalu mual dan kembung kalo habis minum susu sapi

    ReplyDelete
  25. Salfa jadi penasaran mau ketemu SID yang suka berseliweran di timeline Bundanya Salfa
    Senang juga karena SGM jadi solusi alergi susu sapi jadi temen temen Salfa yang butuh bisa terbantu

    ReplyDelete
  26. Anak alergi susu sapi tetap bisa tumbuh kembang optimal ya mba. Karena memang kita harus 3K nih untuk anak dengan alergi.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,